Sulitnya Penutupan Kartu Kredit Bank Mega

Nama saya Elisabet, nasabah Kartu Kredit Bank Mega dengan nomor kartu 4201920066***** sejak tahun 2019. Awal saya menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, karena ajakan teman saya yang pada saat itu bekerja di Bank Mega bagian kartu kredit. Beliau menjelaskan prosedur pengajuan kartu kredit, kebijakan sampai dengan keunggulan Kartu Kredit Bank Mega.

Salah satu yang teman saya jelaskan soal Kartu Kredit Bank Mega yang bebas iuran biaya tahunan kartu kredit (Annual Fee) pada tahun pertama. Setelah melakukan proses pengajuan dan disetujui, sampailah kartu itu di tangan saya.

Setelah hampir 1 tahun saya belum pernah menggunakan Kartu Kredit Bank Mega. Di Bulan Agustus 2020 saya berniat melakukan penutupan kartu kredit melalui Mega Call 1500010. Pada saat itu Customer Service (CS) pun menginformasikan bahwa kartu kredit tidak perlu ditutup dan saya tidak perlu khawatir, karena selama tidak ada penggunaan kartu kredit, tidak akan dikenakan biaya iuran tahunan (Annual Fee). Saya langsung percaya saja saat itu dan langsung menutup telepon.

Ternyata 2 bulan berikutnya, tepatnya di Bulan Oktober 2020 pertama kali saya mendapatkan email e-billing dari Bank Mega terkait tagihan Annual Fee dll dengan total tagihan sebesar Rp407.228,-. Saat itu saya tidak mampu membayar, karena saya sedang tidak bekerja sehingga tidak punya penghasilan sama sekali (buat makan saja susah). Jadi saya abaikan dulu.

Sampai di Bulan Maret 2021, ketika saya mengecek email masuk dari Bank Mega, ternyata tagihan saya sudah sebesar Rp443.965.- dengan jatuh tempo 12 April 2021. Akhirnya pada tanggal 29 Maret 2021 saya bayar tagihan tersebut dengan nominal yang sama. Tepat satu hari setelahnya, saya telepon kembali melalui Mega Call 1500010 dengan tujuan ingin menutup Kartu Kredit Bank Mega.

Saat itu saya berbicara dengan CS bernama Kristi dan langsung menyampaikan tujuan saya. Namun selama saya berbicara dengan CS yang berdurasi 18m 21d kok kesannya mereka berbelit-belit dan memaksa saya untuk tidak menutup kartu kredit. Mereka beralasan bahwa saya tidak perlu khawatir karena tagihan Annual Fee bisa diabaikan dan bisa dihapuskan nantinya dan pembayaran sebesar Rp 443.965.- bisa dikembalikan. Namun saya menolak dan tetap ingin menutup kartu kredit.

Obrolan kami berakhir dikarenakan pulsa saya sudah habis tanpa ada keputusan. Saya merasa sepertinya pihak Bank Mega sengaja mengulur waktu. Di sini saya sudah merasa dirugikan lagi. Rugi waktu dan biaya.

Saya hanya ingin melakukan proses penutupan Kartu Kredit Bank Mega dengan mudah dan cepat tanpa harus berdebat dengan CS. Untuk para calon nasabah mohon dipikirkan kembali untuk menggunakan jasa layanan Kartu Kredit Bank Mega. Sudah banyak keluhan-keluhan serupa. Semoga hal semacam ini tidak terjadi kepada Anda, Calon Nasabah. Dan untuk Bank Mega perbaiki pelayanannya agar bisa bersaing dengan bank-bank swasta lainnya yang pelayanannya sudah jauh lebih baik.

