Penyelesaian Bertele-tele Gagal Top Up Saldo Aplikasi DANA

Pada tanggal 19 Maret 2021 pukul 11:13 saya melakukan top up ke Aplikasi Fintech DANA sebesar Rp 8.000.000,- dan OVO sebesar Rp 2.000.000,- melalui ATM BNI (virtual account billing).

Selesai top up, saya langsung cek saldo masing-masing aplikasi tsb. Anehnya top up pada aplikasi DANA sebesar Rp 8.000.000,- tidak mengubah saldo akun aplikasi DANA saya alias top up saya gagal sementara saldo rekening BNI milik saya berkurang sebesar Rp 8.000.000,-.

Yang saya heran top up saya pada aplikasi fintech lain di saat yang bersamaan yaitu aplikasi OVO sebesar Rp 2.000.000,- berhasil dan sukses menambah saldo OVO saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk melaporkan hal ini ke BNI, saya mendapatkan penjelasan bahwa rekening BNI saya sejumlah Rp 8.000.000,- memang sudah masuk ke Fintech DANA dan saya disarankan untuk membuat pengaduan langsung ke Fintech DANA.

Saya langsung membuat pengaduan dan keluhan ke customer care DANA melalui WA, menghubungi call center DANA, dan lewat email mereka. Saya sangat tidak puas saat membuat pengaduan via WA hanya ada balasan jika antrian sedang penuh dan keluhan bisa disampaikan lewat email atau menghubungi call center DANA.

Saya coba hubungi DANA melalui call center mereka dan cara ini lah yang paling sering saya gunakan untuk sampaikan keluhan tersebut hingga menyedot pulsa yang sangat signifikan. Mereka hanya menyampaikan bahwa keluhan sedang ditindaklanjuti oleh tim resolusi dan memerlukan waktu 3×24 jam dan mereka infokan jika pengaduan saya sudah diteruskan melalui email.

Namun sayangnya informasi dari mereka jika keluhan tersebut ditindaklanjuti melalui email dan awalnya tidak ada pemberitahuan saat saya kontak call center mereka..

Lepas 2 hari saya kembali hubungi call center DANA dan mereka infokan jika permintaan data yang mereka minta via email belum saya balas, saya cek email ternyata permintaan data dari mereka memang belum saya balas karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya, yang saya sayangkan karena saya lambat membalas email maka keluhan saya sudah kadaluarsa dan saya disarankan untuk membuat pengaduan baru lagi via email.. ini yang membuat saya mulai jengkel karena dengan demikian saya sudah membuang waktu untuk penyelesaian keluhan tersebut selama 2 hari,

Saya pun mengikuti saran supaya membuat pengaduan baru dan menyerahkan data yang diperlukan via email dan mereka menjawab dengan menjanjikan keluhan saya sedang ditindaklanjuti karenanya diminta menunggu selama 3×24 jam.. sore hari ini tadi saya hubungi lagi call center DANA untuk menanyakan tindak lanjut keluhan saya tersebut.

Dan lagi-lagi saya dibuat jengkel dengan jawaban dari DANA bahwa masalah saya masih dalam proses dan saya kembali diminta untuk menunggu 3×24 jam.. kesabaran saya sudah pada batas terendah karena memikirkan uang saya Rp 8 juta masih belum jelas rimbanya.. dengan terpaksa saya berbicara keras dan saya katakan tidak akan segan melaporkan hal ini ke OJK dan kepolisian jika sampai hari Senin tanggal 29 Maret 2021 uang saya Rp 8 juta belum ada kejelasan.

Uang yang tadinya saya akan gunakan untuk hal yang urgent dan nominal cukup besar bagi saya menjadi tidak bisa digunakan secepatnya dikarenakan Fintech DANA sangat lambat dan amatir dalam memberikan solusi terhadap saya selaku konsumen mereka. Setelah saya katakan akan laporkan ke OJK dan kepolisian, selang beberapa menit ada dari pihak DANA langsung menghubungi saya via telepon dan mereka infokan jika permasalahan adalah dari pihak BNI di mana saya top up saldo DANA via ATM yg belum merespon permintaan file (entah apa namanya saya kurang paham) mereka.

Di sini tetap saya tegaskan jika sampai hari Senin tanggal 29 Maret 2021 uang saya Rp 8 juta belum kembali, saya akan bawa masalah ini ke OJK dan kepolisian. Sudah cukup saya memberikan waktu cukup lama kepada Fintech DANA terkait permasalahan gagalnya top up saldo DANA saya sebesar Rp 8 juta sementara saldo rekening BNI saya sudah terdebet ke DANA.

Kedepannya saya sangat tidak merekomendasikan top up saldo dengan nominal dana yang besar melalui Fintech DANA kepada semua orang yang saya kenal. Mohon untuk berhati-hati para pembaca budiman sekalian.

