Upaya Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Bisa Tahu Alamat Saya Secara Detail

Selamat siang,

Saya Irma. Saya menerima pesan spam yang mengganggu dan saya merasa data pribadi saya tidak aman. Pertama saya mendapat pesan whatsapp pada bulan Juni, yang mengatakan kalau saya mendapatkan hadiah uang dari Shopee. Setelah konfirmasi ke CS Shopee, saya dapat kesimpulan kalau ini penipuan.

Yang kedua saya mendapatkan pesan hari ini, dan ini yang paling mengganggu saya. Karena isi pesannya mencantumkan alamat lengkap pengiriman saya di akun Shopee. Bahkan sampai ke patokan jalan yang saya jelaskan di akun Shopee saya. Bagaimana ini bisa terjadi ? Apakah data pribadi saya bocor dan ada yang menyalahgunakannya?

Bagaimana saya bisa dengan tenang menggunakan aplikasi Shopee kedepannya ?

Terima kasih.

Irma Nadiroh
Cisauk, Kab. Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:154    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

62 komentar untuk “Upaya Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Bisa Tahu Alamat Saya Secara Detail

    • 29 Oktober 2021 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Berupa apa tindak lanjutnya? Biar kita2 ini juga bisa belajar, langkah apa yang mesti dilakukakan apabila terjadi di diri kita.

      6
      2
      • 29 Oktober 2021 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Sebelum menulis di mediakonsumen saya udah sempat komplain via Email , tapi tidak puas dengan jawaban dari Cs-nya. Setelah menulis disini ditelpon Cs dan diberitahu kalau akun saya akan dibatasi. Tidak bisa digunakan untuk jangka waktu tertentu, karna akan dilakukan pengecekan. Itu aja sih tindak lanjutnya.

        1
        5
        • 30 Oktober 2021 - (20:00 WIB)
          Permalink

          Menurut saya pribadi..ada kemungkinan bocor di kurirnya juga..secara alamat lengkap sma nomor hp jelas banget dipaket ..pernah juga di sms dr pihak shoppe bilang dpet hadiah undian..auto tak laporin nomor hp nya ke aduan ppi via twitter

      • 30 Oktober 2021 - (00:21 WIB)
        Permalink

        mbak, aku mh sering dpt kayak gitu, apalagi sering beli online dimana saja, gak mungkin rahasia alamat dll.. punya qt bisa disembunyiin, lama² jg pasti dimanfaatin orang lain… tp krna udh biasa mana penipuan mana bukan yg udh ganti isengin aja hhhhh..

        3
        1
      • 30 Oktober 2021 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Saya tahu masalahnya, kakak klo habis dapat paket. Pembungkus paket yg ada nama, alamat no hp, barcode dll jgn d buang sembarangan. Jadi d manfaatkan penipu. Bkn data data kakak yg bocor, kakak yg ceroboh. Makanya shopee ga mau tau

        17
        2
        • 30 Oktober 2021 - (18:23 WIB)
          Permalink

          Nah ini juga salah satu sebabnya.
          Ada yg ceroboh, terus Di bilang di hack.
          Install aplikasi yg illega,asal klik link.
          Sy juga punya beragam app belanja online, sukur gak ada masalah.

        • 30 Oktober 2021 - (21:47 WIB)
          Permalink

          Ada akun yg memang diam2 memperjual belikan database sprti itu. Kalo beberapa waktu lalu biasanya di buat utk paket fiktif cod utk menaikkan rating toko.
          Sy juga punya toko di shopee, disitu ada database lengkap sekali, mulai dari nama, alamat, no tlp, nama akun juga. Kalo org nakal pasti data2 sprti itu akan diperjual belikan.
          CMIIW.

          • 30 Oktober 2021 - (21:48 WIB)
            Permalink

            Database pembeli maksud sy

      • 30 Oktober 2021 - (13:53 WIB)
        Permalink

        Sama baru2 ini saya jg di telepon mengatasnamakan pihak shopee bahwa saya dapat hadiah. Dia juga tau nama lengkap saya. Saya disuruh isi shopepay begitu saya bilang tdk ada uang tlp langsung diputus

      • 31 Oktober 2021 - (07:32 WIB)
        Permalink

        Data detil seperti itu paling mudah didapatkan penipu dari sticker LABEL yang masih utuh pada kotak/bungkusan paket yang dibuang ke sampah – jadi wajib disiplin merusak label data penerima paket kiriman yang telah diterima sehingga tidak jatuh ke tangan para penipu.

