Penipuan dengan Modus Pencairan SPinjam, Penipu Mengetahui Semua Detail Saya di Shopee

Assalamualaikum,

Saya Nur Alfiyah, dengan akun Shopee: alfisakila5. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini.

Kronologinya, pada bulan Juni 2021 saya mendapat SMS kode OTP atas nama Shopee (bukan nomor telepon, tapi atas nama Shopee). Kemudian tidak lama ada telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat. Lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi dia mengirimi saya kode OTP lagi untuk meyakinkan saya kalau mereka benar-benar dari pihak Shopee.

Setelah itu dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini. Bahkan nominal Shopee SPayLater beserta Shopee SPinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu dia bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 2 juta rupiah. Saya masih tidak percaya, tapi kemudian dia meyakinkan saya dan saya disuruh untuk membuka aplikasi Shopee saya langsung dari handphone saya dan bukan link lainnya, ini murni langsung dari HP saya.

Kemudian saya disuruh klik di bagian pojok bawah yang ada gambar orang (saya) dan klik di postingan dan tertera tulisan (dalam proses Rp2.000.000). Akhirnya saya percaya kalau ini dari tim Shopee. Kemudian saya disuruh klik pengaturan chat dan saya disuruh menulis kode OTP yang saya terima melalui SMS tadi.

Setelah saya tulis kode OTP tadi, di bawah tulisan saya langsung keluar tulisan “Dalam proses 2.000.000” lagi dan tulisan (masukkan PIN Shopee Pay anda). Lalu saya bertanya “Kenapa kok pakai PIN Shopee Pay kak?“, dia bilang untuk memasukkan hadiah 2 juta tadi secara otomatis ke Shopee Pay saya. Kemudian dia bilang kalau saya dapat mencairkan uang 2 juta tadi, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 2 juta tersebut.

Kemudian saya bilang “Saya akan ke Indomaret dulu kak untuk top up“, tapi katanya tidak bisa top up melalui Indomaret, hanya bisa melalui mobile banking. Saya bilang “Saya gak punya mobile banking kak“, tapi dia bilang kalau dia lihat di server Shopee, kalau saya biasanya bayar SPaylater menggunakan mobile banking.

Mulai dari situlah saya kayak dituntun dengan kode-kode dan anehnya saya kayak dihipnotis gitu, nurut saja dengan apa yang dikatakan pelaku.

Kemudian saya dikasih kode-kode yang katanya bukan nominal uang, tapi ternyata saldo saya yang habis untuk top up Shopee Pay tadi. Katanya uang top up tadi kurang untuk mencairkan dana 2 juta tadi, karena di rekening saya cuma ada Rp450.000 saja. Itupun untuk bayar SPP sekolah anak saya, karena saya membuka m-banking itu hanya untuk dibuat bayar sekolah anak saya dan bayar tagihan-tagihan secara online (karena pandemi, segala pembayaran sekolah anak saya secara online semua).

Setelah uang saya tidak cukup untuk mencairkan hadiah 2 juta tadi, pelaku menyuruh saya membuka aplikasi Shopee saya lagi dan membuka SPinjam. Padahal saya gak pernah dan gak akan pernah menggunakan SPinjam. Saya nurut saja dikasih kode-kode lagi sama penipu itu dan secara tidak sadar itu adalah nominal uang. Tapi penipu itu bilang kalau uang di SPinjam. itu tidak akan hilang dan akan kembali lagi setelah uang 2 juta itu cair.

Setelah itu terjadilah pengajuan itu dan uang SPinjam di-top up lagi ke Shopee Pay dan hilanglah semua uang yang di Shopee Pay tadi. Pelaku dari awal bisa membaca pengaturan chat saya, karena dengan bodohnya saya mau menulis PIN Shopee Pay saya, maklumlah karena saya hanya ibu rumah tangga biasa yang GAPTEK. Setelah itu hilanglah semua uang SPinjam itu.

Dari awal, saya langsung meminta bantuan ke pihak Shopee untuk mencari akun yang mengambil uang tadi. Akan tetapi pihak Shope hanya membekukan akun Shopee saya dan menonaktifkan Shopee Pay saya saja selama 3 hari, tidak ada solusi lagi.

