BIOAQUA Indonesia Official Shop di Shopee Tak Kunjung Mengirimkan Pesanan

Pada tanggal 9 September 2021, saya melakukan pembelian beberapa box BIOAQUA Masker EVO KN95 Disposable Face Mask di BIOAQUA Indonesia Official Shop di Shopee dengan nomor pesanan 210909T0T91WW0. Pembayaran juga sudah saya bayarkan pada tanggal yang sama dengan pembuatan pesanan.

Setelah order, saya terbiasa untuk follow up seller mengenai pembayaran yang sudah saya lakukan. Saya juga menanyakan kepada seller, kapan kira-kira update resi akan dilakukan di aplikasi. Admin BIOAQUA Indonesia Official Shop menjawab bahwa pesan saya akan segera diproses, namun karena pertanyaan saya belum terjawab, saya kembali menanyakan kapan kira-kira update resi akan dilakukan, lalu dijawab bahwa resi akan diupdate keesokan harinya.

Pada tanggal 10 September 2021, belum ada update resi yang dilakukan oleh BIOAQUA Indonesia Official Shop seperti yang sudah dijanjikan, saya masih positive thinking mungkin proses pengemasan dan pengiriman sedang overload karena lonjakan pembelian promo 9.9 di Shopee.

Dua hari telah berlalu, akhirnya di tanggal 11 September 2021 terdapat notifikasi di Shopee mengenai update pengiriman J&T Express reguler dengan nomor resi JP6175049574 atas pengiriman order saya, namun update tersebut berisi keterangan “Percobaan pickup gagal Paket sedang disiapkan”.

Saya akhirnya mengirim pesan ke BIOAQUA Indonesia Official Shop dan bertanya mengenai hal tersebut, adminpun menjawab bahwa barang saya masih diproses oleh pihak J&T. Hal tersebut mendorong saya untuk menghubungi J&T dengan nomor resi yang telah diinfokan BIOAQUA Indonesia Official Shop. Anehnya, pihak J&T mengkonfirmasi keluhan saya bahwa pihak J&T sudah mencoba pick up barang, namun seller menolak dengan alasan masih dipersiapkan.

Pada hari yang sama, saya juga melakukan keluhan ke pihak Shopee mengenai kejelasan pengiriman barang saya, ingin memastikan apakah barang saya memang belum dikirim karena pihak BIOAQUA yang belum mempersiapkan atau pihak J&T yang lalai. Sayapun terkaget dengan jawaban customer service pihak Shopee, ternyata barang masih dipersiapkan oleh BIOAQUA Indonesia Official Shop sehingga J&T belum bisa pick up barang. Berarti ini murni kesalahan BIOAQUA Indonesia Official Shop yang tidak kunjung mengemas dan mengirimkan barang saya, walaupun mereka sudah menginput resi J&T pada aplikasi.

Sayapun mengkonfirmasi hal ini dengan pihak BIOAQUA Indonesia Official Shop dan saya meminta kejelasan kapan dan jam berapa paket akan dikirimkan, namun tidak diindahkan dengan berbagai alasan dan kalimat ‘auto reply’.

Sampai di tanggal 13 September 2021, status pengiriman order saya di Shopee kembali diupdate namun dengan masih dengan keterangan “Percobaan pickup gagal Paket sedang disiapkan”. Percobaan pick up dilakukan J&T pada tanggal tersebut di jam 9:00 dan 19:00, berarti sudah dua kali dalam sehari J&T sudah dengan baik melakukan tugasnya untuk pick up order, namun barang tidak kunjung diberikan oleh BIOAQUA Indonesia Official Shop. Berarti dapat disimpulkan bahwa memang pihak BIOAQUA Indonesia Official Shop yang tidak memproses order saya dengan alasan yang tidak jelas. Sayapun akhirnya mengajukan pembatalan order di Shopee namun pengajuan tersebut ditolak BIOAQUA Indonesia Official Shop.

