Denda Pemutusan IndiHome Rp1.000.000,-

Pada tanggal 08 Agustus 2021, saya mengajukan pemindahan alamat jaringan IndiHome (nomor pelanggan: 111601125747, a.n Haris Sukma Nasution), karena saya pindah rumah. Saya mengajukan melalui telepon ke 147 (Call Center Telkom). Pada saat pengajuan petugas call center IndiHome menjelaskan bahwa pemindahan alamat bisa dilakukan, karena jaringan IndiHome di alamat baru saya tersedia. SLA prosesnya 2 hari kerja, serta syaratnya harus melunasi tagihan berjalan.

Tagihan berjalan sudah saya lunasi pada tanggal 08 Agustus 2021 sebesar Rp315.000. Setelah hari ke-3, belum ada juga petugas IndiHome menelepon saya untuk dilakukan pemindahan. Lalu saya email ke customer care IndiHome (Telkom) dan jawabannya sedang dalam proses dan akan diprioritaskan.

Akan tetapi sampai hari ke-5 (tanggal 13 Agustus 2021), belum juga dilakukan proses dan saya email kembali ke Customer Care Telkom. Jawaban dari Customer Care, pemindahan alamat saya tidak bisa dilanjutkan. Lalu saya mengajukan pemberhentian berlangganan.

Ternyata ada ketentuan pemberhentian berlangganan di bawah 12 bulan dikenakan denda sebesar Rp1.000.000. Padahal kesalahan bukan karena saya sebagai pelanggan. Untuk itu saya meminta denda dihapuskan dan saya berhenti berlangganan, serta dana jaminan saya sebesar Rp315.000 dikembalikan ke saya.

NB: Histori email-email ke Customer Care telah saya simpan.

Terima kasih.

Haris Sukma Nasution
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:594    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT Telkom Witel Riau Kepulauan atas Surat Bapak Haris Sukma Nasution

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Haris Sukma Nasution pada tanggal...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Denda Pemutusan IndiHome Rp1.000.000,-

  • 15 Agustus 2021 - (19:12 WIB)
    Permalink

    kali ini customer bener. pindah alamat kalo engga ada jaringan harusnya engga kena denda pemberhentian.

    11
    2
    • 16 Agustus 2021 - (18:47 WIB)
      Permalink

      SABAR… SABAR… SAMBIL NUNGGU PROVIDERS MASUK WALAU KUOTA JEBOL DARIPADA PAKE YG INI MEMAKSAKAN TAR PUSING DIKEMUDIAN HARI… AMIT..

  • 15 Agustus 2021 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Perusahaan gedhe sekelas telkom omonganya mencla mencle, isuk dele, sore tempe, bengi sego goreng pete. Katanya bisa karena ada jaringan, setelah itu ngmongnya ga bisa karena ga ada jaringan. Lalu atas kemencla mencleannya itu, ga tanggung jawab, tapi ditanggung sama konsumen. Wkwkkw..

    28
    1
      • 16 Agustus 2021 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Ya,,begitulah..soalnya pemberitahuan perjanjian kontrak itu datangnya sesudah pemasangan peralatan,,kalau dari awal ada penjelasan dari CS indihome mengenai surat perjanjiannya begitu, pasti ga ada yg mau pasang.apa mungkin deposit 315.000 itu bisa di ambil..

        4
        1
  • 15 Agustus 2021 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Kesalahan / ketidakmampuan telkom indihome tetapi malah memberatkan pelanggan, sepertinya sudah bisa dilakukan pihak telkom indihome pak.
    Sebaiknya mencari provider internet lain bila tersedia.

    11
    1
  • 16 Agustus 2021 - (00:04 WIB)
    Permalink

    Jangan harap uang 315.000 Pak, Uang jaminan saya juga 250.000 hilang lenyap gak dikembalikan. Tapi ya sudahlah saya ikhlas kan saja. Biar Tuhan yang membalas. Capek f.up nya.
    Tapi kalo denda 1.000.000-, waaah,,, itu mah perlu ditelisuri terus Pak.

