3 Hari Barang Tak Dikirim oleh Seller, Pihak Akulaku Tak Beri Solusi

Saya pesan hp di Akulaku tanggal 24 Mei di seller “Inhope store” dengan rating 4,8. Bagus kan untuk seller dengan rating sekian? Transaksi terjadi pada pukul 12. 19. Pukul 12.39 seller menanggapi pesanan saya. Yang membuat saya janggal, pada pukul 12.40 barang terkirim dengan nomor resi dari J&T 1085250378. Setelah saya telusuri, ternyata benar resi tsb bodong, tidak ada pengiriman dengan nomor resi tsb.

Saya menanyakan ke seller bagaimana masalah pesanan saya, kok statusnya terkirim tapi dengan resi bodong? Setelah saya chat berulang ulang, akhirnya seller menanggapi dengan marah-marah. Saya selaku konsumen tidak terima, saya pesan minta tanggapannya masalah pesanan saya, kok malah gak ada kejelasannya?

 

Akhirnya saya minta pembatalan orderan via email, yang dijawab dengan solusi tunggu tanggapan dari seller selama 14 hari. Mau dibatalkan saja harus nunggu, kan sudah jelas 2 x 24 jam barang gak dikirim otomatis batal, kenapa harus nunggu 14 hari dan nunggu tanggapan dari seller? Hak saya selaku konsumen bagaimana? Saya berhak dong segera memutuskan pembatalan, karena seller sudah jelas indikasi penipuan, makanya saya segera memutuskan untuk membatalkan orderan saya.

Berkali-kali saya email, tanggapan Akulaku selalu begitu, lebih mementingkan seller daripada konsumen, tidak ada tanggapan solusi yang jelas. Setelah saya telusuri, ternyata seller memang bermasalah. Ada surat pembaca juga dari Bpk Yudi Gunawan dari Bandung yang tertipu juga oleh seller Inhope store tanpa kejelasan pengiriman dan resi bodong juga.

Saya susuri juga ternyata di Tokopedia seller sudah di-blacklist karena bermasalah. Kok aneh dari pihak Akulaku masih mempertahankan seller bermasalah dengan rating yang baik?

Akhir kata saya hanya ingin membatalkan orderan saya dan mengembalikan uang saya. Saya berharap pada masyarakat lain untuk berhati hati bertransaksi di Akulaku, karena tidak ada solusi dari pihak Akulaku berbeda dengan e-commerce yang lain dalam menanggapi permasalahan konsumen.

Felix Gautama
Tasikmalaya, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 28/5/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:6    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Felix Gautama

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Felix Gautama pada tanggal 27...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “3 Hari Barang Tak Dikirim oleh Seller, Pihak Akulaku Tak Beri Solusi

  • 27 Mei 2021 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Nah harus nya gitu gan cek dulu di toko lain seller nya soal nya udah banyak di akulaku seller yang bermasalah semoga cepat beres jadi pengalaman aja

  • 27 Mei 2021 - (14:53 WIB)
    Permalink

    @Felix

    Ini pencerahan buat anda, dan juga buat orang orang seperti anda:

    1. Orang yang Beli Ngutang sangat banyak, anda masuk antrian itu.

    Coba pikir, ada barang bagus, [Hp infinix 10], barang keluaran baru dengan harga terjangkau, siapa yang tidak tergoda.

    Orang berduit pun sangat bernafsu membeli barang itu. Banyak orang yang membeli kontan.

    Apalagi, jika ada penawaran boleh Ngutang. Wah jumlah pembeli bisa bertambah 100 x lipat. Bahkan yang tadinya tidak kepikiran beli jadi ingin beli.

    Penjual : Pak, ini ada barang baru, hp Infinix 10 bagus canggih, silahkan beli pak.!

    Orang lewat : Maaf pak saya gak ada duit, terima kasih.!

    Penjual : Bayarnya bisa nanti nanti pak.!

    Orang Lewat : Oh iya pak, saya mau dong.!!!

    2. Mungkin anda masuk antrian ke 800 atau antrian ke 1000. Resi palsu yang anda terima adalah untuk menyesuaikan dengan urutan anda itu agar anda seolah sudah dilayani, namun memang kenyataannya, penjual masih kewalahan menangani antrian pembeli sebelum anda.

    3. Banyak pembeli mendapatkan Resi Palsu tapi tetap saja barang sampai ketangan dengan selamat. Memang harus sabar menunggu, bahkan ada yang cicilan sudah berjalan 2 x, barang baru diterima.

  • 27 Mei 2021 - (15:19 WIB)
    Permalink

    @Kalian yang berbangga belanja pakai uang Hutang

    1. Penjual menganggap anda orang paling miskin. Karena anda ketahuan beli Ngutang.

    Penjual Merchant yang bekerja sama dengan Akulaku, mengetahui bahwa anda beli produknya dengan cara Ngutang.

