Sulitnya Meminta Hak Terkait Tarif Layanan IndiHome melalui CS

Saya pelanggan IndiHome dan pernah melayangkan komplain mengenai tarif yang diskriminatif. Kali ini sebelum menulis di Media Konsumen, saya berusaha meminta hak saya selaku konsumen. Dimana tarif seharusnya sama untuk jenis paket 2p, yaitu Rp272.126, tetapi untuk jenis layanan yang sama, adik saya (nomor pelanggan: 152407258807) malah membayar sebesar Rp346.500.

Ketika saya tanyakan ke CS Twitter, jawabannya dikarenakan ada add on. Ini sungguh sesuatu yang dipaksakan oleh IndiHome, dimana waktu penjualan tidak dijelaskan ada paket yang lebih murah. Seharusnya konsumen berhak untuk mengetahui akan membeli barang apa.

Mohon agar IndiHome fair dalam menjual layanannya dan juga agar segera mengubah harga untuk nomor IndiHome adik saya. Sebagai kutipan:

Hak pelayanan tanpa tindak diskriminasi

Perilaku diskriminatif terhadap konsumen merupakan salah satu bentuk pelanggaran atas hak konsumen. Pelayanan yang diberikan oleh produsen tidak boleh menunjukkan perbedaan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lainnya.

Bobby Handoyo
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:32    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Bobby Handoyo

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat keluhan pelanggan atas nama Bapak...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Sulitnya Meminta Hak Terkait Tarif Layanan IndiHome melalui CS

  • 3 September 2021 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Martabak dengan 2 telor dan 4 telor beda tdk harganya? Kalau harganya beda tapi anda anggap diskriminatif, mungkin anda perlu periksa ke dokter.

    Sama2 2p, yg satu internet + telepon, satunya internet + tv, ya jelas beda harganya. Coba screenshot juga indihome punya adik atau saudara anda itu.

    • 3 September 2021 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Kepada Hery Mulyanto Jangan sok 2 an pinter kalau aslinya tolol..sdh saya tulis paket sama 2P tentu saja saya komplain karena tau paket sama yaitu inet dan telp .. itu picture invoicenya tokopedia dimana pembayaran telkom indihome termasuk kategori internet dan tv kabel…

      • 3 September 2021 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Nah jelas kan? Punya anda 2P internet + telpon, punya adik anda juga 2P internet + tv, ya jelas beda tarifnya. Terus siapa nih yg tolol? Anda atau saya?

        • 3 September 2021 - (21:18 WIB)
          Permalink

          Hery2 jangan pelihara ketololan Anda.. sekali lagi paket sama 2P internet dan telp.. sdh saya tanyakan ke cs twitter..itu gambar invoice pembayaran saja bukan menjelaskan jenis paket indihome ..dimana pembayaran indihome di tokopedia baik internet only.. telp only atau mungkin tv only semua masuk ke kategori internet dan tv kabel

          • 3 September 2021 - (21:25 WIB)
            Permalink

            Tolol dipelihara 😀

          • 3 September 2021 - (21:28 WIB)
            Permalink

            @hery ya mohon jangan di pelihara tolol Mu..ini balasan terakhir saya ke Hery..belajar jd buzzer yg pinter .sdh salah analisa mengenai jenis paket….mbacot…

    • 5 September 2021 - (00:49 WIB)
      Permalink

      bobby HandoyoPenulis artikel
      3 September 2021 – (21:14 WIB
      Yang saya tahu.. Paket anda adalah paket promo waktu anda daftar sambungan.dan py anda adalah paket non promo. Py saya saja paket 2p 20mbps bayar 240ribu + ppn. Daftar langsung lewat lewat web beda dgn daftar disales. Ini yang sudah saya alami sendiri.

      • 5 September 2021 - (00:52 WIB)
        Permalink

        Maksud saya paket milik sodara anda mngkin paket non promo. Bisa dilihat pada aplikasi bonus nelepon. Jija 100 menit itu promo. Jika 300 menit bonus telepon itu non promo

        • 5 September 2021 - (20:50 WIB)
          Permalink

          Ya benar ternyata ada perbedaan paket setelah di jelaskan Cs indihome seperti yg anda jelaskan..tetapi permasalahan kenapa bisa sampe 345 bukan karena hal itu.tp kenakalan sales yg menjual produk yg tidak diinginkan calon pembeli.. dalam hal ini 346 tersebut karena biaya add on dan seharusnya pembeli berhak mendapakan informasi ada paket tanpa Addon seharga 275.000…tp saat saya mereply tulisan ini sdh di bantu untuk menghapus addon tersebut…

  • 3 September 2021 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Indihome dari dulu memang seperti itu paket yang sama di daerah yang sama bahkan tetangga sebelah saya harganya tidak sama. Apalagi pelanggan lama, dulu saya 20mbps 400.000 ketika harga 20mbps turun menjadi 275rb (harga saat ini) harga paket saya tidak ikut turun. Saya protes di plasa telkom, setelah itu baru disodori pilihan paket dengan harga baru yang tetap lebih mahal dengan alasan 275rb hanya untuk pelanggan baru. Aneh memang pelnggan lama baru dibeda2kan.