Sekarang saya terus menerus yang ditagih Shopee untuk bayar tagihan SPinjam. Padahal dengan jelas uang itu ditransfer ke akun lain dan saya benar-benar tidak mengenal itu akun siapa. Semua bukti-bukti sudah saya email ke Shopee. Sudah dengan jelas akun siapa yang mengambil uang SPinjam itu, tapi tim Shopee hanya memberi email saya bahwa pinjaman sudah sesuai prosedur.

Iya memang sesuai prosedur, tapi akun saya itu di-hack orang dan dia bisa membaca segala transaksi saya dari awal saya menggunakan Shopee. Seharusnya bisa bergerak cepat untuk mencarikan akun siapa itu yang mengambil uangnya, tapi tim Shopee tidak ada usaha untuk membantu customer-nya.

Saya kecewa sekali dan setelah kejadian itu. Saya gak pernah pakai Shopee lagi untuk belanja online. Sudah kapok saya karena keamanan akun Shopee tidak bisa dipercaya. Sampai sekarang saya sering sekali telepon ke pihak CS Shopee, tapi sampai sekarang gak ada solusi untuk membantu saya. Tetap beban tagihan itu selalu ditagih ke saya.

Saya sudah tidak tau lagi harus meminta bantuan ke siapa, oleh karena itu saya menulis di artikel ini supaya segera mendapat tanggapan dari pihak Shopee dan membantu dengan sepenuh hati.

Wassalamu’alaikum.

Nur Alfiyah
Mojokerto, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 3/8/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan SPinjam:
[Total:61    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Pencairan SPinjam, Penipu Mengetahui Semua Detail Saya di Shopee

  • 3 Agustus 2021 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Shopee tetap akan menagih karena di akun ,tetap anda yang bertransaksi(itu yang saya tangkap),anda juga tidak salah(seperti di hipnotis)dengan kata lain anda antra sadar dan tidak telah melakukan transaksi,tidak ada lagi yang bisa di usahakan kecuali tetap membayar dengan cara cicilan atau mohon keringanan…banyak sekali modus penipuan,pada kasus anda akan sulit untuk berkomentar selain kata sabar dan semoga cepat selesai urusannya..pihak shopee pasti akan membantu jika kita benar benar membutuhkan,yang penting jangan komunikasi dengan pihak lain,selain dengan nomor cs resmi shopee…semangat semoga cepat selesai urusannya

    6
    3
    • 3 Agustus 2021 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Makin banyk saja orang dengn mudahnya
      Di tipu
      Bukannya tambah pinter
      Malah semakin bodoh.
      😀😀😀

      10
      8
    • 3 Agustus 2021 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Kejadian kayak gini sudah banyak terjadi. Saya aja udah 2x ngalamin tp gak berhasil padahal pin Shopee sudah saya kasih ke penipu. Intinya amankan pin Shopee pay spinjam dan kalo masuk ke rekening jgn kasih tau juga m banking kita. Kalo bisa no hp Shopee dan no hp mbankig harus beda. Intinya si penipu mau mencairkan Shopee pay, spinjam dan menguasai m banking kita. Jd kalo ada orang yg minta2 data itu apalagi dr market place ta cuekin aja.

      • 4 Agustus 2021 - (06:19 WIB)
        Permalink

        Sebenarnya cuma 1 cara mengamankan akun Shopee jangan sekali kali memberikan kode OTP kepada siapapun…bahkan pihak shopee pun ndak pernah minta kode OTP… dan jangan mudah tergiur dengan promo2 pihak lain… Karena promo shopee hanya ada di akun shopee

    • 3 Agustus 2021 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Gmn ya kak memang LG banyak modus seperti itu . .
      Jngn kan shope .. ,gojek,grab pun kena hack..
      Jd memang ad jg suami saya hampir kena tipu .. untungnya ad tmnnya yg cerita dluan kedia..
      Uang hasil usahanya di ovo abs smua …
      Memang mereka ga bs bantu apa2 kak …
      Gmn di tlpn pihak shoope mnt keringanan ato gmn GT Kak..
      Krn mau gmn mereka pasti ga mau tau..
      Cerita kk persis banget kaya tmn suami ku dia merasa seperti di hipnotis..
      Saran buat yang lain kl ad yg mnt otp jngn ladenin ..
      Lebih baik langsung tlpn pihak shoope

  • 3 Agustus 2021 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Yg sabar ya bu…saya pun mengalamii masalah dengan shoope. Dengan kita buat artikel ini semoga ada solusi dan tidak terjadi lagi hal serupa ,berhubung saya IRT yg mau bantu suami cari nafkah kena hack pula dan kapok bu pokoknya saya pakai shoope.untuk saat ini saya masih di tagih dan saya enggan untuk membayar transaksi yg tidak saya gunakan tsb.

