Shopee Menolak Verifikasi KTP dengan Alasan Expire, Padahal Menurut SE Mendagri KTP El Berlaku Seumur Hidup

Saya pengguna Shopee: Agus3016. Saya bermaksud verifikasi KTP untuk menarik dana di ShopeePay, tapi ditolak dengan alasan bahwa KTP saya sudah tidak berlaku. Memang benar bahwa di KTP saya tercantum masa berlaku sampai dengan tahun 2017. Namun sesuai dengan peraturan dari pemerintah dalam hal ini Surat Edaran Kemendagri yang menyatakan bahwa semua KTP elektronik berlaku seumur hidup. Jelas bahwa seharusnya pihak Shopee mengikuti ketentuan dari pemerintah.

Saya sampaikan juga bahwa KTP saya sudah dipakai untuk urusan dengan instansi-instansi seperti perbankan. Juga untuk verifikasi aplikasi Gopay, OVO, DANA, GOJEK, GRAB, dan semua tidak ada kendala. Hanya Shopee yang mempermasalahkan masa berlaku KTP elektronik saya. Apalagi ditambah masa pandemi seperti ini, tidaklah mungkin saya harus antri di Dukcapil untuk ganti KTP.

Yang membuat lucu adalah saya mendapat 2x email dimana CS Shopee bersikeras bahwa saya harus memakai KTP yang masih berlaku. Bukankah KTP saya masih berlaku sesuai peraturan pemerintah?? Ketentuan Shopee harus tidak boleh berlawanan dengan aturan dari pemerintah.

Terima kasih.

Agus Tinus Ari W.
Serang, Banten


Update (26 Mei 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

10 komentar untuk “Shopee Menolak Verifikasi KTP dengan Alasan Expire, Padahal Menurut SE Mendagri KTP El Berlaku Seumur Hidup

  • 25 Mei 2021 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Benar, ktp kadaluarsa dinyatakan tetap berlaku.
    Punya saya pun sama, bisa buat verifikasi perbankan, tokopedia dan indodax gak jadi masalah.
    Kemarin perpanjang SIM pakai ktp yanh kadaluarsa juga diperbolehkan.
    Maklum marketplace punya asing, kagak paham peraturan di Indonesia

    4
    1
  • 25 Mei 2021 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Selama tidak ada perubahan elemen data tidak perlu ganti eKTP walaupun masa berlaku sudah habis, dodol banget CS Shopee engga pernah baca berita kali ya

    4
    1
    • 26 Mei 2021 - (00:00 WIB)
      Permalink

      baru keluar goa keknya…kalo gini kan kasian orang2 yg udah bikin ktp sejak awal yg masih tertera tanggal berlakunya

      2
      1
  • 25 Mei 2021 - (23:46 WIB)
    Permalink

    klo km menggunakan shopee, maka mau tidak mau km harus ikuti aturan shopee. kalau ktp mu berlaku seumur hidup maka seharus tertulis disitu masa berlaku: seumur hidup. kalau tertulis disitu masa berlakunya sampai 2017 berarti sudah benar itu shopee mengambil informasi dari apa yg tertera di ktp mu. dan jgn disamakan dg perusahaan lain karna setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda2. jd dimana masalahnya? klo gk senang km nggk usah pakai shopee gampang kan?

    3
    6
    • 26 Mei 2021 - (00:07 WIB)
      Permalink

      kalo gitu mah berarti sama saja shopee ngusir pelanggan mereka sendiri…masih banyak orang indo yang punya ktp kayak gini dan ngurus ktp juga gak segampang itu..shopee disini itu cuma perusahaan asing alias tamu jadi harusnya tunduk sama aturan negara ini

      2
      1
    • 26 Mei 2021 - (06:35 WIB)
      Permalink

      Mana bisa begitu bos, pemikiran salah itu, Kalau kamu buka perusahaan di Singapore maka kamu harus ikut aturan pemerintah di singapore, kalau kamu buka di amerika maka harus ikut aturan pemerintah amerika…sama juga kalau kamu buka di Indonesia maka harus ikut aturan pemerintah Indonesia…Dan aturan pemerintah di Indonesia adalah bahwa E-KTP berlaku seumur hidup

    • 26 Mei 2021 - (06:41 WIB)
      Permalink

      Ye, sopi orang luar yang harus ikut aturan pemerintah indonesia, yang menyatakan walau tgl berlaku habis asal itu ktp elektronik tetap dinyatakan berlaku.

      kalo gak suka, sopi yang angkat kaki bis dr indonesia.

      Sampai sini paham? Makanya jangan kebanyakan sopi dan selfi, banyak baca, banyak main, main elo kurang jauh ngab

  • 26 Mei 2021 - (12:35 WIB)
    Permalink

    oh ternyata memang ada beritanya. sy baru baca barusan soalnya agak2 nggk percaya problem solved secepat ini.tp congrats ya✌️✌️btw bisa nggk sih diupload email problem solvingnya yg dr shopee soalnya sy masih agak2 nggk percaya🤣🤣🤣

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Shopee Menolak Verifikasi KTP dengan Alasan Expire, Padahal Menurut SE…

oleh Gus dibaca dalam: 1 min
10