  • 16 Agustus 2021 - (00:46 WIB)
    Permalink

    Saya jadi merinding:(
    Kebetulan saya pake indihome belum sampe setahun, kemudian ternyata keluarga saya tidak mampu bayar tagihan karna pandemi pemasukan cekak. Sampai sekarang tagihan masih masuk dan terus terhitung bulan berjalan (385×2 bulan). Sementara internet sudah lama terputus. Saya hubungi indihome care juga ketentuannya harus bayar lunas tagihan berjalan.
    Kalau tambah denda sejuta, jadi menyesal pasang indihome:(

    12
    1
    • 16 Agustus 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      kalau utk ke depan tidak ada rencana lg pake indihome ya sdh di cuekin aja lama2 juga bosan di tagih.

  • 16 Agustus 2021 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Pertanyaannya, bapak pernah ada tanda tangan kontrak berlangganan tidak? Karna dalam kontrak tsb tertuang hak dan kewajiban kostumer, termasuk denda pengakhiran 1juta jika kostumer berhenti berlangganan kurang dari 1 tahun sejak pemasangan dgn alasan apapun.
    Jika YA bapak menandatangani kontrak berlanggaman, maka anda wajib membayar denda pengakhiran. Sekian

    5
    1
    • 16 Agustus 2021 - (05:24 WIB)
      Permalink

      Setau sya, Telkom memberlakukan kontrak berlangganan indihome sekitar November 2020. Karna mengevaluasi dr tahun2 sebelumnya dimana bnyk pelanggan cabut pasang seenaknya, padahal baru langganan 1-2 bulan. Tentunya itu merugikan Telkom krn sudah mengeluarkan material kabel dll untk pelanggan tsb

      4
      3
  • 16 Agustus 2021 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Tel**m Indihe memang kualitas layanan terburuk sejagat raya, cuma modal jaringannya aja tersebar. Lebih baik pake provider lain, atau kalau pengin yang gampang pake 4G aja deh prabayar gpp, yg penting nggak ribet. Untung saya nggak jadi diproses waktu mau daftar pemasangan.

  • 16 Agustus 2021 - (07:57 WIB)
    Permalink

    ya kalau saya pribadi ga akan pusing dgn urusan gini kalau ga kembalikan uang ya anggap aja buang sial utk denda ya suruh tagih aja ke wuhan.

  • 16 Agustus 2021 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Karena rata rtaa BUMN investornya asing, termasuk Telkomsel induknya indihome. Makanya kebijakan nya juga kebijakan asing. Lihat aja, denda nya perhari juga besar kalo telat. Lebih mahal drai denda angsuran mobil saya.

    1
    3
  • 16 Agustus 2021 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Kalau pindah ya biarkan saja gak usah bayar kan putus sendiri. Nanti ajuin lg jgn pakai ktp yg saat ini. Paling hangus deposit

  • 16 Agustus 2021 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Klo saya baca casenya. 1. Pelanggan mengajukan pindah lokasi jaringan karena pindah rumah. 2. Mengajukan pembatalan karena respon pindah jaringan terlampau lama. 3. Akhirnya pelanggan dikenakan denda akibat pemutusan sepihak sebelum 12 bulan.
    Pindah jaringan memang tidak semudah itu pelaksanaanya,,kaitannya sama terminal jaringan dan konsumsi data yg tersedia di tempat tersebut, jadi ya pasti agak lama dan ribet. Akhirnya pelanggan mengajukan penghentian berlangganan, ya ini sudah pasti kena denda. Sekalipun awalnya tidak niat utk berhenti berlangganan, namun karena terlampau lama proses perpindahan ujung”nya mengajukan penghentian. Memang bukan karena kesalahan pelanggan utk berhenti berlangganan,,tapi ada keinginan dari pelanggan utk berhenti berlangganan sebelum 12 bulan. Jadi tetap saja kena denda. Klo saya dulu mau pasang indihome sempat diwanti” perkara denda ini sama salesnya. Akhirnya saya pasang yg lain

    4
    2
    • 18 Agustus 2021 - (05:18 WIB)
      Permalink

      dibaca yg teliti mas, telkom tdk bs menjutkan proses pemindahan, bukannya lama, tapi tdk diteruskan, klo SOP pemindahan itu repot, yah dijelaskan ke konsumen.

