Daur Ulang Nomor Telkomsel

Halo saya Garry, salah satu pelanggan Telkonmsel selama 5 tahun terakhir. Dikarenakan kesibukan saya terakhir dan kebiasaan menggunakan aplikasi chat, saya sempat lupa mengisi pulsa nomor saya yang masa tenggangnya berakhir pada 6 Januari 2021.

Saya sudah telepon 2x ke pihak Telkomsel pada 5 April 2021, sampai memohon-mohon agar nomor saya bisa diaktifkan kembali. Nomor tersebut sudah digunakan untuk banyak pendaftaran bisnis dan aplikasi keuangan yang jika sampai digunakan oleh orang lain akan sangat merugikan saya. Nomor tersebut juga memiliki banyak kenangan, karena nomor pasangan dengan kekasih saya.

Sampai saat ini saya menulis (7 April 2021), saya masih bisa menerima SMS dan telepon dan sinyal Simpati saya juga masih ada. Saya mohon solusi dari pihak Telkomsel sebelum nomor tersebut terdistribusi. Saya sudah memohon solusi via telepon, tapi tidak ada bantuan.

Jika nomor saya sampai jatuh ke tangan yang salah, saya akan rugi besar dan nomor pasangan saya tidak ada arti lagi. Sebagai pelanggan setia Telkomsel 5 tahun terakhir saya memohon solusi dari pihak Telkomsel sebelum semua ini terlambat (bukti sinyal saya masih ada dan masih bisa menerima SMS dan panggilan saya lampirkan).

Saya sungguh kecewa dan sedih jika pihak Telkomsel tidak bersedia memberi solusi. Padahal saya rasa belum terlambat.

Terima kasih, pelanggan setia Telkomsel.

Garry Koesoema
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:34    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Daur Ulang Nomor Telkomsel

  • 7 April 2021 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Kalau cuma telp tidak menyelesaikan masalah. Datangi grapari dan minta diaktifkan lagi. Dan untuk aktifkan biasanya diminta data diri dll. Jangan jadikan situs ini jalan pintas.

    14
    1
    • 9 April 2021 - (02:10 WIB)
      Permalink

      Halo kak terimakasih atas tanggapannya, usaha yang saya sudah lakukan:

      – menelpon ke telkomsel care 3x (di hari yang berbeda)
      – menjelaskan secara panjang ditwitter telkomsel
      – DM instagram telkomsel
      – datang ke Grapari.

      saya menulis surat ini tanggal 7 april subuh. dan pada sorenya saya datang ke Grapari

      jangankan hanya sekedar ke grapari, saya disuruh bulak balik saja berkali-kali mau asal bisa. tapi memang tidak bisa total diaktivasi ulang.

      saya menggunakan media ini berharap bisa sampai ke pusat telkomsel dan memberikan solusi bukan mencari jalan pintas 🙏

    • 7 April 2021 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Betul gan, nomor Telkomsel kalo dah lewat masa tenggang beberapa lama, gak bisa diaktifin lagi. Anehnya, meski udah lewat masa tenggang, kartunya masih ada sinyalnya, jadi kita gak ngeh…wkwkwk. Pengalaman pribadi, nomor yg udah 10 tahun lebih hangus, gara2 gak nyadar. Ke GraPARI jg gak bisa diapa2in lagi. Ya udah deh, ganti provider n musti repot ngehubungin bank dll, buat ganti nomor hp.

      • 8 April 2021 - (04:49 WIB)
        Permalink

        bnyak sekali yg mengalami ini. sy pikir sebenarnya ini urusan sngat mudah, kalau tselnya mau 😁
        boleh jadi manajemenx merasa kesal, harus tegas, tega2. ini buat ngasih plajaran buat pengguna kartux. gara2 aplikasi chat, voice call, kebanyakan jd lupa.. setidaknya isi pulsa lah 😁😂

        • 9 April 2021 - (02:23 WIB)
          Permalink

          yup memang betul ini salah satu kelalaian saya sebagai user, saya menerima sansksi jika kena denda dalam bentuk rupiah atau apapun. tapi ini pun tidak ada solusi. padahal saya mau bayar beli lagi untuk apapun itu asal nomor lama saya bisa kembali

      • 9 April 2021 - (02:13 WIB)
        Permalink

        betul kak, ini karena jarang pakai telepon tapi masih tetap isi pulsa. cuman memang untuk kartu loop sendiri dijelaskan juga harus ada pemakaian agar masa aktif tambah, saya sudah mau booking, bayar didepan atau apapun tetap tidak bisa. yang saya rasa harusnya masih bisa karena kan nomor belum di recycle. tapi saya bingung kenapa tidak bisa. padahal lebih beresiko jatuh ke orang lain

