Proses Refund yang Lama dari Lion Air dan Traveloka

Saya Vita, saat ini ingin mengeluhkan terkait proses refund dari Lion Air dan Traveloka atas tiket pesawat saya. Saya akan menjelaskan kronologinya:

  1. Tanggal 5 April 2021, saya melakukan pembelian tiket pesawat pulang-pergi (PP) maskapai Lion Air dari Yogyakarta menuju Medan via Traveloka. Saya menggunakan pembayaran Traveloka PayLater sejumlah Rp2.183.801, dengan rincian pembayaran cicilan sebanyak 12 kali masing-masing sebesar Rp181.984. Tiket tersebut sudah saya sesuaikan dengan jadwal cuti kerja yang saya ajukan dan keperluan saya yaitu, keberangkatan YIA-KNO tanggal 4 Juni 2021 pkl 05:20 WIB dan pulang KNO-YIA tanggal 9 Juni 2021 pukul 18.00 WIB.
  2. Tanggal 23 April 2021 saya mendapatkan email yang menyatakan bahwa maskapai Lion Air mengubah jadwal pulang saya, dimana seharusnya saya dari KNO langsung menuju YIA menjadi KNO-CGK (TIDAK SAMPAI YIA). KETERLALUAN LION AIR. Benar, saya memilih Lion Air karena harganya murah, masih masuk di kantong saya. Saya pun sebenarnya sudah berkali-kali dikecewakan, tapi harapan saya Lion Air sudah berubah dan lebih baik dalam hal pelayanan. Tidak ada yang menyangka kalau ada perubahan yang sangat membingungkan ini. Ya kalau mau ubah jadwal itu kira-kira dong, masa saya beli tiket PP YIA-KNO malah saya diubah pulang KNO-CGK, terus gimana saya dari CGK? Masa pesawat kayak angkot?
  3. Saya tidak mau mengajukan RESCHEDULE karena artinya SAYA AKAN ADA TAMBAHAN BIAYA. Lah Lion yang semena-mena ubah jadwal yang sudah saya sesuaikan, kok malah saya bayar tambahan biaya kalau saya mau sesuaikan kembali jadwalnya?
  4. Lantas tanggal 24 April 2021 saya mengajukan refund melalui Traveloka, dimana REFUND tersebut HARUS untuk tiket PP, tidak bisa salah satu yang di-refund. Saya cek syarat & ketentuannya di Traveloka, maksimal pengembalian 30 hari sejak pengajuan (sayangnya saya tidak bisa kasih bukti ini karena sudah terhapus dari galeri ponsel saya, pada email Pusat Bantuan saya sudah lampirkan, tapi saat saya cek kembali lampiran tsb hilang).
  5. Pengajuan itu berulang-ulang saya follow up ke Traveloka baik melalui panggilan telepon ataupun melalui Pusat Bantuan Traveloka, saya diminta menunggu proses sampai 90 HARI ATAU LEBIH. Lebihnya bisa sampai SETAHUN pula, sangat tidak masuk akal kan? Saya harus bayar cicilan sampai 12 kali dulu berarti? Saya follow up kembali ke Traveloka terkait apakah saya harus lunasi PayLater atau tidak? Disampaikan secara tidak langsung “Tidak harus membayar lunas, tapi setiap tanggal jatuh tempo harus membayar cicilan“. How?
  6. Sampai hari ini, saya mendapatkan jawaban yang sama dari Traveloka. Oh iya, saya juga sudah berkali-kali menghubungi Lion Air tapi tidak pernah tersambung.

Saya harap ada itikad baik dari Lion Air dan Traveloka untuk proses pengembalian dana saya paling lambat besok, hari Selasa, 25 Mei 2021. Saya tidak berkenan menunggu sampai 90 hari dari pengajuan saya atau bahkan lebih. Jika tidak ada sama sekali proses pengembalian tersebut, maka saya akan proses ke jalur hukum.

Terima kasih.

Vita Agnes
Sleman, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lion Air:
[Total:2    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Proses Refund yang Lama dari Lion Air dan Traveloka

  • 27 Mei 2021 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Ibu Vita Agnes,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Ibu Vita Agnes tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 25 Mei 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Ibu Vita Agnes melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut terkait situasi yang Ibu Vita Agnes alami. Tim kami telah berkoordinasi dengan mitra terkait dan mengupayakan solusi terbaik untuk Ibu Mariati. Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Customer Care Traveloka

  • 27 Mei 2021 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Thanks tim Traveloka sudah menanggapi permasalahan yang ada. Saran saya, mohon untuk tidak memberikan jawaban yang sama dan berkali-kali dimana customer sudah menginformasikan tidak berkenan untuk menunggu lebih lama. Semoga Traveloka lebih baik lagi dalam menanggapi keluhan yang dialami customer, tidak sampai blow up media.

 Apa Komentar Anda mengenai Lion Air?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Proses Refund yang Lama dari Lion Air dan Traveloka

oleh vita agnes dibaca dalam: 2 min
2