Salah Top Up LinkAja

Saya melakukan top up saldo LinkAja pada tanggal 14 Agustus 2021 aja melalui Livin by Mandiri sebesar Rp1.000.000. Karena kesalahan saya, salah pencet atau salah pilih;

 

Noor yang salah itu adalah nomor telepon dari teman kerja saya yang sempat saya top up punya teman saya tersebut. Namun itu sudah lama sekali (tahun lalu), jadi masih tersimpan nomor teleponnya di menu top up LinkAja Livin by Mandiri saya. Sekarang teman saya sudah tidak bekerja dengan saya lagi, sudah lama resign dan tidak tahu posisi dan tinggalnya dimana (lost contact).

Setelah saya tahu bahwa saya salah top up, saya segera menghubungi call center LinkAja via telepon dan email. Saya diinstruksikan atau disarankan untuk menghubungi nomor yang saya salah top up tersebut. Sudah saya coba hubungi, tapi nomor teleponnya tidak aktif.

Lalu saya disarankan untuk menghubungi provider dari nomor telepon tersebut. Sudah saya lakukan dan dari CS provider itu sendiri sudah mengatakan bahwa nomor telepon tersebut sudah tidak aktif dan sudah hangus. Namun call center LinkAja mengatakan tidak bisa membantu apa-apa, selain saya bisa menghubungi nomor telepon tersebut.

Saya sudah berusaha semaksimal mungkin agar dapat menghubungi teman saya ini, tetapi tidak bisa dan tidak tahu keberadaannya di mana.

Bagaimana bisa saya berkomunikasi dengan pemegang nomor telepon tersebut kalau nomornya sudah tidak aktif dan uang saya sebesar Rp1.000.000 apa otomatis tertahan di LinkAja? Saya bingung bagaimana caranya agar uang saya bisa kembali?

Mohon pihak Media Konsumen bisa membantu. Terima kasih.

Agung Swastika
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Salah Top Up LinkAja

    • 15 Agustus 2021 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Sudah saya upayakan, dengan menanyakan kepada teman kerja yg lainnya juga sama, tetapi memang teman saya ini resign dengan cara yg tidak baik dan itu mungkin alasan dia tidak ada berhubungan lagi dengan temannya disini

  • 15 Agustus 2021 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Kalau nomornya sudah hangus artinya nomor itu tidak bertuan, mngkin anda bisa ke provider minta no itu dan beli atau ambil sama kamu lalu kamu login linkaja pakai nomor itu dan uang itu bisa diselamatkan..
    Mngkin ini saran saya bisa membantu anda

    • 15 Agustus 2021 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Sudah saya sampaikan ke pihak provider, tetapi pihak provider tidak bisa membantu?m, karena ada prosedur dan belum tahu kapan nomer itu diproduksi kembali dan di daerah mana produksi kembali

  • 15 Agustus 2021 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Solusinya cuma satu yaitu anda hrs berusaha menemukan teman anda tersebut dan kalo sampe tdk ketemu ya anda ikhlaskan saja krn itu murni kesalahan anda yg tdk teliti pd saat melakukan transaksi tersebut. Dan memang benar jika pihak LinkAja maupun provider tdk bisa membantu.

  • 15 Agustus 2021 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Wah ga benar nih. mestinya klo nomer memang uda hangus, dana otomatis ke reject balik ke pengirim.
    ini kan sama aja seperti buku tabungan sudah ditutup, dana yg sempat terkirim karena salah kirim secara otomatis balik ke pengirim bukan malah tersangkut ga jelas, malah bisa dimanfaatkan oknum.

    coba diusahakan minta surat dr provider klo nomer yg dituju sudah hangus terus sodori ke linkaja, klo tetap ga ditanggapi , terus kelak ada oknum yg memanfaatkan , gunakan aja bukti” yg sudah dimiliki untuk menyalahkan ke……. ( tau sendiri lah) atas kerugiannya itu.

    1
    1
    • 15 Agustus 2021 - (17:51 WIB)
      Permalink

      **ini kan sama aja seperti buku tabungan sudah ditutup,….**
      ===>>> beda dong, Link Aja kan bukan institusi perbankan.

    • 16 Agustus 2021 - (09:39 WIB)
      Permalink

      saya rasa beda hal… nomor hangus dan akun link aja nya masih aktif

      nomor hp itu hanya digunakan oleh link aja sebagai pendaftaran dan “ID” bagi penggunanya. link aja tidak akan melakukan verifikasi apakah nomor nya masih aktif atau tidak setiap penggunanya melakukan transaksi dan itu hal normal
      tidak ada dompet digital yang melakukan hal tersebut, akun anda akan aktif meskipun nomor anda mati, perbankan pun sama, nomor hp yang anda gunakan untuk mobile banking dianggap aktif, meskipun anda tidak bisa masuk jadinya. nah masalahnya kalo link aja gini kan asal akun masih terdaftar dan bisa di akses ya tidak ada masalah meskipun nomor mati

      1
      1
    • 22 Agustus 2021 - (10:03 WIB)
      Permalink

      saya belum bisa sampai menyalahkan oknum atau berpikir sejauh itu mas, cuma yg saya perlukan saat ini adalah jalan keluar yang jelas dan tentu yang bisa dijalankan dengan logika. but thx supportnya mas

  • 15 Agustus 2021 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Gak akan balik lagi sih uang nya.
    Karena nomor sudah lama tidak aktif, ketemu sama pemilik nomor tersebut dia bisa apa? Sedangkan nomor sudah tidak aktif lagi.
    Paling nanti di recycle ulang sama operator, ya tapi gak tahu kapan di recycle dan diwilayah mana.

