Pemasangan IndiHome Tidak Kunjung Bisa Dilakukan, Bahkan Setelah 2 Tahun

Sekitar awal tahun 2019, saya terpikir untuk memasang internet kabel di rumah. Saya coba cek dan ternyata yang ada di daerah saya adalah internet kabel dari IndiHome. Keinginan saya untuk memasang IndiHome adalah karena saya tahu bahwa 2 tetangga saya, satunya tepat di sebelah rumah dan satunya berjarak dua rumah setelah rumah saya, juga telah memasang internet kabel dari provider tersebut.

Saya pun coba mencari informasi tentang pemasangannya dengan menelepon call center 147. Namun sewaktu saya menanyakan lewat call center, admin yang menangani saya bilang bahwa dia tidak bisa memastikan apakah untuk rumah saya sudah terjangkau jaringan IndiHome atau belum. Dia menyarankan untuk langsung pergi ke Plasa Telkom terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Saya pun coba menanyakan apakah admin itu bisa memberikan nomor telepon dari Plasa Telkom terdekat.

Setelah dia memberikan nomor telepon saya pun langsung coba menghubungi nomor tersebut. Setelah tersambung dengan operator dari Plasa itu, dia meminta data diri saya termasuk alamat rumah. Dia mengatakan belum bisa memastikan apakah rumah saya sudah masuk jangkauan atau belum. Tapi dia bilang untuk menunggu akan ada orang dari Telkom yang akan melakukan survey di daerah rumah saya.

Beberapa hari kemudian datang dua orang untuk melakukan survey. Mereka bilang bahwa saat itu ODP terdekat dengan rumah saya lokasinya cukup jauh sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan. Otomatis saya keberatan, karena dua tetangga saya bisa memasang IndiHome.

Saya pun menyampaikan hal itu kepada mereka, tapi mereka tetap saja menolak dengan alasan seperti di atas. Karena pemasangan tidak bisa dilakukan, saya pun terima saja karena memang pada waktu itu saya belum terlalu butuh jaringan internet kabel karena jaringan seluler dari provider yang ada di daerah saya cukup bisa diandalkan. Namun sebelum pergi para teknisi tadi bilang bahwa rumah saya akan masuk daftar prioritas saat ada ODP terdekat yang yang dipasang di rumah saya. Saya pun hanya mengiyakan saja.

Setelah itu saat pandemi pun terjadi, beberapa kali saya berpikir untuk memasang internet kabel. Namun karena mengingat kejadian di atas tadi saya pun mengurungkan niat saya. Lagipula, jaringan seluler yang saya gunakan masih sangat bisa diandalkan.

Selama pandemi segala sesuatu harus bisa dilakukan dari rumah. Dalam seminggu, saya bisa meeting online dengan menggunakan Zoom sekitar 7-8 kali, dengan masing-masing durasi 1-2 jam. Belum lagi penggunaan internet untuk streaming, download, dan lain-lain. Itu hanya penggunaan internet saya pribadi, belum termasuka anggota keluarga lainnya. Meskipun tarif dari jaringan seluler provider saya bisa dikatakan cukup mahal tapi dengan kualitasnya yang cukup bagus bukanlah masalah bagi saya.

Namun entah apa yang terjadi, pada awal tahun 2021 jaringan seluler yang biasa saya andalkan mulai sering gangguan, dari Zoom Meeting yang freeze sampai bisa 10 kali disconnect dalam satu jam. Begitu juga dengan streaming yang terus-terusan buffering.

Sekira bulan Februari 2021, saya lihat di depan rumah saya dilakukan pemasangan tiang-tiang oleh para teknisi IndiHome. Saya pun terpikir lagi untuk coba memasang internet kabel. Tanggal 27 April, saya coba cek di website IndiHome untuk daerah saya ternyata sudah masuk jangkauan.

Rumah saya sudah tercover

Saya pun coba melakukan pendaftaran melalui aplikasi MyIndiHome tapi entah kenapa selalu gagal, mungkin aplikasinya lagi error.

Saya coba menelepon di 147, saya memberikan alamat saya dan admin yang menangani saya mengonfirmasi bahwa benar daerah saya sudah terjangkau dan pemasangan bisa dilakukan. Saya pun meminta untuk memasang paket promo 2P yang perbulannya Rp240.000, tapi admin itu mengatakan bahwa untuk paket promo tersebut tidak bisa mendaftar lewat 147, tapi hanya bisa lewat web atau sosial media. Saya pun langsung mendaftar lewat twitter.

Tidak lama kemudian ada pesan yang masuk di WA saya yang intinya menyuruh saya untuk verifikasi data diri. Setelah saya mengisi semua dokumen dan foto KTP serta selfie dengan KTP masuk lagi pesan berikut.

