Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank BRI yang Tidak Pernah Saya Gunakan

Saya adalah pemilik kartu kredit Bank BRI yang tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut sama sekali. Pada bulan Juli 2021 muncul tagihan iuran tahunan sebesar Rp250.000. Untuk itu saya melakukan pelaporan ke Call Center BRI supaya iuran tahunan tersebut dihapuskan dan kartu kredit tersebut ditutup saja.

Namun oleh CS-nya saya tetap diharuskan membayar iuran tahunan tersebut sebagai syarat untuk melakukan penutupan kartu kredit. Kemudian saya mencoba via email ke tim CS Kartu Kredit Bank BRI dan mendapatkan jawaban yang sama.

Hal ini sangat memberatkan, karena saya tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut sama sekali. Mohon kerjasamanya agar masalah ini bisa segera selesai.

Tissa Feramitha
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BRI:
[Total:102    Rata-Rata: 4.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank BRI yang Tidak Pernah Saya Gunakan

  • 27 Agustus 2021 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Sudah tahu kartu kredit tidak digunakan, kenapa engga ditutup saja? Ketika iuran tahunan yang hanya 250k keluar, jadi ribet sendiri.

    Biaya telp BRI saja sudah mahal, karena menggunakan premium call. Ditambah lagi pake cape hati seperti ini.

    Mestinya ini masalah kecil sih, tapi TS nya gak pernah nutup kk-nya. Jadi ribet deh.

  • 27 Agustus 2021 - (14:24 WIB)
    Permalink

    CC mau dipake gk dipake kalo udah setuju apply kena biaya tahunan setahu sy kecuali emang ada promo bebas biaya tahunan.. Susahnya kalo gk dibayar kena bunga ber bunga kena 2.2%per bulan dr 250rb krn dianggap tagihan.. Coba pake BSI syariah ajaa kalo gk salah gk dipake gk ada biaya tahunan kalo dipake br ada biaya.

  • 27 Agustus 2021 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Sy ga tau ya kalau BRI, tp beberapa KK bank lain yg saya pakai itu tdk ada biaya apabila tidak diaktifkan. Jd ketika KK itu dikirim, dia dlm kondisi tdk aktif, sehingga utk menggunakannya kita harus aktifkan dlu sm minta PIN. Kalau sdh sampai di tahap mengaktifkan ya otomatis sdh ada biayanya admin kartunya dong Pak. Namanya biaya ya harus dibayar. 250K setahun menurut sy murh krn bulanannya kurg lebih 21rb. Saran sy bayar sj&tutup KK-nya kalau memang tdk akan digunakan, krn kalau ttp ngotot tdk dibayar Bpk rugi sendiri. Bunganya akan terus nambah&BI Checking Bpk jg bakal jelek. Mdh²an cpt selesai masalahnya

    • 29 Agustus 2021 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya di bayar dulu iurannya sebelum membesar kalau tidak di bayar kemudian minta di tutup.. karena akan berpengaruh BI cheking.. sekali melakukan dgn perbankan kita harus komitmen dgn semua syarat dan ketentuan yang di keluarkan pihak bank.

    • 30 Agustus 2021 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Kadang dari salesnya juga bang…. Dibilang gratis ga ada iuran seumur hidup…. Kalo dipake baru ada tagihan…

      Gw juga pernah ada pengalaman… Tau tau dapat sms tagihan 700rb, Dari 2cc

      Minta hapus syarat mesti transaksi dulu minimal 5juta… Telpon aja terus sampe dihapus.. jgn terjebak

  • 27 Agustus 2021 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Setau saya emang iuran tahunan itu wajib bagi kartu kredit, saya juga pake kartu kredit BRI
    Walaupun gak dipake tp klo udah di acc untuk kartu kreditnya ya pasti harus bayar iuran tahunan, itu kewajiban pengguna sih menurutku

    • 27 Agustus 2021 - (22:17 WIB)
      Permalink

      Jika gak minat untuk menggunakan kartu kredit, kenapa di apply? Buat koleksi atau penuh-penuhi dompet?

      Mengenai annual fee, semua bank penerbit kartu kredit membebankan iuran tahunan, walaupun ada yang free 1-2 tahun, selanjutnya mereka akan membebankan biaya tahunan. Iuran tahunan kartu kredit adalah sumber pendapatan bagi bank penerbit kartu kredit.

      Sebaiknya jika gak minat menggunakan kartu kredit, gak perlu di apply, buang-buang uang buat bayar iuran tahunan. Padahal, kartu kredit juga banyak manfaatnya, bagi yang tahu cara menggunakan kartu kredit dengan baik.

    • 30 Agustus 2021 - (06:53 WIB)
      Permalink

      Pake gak dipake,klau sudah diaktifkan ya harus bayar.Pada waktu KK datang sama Anda diaktifkan nggak?

  • 27 Agustus 2021 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Kalo niat ga dipake knp dulu mengajukan CC atau jika ditawarkan oleh marketing anda menyetujuinya dan anda jg mengaktifkan CC tsb alhasil CC anda tsb secara sistem sudah aktif dan pasti terkena biaya iuran tahunan. Bank manapun kalo CC sudah aktif pasti demikian.

  • 28 Agustus 2021 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Saya mau apply aja susah sekali di setujui, over aja bu kk bri nya? Asalkan limit nya lumayan gede, ( platinum)

  • 28 Agustus 2021 - (00:54 WIB)
    Permalink

    yg namanya iuran tahunan kartu kredit, mau dipake atau gak kartu kredit nya, ya tetap muncul dan dibayar. Klo gak dipake knapa apply Kartu Kredit.. sebaiknya konsekuen dg pilihannya

  • 28 Agustus 2021 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Mungkin anda baru punya CC kali ya? Pemilik CC ya sdh pasti ditagih annual fee. Mau kartunya dipakai atau kagak, kalau sdh diaktifkan ya ada annual feenya. Baca donk pas pengajuan CC. Kalau anda aktif pakai CC bisa minta free, kalau sperti ini boro2 dikasih free soalnya jarang digunakan. Jadi ya dibayar aja trus tutup. Tanggung jawab namanya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BRI?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Iuran Tahunan Kartu Kredit Bank BRI yang Tidak Pernah Saya Gunakan

oleh Tissa dibaca dalam: <1 menit
17