[Review] Buka Rekening BNI dari Rumah, Tinggal Selfi dan Langsung Bisa Transaksi Mobile Banking? Ternyata Tidak Bisa dan Tidak Sesuai Promosi

Saya berniat untuk mencoba promo pembukaan rekening dari rumah. Sebelum pada Bank BNI ini, saya sudah pernah mendaftar di Bank Mandiri dari rumah dan langsung bisa Mobile banking serta sangat bagus karena benar saja ATM dikirim ke rumah penulis.

Melanjutkan surat pembaca ini, saya pada 13 Maret 2021 mencoba promo pembukaan rekening dari rumah milik BNI yang tinggal selfi dan langsung bisa digunakan untuk transaksi mobile banking. Ya, seperti itu promosi keterangannya. dapat dilihat disini https://bni.co.id/id-id/bukatabungandigital

Setelah saya berhasil buka rekening dan mendapatkan no. rekening dan nomor kartu debit virtual, saya melakukan setoran awal sebesar Rp. 100.000,-
rek berhasil

Selanjutnya saya registrasi user ID untuk mobile banking, karena sesuai promosi-nya bisa langsung digunakan mobile banking untuk transaksi, dll. Setelah mengisi data di fitur registrasi user id dalam aplikasi BNI Mobile Banking, dan kemudian mendapatkan e-mail berisi kode registrasi, pesan yang muncul “No tidak terdaftar BNI Mobile banking”. Padahal jelas-jelas nomor saat pendaftaran menerima otp dari 3346 .

Selain itu pengaturan perizinan aplikasi sudah diizinkan semua. Nomor kartu sim berada di slot SIM 1 dan slot 2 tidak ada. Saya mencoba untuk menggunakan data internet baik dari WIFI maupun kartu SIM yang saya gunakan untuk mendaftar, tapi semuanya nihil. Pulsa tersedia Rp. 20ribu lebih. Keterangan yang muncul “No. tidak terdaftar BNI mobile banking”.

Kemudian saya mencoba untuk mendownload BNI Mobile Banking versi yang lama yang hanya 3 tahap saat registrasi user id, yakni setelah memasukkan kode registrasi dari e-mail maka e-mail dan user id akan teraktivasi. Tetapi setelah melakukan pengisian data, pesan yang muncul hubungi kantor BNI terdekat. Tetap saja, tidak bisa mendaftar mobile banking.

Saya kemudian menghubungi call center BNI via telepon. CS pertama terputus sebelum selesai percakapan, tetapi dari percakapan diperoleh bahwa data saya sudah terdapat di sistem BNI.

Lalu CS kedua, percakapan sangat tidak melayani dengan semestinya, bertele-tele dan tidak mau mencari data saya. Dia seakan menyepelekan keluhan saya dan hanya menyuruh ke kantor terdekat karena yang dia tau proses mobile banking setelah dicetaknya kartu debit.

Dari sini, manajemen antara atasan dan bawahan sangat kurang, terbukti si CS kedua tidak mengetahui promosi pembukaan rekening dari rumah tinggal selfi dan langsung bisa digunakan untuk transaksi mobile banking. Jadi, apakah promo ini hanya untuk mendapatkan nasabah dengan jalan pintas yakni menjanjikan tidak sesuai semestinya?

Review dari percobaan saya ini dapat disimpulkan berdasarkan pengalaman terhadap promosi BNI ini adalah ternyata tidak sesuai pada promosi yaitu bisa langsung menggunakan mobile banking. Hal ini sepatutnya menjadi tolak ukur, bagaimana tim perbankan di Indonesia melayani konsumen. Mengingat BCA dan Mandiri mampu memberikan pelayanan sesuai promosi yang dijanjikan yaitu bisa langsung digunakan untuk mobile banking setelah pendaftaran dari rumah (hal ini sesuai pengalaman penulis).

Selanjutnya dari pesan pembaca ini, saya berharap yang bersangkutan memberikan penjelasan dan apakah bisa menyelesaikan proses mobile banking saya tanpa saya harus ke kantor bank sesuai promosi yang dijanjikan? Karena yang dijanjikan yaitu bisa transaksi mobile banking setelah pendaftaran dari rumah, dan untuk ke kantor bank itu untuk keperluan pengambilan kartu ATM dan buku tabungan saja.

Ahmad Fiki
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Ulasan dan penilaian mengenai di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya dan bukan merupakan iklan (advertorial). Punya pendapat tentang ? Berikan ulasan dan penilaian berdasarkan pengalaman anda melalui form komentar di bawah ini.

