Kena Pembatasan Akun, Jualan di Shopee Malah Rugi

Saya penjual di Shopee, dengan ID: asika_64. Semenjak Jumat, 24 September 2021, akun saya dibatasi.


Menurut email dari Shopee, alasan pembatasan karena adanya aktivitas mencurigakan. Awal mula ada pembeli membeli barang terus dibatalkan dan membeli barang lagi dengan akun yang sama. Dari situ saya tidak memperhatikan, karena pada hari Jumat toko saya buka jam 13.30 setelah sholat Jumat.

Setelah toko saya buka, barulah saya lihat dan saya konfirmasi untuk pengiriman seketika itu akun saya langsung dibatasi.  Saya sudah mengajukan banding, tapi ditolak dengan alasan melanggar syarat dan layanan yang berlaku di Shopee.

Padahal saya benar benar melakukan pengiriman barang, tidak fiktif dan bisa saya pertangungjawabkan. Berikut bukti stok toko, foto sebelum pengiriman dan salinan struk

Padahal saya juga tidak tahu yang beli siapa dan tidak mengenal pembeli alamat juga beda kota.  Akun penjualan saya masih ada 3 transaksi tertunda dengan total Rp 2.885.000.

Mohon pihak Shopee lebih menerapkan sistem yang tepat. Kalau begini, otomatis semua yang melakukan pembayaran kartu kredit bisa terdampak. Kalaupun dibatalkan, kami kena penalti dari Shopee karena toko kami sudah star seller. Kalau ada penjualan 100/hari, kami juga kerepotan mengecek satu-satu melihat jenis pembayaran. Malah tidak bisa konsentrasi ke penjualan, karena terpecah melihat sistem pembayaran masing masing transaksi.

Asika Indriono
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:62    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Kena Pembatasan Akun, Jualan di Shopee Malah Rugi

  • 30 September 2021 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Alhamdulilah akun saya sdh di open sama shopee. Masukan dr shope mohon lbh mengontrol akun yang membayar dengan kartu kredit biar kita penjual tidak kena imbasnya. Trimakasih

    • 30 September 2021 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Bagaimana cara kontrolnya? Apakah kl ada yg beli pakai kartu kredit kita disuruh batalkan atau gmn?

      • 30 September 2021 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Iya minimal kita waspada kl ga gt kita akan kena imbasnya. Rata2 pakai kartu kredit sama tp beda akun. Atau tanyakan ke cs shopee

        • 1 Oktober 2021 - (07:36 WIB)
          Permalink

          Yg punya sistem kan Shopee, pasti Shopee lebih tau klw memang ada pembeli mencurigakan harusnya cut saat ceckout, jngn bebankan masalah sprti ini pada penjual
          Begitu penjual melayani pembeli ehh kena baned dngan alasan bla bla bla

          • 1 Oktober 2021 - (07:39 WIB)
            Permalink

            Saya juga salah satu seller yg jadi korban bar bar shopee

    • 30 September 2021 - (20:46 WIB)
      Permalink

      tidak logis jika penjual yang disuruh kontrol, dipesanan hanya tertulis pembeli membayar menggunakan kartu kredit/debit. tidak jelas kartu apa dan jenis apa. apa iya seller disuruh menolak semua orderan yang dibayar menggunakan kartu ? aneh memang….

      • 30 September 2021 - (20:50 WIB)
        Permalink

        Itu tandanya CS shopee ngasal aja cari2 alasan. Mungkin makin lama bakal redup kalau banyak masalah seperti ini.

        • 30 September 2021 - (20:54 WIB)
          Permalink

          di tokopedia tidak pernah akun seller yang diblokir, akun buyer yang biasanya langsung dibatalkan otomatis jika terdeteksi menggunakan kartu kredit/promo yang melanggar aturan. shopee perlu belajar ke tokopedia

          6
          1
          • 30 September 2021 - (22:22 WIB)
            Permalink

            Iya bener maksud saya sistem shopee hrsnya gt kmr pernah kejadian akun toped alamat sama langsung d blok alasan dikira 1 orang punya 2akun dan memanfaatkan casback toped, pdhl itu 1 keluarga, setelah chat cs toped srh kirim ktp selfi beres di open lg akunnya.

  • 30 September 2021 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Kok jadi begini ya ? Kalau memang pemakaian kartu kredit mencurigakan , mending shopee dari awal menghapus saja pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Saya juga seller di shopee jadi takut melihat bnyk kejadian seperti ini di media konsumen

    15
    • 30 September 2021 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Lah..piye. kalo memang akun buyer bermasalah, harusnya shopee dong yg bisa mengatur dan membatasi cara pbayaran pembeli. Masa penjual yg disuruh, seller mana tau buyernya pake kartu kredit apa, punya siapa. Serba salah dong, kalo gak diproses/dibatalkan, seller kena point pinalti, tapi kalo ngirim malah akunnya disuspend. Sebagai seller, tanggung jawab hanya sebatas mengemas pesanan dengan baik dan mengirimkannya, mana bertanggung jawab dengan cara buyer bayar🙄

      • 30 September 2021 - (18:59 WIB)
        Permalink

        percuma saja ngomong panjang lebar karena shopee lebih memihak buyer daripada seller..
        seller mah udah byk di shopee jadi meskipun di kurangin beberapa ga akan berpengaruh tapi kalo customerny yg di kurangin maj gawat tuh bagi shopee

        • 30 September 2021 - (19:29 WIB)
          Permalink

          Iya benar seharusnya shopee membatasi kartu kreditnya bukan per akunnya, jd per kartu kredit cm bisa di pakai pembelian 1x yang kasus kayak gini banyak termasuk seperti saya

  • 30 September 2021 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Susahnya kl trx banyak trs hrs cek 1 1 mode pembayarn blm lg ada pembatalan kalau di kira mencurigakan malah pusing, bkn mikir penjualan dan kasih promo pembeli malah kita bingung sendiri

    • 1 Oktober 2021 - (11:06 WIB)
      Permalink

      kak saya mengalami permasalahan yang sama dan saya ingin menulis surat juga di medkom tapi belum di muat, agar bisa di muat bagaimana ya kak caranya?

  • 1 Oktober 2021 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Jadi was was saya baru dua minggu buka lapak dagangan ada yg produk sendiri ada yg dropship

    • 1 Oktober 2021 - (13:54 WIB)
      Permalink

      Pokoknya yg pakai kartu kredit berulang2 dan alamat sama trs beda akun hrs waspada jd hrs cek pembayaran dan alamat masing2 pesanan agak ribet langkah amanya gt

      • 4 Oktober 2021 - (06:39 WIB)
        Permalink

        Andaikaita ktemu, terus seller harus ngapain ? langsung batalin order ? Konfirmasi dulu ke seller, interogasi dulu ? Klo shopee bisa membatasi akun seller karna hal ini berarti sistem deteksinya jalan khan, tapi kenapa akun seller yg dibatasi, kenapa bukan akun buyernya atau fokus ke order yg bermasalah yg dibatasi, biar buyer yg banding.

        Jadi intinya kita klo jualan di shopee, sebagai pemilik toko juga merangkap jadi analias resiko plus satpam. Punya usaha marketplace dgn jutaan user yg dikelola, kok masi primitif cara handle masalah ini, algoritma deteksinya buruk. Padahal jualan di shopee bukan gratis , kita juga bayar iuran.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Kena Pembatasan Akun, Jualan di Shopee Malah Rugi

oleh Asika Indriono dibaca dalam: 1 menit
19