Rulli Kusnandar
Kota Singkawang, Kalbar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:5    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

15 komentar untuk “Penyelesaian Bertele-tele Gagal Top Up Saldo Aplikasi DANA

  • 27 Maret 2021 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Di hari yang sama dan masalah yang sama saya top up 1.500.000 sampai sekarang tidak masuk. Team resolusi CS wa dan email terkesan menyepelekan .

    • 28 Maret 2021 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Kita laporkan saja ke otoritas terkait supaya aplikasi DANA segera kena sangsi dan mereka bisa lakukan perbaikan layanan pengaduan konsumen

      1
      1
    • 28 Maret 2021 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Tgl 23 Maret kmaren saldo DANA BISNIS saya jg tdk bisa ditarik 1,6 jt smp hr ini. Sdh capek komplin. Tgl 22 Februari Saldo Dana Tante saya 800rb jg tdk bisa ditarik smp hari ini.

      • 28 Maret 2021 - (23:39 WIB)
        Permalink

        SALDO Saya Rp2.400.100
        Di tahan pihak DANA ketika di hubungi Melalui Whatsapp, Sibuk & Saya Langsung Telp: 1500445) Terus di tanya keluhan. Saya Jelaskan kenapa Saldo saya di Tahan Call DANA. jwb Tunggu 2.hari kerja Mulai dari tanggal 25-03-2021. Sampai saat ini belum bisa saya gunakan saya merasa kalau pihak DANA. mau cari kesalahan saja agar mereka Nanti yg ambil uang kita Dasar Kampret, Layanan DANA tidak punya malu. Kenapa di tahan uang orang Kalau tidak selesai saya lapor ke pihak berwajib sampai Mereka tau

  • 28 Maret 2021 - (05:45 WIB)
    Permalink

    Anda yg bru tau, bahwa sebtulnya dana memang sdh bermasalah dari thn lalu, klo anda pembaca setia MK, sdh banyak pengaduan ttg si dana ini, bahkan ada yg berbulan2 blm beres.

    Sy doakn semoga urusan cepat beres, dan jangan lg pakai dana, masih byk layanan sejenis yg masih ok.

    • 28 Maret 2021 - (06:13 WIB)
      Permalink

      Terimakasih banyak atas informasinya.. setelah ada masalah ini ke depannya saya tidak akan pernah pakai aplikasi amatiran seperti DANA.. Aamiin.. terimakasih atas perhatian dan doanya..

    • 28 Maret 2021 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Nah masalahnya punya suami saya aman2 saja . Makanya saya isi lagi DANA saya untuk Tf ke antar Bank . Tapi ternyata uang saya di tahan oleh DANA.

      • 28 Maret 2021 - (23:45 WIB)
        Permalink

        Sama ibu saya juga kayak gitu setelah saya isi Rp2.400.100
        Eeeh Malah tidak bisa saya gunakan untuk transfer

  • 28 Maret 2021 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Sepertnya harus lapor ke BI dulu karena DANA dibawah pengawasan BI . Ada undang undangnya bisa dibaca2 dulu.
    Sangat mengecewakan giliran yang top up 500rb kebawah langsung masuk . Tapi yang 500 keatas pasti entah kemana.padahal ovo shopepay kalo kita top up langsung masuk .

  • 28 Maret 2021 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah Uang saya sudah masuk baru saja semoga bisa digunakan tidak dan tidak ada masalah lagi. Dan semoga uang bapak2 semua bisa cepat masuk juga ya dan bisa digunakan .

    • 21 Mei 2021 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Kasus yg sama seperti saya, berhak artikel surat pembaca ini, akirnya laporan saya di tindak lanjutin dengan serius. Berawal PIHAK DANA sangat bertele² , untuk menanggapi laporan saya. Tp ketika
      sy mengancam bawa masalah ini ke ojk&kepolisian, kelang brp menit sy jg dpt telfon, dan saya masih hrs bersedia lg disuruh menunggu utk berkas file dri bank terkait,

      Lalu pertanyaan saya kpd penulis artikel ini, pas kasus anda setelah ditlpn ,brp lama pihak dana konfirmasikan pernyataan kegagalan top up saldo dana dri pihak bank terkait

  • 28 Maret 2021 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Saya minta kepada pihak DANA kalau bukan punya kalian jgn di Tahan uang orang. Apa lagi saya sangat butuh uang saya Rp2.400.100 di Akun DANA itu buat orang tua saya lagi sakit di Kaltim Saya mohon. Kalau kalian betul-betul Mau kami Gunakan Layanan DANA

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Penyelesaian Bertele-tele Gagal Top Up Saldo Aplikasi DANA

oleh rulykusnandar dibaca dalam: 3 menit
15