Penipuan Berkedok Shopee

Assalamualaikum,

Saya baru saja kena tipu sama orang mengaku dari pihak Shopee, katanya dibilang saya mendapatkan voucher belanja sebesar 1.500.000 dan bisa diuangkan juga dan akan mereka kirim lewat Shopeepay saya. Tapi berhubung koin saya kurang dari Rp 1000 saya disarankan untuk topup Shopeepay saya dulu sebesar 500.000.

Akhirnya saya ikuti dan bodohnya lagi orangnya itu langsung minta kode OTP yang dikirimkan oleh Shopee dan saya kasih dengan alasan buat verifikasi. Nah setelah saya top up dan uangnya sudah masuk ke Shopeepay saya cek koinnya koq belum nambah. Lalu saya tanya orang penipu itu kata dia itu harus di-top up lagi sebesar 1.500.000, tapi tenang saja itu uangnya gak bakalan berkurang koq saldonya karena saya kan top up dari mbanking.

Dari situ saya mulai curiga dan saya gak kirimin lagi tapi itu orang terus maksa dan mencoba meyakinkan saya terus. Lalu saya cek saldo yang ada di Shopeepay saya tadi yang 500 koq sudah gak ada juga. Dari situ saya langsung tanya lagi sama org penipu itu dan dia bilang tenang aja itu uangnya aman dan akan dikembalikan apabila saya melakukan top up lagi sebesar 1.500.000 dari situ saya baru sadar kalau saya sudah ditipu.

Tadi saya sudah langsung melapor ke pihak Shopee nya langsung dan mereka bilang mau urus semuanya dan akun saya dibekukan selama 3 hari. Mudah-mudahan saja pihak Shopee bisa benar benar mengurusi dan membereskan masalah ini dan uang saya yang 500 bisa dikembalikan.

Dan untuk pihak Shopee saya mohon lebih ditingkatkan lagi keamanannya supaya kita sebagai pelanggan tetap Shopee tetap nyaman menggunakan dan berbelanja di Shopee tanpa dihantui rasa kekhawatiran. Agar tidak ada lagi korban seperti saya.

Ini saya cantumkan nomor penipunya.

Leni Sri Wahyuni
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:18    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

42 komentar untuk “Penipuan Berkedok Shopee

  • 20 Februari 2021 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Maaf bu, saya mau tanya, kejadian yang ibu alami kok malah marketplacenya digurui buat berbenah keamanannya?
    Sekedar kasi tau ya bu, yang namanya OTP (One Time Password) itu merupakan gerbang yang sudah sangat aman karena OTP itu :
    1. Hanya bisa sekali pakai,artinya setelah ibu pakai OTP tersebut untuk mengakses dompet digital,transaksi cardless,OTP tersebut sudah tidak berlaku lagi.
    2. Hanya bisa didapatkan oleh orang yang memang bersangkutan (jika shoppee mengirimkan OTP ke sms ibu,berarti tidak ada yang bs mengakses akun ibu KECUALI OTP tersebut dengan sengaja ibu berikan kepada orang lain).
    3. OTP hanya bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu,paling lama 5 menit (setahu saya apabila ada kode OTP yang masuk melalui SMS)

    Jadi apabila ibu dengan sukarela menyebutkan OTP kepada orang lain yang bukan dari pihak terkait (bahkan pihak bank apapun,marketplace apapun tidak akan pernah memjnta kode OTP dari user), maka orang lain yang diberikan OTP tersebut dapat leluasa mengakses dompet digital ibu sampai menguras uang di dalamnya karena ibu sebagai pemilik satu2nya OTP tersebut dengan sukarela menyerahkan kepada orang lain dan juga dari pihak Shoppee jg mengijinkan orang yang sudah ibu berikan OTP karena dari pihak Shoppee mendeteksi bahwa yang mengakses adalah ibu sendiri karena hanya ibu yang diberikan kode OTP nya,ke nomor ibu sendiri,bukan ke orang lain.
    Jadi sebelum mengingatkan pihak marketplace untuk lebih menjaga keamanan, jangan lupa lebih dulu berkaca kepada diri sendiri siapa yang sebenarnya sudah membuat tidak aman akun ibu, ya ibu sendiri. Perbanyak literasi mengenai keamanan digital jaman sekarang, jangan buru2 menyalahkan pihak lain hanya karena keteledoran diri sendiri

    45
    • 20 Februari 2021 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Satu lagi, kalau nanti dari pihak Shoppee tidak mau mengganti kerugian ibu, jangan tulis keluhan lagi di media konsumen karena ibu sendiri yang menyebabkan akun ibu bs diakses orang lain.
      Beda cerita apabila ibu tidak ada aktivitas apapun, tiba2 saldo shoppepay ibu hilang tiba2, atau tiba2 ada cicilan dari Shoppee padahal ibu tidak menggunakan Shoppee paylater sama sekali, baru boleh dikomplain tuh pihak Shoppeenya karena kalau seperti itu jelas2 dari pihak Shoppeenya yg bermasalah.

