Penilaian Toko Saya di Shopee Tiba-tiba Menurun Drastis

Pada tanggal 11 Agustus saya dikejutkan dengan perubahan penilaian toko saya menukik tajam dari 4,9 ke 3,9. Kemudian data penjualan secara total sudah 3.000 an lebih, menjadi hanya sekitaran tidak sampai 500 transaksi. Ada apa ini dengan Shopee? Sangat meresahkan. Data pendukung lainnya di status star dan kesehatan toko jelas-jelas masih tercantum 4,9

Penilaian Toko dari 4,9 ke 3,9

Tentunya saya langsung membuat laporan ke Shopee, hasilnya sangat mengecewakan, chat cs pertama menjanjikan 1 x 24 jam. Karena pagi ini tanggal 12 Agustus saya check kembali, performa saya masih belum kembali normal. Dan cs yang pagi ini sudah menginfokan ada no penanganan yang membutuhkan 3 hari penyelesaian.

Luar biasa Shopee, begitu mudah merugikan mitra Seller, padahal toko saya sudah dipotong besar untuk biaya Shopee dalam ikut serta program. Tetapi penanganannya permasalahan tidak cepat.

Ini urgent bagi saya untuk dapat diselesaikan beberapa jam saja karena sangat berpotensi menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi bisnis saya. Meresahkan dan berpotensi kehilangan transaksi maupun Pelanggan.

Saya berharap melalui Media Konsumen ini dapat mempercepat penyelesaian dalam mengembalikan performa toko saya.

Terima kasih.

Muhammad Firman NS
Tangerang Selatan, Banten


Update (14 Agustus 2021): Terkait surat pembaca di atas, menulis memberikan klarifikasi bahwa masalah sudah diselesaikan oleh pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:39    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Penilaian Toko Saya di Shopee Tiba-tiba Menurun Drastis

  • 12 Agustus 2021 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Mungkin nama toko nya di Shopee bisa ditulis juga gan agar bisa dilihat ada anomali transaksi atau engga. Jawaban dari CS nya agak kurang valid jg sih ya, dibilang “terjadi di semua seller” padahal data penjualan dan rating di toko kami https://shopee.co.id/xplodcompany tidak berubah..

    Shopee kadang melakukan penyesuaian memang, dulu di April 2020 kita semua ingat penyesuaian “Follower” yang turun drastis karena ada pembersihan akun2 yang digunakan untuk jualan follower http://xplodcompany.com/follower-shopee-menurun-drastis-bulan-april-2020-mungkinkah-ada-pembersihan-akun/
    Mungkin ada koreksi lagi di tahun ini…

    2
    2
    • 12 Agustus 2021 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas informasinya kak, utk penurunan followers beberapa waktu yang lalu tidak terjadi pada akun saya. Waktu itu kemudian pulih beberapa lama kak ?

      Kalau penurunan penilaian toko sangat krusial ya kak dibandingkan followers, karena dengan nilai yang tidak bagus, menyebabkan calon customer kurang berkenan melakukan transaksi. Hari ini pun jadinya belum ada transaksi, entah terpengaruh akan ketidakbenaran data tersebut atau tidaknya.

      Padahal saya juga tidak sedang dalam kena penalti

  • 12 Agustus 2021 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Kalau pengalaman ku, rating toko ga penting, mau anjlok pun tetep aja ada orderan

    2
    1
    • 12 Agustus 2021 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Kebenaran data bagi kami adalah suatu hal yang penting, bukan terkait ada orderan atau tidaknya. Terima kasih atas responnya kak

      • 12 Agustus 2021 - (19:33 WIB)
        Permalink

        biasanya bintang 1 ato seller batalin kirim itu bisa juga loh say, soalnya saya perna batalin pembeli itu poin kita turun , trus perna kena pinalti juga tp hilang otomatis dgn adanya pembelian

  • 12 Agustus 2021 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Dalam kasus follower seperti info yg kita attach, bukan jadi pulih sih, itu memang akun-akun bodong dibersihkan dari Shopee. Coba share nama tokonya atau link nya gan, nanti bisa dilihat oleh yg lain, yg mana rating yg betul..