    3
    2
    • 3 Agustus 2021 - (13:36 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah di telfon dengan iming iming hadiah 2jt.. Dapet sms kode juga dari shopee.. Ya iyalah dapet sms kode dari shopee.. Kita semua kan kalo mau masuk akun shopee juga dapet sms.. Untungnya saya milih ga perduli.. Ya di fikir aja gitu jaman sekarang mana ada orang ngasih uang 2jt secara cuma cuma.. Apalagi shopee.. Mendingan uang 2jt nya buat dia sendiri.. Ngapain di kasih ke orang.. Akhirnya ketipu.. Pas ketipu nanti minta bantuan sama pihak shopee.. Kasian juga pihak shopee nya yg harus nanggung kerugian karena keteledoran pengguna penggunannya.. Lain kali hati hati.. Sedihnya jaman sekarang banyak banget yg mudah ketipu gini..

    • 3 Agustus 2021 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Halo mba Nur, sy turut berduka ats musibah yg mnimpa ibu. sy pun terkena penipuan tsb sgt disayangkan krn kasus ini tidak shopee tindaklanjuti makanya bisa makan korban terus menerus. bole sy minta kontak ibu untuk sharing?

      4
      8
  • 3 Agustus 2021 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Dunia tipu2 kejam bu, mereka tiap hari belajar celah dan cara komunikasi yang baik.
    Jika ibu tidak siap dengan dunia tipu2, yang ini lahannya mereka, udah saran saya gak usah sopinan juga gpp bu, ganti hp aja dah dengan hp yang lama sms telpun, hidup aman tenang,belanja offline di warung tetangga atau teman lebih banyak manfaatnya.

    Sabar, ya begitulah bu.

    16
    1
  • 3 Agustus 2021 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Kesalahan sebenarnya memang ada pada anda, karena anda tergoda dengan iming-iming hadiah 2jt. Memang si penipu caranya berbicara seakan-akan menghipnotis kita dg gaya bicaranya yg halus (dari pengalaman saya pribadi yg sering ditelpon sipenipu yg berusaha menipu saya). Walaupun saat kita sedang berbicara dengan si penipu dan ada teman/saudara kita yg memberitahu bahwa itu penipu, kita tak akan menggubris peringatan dari teman/saudara kita tsb (dari pengalaman teman saya, walaupun sudah saya kasih tahu bahwa itu yg menelpon adalah seorang penipu). Tapi pada dasarnya kalau dari awal kita tidak tergoda dengan iming-iming hadiah 2jt, maka kita tak akan masuk jebakan si penipu. Semoga anda tetap tabah dan sabar, semua ini adalah ujian dan cobaan, ambil hikmahnya dan semoga bisa menjadi perhatian dan peringatan bagi orang lain (khususnya bagi orang yang membaca komentar kasus ini). Yg harus di garis bawahi adalah, data-data di shopee sudah bocor, dg indikasi sipenipu tahu semua data dan transaksi yg pernah kita lakukan. (Semoga Shopee sudah membenahi masalah ini). BAGI KALIAN YG MEMBACA KOMENTAR INI, KHUSUSNYA YG MEMPUNYAI AKUN SHOPEE, SEGERA GANTI PASSWORD DAN NOMER HP ANDA YG TERHUBUNG DG SHOPEE SEKARANG JUGA!!! KENAPA…??? KALAU JIKA BENAR DATA-DATA SHOPEE BOCOR DAN SUDAH DIPERBAIKI OLEH SHOPEE, MAKA PENIPU MASIH PEGANG DATA-DATA KITA YG LAMA (NO HP & PASSWORD YG LAMA).

    2
    3
    • 3 Agustus 2021 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Buat share aja pihak shopee atau perusahaan mana pun,gak akan tbtb nelpon dan minta untuk masukin ini itu,segala macam nya.
      Emang CS shopee kadang saya jg kurang suka,suka gak ada solusi,dan di tutup se enak nya

  • 3 Agustus 2021 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Mba nur pelajari orang2 yg senasib dg anda dan ikuti langkah2 mereka agar hidup tenang …syopi syopi teruuus….ni syopi membuat kedukaan dan syok banyak orang..udah barusan ku hapus aje

    4
    3
  • 3 Agustus 2021 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Waduh ada yg kena lagi.
    kemarin kasus nya jg kayak gini ditipu pake shopeepay later/spinjam.