      28
      • 20 Februari 2021 - (16:18 WIB)
        Permalink

        Itu murni kesalahan pribadi , shopee tidak pernah sekalipun meminta otp
        Marketplace lain pun juga sama

        17
        • 21 Februari 2021 - (18:59 WIB)
          Permalink

          Kasian…..si ibu.
          Curhat di media konsumen, maksud nya biar dapat dukungan.
          Ehh…..malah bully yg di dapat.
          Kasian kasian kasian.

          Lagian bu. Intropeksi diri dulu, baru churhat di mari.
          Kesalahan ibu tapi nyalahin orang lain.๐Ÿ˜€

      • 20 Februari 2021 - (17:48 WIB)
        Permalink

        Otp itu benteng terakhir biar ga kena penipuan
        Lah kalo bentengnya aja malah dikasi ke musuh ya berarti itu kesalahan ada pada diri sendiri jangan nyalahin pihak apk nya dong
        Harusnya di zaman serba teknologi ini harus terus belajar bagaimana agar ga kena penipuan jangan sibuk menyalahkan pihak laen
        Masa kalah ama para penipu!!para penipu aja selalu belajar bagaimana agar dia bisa nipu korbannya dengan cara dan metode terbaru dari iming iming pulsa,voucher,hadiah,ampe bikin blogspot biar meyakinkan korbannya

        16
        • 21 Februari 2021 - (20:14 WIB)
          Permalink

          ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ pengalaman saya sama kaya ibu ini.
          Cuma saya mah si penipu dikerjain dulu. Karena saya sudah menduga pasti penipuan. Ada kode OTP dari shopi, si penipu langsung gw bentak2 di goblok2 in. Eeehh langsung di mati’in chatnya. No WA nya langsung gx aktip

    • 21 Februari 2021 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Kasian Leni Sri Wahyuni.. Udah uang 500 ribu hilang, malah kena bully lagi..
      Anggap aja 500 ribu itu biaya sekolah alami (pengalaman). Agar kedepannya gak kena tipu lg..

    • 21 Februari 2021 - (13:07 WIB)
      Permalink

      Mudah2an Shopee bisa bertanggung jawab karena udah banyak yg kejadian hal tsb tp tak kunjung Shopee menangani banyak alasan yg berbelit dari Shopee termasuk saya yg udah kehilangan uang hampir 2jutaan tp penyelesaiannya ga ada dan termasuk temen saya juga… Dan mungkin yg lainnya yg saya liat ternyata sama… Akhirnya saya udah ga belanja2 lg di Shopee banyak jebakan batman nya…. Untuk ibu ini mudah2an saja skrg mah Shopee mau bertanggung jawab dan menyelesaikan… Amiin

      11
      • 21 Februari 2021 - (16:12 WIB)
        Permalink

        Justru LUCU kalo shoppee mau bertanggung jawab karena keteledoran diri sendiri..
        Bro,OTP bro, OTP.. dengan sukarela dikasi orang lain dan org lain akses dengan bebas yg disalahin marketplacenya?
        Tolong lah cerdas bos,cerdas..kalo dia kena tipu Tokped, ato Buka Lapak, ato apalah marketplace lainnya,brti mereka pulalah yang salah ketika ibu ini dengan mantapnya memberikan kode OTP?lalu marketplacenya yg disuruh berbenah?
        Gw ketika mau jadi penipu, mau mengatasnamakan marketplace manapun bisa, mau shoppee kek,tokped kek, buka lapak kek,itu tergantung gw mau nipu org lewat marketplace mana,tinggal org yg mau gw tipu itu mau ga ngasi kode OTP dr hpnya? Kalo dikasi brti gw brhasil nipu,kalo ga dikasi brti gw gagal,udah,kuncinya ya di pemilik OTP,jangan salahin marketplacenya bang pinter

  • 20 Februari 2021 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Disuruh ditingkatkan keamanannya,tp kode OTP di kasih orang lain,keamanan secanggih apapun klu otp di kasih orang,ini sebenarnya yg dablek siapa ya,kan udah jelas kode otp gak boleh di kasih orang lain dan cuma sekali pakai,udah gitu suruh ganti duit 500rb,klu emang bener duit balik,saya tambahin dech,kesalahan sendiri shopeenya malah yg diauruh tingkatkan keamanan……..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    16
    • 21 Februari 2021 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Koq malah nyalahin Shopee dan minta dibalikin uangnya oleh Shopee.. Kesalahan ibu sendiri ngasih OTP, aduh bu…. Bu….