    • 12 Agustus 2021 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Kalau akun2 bodong memang bisa langsung dihapus sendiri tanpa harus nunggu shopee bersihkan. Maaf kak karena kakak bukan orang shopee, tidak perlu sekiranya kami memberikan informasi lebih lagi. Karena tadi sore pihak shopee sudah menelpon saya dan langsung tahu nama toko yang dimaksud

      • 13 Agustus 2021 - (07:49 WIB)
        Permalink

        Ciee gak mau menunjukkan nama tokonya, ada penjualan palsu dan ulasan palsu yang dibuat sendiri, trus dibersihkan Shopee yaaa ? hahayyy…

        • 13 Agustus 2021 - (07:56 WIB)
          Permalink

          Halo kak kenapa aura kakak ke arah negatif ya ? Informasi di atas saya sudah merespon kalau shopee telah memulihkan penilaian toko saya, artinya tidak ada transaksi palsu, Murni kesalahan pihak shopee. Selalu berpikir dan berjiwa positif saja kak, akan lebih mendatangkan manfaat dan menyelesaikan inti permasalahan

          • 13 Agustus 2021 - (08:21 WIB)
            Permalink

            Sebelum ketahuan langsung, langkah 1000 ~

          • 13 Agustus 2021 - (08:30 WIB)
            Permalink

            @Xplod Company tentang Langkah 1000.

            Respon dari kami :
            Jelas2 Shopee telah memperbaiki datanya, tetapi belum sempurna, maka Laporan ini belum saya tutup dan belum memberikan klarifikasi yang diminta shopee sesuai permintaan per telepon.

            Xplod company mungkin yang lebih memilih aura negatif dan melakukan langkah 1000, karena saya tidak bisa langsung balas di pernyataan anda terkait langkah 1000

          • 13 Agustus 2021 - (08:50 WIB)
            Permalink

            Untuk menambah pengetahuan pembaca secara luas dan bisa menilai kasus ini secara transaparan, perlu diketahui beberapa fakta dulu di ranah marketplace.

            Di platform marketplace terdapat beberapa modus MANIPULASI yang cukup marak terjadi. Salah satu yang menarik perhatian dan MUNGKIN ada di kasus ini adalah penjualan palsu dan ulasan palsu. Praktek penjualan palsu dan ulasan palsu adalah praktek yg dilakukan toko online dengan membeli produknya sendiri dan mengulas produknya sendiri.

            Tujuan dari praktek tersebut adalah meningkatkan jumlah “Produk Terjual” pada produk DAN “Transaksi Berhasil” pada toko. Biasanya diikuti dengan memberikan penilaian “Bintang 5” pada produknya sendiri. Namun praktek seperti ini menjadi perhatian khusus bagi Shopee yang secara berkala melakukan PENYESUAIAN untuk menciptakan ekosistem jual beli online yang adil bagi sesama penjual.

            Bisa dilihat bahwa jumlah “Traksaksi” pada kasus ini turun dari 3000 ke 500, yang kemungkinan mendukung “Penyesuaian” diatas. Selebihnya bisa disimpulkan oleh pembaca sendiri. Namun kita tidak bisa menilai benar tidaknya karena penulis tidak memberikan informasi secara lengkap.

            Disadari atau tidak, praktek seperti itu merupakan praktek yang sangat merugikan bagi sesama penjual online, karena merupakan persaingan bisnis yang tidak sehat. Tetapi pengambilan keputusan tetap di tangan Shopee, dan mungkin itu yang terjadi pada kasus ini.

            Salam 🙂

            2
            2
          • 13 Agustus 2021 - (11:19 WIB)
            Permalink

            Wow mulai muncul istilah tuyul

  • 12 Agustus 2021 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kak atas responnya. Saat ini toko sedang tidak kena penalti, yang cukup mengejutkan total saya terakhir lihat bulan lalu sudah di atas 3000 transaksi. Hanya saja kemarin dapat notifikasi performa toko, kemudian kami coba mengevaluasi, kok tiba-tiba data transaksi nya tinggal 488 sesuai lampiran di atas.

