Kecewa dengan Jasa Kirim ID Express

Selamat siang,

Dengan ini saya sampaikan kekecewaan saya kepada pihak ID Express. Sebelumnya saya jelaskan bahwa di sini saya sebagai seller di salah satu marketplace yaitu Shopee.

Saya melakukan pengiriman barang pada tanggal 27 Juli 2021 namun pada tanggal 28 Juli 2021 status pengiriman berubah menjadi ‘Masalah dalam pengiriman’ dan sampai saat ini tanggal 3 Agustus 2021 tidak ada yang melakukan konfirmasi perihal masalah tersebut dari pihak ID express.

Dan yang membuat saya lebih kecewa lagi status pengiriman berubah menjadi retur dengan status ‘PAKET KONFIRMASI UNTUK RETUR’ pada tanggal 1 Agustus 2021 padahal tidak ada sama sekali pihak ID ekspress yang melakukan konfirmasi.

Saya sangat merasa kecewa untuk masalah ini. Saya tunggu itikad baiknya untuk pihak ID express menyelesaikan masalah ini dengan baik.

Dimas M
Depok – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ID Express:
[Total:19    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan IDExpress atas Surat Bapak Dimas M

Menanggapi keluhan Bapak Dimas M melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 03 Agustus 2021, dengan judul “Kecewa...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Kecewa dengan Jasa Kirim ID Express

  • 4 Agustus 2021 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Persis sekali sama kejadian yg menimpa saya,saya juga salah satu seller di shopee paket yg saya kirim sudah sampai di jakarta barat malah kembali lagi ke saya tanpa konfirmasi dahulu,padahal paket dari kota saya gak ada masalah sama sekali,tapi sampai di jakarta di status malah ada masalah pengiriman,seharusnya pihak id expres lebih profesional kan di paket juga sudah tertera nama sama nmr tlp pengirim kenapa gk konfirmasi dulu jgn main retur aja,sampai tgl 4-8-2021 saya lihat di status paket masih di bandung

    • 7 Agustus 2021 - (09:35 WIB)
      Permalink

      djemput juga paling mereka bilang ga tau, atau paling suruh tunggu. seharusnya mereka tanggung jawab konfirmasi via telp harusnya kan bisa.

  • 4 Agustus 2021 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Saya sering liat kurir id express duduk duduk di pinggir jalan, padahal udah jam 9. Engga tau mereka ngapain. Sy sering lewat drop off point nya, bisa sy bilang mirip Wahana… Intinya, baik SOP dan management lainnya masih perlu diperbaiki.

    • 4 Agustus 2021 - (22:39 WIB)
      Permalink

      Ya mereka masih baru, sama spt shopee express, makanya saya tidak pakai krn biasanya kl masih br sering bermasalah. Soal kurir nongkrong itu sdh hal biasa. Jnt, jne, sicepat. Mereka datang pagi, sortir barang sesuai area tugasnya, biasanya smp jam 9, istirahat sebenar br mereke berangkat kirim barang.

      • 13 Agustus 2021 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Saya paling suka JNT tepat waktu, klo id exp lemot…klo pesen brg di shopee kbtulan dptnya id exp udh ngedumel aja aq, klo pket dh smpe di drop point bknnya bru di anter mlh g di anter² tnp ada konfirmasi dr pihk kurir ato semacamnya kdg smpe semingguan aq ambil sndri ke drop pointnya😤

    • 5 Agustus 2021 - (12:06 WIB)
      Permalink

      awalnya product pickup, harusnya mereka tanggap atau konfirmasi. ini tidak ada konfirmasi sama sekali

  • 5 Agustus 2021 - (08:26 WIB)
    Permalink

    biasanya kalo barang sudah diretur itu sudah 3x gagal pengiriman
    entah alamat buyer yang tidak jelas ataupun nomor hp buyer yang tidak aktif.
    apalagi kalo sistem cod, otomatis akan dikembalikan ke seller

    • 5 Agustus 2021 - (12:07 WIB)
      Permalink

      seharusnya ada konfirmasi via telp ke seller, seperti ekspedisi lainnya. tapi ini sama sekali hilang seperti ditelan bumi

  • 6 Agustus 2021 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Sama gedeknya….. paket kiriman saya , ada 3 yang bermasalah.
    1, cuma diem di tanah abang 8 hari
    2, status masalah dari tgl 29, gak ada kejelasan sama sekali
    3, Ini sama kasus cuma diem 7 hari di Jawa Barat.

    Kayaknya udah fix, ane off kan jasa ini

    • 7 Agustus 2021 - (09:33 WIB)
      Permalink

      ya memang sepertinya ini ekspedisi paling buruk, sampai saat ini blm ada tanggapan dari id express mengenai barang hilang/ tidak kembali.
      saya tidak akan menggunakan jasa kirim id espress lagi

  • 6 Agustus 2021 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga statusnya dari tgl 31 Juli sempat saat ini masih di id Express tanah Abang..tdk berubag juga sudah 7hari..Tp tdk ada kejelasan sama sekali..

  • 9 Agustus 2021 - (02:16 WIB)
    Permalink

    Wahhh mengerikan sekali karena banyak review sangat buruk tentang ekspedisi ID express, terimakasih infonya pak. Mulai saat ini saya akan lebih berhati hati menggunakan jasa kirim ini, atau bahkan tidak sama sekali saya gunakan.

