Apakah IndiHome Pilih-Pilih Calon Pelanggan?

Saya sudah melakukan permohonan pasang baru IndiHome sejak saya menghuni Sentra Timur Residence, yang terletak di Pulo Gebang, Jakarta Timur, yang merupakan kerjasama dari PT Bakrie Pangripta Loka dan PT Perumnas, pada Tower Sapphire, namun selalu tidak ada tindak lanjut dari permohonan tersebut. Setiap kali permohonan pasang baru keluar, yang didapatkan adalah “belum ada jaringannya di tower Bapak, kami tidak bisa memberikan estimasi kapan tersedia.” Padahal lokasi merupakan kawasan residensial yang terbilang cukup padat, dan sebenarnya banyak calon pelanggan yang bisa didapat dari tempat ini.

Inquiry yang saya lakukan kepada pengelola terbilang cukup intens, tidak jarang saya melakukan inquiry pada dini hari, dan kadang diwarnai dengan debat. Dan pada hari ini, tanggal 17 April 2021, saya diinformasikan oleh pihak pengelola bahwa perjanjian kerjasama Indihome dan pengelola sudah berakhir sejak 2017, dan belum ada kejelasan dari IndiHome mengenai ini. Padahal pihak developer sudah mengusahakan pengadaan jaringan selama pembangunan Tower Sapphire yang saya huni hingga pada saat sudah banyak yang menghuni.

Walaupun saya tidak terima dengan penjelasan pihak pengelola yang terkesan menutupi masalah pengadaan jaringan IndiHome ke tower ini sampai pada akhirnya ada provider lain yang masuk, saya memahami perasaan frustrasi yang dialami pihak developer sehingga pada akhirnya memutuskan beralih ke provider lain.

Pertanyaan saya, kenapa IndiHome dalam kondisi ini seakan-akan sedang memilah-milah calon pelanggannya? Tower ini banyak potensi pelanggan baru IndiHome menurut saya, dan IndiHome malah terkesan lambat dalam hal meneruskan kerjasama pengadaan jaringan IndiHome di sini.

Saya juga sangat menyayangkan dokumen draft kontrak dengan nomor permintaan 52622657 yang terbit dalam kondisi lapangan tidak dapat dilakukan pemasangan IndiHome. Apakah ketidaksinkronan informasi antara pusat dan daerah adalah hal lumrah di kalangan IndiHome sendiri, sehingga calon pelanggan diminta maklum dengan kondisi ini?

Di surat-surat saya sebelumnya melalui platform ini, saya telah mendapat penjelasan dari PT Telkom selaku penyelenggara IndiHome, namun ketika informasi dari pengelola keluar, tentu saja saya butuh penjelasan yang lebih mendetail dari PT Telkom terkait hal ini.

Saya mohon maaf sebelumnya jika isi pesan ini terkesan tidak sopan, namun dengan keadaan yang terjadi, saya perlu kejelasan dan penjelasan yang lebih jelas sampai ke akar masalahnya.

Terima kasih.

Eric Suwarno
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:12    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom untuk Bapak Eric Suwarno

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Eric Suwarno pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Apakah IndiHome Pilih-Pilih Calon Pelanggan?

  • 18 April 2021 - (15:21 WIB)
    Permalink

    beruntunglah anda tidak jadi pakai indihome, saya pemakai indihome/telkom sejak jaman telkomnet instant (jaman sebelum indihome dan speedy) malah ingin segera beralih ke isp lain, sayangnya tidak ada isp lain disini.
    indihome dari segi harga termahal dibandingkan isp lain, contoh harga 50 mbps di indihome jika di isp lain bisa dapat 100-150mbps.
    indihome juga sering melimit koneksi download, torrent, netflix jauh di bawah paket yang dipakai. indihome memaksa pelanggan memakai DNS indihome yang memblokir banyak situs dan sering gangguan, pelanggan tidak bisa mengganti DNS sendiri (secara normal). koneksi indihome untuk game sering bermasalah sehingga pelanggan terpaksa pakai VPN.
    Keunggulan indihome jaringan luas sampai di desa2, dan teknisinya banyak jadi jika ada laporan gangguan teknisi cepat datang.

    • 18 April 2021 - (17:08 WIB)
      Permalink

      Kenapa mesti memaksakan diri memakai indihome? jaringannya aja belum ada.

      bea masuk yg dipatok developernya mahal kali, jdi indihome belum mau masuk… 😁

    • 20 April 2021 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Entah hoki atau apa. Saya make indihome aman” aja. Ga ada yg namanya lost koneksi buat game online lancar. Download stabil. Ga pernah putus. Masalah DNS kn emang sesuai pemerintah yg blokir situs dewasa.. klo mau buka ya akali hostnya. Klo gak mau ribet pake vpn..

  • 19 April 2021 - (13:22 WIB)
    Permalink

    saya nda tahu ya kerjasama antara ISP dengan developer seperti apa, tapi seyakin apa anda dari sisi indihome yang menunda-nunda kerjasama nya?
    apa mungkin ada suatu kondisi/term/ketentuan/ biasanya alasan ekonomi untuk kerjasama itu tidak terjalin

    kalau anda tanya, apakah indihome ingin pelanggan baru?
    ya iya bang, dapet duit
    apakah harus ada perhitungan antara cost dan pendapatan untuk mendapatkan pelanggan baru?
    YA JELAS, namanya juga bisnis, kalo sumbangan ya lain lagi, ga perhitungkan margin pendapatannya

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Apakah IndiHome Pilih-Pilih Calon Pelanggan?

oleh Eric dibaca dalam: 1 menit
4