    2
    1
    • 3 September 2021 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Iya kak Yohanes..justru itu kita sebagai konsumen punya hak pelayanan yg sama..kalau komplain via cs indihome ga mungkin di layani… Saya minta hapus add on melalui cs ga dilayani selalu bilang ga bisa…akhirnya setelah menulis keluhan di mediakonsumen.. addon tersebut bisa di hapus..

  • 3 September 2021 - (21:03 WIB)
    Permalink

    @penulis, itu sdh bisa dipastikan buzzer telkom. Sabar aja kakak. Menurut saya memang mereka kurang baik dalam me-maintanance pelanggan lama. Tidak seperti masih jaman speedy. Saya pun menanyakan seputar FUP di twitter. Tetapi mereka tidak memberikan kejelasan. Memang sengaja ditutupi. Supaya tidak di komplain atau di petisi pelanggan. Iya khan @Heri Mulyanto? Sampai2 aplikasi myindihome pun diubahnya dengan menghilangkan batas quota.

    • 3 September 2021 - (21:11 WIB)
      Permalink

      @Fitech Kali ini yg saya komplain kan untuk id pelanggan Adik saya itu termasuk pelanggan baru..tp di haruskan berlanggan produk yg memakai addon ..padahal ada harga yg tanpa add on… Tetapi karena waktu mengurus hanya di beri opsi itu ya terpaksa di ambil.

  • 3 September 2021 - (21:10 WIB)
    Permalink

    @penulis. Di screenshot anda tertera yg 3xx ribu paket nya plus tv kabel alias useetv kakak. Memang lbh mahal dari yg paket telp tetapi memang ngga sampai segitu. Punya saya 286 ribu saja. Saya pakai yg inet plus useetv

    • 3 September 2021 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Bukan Kak itu hanya kategori pembayaran di tokopedia..tapi jenis paket adik saya sama dengan saya yaitu 2p internet dan telp.sdh saya tanyakan semua ke cs twitter jenisnya dan kenapa lebih mahal..ternyata karena addon tersebut..dan saat ini sdh ada cs indihome yg menghubungi dan bersedia menghapus addon tersebut sehingga tagihan berkurang 4x.xxx

  • 4 September 2021 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Indihome memang seperti ini, saya sendiri mengalaminya. Kebetulan saya bertanggung jawab untuk 3 akun Indihome (1 di rumah saya sendiri, 2 untuk di kantor). Ketiga akun itu saya yg mengurus mulai dari pemasangan sampai pembayaran tiap bulannya. Ketiganya sama paket 2P internet + telpon dan waktu pemasangannya bersamaan. Anehnya tarif ketiganya berbeda semua.

    Yg paket di rumah saya pernah membengkak sampai 400ribuan padahal tidak pernah dipakai telponnya. Setelah saya mencak-mencak ke Plastel, akhirnya tarifnya sekarang flat 345rb per bulan. Sedangkan yg 2 di kantor itu juga berbeda. Yg satu kena flat 380ribuan per bulan, yang satu kena 330ribuan perbulan. Anehnya paket/akun yg sering dipakai nelpon keluar justru yg paling murah bayarnya. Paling mahal kena sekitar 340ribuan per bulan. Sedangkan akun yg dipakai cuma untuk menerima panggilan masuk saja justru per bulan minimal kena 380ribuan. Aneh memang, padahal waktu dicek ke Plastel, tidak ada paket tambahan apapun di sana. Cuma pihak Plastel juga tidak bisa memberikan penjelasan kenapa tarifnya bisa beda. Mereka cuma menawarkan solusi untuk pasang paket baru, walau tarifnya tidak bisa semurah yg termurah itu (katanya khusus untuk pelanggan baru)

    • 5 September 2021 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Kalau dilihat dari pembayaran tokopedia kurang terlihat paket nya apa. Jadi agak susah membedakan paketnya.

      Dan memang ada paket promo untuk pemasangan baru, dan ada paket non promo. Paket non promo bisa dilihat di web indihome. Kalau mau paket promo, cari di akun akun instagram.

      Kalau mau pakai harga promo, matikan yg saat ini, dan daftar baru melalui paket promo.
      Namun paket promo ini biasanya FUP nya lebih rendah dibanding non promo

  • 9 September 2021 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Tagihan Indihome memang ruwet pak, dari kasus seperti bapak, atau kasus seperti saya dan lainnya di sini, tagihan telelpon tiba2 muncul walau tidak pernah dipakai dan hanya langganan 2p = internet + tv, ajaibnya setelah kabel dan perangkat dicabut sejak juni, tagihan masih muncul untuk pemakaian telepon di bulan juli-agustus.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Meminta Hak Terkait Tarif Layanan IndiHome melalui CS

oleh bobby Handoyo dibaca dalam: 1 menit
18