  • 12 Agustus 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Saya kalau belanja online yg pertama saya lihat sih ada bintang 1 atau 2 gak untuk produk yg diincar dan kenapa dikasih bintang 1 atau 2. Kalau rating toko mah bersifat universal.

    • 13 Agustus 2021 - (04:18 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas responnya kak. Dalam hal ini kami menginginkan kebenaran data, saat ini shopee telah memperbaiki data penilaian toko, tetapi data kesehatan toko malah menjadi keliru,sehingga saya juga belum dapat memberikan klarifikasi sesuai permintaan shopee. Apabila shopee telah mengembalikan data secara benar, saya akan berikan klarifikasi sesuai permintaan shopee.

    • 13 Agustus 2021 - (09:06 WIB)
      Permalink

      @Xplod Company

      Tentu saja dalam hal ini kakak bukan yang berkompeten dan berwenang menyelesaikan kasus saya. Apabila kakak berkompeten atau berwenang tentunya kakak bisa akses ke media konsumen untuk minta data saya dan menyelesaikan masalah, bukan hanya mengembangkan opini negatif tanpa data yang memang tidak mempunyai kewenangan lebih dapat akses data saya.

      Kami masih menunggu pihak shopee menyelesaikan permasalahan 1 data yang terkait dengan penilaian toko. Karena penilaian toko ini terkait 3 hal penilaian toko itu sendiri, program star dan kesehatan toko. Nah di data kesehatan toko yang salah satu unsur penilaian nya masuk penilaian toko belum ada perbaikan.

  • 13 Agustus 2021 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Dulu pernah terjadi sama akun seller saya, dan saya biarin sampai orang shopee nelpon untuk menawarkan promosi baru, dan memang biasa seminggu 2kali saya dapet telpon dari orang shopee, karena produk toko juga ikut program ekspor. Dan alhamdulillah setelah mengadukan hal tersebut via telpon beberapa jam kemudian langsung berubah.

    • 13 Agustus 2021 - (06:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak atas pengalaman positifnya, sangat senang tentunya dapat kembali normal. Utk saya masih ada 1 data yang belum sinkronisasi. Penilaian Toko sudah kembali normal dan ini masuk program star data normal, yang belum normal pada data kesehatan toko, karena ada unsur penilaian di atas.

  • 13 Agustus 2021 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Saya seorang pembeli sekaligus seller yang berusaha mempertahankan rating 4,9 dan saya tipikal orang yang sangat mementingkan rating. Saya faham kekhawatiran anda. Beberapa hari lalu saya lihat ay***op20 itu ratingnya anjlok 3,7. Seinget saya toko itu padahal dulu cukup populer. Dan besoknya saya lihat sudah balik 4,8. Mungkin kakaknya bisa tanya yang punya akun bagaimana caranya bisa mengembalikan penilaian. Semoga lekas selesai masalahnya ya dan tidak terjadi pada saya. Mungkin saya akan galau setengah mati juga kalau diposisi kakaknya :’)

    • 13 Agustus 2021 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas informasi positifnya kak. Betul kak Mudah2an jangan sampai terjadi pada kakak, karena memang meresahkan atas ketidakbenaran data. Tim Shopee telah menormalkan penilaian toko saat ini. Penilaian toko tersebut terhubung juga pada program star dan kesehatan toko. Sd hari ini yang data kesehatan toko masih belum kembali normal.

  • 13 Agustus 2021 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Tim Media Konsumen dan Tim Shopee, masalah saya dapat teratasi dalam 2 hari kerja. Sukses buat semuanya

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Penilaian Toko Saya di Shopee Tiba-tiba Menurun Drastis

oleh Muhammad Firman Nur Setiawan dibaca dalam: 1 menit
23