Hingga 5 hari setelah saya melakukan order di Shopee, masih tidak ada kejelasan dan niat baik dari BIOAQUA Indonesia Official Shop untuk mengirimkan order saya, sayangnya mereka malah menyalahkan pihak J&T yang padahal sudah jelas melakukan pick up berkali-kali namun ditolak seller.

Saya kembali komplain ke pihak Shopee dan meminta solusi dan bantuan, namun mereka hanya dapat menginfokan bahwa saya harus menunggu sampai tanggal 17 September 2021 untuk pembatalan otomatis.

Saya berharap agar pihak BIOAQUA Indonesia Official Shop dapat mengirimkan apa yang sudah seharusnya menjadi hak pembeli atau setidaknya memberi alasan mengapa dalam seminggu ini barang saya tidak kunjung dikirim. Mohon juga tanggapan dan solusi dari pihak Shopee, apakah akan ada mediasi yang bisa dilakukan terkait alasan bio tidak mengirimkan barang saya.

Saran saya, seharusnya untuk brand yang sudah terverifikasi Official Shop pada Shopee Mall dapat lebih profesional dan cekatan dalam pengiriman barang. Saya juga berharap tidak ada pihak lain yang dikecewakan atas pembelian barang di BIOAQUA Indonesia Official Shop.

Terima kasih.

Monique A
Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:12    Rata-Rata: 4.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “BIOAQUA Indonesia Official Shop di Shopee Tak Kunjung Mengirimkan Pesanan

    • 14 September 2021 - (22:05 WIB)
      Permalink

      Betul sekali. Sayangnya BIOAQUA Indonesia tidak memiliki toko offline, bahkan official Instagramnya pun tidak ada.

      4
      3
      • 14 September 2021 - (23:03 WIB)
        Permalink

        Pasti anda punya akun Shopee cuma sebagai Pembeli. Ya kan.

        Jika anda juga sebagai Penjual di Shopee, pasti anda akan paham, bahwa sebenarnya status Percobaan Pick Up dari J&T yang berkali kali itu tidaklah benar.

        Laporan percobaan pick up itu terkirim by sistem, bukan dilaporkan oleh kurir J&T. Laporan akan terlihat berkali kali tergantung dari jadwal jemput barang yang di seting kantor cabang J&T itu. Padahal belum tentu setiap Jadwal penjemputan memang ada kurir yang datang. Percobaan Pick Up yang gagal Itu hanya laporan by sistem saja.

        Ada kurir di hari kedua baru sempat jemput barang, dan dia minta maaf karena kewalahan banyak barang yang dijemput. Kenyataannya kurir hanya datang sekali saja, di hari kedua itu, tapi laporan Gagal Pick Up yang tampil di aplikasi bisa sampai 10 kali. Seolah olah kurir datang 10 x padahal hanya sekali saja.

        2
        12
        • 15 September 2021 - (20:33 WIB)
          Permalink

          Baperan kali loh KK ini, ni saya kasih tau
          Percobaan pickup gagal Paket sedang disiapkan”.itu artinya kurir JNT gagal untuk ambil paket ke penjual
          Banyak alesan bisa jadi karna stok nya abis
          Atau saat kurir datang barang nya blm di bungkus jadi blm sempat
          Kalaupun blm dikirim atau barang kosong ya udahla kan uang nya juga kembali. Atau beli lagi deh di toko lain

          1
          1
  • 14 September 2021 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Belanja online kok gak sabaran ya? Tenang aja, pesanan Anda pasti dikirim kok, jika pun seller gak kirim, uang Anda akan kembali. Anda berhasil membuat order berarti barang ready, soal kapan dikirim, ya mohon ditunggu aja, gak perlu chat-chot dengan seller.

    Jika anda belanja online produk luar negeri, waktunya akan lebih lama, bisa 2 minggu hingga satu bulan pesanan baru datang. Belanja online harus enjoy, sambil tiduran atau berleha-leha, tiba-tiba kurir datang ngantar pesanan. Enak bukan?