    • 21 Februari 2021 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Namanya juga musibah mah ga hanya musibah kecelakaan pasti setiap orang di coba itu banyak macamnya bisa kecelakaan atau penipuan… Jd alangkah baiknya kita mendoakan yg baik, tidak ada sehelai daun jatuh ke tanah semua karena kehendakNya…

      • 21 Februari 2021 - (16:13 WIB)
        Permalink

        Itu bukan musibah,itu kebodohan tp malah nyalahin pihak lain,bukan koreksi diri sendiri

      • 21 Februari 2021 - (17:25 WIB)
        Permalink

        Jadi tahu orang2 skrg sipatnya gimana,,, jd walau itu musibah ataupun keteledoran sebetulnya keliatan mana orang baik mana orang buruk disini keliatan bisanya hanya mencela dan bertepuk tangan diatas penderitaan orang, ya mungkin udah jamannya…. Tp alangkah baiknya sich menghormati dan tahu diri tidak menjustifikasi orang seenaknya… Kecuali orang tersebut tidak tahu mana baik mana buruk.

        1
        7
        • 21 Februari 2021 - (19:53 WIB)
          Permalink

          memang dianya tidak tahu mana baik dan buruk, sama seperti anak kecil yang masih polos, sangat tidak layak untuk bertransaksi online sendirian, seharusnya dia diwakili orang terdekat yang berkompeten dan dia percaya ๐Ÿ™

  • 20 Februari 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Yang salah elu malah yang disuruh berbenah Shopee, nanti pas duit 500 ribunya gak bisa balik pasti nulis artikel lagi “Shopee tidak peduli dengan kerugian konsumen” ๐Ÿ˜‚

    13
  • 20 Februari 2021 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Kesalahan sendiri,marketplacenya di gurui disuruh tingkatkan keamanan,saya 5 tahun menggunakan shopee blm pernah kena tipu2 gitu,karena marketplace sudah memperingatkan,otp jgn di berikan siapapun,dan keterangan sudah ada di otp,jgn diberitahukan siapapun,di luar ketentuan itu ya udah bukan tanggung jawab marketplacenya,jgn mudah percaya dapat undian maupun voucher apapun”berpikirlah sebelum bertindak,bukan bertindak baru berpikir,apalagi smpi di muat media konsumen,jadi kelihatan bodohnya,udah jelas kesalahan sendiri,kok malah marketplacenya suruh tingkatkan keamanan,secanggih/sehebat apapun keamanan,tp klu yg di ajarin bodoh ya sama aja,pasti nyalahin orang lain๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • 20 Februari 2021 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Kasihan ibu ini. Masih terlalu polos soal penipuan online. Belum tau apa apa.

    Bisa buat pelajaran. Lain kali jangan sekali sekali memberikan kode apapun ke siapapun walaupun pihak bank sekalipun. Karena itu rahasia pribadi anda….

    10
    • 21 Februari 2021 - (00:34 WIB)
      Permalink

      kok masih saja yaa OTP dikasih ke pihak tidak bertanggung jawab, padahal penipuan semacam ini kan cara lawas atau lama tapi masih saja ada yang tertipu juga.. haduh haduhh…

  • 20 Februari 2021 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Mungkin yang di MAKSUD adalah shopiatun, shopiyanti, atau shopiah,,
    Buzz ibu. Semua aplikasi yg berbasis digital dan menggunakan OTP, selalu memberi peringatan jangan berikan kode terhadap siapapun,, KL ibu dg senang hati dan berharap hadiah manis kemudian memberikan OTP pada orang yg tidak di kenal yaaaa lebih baik duduk, bikin kopi hitam, ambil ketan goreng nyalain TV…lalu nikmati saja yg ada,, jangan kemudian menyalahkan pihak penerbit OTP tsb…!! Kemudian minta uang kembali….yaaa kata OM jin ngimpiiiiii,, mending bersiul…dan legowo dg pelajaran tsb.