Loading...

9 komentar untuk “[Review] Buka Rekening BNI dari Rumah, Tinggal Selfi dan Langsung Bisa Transaksi Mobile Banking? Ternyata Tidak Bisa dan Tidak Sesuai Promosi

  • 18 Maret 2021 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Saya sudah buka rekening BNI via online. Berhasil sampai tahap setor pertama dan rekening aktif. Namun terhenti disitu karena ga bisa daftar mobile banking. Akhirnya tetap harus ke customer service di cabang. Dan herannya lagi ternyata masih banyak tandatangani dokumen, buku tabungan. Jadi sebenarnya sama saja buka rekening online dan offline. Bank plat merah *RI juga sama begitu. Kalah jauh sama bank swasta.

    • 20 Maret 2021 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Sia2 aja,daftar lewat aplikasi mendingan langsung ke CS. Sy juga daftar Online BCA mau video call sama CS gak bisa2 padahal d tulis sdh tersambung.. Buang2 waktu aja, akhirnya ku hapus aja Apliksi nya.

      • 17 Juni 2021 - (22:15 WIB)
        Permalink

        Saya daftar BCA Mobile Banking langsung bisa dan dapat cashback pula 100ribu, hanya saja ATM harus ambil di cabang terdekat, dan mandiri lebih bagus pelayanannya daftar online proses aktivasi internet banking langsung bisa dapat voucher indomaret juga, kartu debit di kirim ke alamat saya

  • 20 Maret 2021 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Update:
    Setelah sehari mediakonsumen.com memuat ulasan penulis, pihak yang bersangkutan menghubungi penulis dan menindaklanjuti keluhan penulis. Penulis mengucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat ulasan penulis sehingga yang bersangkutan menindaklanjuti keluhan penulis. Hal ini sangat berbeda jika hanya menghubungi call center ataupun customer care media sosial terkait yang tidak bisa menangani kendala penulis. Kedepannya diharapkan tim dan pihak-pihak yang tengah melakukan promosi berbasis digital menjadikan pembelajaran, dan mempersiapkan sistem dengan matang sebelum melakukan promosi ke publik, sehingga ulasan seperti ini tidak terjadi pada publik yang lainnya.

  • 10 April 2021 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Aku punya pengalaman bgtuan di BCA. Enak. Gk hrus ke cs. Bner2 bisa. Dan tidak ada setoran awal

    • 14 April 2021 - (10:35 WIB)
      Permalink

      ga ada setoran awal ?? ga salah ni boss ?
      jenis tabungan apa memangnya ?

      setau saya ada setoran awal sesuai dgn jenis tabungan dan jenis kartu atm yg dipilih.
      untuk cetak kartu mmg tinggal ke mesin… yg sering susah baca sidik jarinya.

  • 4 Juni 2021 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Yakin data anda aman? Hari ini ada artikel tentang penyalahgunaan data yang dibuatkan akun di pinjol. Tidak meminjam malah sekarang ada akunnya dan dikejar kejar DC. Berhati hatilah.

  • 6 Juli 2021 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Di bank plat merah satunya, BRI, lebih parah lagi, saya coba daftar rekening via bukarekening.bri.co.id tidak bisa, ada keterangan “Data yang Anda masukkan tidak sesuai” padahal data sudah sesuai dgn e-ktp saya. Begitu pula via aplikasi BRImo, belum masukkan data apa2 baru klik Buka Rekening, menu selanjunya utk Pilih Jenis Tabungan tidak bisa tampil, dan akhirnya muncul keterangan “Mohon maaf sever kami sedang dalam perbaikan silakan coba lagi….”

    Kedua hal tsb walau diulang2 ya ttp gak bisa alias gagal. Sudah coba dm & email gak ada solusi. Mungkin BRI lelah melayani seluruh pelosok negeri. He..he..

  • 9 Juli 2021 - (22:03 WIB)
    Permalink

    itulah yg disebut dengan THE KING OF LIPS SERVICE apa yg dikatakan lewat iklan atau promosi beda denga realita atau kenyataannya. yang akhirnya timbulah kekecewaan terhadap rakyat, konsumen, nasabah, dll…..

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

[Review] Buka Rekening BNI dari Rumah, Tinggal Selfi dan Langsung Bisa…

oleh Ahmad dibaca dalam: 2 menit
9