Kecewa dengan Pelayanan Blibli

Dear Blibli.com,

Saya terdaftar sebagai member di Blibli dari bulan Oktober 2019. Sampai saat ini status member saya premier. Tanggal 29 Mei 2021 saya membeli satu unit kulkas Sharp FJ-M189N, nomor pesanan: 12073996539. Di deskripsi produk tertera 8 rak, tapi produk yang saya terima itu 6 rak. Atas hal ini, saya pada tanggal 01 Juni 2021 mengajukan komplain melalui aplikasi Blibli.

Sampai saat ini tanggal 17 Juni 2021 komplain saya belum ada tanggapan dari pihak Blibli dan hanya ada WA dari yang mengatasnamakan pihak Blibli, yang intinya memberi tahu saya bahwa produk yang saya terima sudah sesuai dan deskripsi produk yang salah. Deskripsi produk di Blibli bisa salah (menurut WA tsb) karena salah deskripsi produk di website Sharp.

Melalui surat pembaca saya ingin menyampaikan beberapa hal terkait komplain saya yang sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari pihak Blibli:

  1. Sebelum membeli produk, saya tanya ongkos kirim via chat aplikasi Blibli. Jawaban CS Blibli, ongkos kirim Rp50 ribu, tapi saat melakukan transaksi kenapa ongkos kirim jadi Rp150 ribu (naik 3x lipat)? Saya tetap transaksi, karena ini barang pesanan.
  2. Di deskripsi produk jelas-jelas tercantum 8 rak, tapi produk yang saya terima itu 6 rak. Solusi yang diberikan hanya pemberitahuan bahwa deskripsinya yang salah. Deskripsinya salah karena dari website Sharp-nya yang salah. Pemberitahuan ini pun hanya via WA oleh orang yang mengaku dari pihak Blibli.

Apakah memang seperti ini penanganan komplain dari pihak Blibli? Jika seperti ini, sangat disayangkan, karena seolah-olah pihak Blibli lepas tanggung jawab (menyalahkan deskripsi di website Sharp), tidak memberikan solusi dan tidak ada itikad baik terhadap penyelesaian komplain dari pembelinya.

Mudah-mudahan tidak ada lagi deskripsi produk yang salah di Blibli. Jika memang benar deskripsi untuk Sharp FJ-M189N itu salah, apa tidak ada kontrol atau kroscek dari pihak Blibli (asal ambil deskripsi yang ada di salah satu site web)? Apa memang penanganan komplain seperti ini (cukup via WA oleh salah satu karyawan)? Apa memang penyelesaian komplain pembeli harus sampai berminggu-minggu, tidak ada penyelesaian dan walaupun ada hanya cukup pemberitahuan via WA?

Jika memang deskripsinya yang salah, kenapa ulasan saya terhadap produk tersebut tiba-tiba hilang di aplikasi Blibli (entah hilang atau dihilangkan oleh pihak Blibli)?

Regards.

Enjum Jumhemi
Kabupaaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:7    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Blibli untuk Bapak Enjum Jumhemi

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Enjum Jumhemi untuk bertransaksi dan menjadi pengguna setia di Blibli. Mohon maaf...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Blibli

    • 19 Juni 2021 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Harus nya pihak blibli mengganti dengan product yang sesuai deskripsi. Kalau katakalnlah deskripsi nya yang salah, itu pihak blibli yg urus ke pihak sharp, bukan saya yang malah di minta untuk hubungi pihak sharp kalau tidak percaya deskrispsi nya salah.

      Saya orang awan terhadap detail product, walau sebelum membeli product saya akan baca detail deskripsi productnya, apakah sesuai dengan yang saya cari atau tidak.

      Ini sudah seolah2 pihak blibli lepas tangan mengenai deskripsi product juga ada kesalahan informasi estimasi ongkos kirim yang harus saya bayar. Cs Blibli bilang ongkos kirim 50 rb tapi ternyata jadi 150 rb. Kalau beda2 dikit masih wajar karena itu estimasi by system / apliaksi / google map. Lah ini naik 3X lipat.

      Jadi untuk pembelian product ini saya merasa di rugikan 2 kali oleh pihak blibli.

      1. Product yang saya beli tidak sesaui deskripsi

      2. Ongkos kirim yang saya bayar juga naik 3X lipat dari estimasi ongkos kirim yang saya dapat dari cs blibli

    • 18 Juni 2021 - (18:39 WIB)
      Permalink

      Sudah 15 hari tapi belum ada solusi & tanggapan resmi dari pihak blibli, yg ada hanya wa dari yang mengaku karyawan blibli & itu pun hanya mengatakan bahwa kesalahan itu ada di deskripsi product katanya. Yang wa bahkan menyuruh saya untuk hubungi pihak sharp indonesia, jika saya tidak percaya atas apa yg di informasikan via wa ( buat apa saya hubungi pihak sharp, sebab saya beli productnya via blibli, tidak langsung ke sharp ).

      Jika memang kesalahan ada di deskripspi product, trus hanya itu solusi dari pihak blibli ( info via wa ) dan kenapa deskripsi product di blibli tetap masih 8 rak sampai saat ini serta kenapa ulasan saya tentang product tersebut di hilangkan

  • 18 Juni 2021 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Yang jualnya Blibli langsung apa merchant gan? Kalo merchant yg jualnya, sebaiknya komplain ke merchant nya.