    6
    2
  • 21 Februari 2021 - (00:24 WIB)
    Permalink

    gw yg suka ikut undian aja . ga pernah menang.nah ini gak ikut undian ngarep dapat hadiah..brukakakaakakka

  • 21 Februari 2021 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Sama kejadiannya sama saya sekitar 3 hari yang lalu, ada penelpon via WA dengan memakai PP Shopee mengatas namakan Shopee, dan bilang kalau saya dapat hadiah dari Shopee sebesar 5 juta, Alhamdulillah saya tidak pernah tergiur dengan hadiah hadiah yang tidak jelas dan saya tidak merasa mengikutinya, saya biarkan dia ngomong sendiri sampai capek, karena saya melayaninya sambil tidur…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
    Akhirnya tutup sendiri telpnya karena bosen di cuekin…๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

  • 21 Februari 2021 - (08:26 WIB)
    Permalink

    saya setuju dengan si ibu, harusnya pihak shopee meningkatkan keamanan dengan cara memblokir/membatasi akun si ibu supaya jangan lagi bisa transaksi atau minimal transaksinya dibatasi nominal tertentu, misal maksimal 100ribu / hari, ada banyak orang seperti beliau dan itu akan sangat merepotkan ๐Ÿ˜…
    serius, seharusnya semua pihak marketplace, termasuk shopee, mulai menambah klasifikasi pengguna awam dengan fasilitas yang sangat dibatasi, dan untuk upgrade akun dengan fasilitas penuh, dia harus lolos ujian online dulu ๐Ÿ˜
    dengan begitu diharapkan tidak akan ada lagi komplain bodoh seperti ini ๐Ÿ˜“

    9
    1
  • 21 Februari 2021 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Maaf yah Bu… Mendingan ibu gak usah pasang2 Aplikasi Belanja Online, Pinjaman Online atw Aplikasi Perbankan lah. Saya cuma kasihan aja. Kita punya Smartphone tapi kita juga harus SMART & BIJAK….!!!

  • 21 Februari 2021 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Ibu ini kelihatan ada bodohnya ada pintarnya sedikit. Bodohnya mau memberikan kode OTP yang diminta penipu. Pintarnya, ketika ia cepat menyadari bahwa itu penipu setelah koinnya tidak nambah, dan saldo shopeepay nya raib. . Sehingga ketika diminta penipu topup lagi tidak mau. Apa jadinya kalau ibu ini tdk cepat menyadari mungkin akan lebih banyak di too up lagi…

    Itulah alasan kenapa Bank Indonesia membatasi nominal topup yang besar bagi marketplace untuk dompet digital mereka. Andaikata top up maksimal 1 juta atau 2 juta (nominal yang tertinggi). Pasti penipu itu menyuruh topup di nominal tertinggi bukan di 20 Rb atau 50 rbu. Dalam kasus di atas si penipu meminta top uo lagi 500rb sampai 3 x . …
    Sekedar catatan. Bank saja yang mempunyai sistim keamanan yang berlapis2 masih bisa orang/penipu membobol rekening nasabah. Apalagi cuma dompet digital marketplace. Seberapa sih tingkat keamannanya. Sama sekali nggak aman 100%

  • 21 Februari 2021 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Handphone udah smart,jaman udah modern,tahun udah 2021,belanja udah online,koq bisa pemiliknya masih primitif ,gampang seenaknya kasih otp sama orang gak jelas,yg gak dikenal

  • 21 Februari 2021 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Hanya ingin mendapatkan hadiah uang/promo/voucher,akal sehatpun hilang sesaat,dan berpikir mendapatkan yg lebih,tp apa daya sekarang tertipu dan menyalahkan orang lain……….udah sifat manusia,berpikirlah sebelum bertindak,bukan bertindak baru mikir๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • 21 Februari 2021 - (23:22 WIB)
    Permalink

    SELAMAT……….ANDA KENA PRANK๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • 8 Mei 2021 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Saya pembeli yg merasa tertipu oleh Toko Online @GILOGILO di shopee, dengan modus kembali barang. barang yg sya beli bernilai >800k dengan ongkir 800k dari jmlh. uang 1,1jt, serta mengembalikan barang terlebih dahulu, padahal jika dilihat dri prilaku penjual yg sama sekali tidak merespon percakapan tp malah mengajukan banding, apakah sya bisa dipercaya brang yg kirim akan di konfirmasi penerimaanya dengan baik, malah yg ada BARANG HILANG dan UANG TIDAK KEMBALI. Pdahal ini semua KESALAHAN TOKO tanpa ada itikat baik. dan repon Shopee seperti Robot yg sudh dikuasai polanya oleh

 Apa Komentar Anda?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Penipuan Berkedok Shopee

oleh Leni dibaca dalam: 1 min
42