Proses Pemasangan Indihome Lama dan Gagal

Halo, saya Toha Muchtar. Sekitar tanggal 2 Maret Lalu (3 minggu lalu) saya mendaftarkan untuk memasang Indihome Digital Channel 2021 di rumah saya melalui aplikasi MyIndihome. Saya sudah melengkapi persyaratan seperti memilih koordinat pemasangan, memasukkan alamat lengkap, nomor hp, email, foto KTP dan foto selfie menggunakan KTP. Kemudian tidak sampai 40 menit setelahnya saya ditelepon oleh petugas IndiHome melalui nomor 1500620 untuk verifikasi, sampai di sini saya terkesan.

Setelah diwawancarai dan ditanya-tanya, beliau bilang katanya akan dipasang dua atau tiga hari lagi. Keesokan harinya saya cek di aplikasi MyIndihome progres pemasangan saya dengan nomor MYIR-10035019080029 menghilang. Kemudian saya komplain ke CS di twitter @IndiHomeCare, dan disarankan clear cache tapi tidak berhasil muncul, kemudian saya coba daftar lagi di website dengan nomor MYIR-10035019080030 dan diverifikasi ulang, namun menghilang lagi.

Saya berinisiatif komplain ke CS di twitter @IndiHomeCare, kemudian dibalas permintaan pemasangan barunya saat ini masih dalam proses dan diupayakan secepatnya dapat terealisasikan. kemudian tanggal 12 Maret 2021 saya menghubungi CS by DM twitter dan menanyakan “apakah masih bisa berlangganan meskipun sudah lebih dari janji 3-5hr akan dipasang oleh teknisi” dijawab statusnya masih dalam proses dan dibantu percepatan dengan nomor tiket IN92817529 kemudian akan dikonfirmasi bila ada sesuatu hal ke nomor HP dan disuruh untuk menunggu.

Tanggal 21 komplain ke twitter lagi, menanyakan lagi. Namun sampai pagi tadi 25 Maret 2021 (3 minggu lebih, 5x lebih lama dari janji waktu maksimal pemasangan) belum juga ada telefon maupun konfirmasi. Siang tadi pergi ke Plaza Indihome, kemudian di cek oleh CS nya(mengetik, disuruh nunggu sebentar, kemudian pergi ke belakang entah melakukan apa), kemudian kedepan tiba-tiba bilang bahwa slot sudah penuh, dan akan mengkonfirmasi jika ada slot akan dihubungi.

Saya kecewa dengan pelayanan IndiHome, harusnya sejak awal dikonfirmasi bahwa pemasangan sudah penuh, apa guna cek GPS dan menentukan koordinat di awal, kalau fungsinya hanya gimmick, timbul pertanyaan sekelas BUMN sebesar Telkom, seperti apa sebenarnya Manajemen Sistem Informasinya? Kacau mengecewakan, sangat kalah dengan perusahaan kurir swasta yg cek pengiriman pun realtime, masa untuk mengkonfirmasi jumlah Slot ODP di suatu titik, dan konfirmasi ketersediaan saja kesulitan, tidak terintegrasi, duh sayangsekali.

Sudah berulangkali menghubungi CS, tapi ujung-ujungnya PHP. Setelah ke Plaza malah ditawari menggunakan Telkomsel Orbit, hallooow, kalau bukan karena sinyal Telkomsel jelek setelah ada Hotel besar di dekat rumah saya yang menghalangi ke tower BTS, nggak mungkin saya mengeluh akses internet.

Pekerjaan saya mengelola konten video, upload lemot, Indihome PHP, lengkap sudah.

Mohamad Toha Muchtar
Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:10    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Sdr. Toha Mochtar

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Proses Pemasangan Indihome Lama dan Gagal

  • 27 Maret 2021 - (06:58 WIB)
    Permalink

    UPDATE 27 Maret 2021:

    Halo, pada tanggal 25 Maret hari yang sama setelah saya melayangkan surat ini, malam harinya pukul 19:06 dapat telefon dari 147 pusat, kurang lebih intinya keluhan ditanggapi, dan akan diteruskan ke kantor Indihome lokal setempat.

    Pada tanggal 26 Maret hari jumat pukul 8:45 dapat telefon dari telkom Banyuwangi, mengatakan bahwa keluhan telah diterima dan akan mengirim teknisi ke lokasi.

    Pukul 9 sekian petugas tim teknisi pertama datang 2 orang, menyampaikan; berdasar data lokal di lokasi terdapat ODP 2 titik dan keduanya penuh di survey terakhir sekitar bulan september 2020. Tahun 2020 di titik ini sudah dilakukan pengajuan penambahan slot ODP, namun belum bisa diproses karena terkendala pandemi.

    Pukul 10 sekian petugas tambahan datang lagi 2 orang mengecek ulang jaringan, hasilnya memungkinkan dilakukan pemasangan jaringan FO. Pukul 12:37 dihubungi teknisi akan memasang jaringan.

    Setelah sholat jumat sekitar pukul 13:48 tim teknisi kedua datang dan mulai memasang jaringan, pukul 15:22 kabel FO dan router sudah terpasang.

    Pukul 19:05 ditelfon oleh petugas Plaza, dan disarankan agar melakukan registrasi ulang, karena data sebelumnya tidak bisa diproses. Selanjutnya saya coba daftar pasang baru di aplikasi dan web tapi tidak bisa dikarenakan proses pemasangan sebelumnya masih ada di aplikasi. Pukul 19:31 saya komplain te CS Twitter dan dibalas pukul 19:38 agar melakukan logout dan clear cache, sudah saya lakukan dan hasilnya sama. Selanjutnya saya coba switch nomor HP dan menggunakan alamat email yang lain, baru bisa.

    Setelah daftar ulang 19:54, sekitar pukul 20:03 mendapat telefon untuk verifikasi data dan pukul 20:12 mengirimkan nomor registrasi ke WA Plaza setempat, pukul 21:03 mendapat Notif dari sistem agar membayar deposit, deposit dibayar.

    Pukul 21:08 layanan internet sudah aktif, dan dilakukan speed test, kecepatan sesuai brosur, margin error +/-2%.

    Pelayanan Telkom Indihome memang ada beberapa hal yang musti diperbaiki kedepannya, mungkin berdasarkan tulisan ini bisa pembaca ambil sedikit kesimpulan.
    Tanggal 25-27 ini penanganan Indihome cepat dan mengesankan, Terimakasih atas bantuannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Proses Pemasangan Indihome Lama dan Gagal

oleh IKABA dibaca dalam: 2 menit
1