    Dari jaman prasejarah, dan dimanapun tempatnya, orang miskin akan selalu kurang dihargai. Akan selalu berada dibawah orang berduit. Realita hidup memang demikian.

    2. Agar tidak ketahuan miskin dan agar lebih di hargai. Bedakanlah tempat anda pinjam duit dengan tempat anda membelanjakannya.

    Pinjam saja duit di Akulaku tapi belanjanya di toko diluar akulaku. Dengan begitu, anda tidak ketahuan kalau bayar pakai duit Ngutang. Dan pasti anda akan lebih dihargai.

    3. Di media online saja anda seolah olah punya hak. Tapi dalam dunia nyata, anda pun bakalan tidak berani dan pasti malu koar koar menanyakan hak anda itu.

    *Bayangkan jika anda langsung datang ke toko Penjual HP itu. Disana gedungnya megah, disana banyak pembeli. Para pembeli yang berada disana beli dengan uang kontan. Mereka antri secara teratur.

    Anda datang datang tanpa membawa duit, langsung ingin cepat segera dilayani.

    *Bayangkan juga jika di toko itu ternyata terdapat teman atau sahabat anda. Apakah anda tidak malu belanja disitu bayarnya Ngutang?

    5
    3
      • 27 Mei 2021 - (22:09 WIB)
        Permalink

        Selama di toko online ada official store, mending pilih official, ga masalah mahal sedikit, tapi punya rasa aman.

        2
        2
        • 28 Mei 2021 - (14:30 WIB)
          Permalink

          Saya belanja di akulaku sejak 2017 hingga saat ini dan aktif, soal resi bodong mah emang iya tapi selama ini saya ngga pernah seh ngalamin masalah baik di barangnya, baik di kualitasnya dll, max 3 hari barang yang saya pesan pasti sampe didepan rumah, terakhir beli Realme Narzo 30A dan jaket taslan dari Cimahi, dua-duanya sampe ke tangan saya tanpa ada masalah berarti…….

          Yah intinya kalo beli barang online seperti akulaku yang tidak menyediakan opsi pilihan jasa pengiriman, kita sebagai konsumen harus sedikit bersabarlah, lain ceritanya kalo beli online yang menyediakan jasa pengiriman, mau cepat pake GOJEK atau GRAB yang 6 jam sampe, kalo ngga sampe kita bisa langsung komplain.

          Kalo saya intinya belanja online, yang penting sesuai chat di awal aja, saya paling menanyakan barang asli, garansi resmi, kalo pakaian seperti jaket, bahannya apa, ukurannya gimana………soal 3-5 hari baru sampe mah saya ngga masalah yang penting saat sampai ke tangan saya barang tersebut sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan sebelumnya.

          Anda blom tau, mungkin blom mengalami, Akulaku walaupun banyak kekurangannya tapi dasyat kelebihannya…… ๐Ÿ˜ saya sendiri sudah merasakan, saya ngomong gini ngga di endorse sama Akulaku loh

  • 27 Mei 2021 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Kayae ada yang janggal, resi itu sudah proses delivered penerima Felix juga tgl 26 terkirim.
    Kayae kita nemu satu pembeli yang gak sabaran

    • 28 Mei 2021 - (09:22 WIB)
      Permalink

      Iya saya cek juga udah terkirim gitu lo barangnya diterima atas nama felix๐Ÿ˜‚

  • 28 Mei 2021 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Sellernya bnr gan, ente yg kurang sopan pertamanya, awal ente ngechat itu ente pakai kita “woi” yg notabene nya itu ungkapan kita kemarahan. Yg saya cermati justru chat sellernya sopan dan bkn marah2. Ente nya aja yg salah menafsirkannya. Klo di akulaku memang bgtu prosesnya gan, awalnya memang resinya ga valid dan seperti bodong tp nanti jika barangnya sdh bnr2 dikirimkan oleh sellernya, sellernya itu akan mengganti resinya dgn yg bru dan yg bnr2 valid dan bs dilacak. Saya pun jg pernah mengalami seperti itu.

    1
    2
  • 28 Mei 2021 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagii…..
    Kisah lama yang terulang kembali….
    Kau terluka lagi….
    dari paket rumit yang kau jalani…
    ๐ŸŽถ๐ŸŽถ๐ŸŽถ๐ŸŽถ

    Komentar ini di sponsori oleh
    Noah- Separuh Aku

    Belanja kredit, di Akulaku lewat official nya aja, cepet sampai nya

    1
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

3 Hari Barang Tak Dikirim oleh Seller, Pihak Akulaku Tak Beri Solusi

oleh Felix dibaca dalam: 1 min
13