Tidak lama setelah itu saya ditelpon oleh IndiHome, admin yang menelepon ingin memastikan apakah memang benar saya mendaftar. Dia menjelaskan perihal biaya apa saja yang harus saya bayar. Saya pun hanya mendengarkan saja penjelasannya yang panjang lebar.

Setelah selesai menjelaskan, di akhir percakapan saya kembali memastikan kepada admin itu apakah daerah saya memang benar-benar sudah tercover dan bisa dipasang. Dia pun menjawab bahwa rumah saya benar-benar sudah bisa dipasang karena di depan rumah saya ada ODP kosong. Dia meminta saya untuk menunggu teknisi yang akan memasang instalasi jaringan di rumah saya.

Selagi menunggu para teknisi saya pun mencari informasi di internet tentang bentuk dari ODP IndiHome untuk memastikan apakah memang di dekat rumah saya ada ODP. Dan ternyata memang ada, dan jaraknya dekat sekali mungkin sekitar 20-30 meter dari depan rumah saya.

Besoknya tanggal 28 April, sekitar jam 10 pagi ada telepon yang masuk dari teknisi yang minta saya untuk shareloc agar bisa disurvey untuk dilakukan pemasangan, saya pun sangat senang karena berpikir bahwa saya sudah bisa segera menikmati internet kabel hari itu.

Siangnya sekitar jam 1, dua teknisi datang di rumah tapi bukan untuk memasang instalasi, mereka datang untuk bilang bahwa rumah saya belum bisa dipasangi internet kabel karena jaraknya sangat jauh dari ODP terdekat. Saya pun tanya kenapa tidak bisa pasang dari ODP yang ada di depan rumah, mereka bilang kalau ODP itu belum aktif.

Saya tanya sekali lagi apa memang benar-benar tidak bisa dipasang, mereka bilang kalau mau tarik kabel pun jaraknya cukup jauh. Mereka menyarankan saya untuk sabar saja dan menunggu ODP diaktifkan. Setelah foto-foto bagian depan rumah saya, para teknisi itu pun pergi. Sungguh mengecewakan!

Yang membuat saya heran kenapa sampai sekarang dua tetangga saya bisa menikmati internet kabel dari IndiHome sedangkan saya tidak bisa? Dari sudut pandang orang awam seperti saya, bukankah lebih mudah untuk mengaktifkan ODP dibanding harus memasang tiang dan sebagainya? Kenapa ODP tidak bisa diaktifkan saat saya ingin menjadi pelanggan IndiHome? Baik dua tahun lalu dan sekarang pun ternyata masih sama saja, saya tidak bisa menikmati internet kabel. Kalaupun dikasih pilihan saya tidak mau memasang jaringan IndiHome kalau ada penyedia lain di daerah saya. Tapi masalahnya yang ada di daerah saya cuma penyedia ini.

Akhir kata, saya berharap dengan dimuatnya tulisan ini rumah saya bisa segera dipasangi internet kabel IndiHome. Karena banyak artikel di mediakonsumen.com yang langsung ditanggapi oleh IndiHome

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah menyediakan sarana untuk menyampaikan keluhan.

Meiyergri Tempone
Minahasa, Sulawesi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT Telkom Witel Sulut & Malut untuk Bapak Meiyergri Tempone

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca bapak Meiyergri Tempone, Minahasa – Sulawesi...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Pemasangan IndiHome Tidak Kunjung Bisa Dilakukan, Bahkan Setelah 2 Tahun

  • 1 Mei 2021 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Coba cek odp tetangga anda dimana? Krn biasanya maksimal hingga 300 meter dr rumah. Ada pemahaman yg keliru, memasang tiang telp itu jauh lebih mudah drpd pasang odp. Passng tiang tinggal tancep selesai, tp pasang odp dan mengaktifkannya tidak semudah passng listrik, cantol kabel langsung nyala. Prosesnya cukup rumit.

    • 2 Mei 2021 - (03:05 WIB)
      Permalink

      ODP tetangga jauh sekitaran 300-400 meter. Tapi kemarin baru beberapa jam artikel dimuat, langsung ada pihak Telkom
      yang telpon saya terus mereka langsung datang di rumah dan survey lokasi (lagi). Katanya akan segera dipasangkan karena jarak ke ODP memungkinkan (?). Benar akan dipasang atau tidak, saya belum tahu. Tinggal tunggu saja sih (katanya).

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pemasangan IndiHome Tidak Kunjung Bisa Dilakukan, Bahkan Setelah 2 Tah…

oleh Meiyergri Tempone dibaca dalam: 4 menit
2