Saldo Hilang di Bank BRI, Pihak Bank Tidak Bertanggung Jawab

Pada tanggal 18 Juni 2021 saya hendak menarik uang di ATM BRI Alfamart, Jl. Pahlawan Kp. Sanja, Citereup, disuruh oleh ibu saya. Pengambilan berjalan dengan normal dan tidak ada kendala apa-apa. Namun pada saat saya ingin mengambil uang kembali di ATM pada hari Selasa, tanggal 22 Juni 2021, tiba-tiba PIN harus diganti dan harus memasukkan tanggal lahir untuk membuat PIN lain.

Pada saat saya cek saldo, ternyata sudah berkurang 11 juta rupiah. Saya pun kaget dan panik, karena sore hari bank sudah tutup. Saya melakukan pelaporan pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 di KCP Bank BRI yang dekat dengan domisili saya. Namun di situ rekeningnya tidak langsung diblokir, CS hanya menyarankan untuk lapor ke kantor cabang Bank BRI Pajajaran dan saldo yang masih ada diminta untuk dipindahkan ke rekening lain dulu untuk pengamanan.

Besoknya tanggal 24 Juni 2021, saya ke kantor cabang Bank BRI Pajajaran, tetapi baru dibuatkan pelaporan lusanya, tanggal 25 Juni 2021. Prosesnya 20 hari kerja.

Setelah menunggu 20 hari kerja lamanya, kabar dari BRI pusat tidak ada unsur skimming, dan transaksi normal. Saya gak terima dengan keputusan investigasi pusat, karena saya tidak merasa menarik uang tsb. Saya cek di rekening koran ada penarikan di daerah Matraman ex Gedung Jay. Saya tidak tahu alamatnya di mana, apalagi saya berdomisili di Bogor dan pada saat hari Jum’at dan Sabtu kerja seperti biasa di Citereup, Bogor. Sedangkan ini ada penarikan di daerah Matraman, Jakarta.

Saya pun melakukan naik banding untuk pengecekan CCT ke kantor cabang BRI Jatinegara, Jakarta, karena ATM Matraman masuk ke area Jatinegara. Sudah ada record hasil CCTV dan saya melakukan pelaporan ulang.

Akan tetapi keputusan tim back office Bank BRI pusat masih saja tidak bertanggung jawab, alasannya transaksi normal.

Hingga saat ini saya masih berharap ada keadilan atas hak saya dan orang tua saya. Saya pun akan melakukan lapor ke kepolisian dan memohon cek CCTV pada saat penarikan terakhir oleh saya. Uang 11 juta rupiah tsb sangat berarti untuk ibu saya. Itu hasil jerih payah dan tabungan almarhum bapak saya (rekening a.n. almarhum bapak saya: Hadian Permana).

Saya dan orang tua saya memohon kepada tim back office BRI pusat agar lebih teliti untuk pengecekan pada saat investigasi. Sudah jelas ada bukti CCTV dan kartu ATM tidak pernah dipindahtangankan. Di sini masalah keamanan Bank BRI dipertaruhkan. Jangan sampai ada kartu lain selain kartu ATM BRI yang bisa dibaca di ATM-nya.

Saya akan terus berjuang demi hak dan keadilan orang tua saya. Tolong agar Bank BRI bertanggung jawab atas yang dialami nasabahnya. Terima kasih.

Nandi Nopiandi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Keamanan Rekening Tabungan BRI:
[Total:348    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Saldo Hilang di Bank BRI, Pihak Bank Tidak Bertanggung Jawab

  • 9 Agustus 2021 - (11:28 WIB)
    Permalink

    gimana ni bank bri, ada kasus terus. padahal saya baru buka rekening bri. jadi khawatir simpan uang di bank bri ..

    • 9 Agustus 2021 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Ini nomer tiket pelaporan nya. ; 35572859 dan 36047832 silahkan di cek pelaporan saya di ajukan pada tanggal 25 juni… Sudah berkali2 nelpon ke CS pusat tetapi tidak mau bertanggung jawab daya ada bukti record percakapan cs pusat…

    • 12 Agustus 2021 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Alhamdulilah.. permasalahan nya sudah solved…terima kasih untuk pak ferry bagian cs pusat bank BRI…sudah di terima ibu saya uang nya batu di tutup rekening almarhum hari ini…

      Tak lupa juga saya berterima kasih dengan ibu sintia CS bank kanca jatinegara sudah banyu pengecekan cctv nya .

      Tak lupa juga saya berterima kasih kepada ibu celcya CS kanca bank pajajaran yg sudah bantu penutupan rekening dan pelaporan permasalahan orang tua saya ..