    • 22 Agustus 2021 - (10:04 WIB)
      Permalink

      iya betul begitu juga keterangan dari call center LinkAja dan CS dari pihak providernya.
      apa saya bisa merelakan uang saya itu, saya sangat membutuhkannya dimasa seperti ini

    • 16 Agustus 2021 - (22:47 WIB)
      Permalink

      Uangnya itu sudah digunakan sama teman tersebut yang mendapat dana transfer makanya dia resign dari tempat kerja

    • 22 Agustus 2021 - (10:05 WIB)
      Permalink

      iya saya sempat baca juga artikel tersebut mas, saya juga tidak tahu kenapa pada kasus tersebut dana bisa dikembalikan dan pada kasus saya malah tidak bisa dikembalikan

  • 16 Agustus 2021 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Saran saya bos, anda ke kantor bank mandiri minta refund dana alasan salah nomer tujuan, pasti bank mandiri bisa balikin uang anda ??????

    • 22 Agustus 2021 - (10:10 WIB)
      Permalink

      saya sudah sempat telp pihak bank mandiri, sudah saya buat pengaduan dan akan diproses 1 sampai 7 x 24jam hari kerja. namun pihak bank pun tidak bisa menjamin bahwa uang saya bisa dikembalikan. dan ini sudah seminggu sejak saya buat aduan namun dana belum kembali. jadi mungkin dari pihak bank belum bisa bantu banyak disini kesimpulan saya mas

      • 23 Agustus 2021 - (12:51 WIB)
        Permalink

        Coba agan datang langsung ke kantor mandiri pasti akan mendapat solusi yg lebih meyakinkan ketimbang lewat telpon??????

  • 17 Agustus 2021 - (16:07 WIB)
    Permalink

    https://www.linkaja.id/faq#collapse23
    Disitu tertulis apakah linkaja memiliki masa aktif? Dijawab linkaja tidak memiliki masa aktif selama kartu dalam keadaan aktif ( tidak dalam masa tenggang atau hangus). Jadi kalau kartu sudah tidak aktif atau hangus sudah pasti akun linkaja nya juga sudah tidak aktif.

    • 22 Agustus 2021 - (10:15 WIB)
      Permalink

      maaf dipoint berapa menyatkan demikian ya mas? saya kok tidak menemukannya

      • 22 Agustus 2021 - (10:29 WIB)
        Permalink

        Point 24 tentang layanan linkaja. Cari aja di faq pelan2 pasti ada tentang masa aktif akun.

        • 22 Agustus 2021 - (10:35 WIB)
          Permalink

          oh iya benar ada keterangan demikian mas, harusnya akun LinkAja teman saya sudah hangus jika demikian, dan Top Up yg saya lakukan tidak berhasil atau gagal dan kembali lagi pada rekening mandiri saya

  • 17 Agustus 2021 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Coba datangi provider kartu teman anda dan coba minta surat yg menyatakan bahwa nomor tersebut sudah tidak aktif atau hangus dan serahkan ke linkaja. Tanyakan apakah nomor yg sudah tidak aktif atau hangus masih aktif akun linkajanya.

    • 17 Agustus 2021 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Percuma surat apa dia pengguna prabayar yg kena sial beli nomor baru yg pernah di pakai orang pihak provider hanya akan bilang mohon abaikan saja. Seperti itu.

    • 22 Agustus 2021 - (10:16 WIB)
      Permalink

      apa bisa membantu ya, boleh saya coba nanti, terima kasih banyak atas sarannya

  • 17 Agustus 2021 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Intinya anda beli nomor baru recycle bekas org yg bermasalah sama hutang anda sudah tidak bisa berbuat banyak kecuali anda ganti nomor karena data itu akan tercatat di sistem leasing dan akan menagih siapapun pemakai nomor itu lg. Provider juga gak bisa disalahkan dan dia berhak menjual kembali nomor hangus biasanya lebih dari 3 – 6 bulan di jual lg . Dah ganti nomor saja kecuali kalo kebal teror.

    • 22 Agustus 2021 - (10:17 WIB)
      Permalink

      mohon maaf yth mas arif, tolong dibaca untuk kasus saya ini sepertinya jauh dari yang mas arif terka

      • 22 Agustus 2021 - (18:32 WIB)
        Permalink

        Maaf saya salah tempat salah balas komen bukan cerita anda yg seharusnya saya jawab , HIHIHIHI , maaf ya. 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Salah Top Up LinkAja

oleh agung dibaca dalam: 1 menit
31