Home Credit, Perusahaan Pembiayaan Besar, tapi Sistemnya Tidak Jelas

Pada tanggal 8 Maret 2021, saya mendapat notifikasi penawaran pembiayaan gadget hingga 20 juta rupiah dari aplikasi Home Credit. Saya coba untuk pengajuan dan isi formulir serta persyaratannya hingga tuntas. Pada hari itu juga, pengajuan saya disetujui dengan limit 20 juta rupiah dan masa berlaku hingga 8 April 2021.

Bisa dilihat dari gambar, setiap hari saya mendapat notifikasi untuk segera memakai limit saya.

Tanggal 24 Maret 2021, saya coba datang ke mitra/toko untuk mengetahui berapa perkiraan DP yang akan saya bayar. Setelah dilakukan pengecekan oleh sales Home Credit, diinfokan bahwa saya berhak mendapat penawaran ini dengan DP 0%. Namun karena hari itu sudah mendekati jam tutup toko, saya tidak langsung ambil unit gadget pada hari itu juga.

Tanggal 29 Maret 2021, saya datang kembali ke toko untuk melakukan transaksi pembelian. Namun ketika sales Home Credit mencoba membuka data saya lewat nomor KTP saya di aplikasi sales Home Credit, baik nama, data, dan limit tidak muncul sama sekali pada aplikasi mereka. Sudah dicoba oleh 3 orang sales, tapi tetap sama. Karena menunggu terlalu lama dan tidak kunjung ada feedback dari pusat, akhirnya saya pun pulang dengan tangan kosong dan menunggu info dari sales tersebut.

Keesokan harinya (30/3/2021) saya mencoba telepon ke Call Center Home Credit, tapi tidak ada pilihan untuk berbicara langsung dengan Call Officer. Saya pun melakukan live chat di Facebook dengan akun resmi Home Credit yang sudah centang biru.

Betapa kagetnya saya saat diinformasikan jika untuk saat ini tidak tersedia penawaran program tersebut untuk saya. Padahal sampai dengan artikel ini saya tulis, limit dan masa berlaku masih ada di aplikasi saya dan belum expired. Lantas apa maksudnya setiap hari kirim notifikasi untuk segera menggunakan limit saya?

Sudah saya screenshot semua bukti jika penawaran masih berlaku dan bahkan limit saya sudah keluar sebesar 20juta rupiah, dan bukan lagi menunggu penawaran. Berulang kali juga saya tekankan di live chat, tapi CS tetap ngotot bahwa penawaran tersebut belum ada untuk saya.

Anehnya, kenapa pada 24 Maret 2021 saat saya datang ke toko dan dicek oleh sales home credit, data dan limit saya masih keluar? Namun belum ada 1 minggu saat saya kembali lagi, data dan limit saya tidak ada di aplikasi sales Home Credit. Mana mungkin bisa diinfokan DP 0% jika tidak membuka dari aplikasi?

Hal ini jelas merugikan pelanggan di sisi imateril. Baik dari segi waktu dan mental, bayangkan Anda sudah datang ke toko namun terjadi kendala seperti ini dan akhirnya harus pulang, malah diinformasikan jika belum ada penawaran.

Siapa sih yang tidak tahu Home Credit? Kok bisa melakukan tindakan sepihak seperti ini kepada pelanggan dengan alasan sistem? Kalau tidak sanggup memberi pembiayaan setidaknya tidak perlu PHP. Memang saya membeli dengan cicilan, tapi jangan dilupakan jika saya juga membayar kalian dengan bunga yang cukup besar! Untuk itu, tanggung jawab dan kewajiban kalian terkait hal ini juga harus setimpal!

Kalau memang sistem kalian tidak jelas, diakui saja dan buat permintaan maaf ke semua media. Mohon maaf saya sangat kecewa dan sangat kesal. Saya harus publikasikan ini ke media-media, termasuk media sosial dan bahkan berpeluang menuntut. Saya simpan seluruh buktinya. Mohon tanggapan dan tanggung jawabnya.

Astrid Erika Wijaya
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:78    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Astrid Erika Wijaya

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Astrid di MediaKonsumen.com pada 31 Maret 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Home Credit, Perusahaan Pembiayaan Besar, tapi Sistemnya Tidak Jelas

    • 2 April 2021 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Hati hati penagihannya menjengkelkan. Sehari bisa ditlp 100 nomer padahal blm jatuh tempo. Jika telat sehari WA pada kasar kasar. Pokoknya DC nya tidak sesuai aturan. Jangan sampai nyesel.. terus kok dibiarin aja ya sama OJK

  • 31 Maret 2021 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya tidak usah berurusan dengan HC. Mungkin itu sudah kehendak yang kuasa, biar anda tidak berurusan dengan dunia perkreditan

  • 1 April 2021 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Bersyukur ba di tolak HCI, jangan kan telat msh ada 6 hari pembayaran aja udh di teror tlp dari pagi jam 7 ga berhenti2, apalagi kl telat. Udh bunga nya besar hampir 100%

    • 2 April 2021 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Bunga bukan 100% lagi bahkan lebih. Saya aja nyeselnya seumur hidup kayaknya. Minjem 12,5jt bayar harus 27jt lebih. huhuhu. Tp itu jadi pembelajaran buat saya . Biar gak tergoda dan berfikir panjang buat ambil2 pinjaman.

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Home Credit, Perusahaan Pembiayaan Besar, tapi Sistemnya Tidak Jelas

oleh Astrid dibaca dalam: 2 menit
8