  • 16 Agustus 2021 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Kalo begitu sy beruntung gak pake Indihome, sy pake Bali fiber sebelumnya first media.. ya lumayan sangat terjangkau dan gak ada denda sebesar itu, nanti sy info kan ke teman2 dan tetangga hati2 kalo pasang layanan itu ada denda 1 juta…🙈

  • 16 Agustus 2021 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Udah ngak heran, kalau berhubungan sama Telkom. Masalah susah kelar, lama proses dan juga CSbya begitu” aj jawabannya. Proselah itu lah ini lah, tapi dari pihak Telkom ya ngak ada action sama sekali.

  • 17 Agustus 2021 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Saya Juga Merasa ditipu oleh indihome…

    Saya berlangganan paket wifi only dgn tagihan Rp258.000 .. Setelah berlangganan 6 bulan, saya mendapat telpon dari CS indihome… Menawarkan penambahan perangkat berupa TV Box secara gratis karena selalu membayar tepat waktu…
    Namun saya sedikit ragu.. Dan setelah bertanya berkali-kali, apakah tagihan saya akan naik? , berkali kali juga pihak indihome mengatakan tidak.. Karena ini sebagai bonus katanya…
    Setelah 15 hari pemakaian tv box, bulanan naik sekitar Rp30.000 .. Saya masih positif thinking, (mungkin ini charge buat teknisi) …
    Bulan berikutnya malah naik Rp100.000 … Saya komplen ke CS indihome dan mengatakan apa yang saya alami… Namun pihak indihome hanya mengatakan “Tarif bapak wajar, karena menggunakan TV box” .. Apa ini..?
    Mending gak usah pakai.. Karena sebelumnya saya menggunakan PC box.. Jauh lebih baik dr Tv box yang ditawarkan indihome…

  • 18 Agustus 2021 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Saya berlangganan indihome daerah sumedang. memang wkt itu telat bayar 1 bln dan otomatis terputus koneksi internetnya.
    ketika sya mau bayar tapi ditagihkan 2 bln pembayaran, yg jelas2 satu bulan itu sebetulnya tidak ada koneksi internet lg.

    sya coba tlp CS dia blg harus bayar semua tagihannya selama 2 bln+denda. apakah adil? secara internetnya saja mati tp ditagih full.. sempat ngotot jg minta peraturan jelasnya tapi CS no komen. sama aja meras konsumen klo caranya seperti itu makan uang haram.

    sya akan bayar jika memang internet nyala, dan berfungsi, ini internet mati tp mintanya bayar full. dzalim bener indihome, jadi sampai skrg sya biarkan aja itu tagihan. krn sya cuma akan bayar tagihan 1 bln+denda krn keterlambatan. sisanya silahkan dipikir sendiri adilkah??

  • 24 Agustus 2021 - (19:18 WIB)
    Permalink

    itulah kenapa saya kapok pakai Indihome.. jika kita ingin pasang, jangankan nunggu besok.. malam haripun dikerjakan,tapi giliran mau berhenti berlangganan.. ribet dan susahnya minta ampun

  • 1 September 2021 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Waktu awal pasang sebaiknya dibaca dl syarat dan ketentuan dulu. Ada tertulis jelas disitu. Kalau pindah rumah tapi gak bisa pindah wifi ya dibiarin aja daripada kena denda tar jg putus sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Denda Pemutusan IndiHome Rp1.000.000,-

oleh Haris Sukma Nasution dibaca dalam: 1 menit
28