Miskomunikasi di J&T, Berujung Retur 4 Paket COD Saya

Saya ingin mengeluhkan jasa kurir J&T, terlebih J&T yang beralamatkan di Jalan Letda Jaya, Denpasar, Bali. Sebelumnya saya mengakui betul bahwa saya salah, karena tidak membayarkan barang pesanan yakni barang COD dengan tepat waktu. Berikut nomor order di Shopee dan resi J&T:

  • Nomor order: 2104021FRT0KNX – JP3119617109
  • Nomor order: 2104021DXA0VGF – JP6128866194
  • Nomor order: 2104034GPX1YK9 – JP2181359892

Dengan satu alasan, saya telat membayarkan 4 paket COD saya. Namun sebelumnya, saya sudah konfirmasi ke salah satu admin di sana bahwa keesokan hari saya akan membayarkan paket COD tersebut. Saya meminta tolong supaya tidak meretur paket saya.

Nah pada tanggal 8 April 2021, sekitar pukul 7 malam, saya melakukan pembayaran paket COD saya tsb dan mengkonfirmasi ke admin lainnya. Saya pikir beres dong, tapi ternyata tidak. Kurir yang biasa mengantarkan paket memberi tahu saya bahwa keempat paket saya diretur dengan alasan melebihi 4 hari.

Seketika saya syok, lah saya sudah konfirmasi bayar kenapa malah diretur? Ternyata admin yang saya konfirmasi dan saya kirimkan bukti transfer pembayaran tidak mengkonfirmasi ke kurir dan admin lainnya sehingga paket saya diretur. Seketika saya kecewa berat. FYI keempat paket ini bukanlah paket saya, melainkan paket orang lain.

Yang saya ingin keluhkan di sini:

  • Pertama, kenapa pada saat saya konfirmasi pembayaran tidak langsung dicek paket saya atau setidaknya diinfokan ke admin lain supaya tidak retur?
  • Kedua, di saat saya mengkonfirmasi ke kurir bahwa saya telah mengirimkan bukti transfer ke admin, tapi kurir bilang saya gak konfirmasi apa-apa, sehigga paket saya harus diretur.
  • Ketiga, saya bela-belain membayarkan di hari itu supaya gak diretur, eh tahu-tahu diretur. Ya mending sehari sebelu0mnya saya gak minta tempo dikasih waktu bayar hari itu. Mereka yang miskomunikasi, tapi saya yang dikecewakan dengan paket saya yang diretur. Kalau pun memang harus diretur, kenapa tidak konfirmasi terlebih dahulu?

Oh ya ini kejadian kali kedua yang saya alami. Sebelumnya juga sudah pernah, tapi barang gak sampai diretur, tapi status di Shopee itu retur. Saya gak tahu deh itu gimana uang si seller. Di sini saya meminta maaf karena memang saya bersalah sudah telat mengambil barang COD, tapi saya sudah berusaha menepati waktu yang saya minta untuk bayar, meskipun nyatanya malah diretur juga.

Terima kasih Media Konsumen.

Karina Surya Iriani
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:15    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Miskomunikasi di J&T, Berujung Retur 4 Paket COD Saya

  • 14 April 2021 - (10:45 WIB)
    Permalink

    mungkin admin tersebut sudah cape dan lelah..
    mirip kasus kemarin dimana COD tapi maunya ditransfer…

    jadikan pengalaman aja, kadang kan admin banyak kerjaan, lupa, sibuk, cape, mumet jadi alangkah bagusnya COD itu benar-benar “CASH ON DELIVERY”

    8
    1
    • 14 April 2021 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Mungkin krn kenal sama pimpinannya kali ya? :D, masih saudaraan sepertinya sama yg dulu itu. COD kok transfer, kenapa tdk belinya saja sekalian transfer. Ini j&T, jauh lbh besar dr ninja, kl ternyata itu tidak sesuai sop bisa tamat itu admin j&t nya.

    • 15 April 2021 - (08:30 WIB)
      Permalink

      Waw telat 4 hari ya pantes aja diretur kecuali baru telat 1-2 hari kurir juga akan memaklumi
      Soalnya sistem j&t kalo kurir ga berhasil antar paket maka uang insentif kurir akan dipotong makanya kadang kalo pake j&t barang belum diterima tapi ama kurir sudah di konfirmasi sudah diterima ya untuk menghindari denda itu

      Lain kali harus pake perhitungan kalo mesen barang tuh jangan terbawa nafsu tapi saat paket datang malah kesulitan buat membayar karena bisa meribetkan alur pengiriman barang jangan merasa sudah kenal ama admin terus bisa seenaknya menunda pembayaran ampe 4 hari karna hidup ga akan mengikuti apa maumu

  • 14 April 2021 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Anda sudah mengakui jika anda salah. Belanja online setidaknya bisa prediksi kapan paket akan datang, siapkan uang sesuai jumlah. Jika berhalangan menerima paket, bisa di titip ke orang rumah. Kalo ga mau ribet, belanja pake transfer. Ga punya rekening, bayar di minimarket. Banyak pilihan pembayaran. Jangan merepotkan pekerjaan kurir dan admin, mereka tidak hanya mengurus 1 paket, 1 pengiriman saja.

    13

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Miskomunikasi di J&T, Berujung Retur 4 Paket COD Saya

oleh Karina Iriani dibaca dalam: 1 min
5