    Pengalaman waktu itu beli baju, ternyata ukurannya tidak sesuai deskripsi. Karena yg jualnya Blibli langsung, prosesnya lumayan cepet. Retur barangnya dipickup dalam 2 jam setelah pengajuan, kemudian refundnya sehari setelah barang mereka terima. Kekurangannya, refundnya berupa voucher belanja, gak masuk ke rekening. 😅

    • 18 Juni 2021 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Yg jual merchant. Sebelum komplain ke blibli sudah komplain ke merchant. Jwban merchant deskripsi product itu dari pihak blibli, sehingga kata nya pihak merchant tidak bisa edit itu deskripsi & mereka jual product yg memang 6 rak. Pertanyaannya kalau pihak merchant tau deskripsi nya salah, kenapa tidak info ke pihak blibli, ini malah di biarkan & sampai kemarin saya lihat deskripsi nya tetap 8 rak ( gimana kalau ada customer lain yg juga beli setelah kejadian yang saya alami )

  • 19 Juni 2021 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah mengalami hal yg sama, beli evoucher CT Corp yg di deskripsi jelas2 tertulis dapat digunakan di restoran2 yg tertera di deskripsinya. Tp ketika saya beli ternyata tidak berlaku di restoran & cm berlaku utk produk fashion saja karena di judulnya sudah tertulis jenis evouchernya lifestyle. Pihak blibli waktu itu menolak bertanggung jawab & melimpahkan kesalahan ke saya yg ga baca judul padahal bagi user awam seperti saya lebih jelas kata2 di deskripsinya daripada judul karena saya benar2 tidak paham jenis2 evoucher CT Corp. Sejak itu saya sudah malas belanja di blibli lagi.

    • 19 Juni 2021 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Saya beli itu kulkas juga berdasarkan deskripsi yang ada ( memang cari kulkas freezer 8 rak ). Saat terima yg 6 rak & komplaint ke pembeli, pembeli cuma bilang deskripsi nya yg salah & productnya benar. Deskripsinya salah karena blibli yang input deskrispi kata yang jual. Saat komplaint ke blibli, blibli juga bilang, deskripsi nya yang salah. Deskripsi nya salah karena dari web site sharpnya salah kata blibli

      Baik penjual maupun blibli bahkan meminta saya untuk melihat atau bertanya langsung ke sharp kalau tidak percaya deskrispi nya yang salah. Coba apa hubungannya antara pembelian product saya di blibli berdasarkam deskripsi di blibli dengan saya harus menghubungi pihak sharp langsung.

      Tapi saat saya buka web sharp indonesia. Di deskripsi juga tertera itu 8 rak untuk model yang saya beli.

      Masa saya yang harus komplain ke sharp kalau memang deskrpisi nya yg salah, padahal saya beli nya di blibli. Ini seolah2 penjual & blibli lepas tanggung jawab & menyalahkan pihak sharp & saya harus menghubungi langsung pihak sharp

      Setahu saya semua elektronik yg di jual ( kulkas masuk elektronik ) itu pasti ada ijin, buku panduan & detail deskripsi product. Kalau deskrispi nya salah, berarti ada semacam pembohongan kepada pembeli untuk product yang di jual. Kalau deskripsinya salah kenapa tidak di revisi & melakukan permohonaan maaf. Sampai kemarin malam saya lihat deskripsi yang di jual masih 8 rak di blibli. Bahkan ulasan saya terhadap product tersebut di hilangkan pihak blibli.

      • 19 Juni 2021 - (09:25 WIB)
        Permalink

        Intinya adalah mereka menolak bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri yg salah menulis deskripsi produk.

  • 19 Juni 2021 - (09:23 WIB)
    Permalink

    KESALAHAN SELLER ADALAH KETIKA PEMBELI MELAKUKAN PEMESANAN MESTINYA SELLER MELAKUKAN KONFIRMASI LEBIH DULU KE PEMBELI, MEMBERITAHUKAN BAHWA ADA DESKRIPSI YG SALAH, BUKANNYA LANGSUNG MEMPROSESNYA.

    • 19 Juni 2021 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Sebelum bayar, saya sudah chat seller menanyakan apakah ini benar 8 rak, tapi seller ga jwb chat saya. Saya tetap beli karena di deskripsi product tertulis 8 rak. Saat saya cek di web sharp, juga tertulis 8 rak untuk type or model kulkas yg saya beli.

      Seller balas chat saya setelah pembayaran selesai & itu pun hanya info dari seller di tunggu kirimannya

  • 19 Juni 2021 - (12:18 WIB)
    Permalink

    kalau lihat kasus nya, dan setelah di google
    memang ada beberapa tipe untuk freezer FJ-M189 ini.. ada yang 6 rak dan 8 rak
    kelihatannya pihak blibli berasumsi bahwa hanya satu tipe produk(6rak) dan deskripsi website salah(deskripsi website bisa jadi mengacu ke yang tipe 8 rak)

    karena di website pun tertera 158Liter/150Liter, asumsi saya 6rak 150L, 8rak 158L

    intinya SHARP tidak salah deskripsi di website, Blibli salah mengartikan dan salah mengambil deskripsi(mungkin kesalahan sharp hanya menyertakan spek tertinggi)

    semoga masalah anda selesai dan dimudahkan ya

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Blibli

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 menit
13