  • 12 Agustus 2021 - (16:07 WIB)
    Permalink

    bisa dibilang ID Express jasa pengiriman paket terburuk yg pernah saya gunakan , waktu pengiriman yang sangat tidak wajar bisa sampai 7 – 10 hari , ditambah keteledoran saya , tidak sengaja pilih jasa IDEx di pesanan shopee , dan baru tadi ingin track resi di situs resminya ternyata sedang dalam masalah , lengkap nya bs dilihat berita soal IDEx hari ini ..

  • 12 Agustus 2021 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Saya mantan kurir ID Ex, ingin berbagi cerita pengalaman saya belerja kurang dari setengah tahun sebelum saya di rumahkan secara terpaksa oleh perusahaan, jadi saya mulai bekerja itu ketika shopee mulai mengubah sistem pengiriman paket di aplikasi nya pada maret klo tidak salah, paket yang masuk pada jasa pengiriman id ex sangat anjlok di bandingan sebelum shopee berganti sistem, di daerah saya saja yg masuk sangat sedikit, pernah mengantar di bwah 10 paket dlm sehari, nah di sini lah mulai kami sebagai kurir di push untuk mencari pick up (org yg ingin mengirim barang), jadi hari2 kami sebagai kurir pada saat itu penuh dengan ancaman dari yg kami sebut bos2, tiap hari selalu ada pesan di grup wa, ancaman sebagai mana kurir harus mencari pick up 80 sehari atau gaji akan di potong setengah, dan juga kurir harus teliti saat mengirim, poto, dll, atau kurir akan di denda dengan nominal sangat tinggi, jujur saat itu saya mulai merasa kalau perusahaan ini jelek sekali dalam hal manajement, kurir yang seharus nya tugas mengantar dan menjemput paket kalo ada yg mau mengirim malah merangkap marketing (keliling menawarkan jasa kirim), hari2 saya sebagai kurir pun penuh dengan ancaman untuk mencari pick up, sebagai mana tanggung jawab pekerjaan, saya cari semampu saya karna daerah saya yang hanya kabupaten kecil tidak banyak yang bisa saya lakukan, jadi pada akhir juni kemarin saya di mitrakan dengan alasan pick up terdikit, padahal saya baru menandatangi pkwt perpanjangan pada awal bulan nya, perusahaan ini sendiri tidak ingin mem phk karna akan membayar pesangon kami, mereka hanya memitrakan (menjadi kurir lepas/panggilan) dengan pertimbangan bayaran kecil dan tidak setiap hari di panggil akhirnya saya memutuskan resign sendiri sehingga tidak dapat pesangon sepeserpun, sedikit kesal karna saya baru perpanjang pkwt dan baru berjalan 1 bulan sudah harus di paksa berhenti, tetapi saya anggap saja sebagai pelajaran dan pengalaman, kalau di lihat seperti nya perusahaan ini sendiri akan colaps tidak lama lagi karna manajement yang sangat buruk dan jg karna kalah dalam persaingan dengan jasa pengiriman lain, sedikit saran kalau ada bos2 id ex yg membaca ini jangan lah kalian anggap kurir sebagai mahluk paling rendah di bumi

    sedikit tambahan pernah ada pesan lucu dari atasan yang mengirim pesan di grup wa yang kira2 berbunyi : jangan menggunakan wifi kantor untuk bermain game, yutub, dll, lalu ada juga pesan yang berbunyi coba kalian hitung pengeluaran oprasional kantor wifi/listrik/air untuk TH/kantor masing2, apakah sudah setara dengan pendapatan dari pick up kurir, hal tersebut sangat lucu bagi saya karna tidak masuk akal kurir menggunakan wifi bermain game, dan kurir menghitung pengeluaran oprasional kantor, kami kurir lebih memikirkan pengularan minyak motor kami yang seharian di luar kantor bagaimana mau menggunakan wifi/listrik/air kantor.

    sekian cerita sedikit pengalaman saya bekerja di perusahaan id ex ini, mungkin memang bukan rezeki saya disini, terapi saya jadikan pengalaman serta pelajaran saja.

    • 9 September 2021 - (02:49 WIB)
      Permalink

      Sama.. parah juga. Udah dari tanggal 6 september sampai sekarang nggak ada juga gerak.

  • 12 Agustus 2021 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Sama Persis, pesanan saya belum sampai saat, pesanan dri bandung ke cianjur paket sudah sampe ke cianjur tinggal pickup kurir, kenapa ini balik lagi ke tempat MH Bandung. Anehh, kesel, Id Ekpress lagi kenapa si

    • 13 Agustus 2021 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Menurut pengalamanku pakai jasa kirim ID Express Alhamdulillah ID Express di daerah ku amanah selalu datang tepat waktu dan cepat, karena itu saya suka sekali dengan jasa kirim ID Express, hampir setiap saya belanja online selalu pakai ID Express jika toko menyediakan jasa ID Express saya sgt senang. saya kaget sekali dpt info kalau ID Express tutup l. Huhu😭

 Apa Komentar Anda mengenai ID Express?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Jasa Kirim ID Express

oleh dimas dibaca dalam: <1 menit
19