Elisabet Rayi Kartika
Pringsewu, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:36    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Sulitnya Penutupan Kartu Kredit Bank Mega

  • 1 April 2021 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Jujur aja saya punya rencana buat pake kartu kredit Bank Mega, tapi sepertinya emang harus fikir2 dulu..
    Lebih baik transaksi pake debit dulu lah

        • 2 April 2021 - (01:43 WIB)
          Permalink

          Saya mengalami hal ini, memang dr pihak bank mega terkesan seperti mengulur ulur pembicaraan, namun sy tetap meminta mrka untuk tutup smpai beberapa kali saya ulangi untuk mohon d tutup, setelah itu barulah cs ny mau tutup kartunya setelah percakapan panjang lebar.

        • 2 April 2021 - (05:14 WIB)
          Permalink

          Sya dulu waktu mau tutup CC, saya ingin taubat, menjauhi riba. Langsung auto ditutup CC nya 🤣

  • 1 April 2021 - (19:17 WIB)
    Permalink

    bukan hanya bank mega aja, hampir semua bank penerbit kartu kredit dimasa pandemi ini tidak mau kehilangan nasabah yang “bagus”. tidak macet pembayarannya.
    saran saya pas telp langsung saja “tegas” dan jika perlu sedikit “marah”,
    tidak perlu basa basi. langsung tekankan “mau tutup”

    • 1 April 2021 - (19:24 WIB)
      Permalink

      Saya telfon selama 18 menit sudah berkali kali saya bilang ingin tutup. Tapi pihak bank berbelit belit.
      Sampai CS nya bilang begini ke saya “kalau sekarang CC nya mau ditutup, kenapa dulu buat CC?” Bener2 udah gedek saya.
      Mungkin saya kurang tegas ya, sebelumnya terimakasih kak utk sarannya

      • 2 April 2021 - (16:59 WIB)
        Permalink

        Pergi ke kantor bank mega minta disambungkan ke bagian kartu kredit,nah marah disana,mau 4 jam layani aja.pasti ditutup

  • 2 April 2021 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Terima kasih infonya, Saya seumur hidup gak akan pernah pakai Kartu Kredit Bank Mega.
    Membacanya aja merinding, apalagi jika mengalami..

  • 2 April 2021 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Kalau ingin tutup cc bank Mega, saran saya sediakan kuota telpon yg banyak karena pasti panjang lebar prosesnya. Tdk sperti bank lain yg bs segera diproses asal pembayaran sdh lunas semua.
    Coba gunakan paket telpon aja biar biayanya lebih murah drpd pakai pulsa utama. Hanya ini senjata utamanya: kuota telpon.

  • 2 April 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    saya sebulan ini sudah menutup cc mega saya dengan pemakian selama 1 tahun aktif..awalnya berbelit2 dan ngobrol kisaran 15 mnit mereka kalah…kita desak mereka kita sudah tidak kerja dan kita minta id pelaporan perhal penutupan cc mega dan saya mumpung ada uang…saya mau pelunasan waktu itu masih kurang 1 angsuran jdi kena penalty 200ribuan.akhirnya saya caci maki dan d kasih total penutupan dan saya bayar lalu tlp lagi minta id pelaporan dan dengan siapa yg tlp…setelah beres 4 hari dpt email penutupan

  • 14 April 2021 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Update,
    Pada hari ini Rabu, 14 April 2021, tindak lanjut atas keluhan saya pada Bank Mega terkait “Sulitnya Penutupan Kartu Kredit Bank Mega” telah ditanggapi baik oleh Bank Mega.
    Tanggal 6 April 2021 pihak Bank Mega sudah menghubungi saya untuk membantu proses penutupan kartu kredit. Dan per tanggal 12 April 2021 saya sudah menerima email dari Bank Mega perihal “Closing Statement” sebagai bukti kartu kredit saya sudah ditutup.
    Terimakasih Bank Mega sudah menjawab keluhan saya. Dan terimakasih MediaKonsumen sebagai wadah penyalur keluhan. Semoga peristiwa serupa tidak terjadi lagi dan pelayanan Bank Mega menjadi lebih baik lagi kedepannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Penutupan Kartu Kredit Bank Mega

oleh Rayikartika_ dibaca dalam: 2 min
12