    Tulisan “Dalam proses 2jt…” yg ada dipostingan sama diprofil itu kan harusnya cuma bisa diakses pemilik.
    Tapi klo berdasar cerita Ibu membuka app shopee langsung tanpa melalui link atau lainnya.
    Saya jadi curiga itu Bug dari Aplikasi jadi ada yg hack / dibobol orang dekat yg pernah pinjam hp kemudian menulis “Dalam proses 2 jt….” dipostingan maupun di profil.

    sebab tulisan yg ada dipostingan itu biasanya dipake seller untuk menunjukkan tentang tokonya, misal ” Toko saya terkenal diplanet Merkurius bahkan sejagat Matahari ….DLL”

    sedangkan isi yg ada diprofil itu menceritakan diri pribadi , misal ” saya punya hobi terjun payung dari ketinggian 1 meter”

    Nah klo hp nya ga pernah dipinjam tapi ada tulisan seperti itu di postingan maupun di profil kemungkinannya di hack melalui bug Aplikasi.
    silakan dipikirkan kembali.

    2
    1
  • 3 Agustus 2021 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Ngapain dibayar udah diemin aja nanti juga ilang sendiri tapi namamu jelek b checking, sabaR aja pihak shopee ga akan bisa penjarain kamu.. Ga Ada pidananya sabaR MBA ya

    5
    1
    • 3 Agustus 2021 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Kalo kata lagu mah “Dan terjadi lg… Kisah lama yg terulang kembali… Kau tertipu lg… Dari hadiah yg dijanjikan…”
      Intinya, kode OTP, PIN dll itu adalah angka keramat yg tdk boleh dishare ke siapa2 sekalipun itu ortu, saudara, apalagi teman.

  • 3 Agustus 2021 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Kejadian lagi ni..
    Entah anda mau membayar atau tidak yang pasti lebih baik tutup akun shopee anda karena anda akan berpotensi menjadi korban lagi di masa depan

    Jangan gunakan aplikasi apapun sebelum anda benar-benar paham
    Dan di posisi saat ini anda berada dalam kondisi mental yang tidak stabil, jangan berikan nomor hp anda kepada siapa pun yang mengaku pernah mengalami hal yang sama seperti anda atau hal lainnya untuk berkomunikasi dengan anda, jangan percaya orang baru mana pun yang mencoba mendekati anda
    Cukuplah yang terjadi jadi pelajaran, jangan terjebak lebih jauh lagi

    5
    1
  • 3 Agustus 2021 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Sayang sekali… kenapa ya, masih banyak yg ga paham apa OTP itu..
    dan juga setau saya Shopee juga pernah bbrp memberikan message ttg waspada penipuan dan jangan memberikan kode OTP kepada siapapun.

    Shopee juga pasti tidak akan bisa bantu menclearkan hal ini…

  • 3 Agustus 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Anda yang salah kok shopee yang disalahkan? Saya bukan orang shopee atau berafiliasi dengan shopee, tapi kasus di atas itu murni kesalahan Anda.

    Betul yang kirim otp itu shopee tapi hal itu karena ada penipu yang ingin masuk ke akun Anda. Si penipu tidak tahu password anda, sehingga si penipu meng-klik ganti password atau apalah, sehingga sistem mengirimkan otp ke nomor HP Anda.

    Disinilah kesalahan fatal Anda. Anda memberikan kode otp kepada si penipu, padahal sudah ada keterangan KODE OTP JANGAN DIBERIKAN KEPADA SIAPAPUN TERMASUK SHOPEE? Kenapa otp Anda berikan kepada si penipu? Sejatinya si penipu tidak bisa masuk ke akun Anda dan mencuri uang Anda, entah itu ShopeePay atau SPinjam, tapi karena kesalahan Anda sehingga uang pun lenyap.

    Kalau masih tergiur dengan iming-iming atau hadiah atau cashback atau permen, jangan bikin akun digital, belanja secara offline aja di warung, lebih aman.

  • 3 Agustus 2021 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Kode OTP jgn pernah dikirim k siapapun.. Kecolongan namanya..
    Tapi sudah muak dg kelakuan penipu online, hidup koq dipake nipu, udah gk berkah masio kaya tujuh turunan karena nipu auto masuk neraka Jahanam..

