Saldo di DANA Berkurang Tapi Saldo Transfer Tidak Masuk

Saya pengguna aplikasi DANA yang kecewa terhadap pelayanan DANA. Kronologinya pada Tanggal 3 Mei 2021 pukul 10.49 WIB saya transaksi menggunakan DANA transfer ke akun BRI Virtual Account. Laporan dengan nomor tiket 7325897 tapi sampai saat ini 7 Mei 2021 dana transfer saya masih belum masuk ke rekening tujuan.

1. Tanggal 3 Mei 2021 saya telp ke call center sempat terputus karena pulsa saya habis 10rb an kira2, akhirnya saya buat laporan by email dan via WA, semua persyaratan sudah saya penuhi mulai dari screenshoot mutasi transaksi DANA sampai mutasi histori transaksi Virtual Account tujuan. Jawaban dari dana akan diproses 3×24 jam kedepan jika memungkinan bisa lebih cepat dari estimasi. Jika ada pertanyaan bisa dihubungi kembali ke call center dan via wa infonya. Ok sabar.

2. Tanggal 4 Mei saya telepon kembali call center, dan via email juga, ditanya ulang kembali kendala saya sampai diminta lagi persyaratannya, saya bingung apa tidak terekam laporan saya, koq bertele-tele sekali?Untuk telepon call center saja saya sampai mengisi 50 ribu pulsa telepon akhirnya. Jawabannya masih sama, masih diproses 3×24 jam, ya sudah saya masih sabar.

3. Tanggal 5 Mei 2021 saya email call center aplikasi virtual account tujuan transfer, dan jawaban email tujuan virtual account tujuan di rekening mereka belum masuk dana transfer dan diarahkan untuk menghubungi call center DANA terkait tsb.

Saya juga telepon call center BRI, jawaban dari pihak BRI itu adalah otoritas dari Pihak DANA yang melacak transaksi ke BRI (rekening tujuan trasfer) yang saya bingung kenapa call center DANA saat saya telepon justru meminta bukti mutasi rek tujuan saya, sementara pihak Virtual Account tujuan transfer bilang belum masuk. Artinya pihak DANA yang seharusnya mengecek/konfirmasi ke BRI dong (pemikiran saya berdasarkan info dr App Virtual Account dan call center BRI)

4. Tanggal 6 Mei 2021 jam 16.21 wib saya telp kembali DANA, smp disuruh menunggu mereka cek akhirnya habis pulsa 50rb yang lalu ngisi. Saya isi pulsa lagi 25 ribu, saya telp call center DANA lagi dan minta maaf karena sampai Tanggal 5 masih belum masuk dana transfer saya, kata call center (operator : Hera & Dika) laporan saya akan menjadi prioritas untuk diproses, nanti pihak DANA akan email ke saya secepatnya hari ini katanya. Tapi sampai sekarang 7 Mei 2021 jam 00:44 masih belum ad email dr Pihak DANA.

Bagaimana respon dari Pihak DANA  dan tindakannya? Terima kasih.

Topan Prakasa
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Topan Prakasa

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Topan Prakasa di Media Konsumen, “Saldo di DANA...
Baca Selengkapnya

Loading...

14 komentar untuk “Saldo di DANA Berkurang Tapi Saldo Transfer Tidak Masuk

    • 8 Mei 2021 - (01:38 WIB)
      Permalink

      Halo mimin DANA yg terhormat, 3 layanan mimin DANA (telp call center, WA, Email) sudah sy jalani sejak awal saldo tidak masuk mulai tgl.3 Mei 2021 setiap hari smpai tgl 6 mei 2021.
      Kalau balasan mimin saat ini diarahkan ke 3 layanan mimin lagi, berarti mimin DANA gak mengerti keluhan saya sebagai customer yg dirugikan / gak baca keluhan saya dan kronologis diatas jangan2.
      Saya menulis di mediakonsumen karena jawabannya masih di proses2 terus setiap ditelp. Estimasi awal 3x24jam sudah lewat dan tdk tahu sebabnya kenapa bs lbh lama (sekarang sdh hri ke 6),
      Sekali telp setidaknya butuh 20rb supaya tdk terputus tiba2.
      atau perlu saya kirim semua screenshoot email yg saya kirim dan balasan mail dr DANA, rekaman suara dengan operator customer care DANA juga ada.

      Ini serius menanggapi dan menyelesaikan keluhan konsumen atau tidak pihak customer care DANA ?

  • 7 Mei 2021 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Saya dari 21april mas, baru di refund tanggal 6mei. Dari 21 april, tiap hari juga ngubungin pihak dana, dari wa, email, udah ga kehitung juga pulsa habis brp buat nelpon cs. Syukur nya kemaren, 6mei akhir nya di refund juga. Tapi asli kapok + trauma mau pake aplikasi dana lagi buat transfer duit. Semoga duit mas juga cepat di refund ya. Amin

    • 8 Mei 2021 - (01:40 WIB)
      Permalink

      Terima kasih mba sudah berbagi informasinya 🙏 semoga kedepannya lebih baik lagi pelayanannya yg kita harapkan sebagai konsumen

  • 8 Mei 2021 - (01:58 WIB)
    Permalink

    Saya dari tgl 1 Mei. Transfer Rp 10 juta dari Mandiri ke BNI via DANA. Rekening di Mandiri terdebet, namun rekening di BNI tidak terkredit. Sudah berkali-kali menghubungi DANA (Telepon – pulsa untuk telepon ke DANA sudah habis Rp 100.000,-, WA, email), dijanjikan akan selesai maksimal 5 hari kerja. Hingga hari ini 8 Mei belum ada penyelesaian dari pihak DANA. CS hanya bisa mengatakan “kami akan bantu dengan meminta tim resolusi untuk memprioritaskan penyelesaian masalah Bpk”. Saya kira DANA tidak reliable dalam menyelesaikan permasalahan costumer. Terlalu lama dan sangat lamban. Saya menunggu penyelesaian masalah ini dari pihak DANA.