      Saya juga berterima kasih banyak kepada tim media konsumen dan teman2 semua yg sudah bantu coment dan push artikel yg saya buat…,sehingga dapat perhatian lebih dari pihak bank BRI nya… Mohon kepada pihak tim media konsumen dapat menghapus artikel yg saya buat… Dan menutup artikel nya..

      Semoga allah swt dapat membalas kebaikan bantuan kepada yg bantu permasalahan orang tua saya…

      Sedikit masukan kepada bank BRI tolong kepada CS pusat dan tim back office nya mohon untuk lebih teliti kembali pada saat ada pelaporan, dan lebih di ketat kan kembali securitas nya ..

      Sekali lagi terima kasih ..

    • 9 Agustus 2021 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Sudah, tp jawaban nya selalu sama tidak bisa return dan bertanggung jawab….paham gak?? Klo memang nasabah melakukan transaksi gak mungkin laporan karena tidak merasa makanya buat laporan .. mentang2 yg atas nama nya sudah meninggal jadi seenak nya bilang gak bertangung jawab…dari awal laporan juga gak ada di suruh blokir atm nya ..aneh..hasil rekaman cctv juga berbeda jam nya dengan jam di rekening koran…saya anak nya wajar saya nuntut hak orang tua saya…segitu almarhum nasabah lama dari tahun 2009 dan pensiunan polri masih saja gak di tanggapi.. laporan sudah 2 kali ini nomer tiket laporan nya : 35572859 dan 36047832

  • 9 Agustus 2021 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Kapok saya pake bank ini. ATM nya lemot dan kadang suka gangguan. Padahal itu mesin di kantor cabangnya langsung. Kadang udah cancel kartunya lama sekali baru keluar dari mesin. Dugaan saya penulis jadi korban skimming atau salin data kartu secara ilegal.

    • 9 Agustus 2021 - (16:04 WIB)
      Permalink

      BRI menyangkal terjadi nya skiming pak parah pdahal di sudah berikut bukti cctv…

    • 9 Agustus 2021 - (23:55 WIB)
      Permalink

      paling anti pake bank ini ngeri, sdh byk kejadian uang nasabah hilang, 1x perna ambil uang cuma 300 uang gak kluar cuma kartu saja, itu pun ngurus mondarmandir 3 bulan baru cair alamaaaaak kapooook gak akan lagi

  • 9 Agustus 2021 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Bank yg satu ini paling banyak masalah duit hilang, tp gak pernah berbenah. Mesinnya mungkin paling tidak aman. Sdh sering lihat di berita nasabah yg duitnya hilang. Padahal bank BUMN.

  • 9 Agustus 2021 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Bank BRI jadi sponsor liga Indonesia, saya curiga akan lebih banyak yang akan kehilangan nanti… Semoga saja terus diperbaiki kedepannya dan tidak lepas tangan…

  • 9 Agustus 2021 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Kalo orang lain bisa ngambil artinya apa ya bang?pembobolan data…jaman makin canggih,makin canggih juga teknologi penipunya….hanya anda dan bank yang bersangkutan yang bisa menyelesaikan masalah ini dibantu pihak kepolisian….

    • 10 Agustus 2021 - (00:01 WIB)
      Permalink

      Sudah 2 x laporan ke bank bri tp lepas tanggung jawab susah walau ada bukti cctv tetap saja di bilang bukan tindak skiming di tanya bukti nya gak bisa jawab… Bahkan cctv pun di kasih dengan beda waktu nya sedangkan di rekening koran tertera jam pengambilan nya ..aneh.. dari situ saja sudah ada kejanggalan…

      • 10 Agustus 2021 - (00:49 WIB)
        Permalink

        Bukti cctv nya menyimpulkan apa gan? Rekaman orang yang narik? Jd yg terlihat di cctv itu org lain atau gmn gan?

        • 10 Agustus 2021 - (05:30 WIB)
          Permalink

          Saya hanya di kasih snapshoot bukan rekaman video, itupun berbeda waktunya dengan waktu yg tertera di rekening koran…

  • 10 Agustus 2021 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Bank ini mmg tidak profesional,..bank paling lelet,d CS pling lama bsa2 gk kerja klu urusan dgn bank ini,.dn setiap cabang mempunyai ketentuan yg berbeda beda tidak seprti bank lainnya yg setiap cabang mempunyai ketentuan yg sama,.sperti penerimaan bansos umkm ada yg d potong 100rb dgn alasan pembukaan rekening d surabaya,.dn ada d cabang lain sma nama banknya tpi tidak ada potongan untuk pengambilan bansos umkm,.bank dgn ketentuan amburadul,.

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Rekening Tabungan BRI?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Saldo Hilang di Bank BRI, Pihak Bank Tidak Bertanggung Jawab

oleh Nandi dibaca dalam: 2 menit
23