  • 3 Agustus 2021 - (18:45 WIB)
    Permalink

    tahun lalu saya juga ketipu 650.000 ya mo gmana lagi .. kronologi nya persis kaya ibu barusan .. ya gmana lagi . saya bayar semua sih … yg sabar ya bu … susah klo berurusan sama penipu .. pintar banget

  • 3 Agustus 2021 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Saya punya akun di toped, bl dan shopee. Datanya ya sama, ktp sama, nama, alamat, no hp juga sama.

    Misal beberapa waktu lalu data toped bocor, nama, alamat, nik, no hp bisa diketahui, kecuali password.

    Nah jika penulis jg punya akun di toped, kemungkinan penipu bisa tau data2 lengkap anda ya bisa jg dr data toped yg bocor.

  • 3 Agustus 2021 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk aduh pengen ngakak. tiap ada kasus kaya gini kenapa selalu shopee yang disalahkan? padahal pengguna nya rada rada kadang. Percaya percaya aja.. akhirnya shopee kena buly

    “maklumlah karena saya hanya ibu rumah tangga biasa yang GAPTEK.” gaptek tapi bisa belajja, pake spinjam, dll. mantaplah..

    • 4 Agustus 2021 - (17:58 WIB)
      Permalink

      dan terjadi lagi, penipuan macam gini sdh sering di shere dimedia manapun OTP itu sangat penting sama aja kita ksh PIN atm kita ke org lain, secara kita sadar ksh tanpa paksaan, mkin embaknya sdh pgn cpt dpt 2juta sampai terkena rayuan penipu ngeri kali skr hati” lg mbak, sy tiap hari dpt hadiah shopee malah 10jt 15jt smua tak cuekin soalnya shopee gak perna hub kita lwt wa ato sms , dan dr shopee sdh ingatkan kita di akun jgn kshkan kode ke org lain itu sdh sering x

  • 4 Agustus 2021 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Akun Anda tidak di hack orang tapi andalah yang melakukan kesalahan fatal. Hanya karena tergiur iming-iming hadiah atau cash back, justru buntung kena tipu mentah-mentah.

    Intinya, jika orang tak dikenal telepon dan mengaku dari shopee atau dari presiden sekalipun, patut diduga dan dicurigai ada yang tidak beres. Jangan karena ditawari hadiah pikiran langsung melayang ke langit biru. Itulah yang menyebabkan banyak orang kena tipu karena berharap dapat uang cuma-cuma.

    Salah sendiri jangan salahkan pihak lain. Puluhan juta pengguna shopee, hanya beberapa orang yang tertipu, termasuk Anda salah satunya!

  • 4 Agustus 2021 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Hahaha. Iming iming 2 juta jadi dapat apa ya???
    Bukan ya malah pintar bersosmed.
    Yaudahlah mba, itu kesalahan ya ada di mbak. 😂😂
    Sini saya tf uang 2 JT 🤭

  • 4 Agustus 2021 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Lagi dan lagi…. dan Saya cuma bingung kenapa disalahin Shopenya?Prinsipnya : OTP itu sama saja dengan PIN ATM, kalau anda mau memberikan OTP ke orang lain sama aja dengan anda memberikan Kartu ATM dengan PIN nya sekaligus. Apakah anda bersedia kasih ATM dan PIN nya sekaligus kepada orang lain? Bahkan sama petugas BANK nya sekalipun? Pastinya ga kan? Kalo ada yg tertipu karna memberikan Pin ATM kepada penipu yg nyamar pakai seragam BCA misalnya, anda tidak bisa koar2 dengan menyalahkan BCA nya. Sudah mestinya orang2 jaman now paham prinsip dasar uang digital sekarang ini. Sekali lagi, kita yg baca turut prihatin dan cuma bisa katakan beesabarlah Bu, karna kesalahan bukan dari pihak shopee tp dr ibu sendiri. Semoga menjadi pembelajaran kedepannya dan bagi pembaca yang lainnya.

  • 4 Agustus 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Install aplikasi true caller. Jadi ketahuan nomor penipu/scam/spam. Saya juga pernah hampir kena penipu kartu kredit BRI. Akhirnya kartu kredit saya blokir karena mereka tau nomor kartu saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan SPinjam?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Pencairan SPinjam, Penipu Mengetahui Semua Detai…

oleh Nur dibaca dalam: 3 menit
32