  • 8 Mei 2021 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini juga sama dengan yang saya alami. Nominal kecil sih 100rb. Ini bisa jadi diakibatkan load transaksi di Dana menjelang lebaran. Jadi dari pihak Bank sudah transfer ke Giro Dananya. Dari Dananya terlambat membukukan ke akun customer. Pastinya dibuku sih tapi ga tau kapan…tergantung antrian load servernya wkwkwk

    Saran saya kalau mau cepat bisa pilih alternatif pakai wallet lain spt Ovo, LinkAja… Kalau yang udah teranjur… ya nasib tetap nunggu standar server Dana 3 x 24 jam

  • 8 Mei 2021 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas perhatian dan informasi teman2 selaku konsumen, Pak Sukendra dan Pak Steven 🙏.
    Untuk customer service DANA, jika semakin berlarut belum kembali dana saya, ataukah mgkn sy tembusan ke CEO DANA, tidak menutup kemungkinan pelaporan ke instansi pemerintah terkait.
    Terima kasih

  • 10 Mei 2021 - (14:46 WIB)
    Permalink

    HIngga hari ini 10 Mei 2021, berarti sudah 10 hari berjalan atau 6 hari kerja sejak pengaduan pertama dilakukan, belum ada penyelesaian dari pihak DANA. Setiap hari saya masih mengirim email, pesan WA, dan menelpon Call Center DANA. Untuk email, percuma, tidak pernaj dibalas. Untuk pesan WA, percuma juga, hanya dibalas oleh “mesin” (mohon maaf, saat ini antrian sedang penuh….). Untuk telepon, sudah menghabiskan pulsa Rp 200 ribu, jawaban CS sama saja: “Kami akan bantu dgn menghubungi Tim Resolusi kami agar mempercepat penyelesaian masalah Bpk…” – Saya pikir, CS memang dilatih untuk menjawab seperti itu. Tambahan: Janji CS bahwa Tim resolusi akan menghubugi saya via telepon tidak pernah terbukti hingga saat ini.

    Pembicaraan saya terakhir hari ini dengan CS DANA bernama Santi, bahwa Tim Resolusi sedang mengklarifikasi dengan pihak Bank Mandiri mengenai transfer yg saya lakukan. Menurut saya ini “mengada-ada”. Sudah jelas di mutasi rekening yang saya kirimkan (diminta oleh DANA), ada dana Rp 10.000.000,- terdebet di rekening saya, dan itu masuk ke rekening DANA. DANA tentu bisa mengecek ada dana masuk sebesar tsb. ke rekening DANA. Seharusnya DANA tinggal meneruskan ke rekening tujuan (BNI) – DANA tentunya bisa memeriksa bahwa penerusan transfer dari Mandiri ke BNI (sesuai instruksi customer, saya) via DANA memang belum terlaksana (krn alasan apapun).

    Saya kira 10 hari berjalan, 6 hari kerja (aturan atau “hanya janji CS DANA” bahwa masalah akan diselesaikan DANA dalam waktu 3 – 5 hari kerja) untuk menyelesaikan permasalahan semacam ini terlalu lamban. Tidak realible sama sekali.

    • 10 Mei 2021 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Sepertinya ada system error yg cukup serius di platform DANA, sehingga level CS gak bisa handle masalahnya. Parah!

  • 11 Mei 2021 - (19:05 WIB)
    Permalink

    HIngga hari ini, 11 Mei, berarti sudah 11 hari berjalan atau 7 hari kerja, belum ada solusi dari DANA. Hanya terus meminta saya untuk menunggu entah sampai kapan. DANA selalu mengelak untuk memberikan kepastian kapan persoalan saya akan diselesaikan.

  • 11 Mei 2021 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya menghubungi DANA 6x, semua telepon saya tidak diangkat. Saya pikir DANA memang tidak punya niat baik untuk menyelesaikan masalah saya.

  • 17 Mei 2021 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Dear DANA Support

    Case laporan saya : 7325897 sejak 3 Mei 2021 terkait transfer saldo DANA terpotong tapi tidak masuk rekening tujuan masih belum selesai juga. Ini gimana prosesnya, di email jawabannya case nya diprioritaskan. 3×24 jam sudah terlewat, bahkan setelah email dari team Support diprioritaskan sudah sampai 11 hari, Total sudah 14 hari case masih belum selesai juga. Bagaimana pertanggung jawabannya team DANA Support?
    Apa harus dilaporkan ke OJK dan Instansi Pemerintah terkait ?

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Saldo di DANA Berkurang Tapi Saldo Transfer Tidak Masuk

oleh topan dibaca dalam: 1 min
14