    5
    12
  • 15 September 2021 - (04:16 WIB)
    Permalink

    Bioaqua itu bukan produk original. Itu semacam produk OEM yang dipesan oleh pihak ketiga dan dibuat menyerupai barang asli di negara asal. Jadi tidak ada kantor atau pun toko official nya.

    4
    1
  • 15 September 2021 - (04:27 WIB)
    Permalink

    Bioaqua itu produk OEM bukan produk resmi. Jadi tidak akan ada perwakilan atau kantor resminya.

    3
    1
  • 15 September 2021 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Berarti anda itu termasuk tipe buyer rewel bin cerewet yg tidak diinginkan oleh seller manapun. Dah gitu aja.

    6
    10
  • 15 September 2021 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Ribet banget hidup anda. Sudah berapa kali belanja online? Gak terkirim? Tenang uang Anda kembali koq. Ngapain juga chat sana sini dan pake telp kurir. Kalau sudah batas waktu yg dilewati blm ada barangnya, pasti dibalikin koq duitnya.

    Hidup itu mestinya dibuat indah, jangan dibuat ribet.

    4
    10
  • 15 September 2021 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Sebenernya pembatalan otomatis di Shopee itu maksimal 10 hari, berarti jatuh tanggal 19. Di tanggal 17 nanti baru sekedar peringatan keterlambatan dari Shopee pada penjual bersangkutan.

    1
    1
  • 15 September 2021 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Kalau pesanan udah dibuat, ngapain sampai tanya ke kurir, komplain ke Shopee, chat dengan seller? Bikin ribet dan buang-buang waktu aja. Mending ditunggu sampai seller kirim paket, jika gak dikirim batal sesuai batas waktu dan uang di refund.

    Kayak gak sabaran gitu, pinggin pesanan segera datang. Jika pingin barang cepat diterima, beli offline aja, bayar dan bawa pulang barangnya. Pengalaman belanja online, diantara beberapa seller, ada juga seller yang gak cepat proses pesanan, tak tunggu aja sampai batas waktu batal otomatis, gak pake chat-chot segala.

    Seller yang gak segera proses dan kirim pesanan, lain kali gak beli lagi di seller itu, cari seller yang lain. Ngapain dibikin ribet!

    3
    5
      • 15 September 2021 - (21:45 WIB)
        Permalink

        Kakaknya beli pas promo 9.9 yaaa… itu emang harus sabar, karena yg pesan bukan kakak doang, tapi buanyuaaaaak bangeet. Jadi wajar kalau pengemasan lama. Telpon kurir juga gak perlu bolak balik, buang2 pulsa. Kalo dr tokonya bilang lagi disiapkan, yawda, sabar aja. Toh uang gak akan ilang, bisa balik kalo gagal kirim 🙂

        2
        2
  • 16 September 2021 - (00:22 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin kejadian mirip. Tapi posisi saya sebagai seller. Ekspedisi menggunakan Si Cepat, udh berkali-kali setiap saya request pick up, pasti pas sorenya status paket gagal di pick up karena barang belum siap, padahal saya di rumah dan sedang rebahan nunggu kurir. Bahkan sampe besok siangnya juga belum datang kurirnya. Akhirnya saya gak sabaran dan langsung antar ke drop point. Siklusnya selalu begitu. Saya enggak ngerti kenapa. Padahal kalau pesen barang sampe sampe aja.

    Dari kejadian tsb, mungkin si seller udah request pick up hanya saja belum benar benar di pick up seperti yang saya alami. Ditambah, seller enggak mau gerak untuk antar ke drop point. Jadi tambah lama. Skrng pun, saya sedang pesan masker di shopee, udah jalan 2 hari belum juga dikirim. Ini udh ke-2 kalinya saya beli masker di shopee dan dikirimnya lama. Padahal tokonya beda-beda. Intinya kalau belum status masih dikemas, tinggal nunggu tanggal aja.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

BIOAQUA Indonesia Official Shop di Shopee Tak Kunjung Mengirimkan Pesa…

oleh Monique A dibaca dalam: 3 menit
17