      • 19 Oktober 2021 - (04:28 WIB)
        Permalink

        Ini sama srperti kejadian saya,5 okt masih bisa terima sms dan sidignal ada,kebetilan saya lg di luar jkt.dimana jgnkan signal internet.signal tlp biasa saja susah nyambung. Saya minta kebijakan tlp ngabidin pulsa bolak balik jg percuma nggk ngebantu.hanya bantu gerogotin pulsa tlp aja. Saya share kendala saya pada cs dan tanya grapati terdekat dr lojadi saya saat ini.pihak cs kasih yg paling dekat itu grapari jl.sufirman klo gk salah fi kota palembang. Dan itu jauh sekali dr lokadi saya saat ini. Hatus 8 jsm perjslanan bisa lebih.tergantung kecrpatan bawa mobilnya. No saya masuk daftar reycke. Belum edsr.katanya 30-60hati gk nentu soal jadwal no saya fi pasarkan. Saya minta aktifjan dan terima semua syarat tapi ttp tidak bisa.mereka sarankan card baru untuk solusi. Saya tidak puas.klo bukan keluarga pake telkomsrl dudah ganti profider ssya

  • 7 April 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Coba langsung ke grapari saja bang,
    Kalau masih rejeki bisa diaktifkan lagi tapi migrasi ke pascabayar bang .

    • 8 April 2021 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Sebenernya memang sudah lama aturan telkomsel seperti itu. Nomor yg terlalu lama tidak aktif bakal aktif lagi di lain tempat. Datang ke grapari pun nggak dapat solusi sebagaimana harapan kalau nomor lama itu udah jadi kartu perdana baru yg udah aktif di tempat lain baik udah dapet user baru maupun masih terpampang di konter blm ada yg beli. Saya rasa semua akun akan tetap aman karena orang lain tak mungkin login dengan email yg sama. Jadi semisal akun kita minta OTP ya sana yg pake nomor lama kita cuma dapet sms OTP tanpa tau itu dari mana… Saran saya ya ganti nomor akun-akun tsb. Termasuk juga nomer di marketplace. Yg susah ya shopee kadang nggak mau malah sistemnya shopee menganggap akunnya dihack. Kecuali kalau akun2mu tsb udah terlanjur log out ya wassalam…

    • 8 April 2021 - (16:40 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya ada jalan keluarnya gan..kalau mau daftar pascabayar tapi dengan nomor yg sama bisa…coba aja gan ke grapari bilang mau langganan pascabayar dengan nomor hp lama agan….

      Tapi kalau ada perubahan prosedur nya lagi,ga tau deh..soalnya dulu saya sempat begitu juga…semoga bisa yah..

      • 9 April 2021 - (02:15 WIB)
        Permalink

        tidak bisa kak, saya sudah bersedia. tapi batas itu hanay bsia dilakukan h+10 setelah masa tenggang berakhir. jika sudah lebih tidak bisa diapa-apakan lagi. saya sudah berusaha dengan segala cara. kemarin

        • 30 Juli 2021 - (09:06 WIB)
          Permalink

          Setuju dgn bang @Martinus Kurniawan..nomor sy yg saat ini sy gunakan juga prnah mnglami hal yg sama..lantas sy dtg ke grapari. Oleh petugas disampaikan kalo nomor bs aktif kalo rubah ke pascabayar. Saya setuju aja dn sampai skarang aktif sy gunakan.

  • 8 April 2021 - (02:59 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya alami skr, telkomsel mengecewakan, tak mengapresiasi eplanggan setia *saya pelanggan dari 2011

  • 8 April 2021 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Waduh berat sekali sanksinya ya.
    Saya juga termasuk jarang mengisi pulsa, jenis Kartu Telkomsel saja adalah As Flexi (Kartu bahula migrasi dr telkom flexi dulu) yg saya gunakan untuk paket data smartphone, untuk kebutuhan nelfon dan SMS ada nomor Indosat yg sudah saya gunakan sejak masih SMA (14 Tahun lalu).

    Karena dapat kuota kemendikbud (telkomsel), jd beberapa bulan ini jarang mengisi pulsa untuk beli paket data. Tp tiap bulan ada perpanjangan otomatis dari telkomsel, karena ada ada pemakaian pulsa minimal Rp. 500 (mungkin gara2 SMS Banking masuk, kena potong pulsa.. karena seingat saya tdk pernah d gunakan nelfon/sms)

    Memang alangkah bagusnya kalau tidak mau hangus, nomornya di konversi ke nomor “Telkomsel Halo” , memang agak mahal sih.. tp mungkin sepadan karena dipakai untuk bisnis. Tp ini efektif dilakukan diawal-awal karena kalau di ganti dipertengahan, agak sedikit ribet menghubungi kolega kita satu-satu untuk memberitahukan nomor baru.

    Dulu saya pernah ke grafari (2019) mengurus nomor telkomsel simpati mertua, untungnya syarat d bawah ini terpenuhi:
    1. Datang ke GraPARI paling lambat 15 hari setelah masa tenggang habis.
    2. Bawa e-KTP asli dan yg datang kalau bisa harus orgnya langsung
    3. Nomor Kartu Keluarga (KK).

    Mungkin saja sekarang peraturan sdh berubah di 2021..

    Semoga ada jalan keluarnya. Tp yg terburuk harus ganti kartu dan sedikit ribet menghubungi kolega dan setting2 akun lagi.

    • 9 April 2021 - (02:17 WIB)
      Permalink

      terimakasih atas doa nya 🙏,

      tidak bisa kak untuk diubah ke pascabayar, saya akan dengan sangat senang hati jika bisa kemarin. tapi kata telkomsel saya sudah diluar masa reaktivasi.

      reaktivasi ke kartu pascabayar hanya bisa dilakukan maksimal h+10 setelah masa tenggang.

  • 8 April 2021 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya kalau kurang dari 1 bulan masih bisa diganti jadi kartu halo tapi itu sudah beberapa tahun yg lalu. Pengguna lama juga, sudah lebih dari 10 tahun tetap harus ikut peraturan mereka.

    • 9 April 2021 - (02:20 WIB)
      Permalink

      betul kak, saya hanya berharap setidaknya ada solusi. kita bisa beli lagi paling tidak nomor yang sama. saya bayar juga tidak apa tapi solusinya hanya beli nomor baru

  • 8 April 2021 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Saya sudah mengalami 2 kali (bantuin punya teman) , itu ga bisa, ke grapari juga ga bisa katanya itu memang sudah mati, kecuali kalau nomor hilang dan masih aktif baru bisa (hp saya dicuri sama kartunya dan minta lagi). Sebaiknya usaha dari sekarang ganti nomer akun terkait itu sambil usaha ke grapari.

    • 9 April 2021 - (02:19 WIB)
      Permalink

      iya saya sudah ganti semua untuk urusan bank, ke grapari pun sudah tetap tidak bisa

      sudah hubungi twitter, instagram telepon ke telkomsel, ke grapari semua sama.

      bukan hanya akun , tapi nomor tersebut besar artinya untuk saya

  • 8 April 2021 - (14:11 WIB)
    Permalink

    SAya pikir bukan hanya telkomsel yg memberlakukan ketentuan tsb.
    Provider mempunyai masa aktif dan masa tenggang.
    Lewat masa tenggang? Ya sudah, wassalam.
    Telkomsel besar, repot kl harus ngurusin 1 orang.
    Kl loyal, nomer cantik migrasi ke postpaid.

    • 9 April 2021 - (02:18 WIB)
      Permalink

      saya sangat mau jika diperbolehkan pindah ke postpaid. tapi sudah tidak bisa sama sekali oleh pihak telkomsel. justru saya meminta kalau bisa ada solusi dari pihak telkomsel bagaiamana baiknya. solusinya hanya beli nomor baru

      • 25 Juni 2021 - (08:55 WIB)
        Permalink

        Apakah anda sudah mencoba ke berbagai grapari?? Cobalah anda kunjungi ke berbagai grapari yang ada dijakarta, siapa tau nomor anda dapat dijadikan postpaid oleh salah satu grapari. (Grapari pusat = grapari alia yang ada di gambir)

        Karena perlu waktu untuk recycle nomor. Seharusnya nomor anda masih belum digunakan orang lain.

        • 25 Juni 2021 - (15:34 WIB)
          Permalink

          Sudah ya kak, tidak ada solusi , ke post paid pun tidak bisa kalau bisa saya sangat mau. sudah ke grapari dan menelpon tetap tidak bisa.

  • 27 Juni 2021 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Klo boleh dimana tempat besan no tg di recycle biar saya beli lahi bagaimana pun no itu sekalipun bekas saya gak nyaman klo sampe jtoh ke tangan orang lain

  • 6 Juli 2021 - (11:12 WIB)
    Permalink

    senasib kite mas, saya juni kmren baru khilangan juga nmor kesayangan yg udah dipake selama 15 tahun, alasan tlkmsel sama sprti yg mas tulis itu. gak ada solusi, selain nomor itu di recycle kmbali dan tdk tau akan terbit d daerah mana lagi. Hebat buat telkomsel yg rewardnya bgtu ke pelanggan setiannya.

    • 6 Juli 2021 - (16:26 WIB)
      Permalink

      betul. yang saya heran dibeli lagi saja tidak bisa. saya bingung. padahal mau bayar.. dan sudah berusaha sama sekali tidak ada solusi juga

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Daur Ulang Nomor Telkomsel

oleh Garry dibaca dalam: 1 menit
31