    • 30 Oktober 2021 - (06:32 WIB)
      Permalink

      Ganti sandi, biasanya akun bisa dijebol karena sdh kena hack. Kalo diganti sandi kedepannya penipu tdk bisa buka akun lagi.

    • 30 Oktober 2021 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Bukannya aku membela shopee, tapi belum tentu dari shopee si penipu tau alamat detail korban, bisa jadi dari ekspedisi, karena pihak ekspedisi juga tau alamat detail korban dan produk apa yang sering dibeli.

    • 30 Oktober 2021 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Saran klo biasa beli barang di marketplace akunnya dengan no hp pribadi di pisah.., saya dari dulu biasa no hp yg di daftarin pakai kartu khusus.., itu kartu di aktifkan cuman pas belanja saat kurir ekspedisi mau antar barang., klo dah sampai matin lagi.., jadi aman gak bakal ada yg nelpon 😁

      1
      1
      • 31 Oktober 2021 - (16:23 WIB)
        Permalink

        Intinya saja, kalau tidak merasa ikut undian ya tidak akan dapat hadiah.
        Kebetulan ada teman dari grup shopee memang ikutan goyang shopee pas event dan dapat mobil, dihubungi langsung dari shopee & dapat notifikasi juga kalau menang
        Hadiah pun lama datangnya, karena beruntung dapat yaris GR (indent) kalau tidak salah.

    • 31 Oktober 2021 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Hati2 belanja di Shoope ,kalau bisa di hindari krn Shoope tdk melakukan data dgn baik kpd para penjual online yg ada di shoope,banyak para penipu ada didalamnya,utk kasus diatas anak saya kmrn ketipu 13.5juta,kronologisnya krn saat pesan sepeda MTB seharga 13.5jt kemudian dlm waktu 3jam di hubungi via WA bhw utk pengiriman lewat JNE tdk bs,apakah anda akan mengirim lewat pengirim lain,anak saya jawab;boleh kirim lewat jasa kirim lain,saat itu uang yg anak saya bayarkan ke Shoope pindah ke REK Bank a/n:irmayanti dan tiba2 pesanan di aplikasi shoope menjadi cancel,saat kita komplain ke shoope mereka jawab harusnya tdk di jawab dan pihak shoope tdk mau memberikan alamat rekening bank yg digunakan utk memindahkan uang anak saya tersebut pdhl kita sdh membawa laporan dari kepolisian dgn lengkap,seandainya pihak shoope mau bekerja sama akan sangat mudah kami melacak penipu tersebut,mereka tau alamat kita lengkap krn yg jual itu yg melakukan penipuan.

    • 31 Oktober 2021 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Setau saya tiap pagi paket2 orang tuh di beber di pinggir jalan untuk mereka sortir gitu kemana dulu jalannya kali… seperti itu. Pada saat di beber, saya yakin siapa saja bisa foto alamat lengkap, nama, dan hp kita. Karena saya juga sama dapat banyak spam walau tiap kali sebelum buang bungkus paket pasti saya gunting kecil2 alamat dan nomer telepon. Kalo saya langsung di blok + laporin saja tuh nomernya. Ga ada gunanya dibales.

    • 30 Oktober 2021 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Kalo data alamat lengkap mah kalo beli di Shopee atau di E-commerce lain semua seller serta jasa kirim bukannya juga tahu ya alamat lengkap kita persis yang ditulis di marketplace??

      Kan di kemasan paketnya juga ada, ada nama, nomor telepon sama alamat lengkap kita, udah dioper ke berapa orang tuh 🙏😁

      17
      1
      • 30 Oktober 2021 - (06:36 WIB)
        Permalink

        Pihak lain akan tahu detail identitas saat kita terkoneksi transaksi. Jika blm transaksi mereka blm tahu alamat lengkap kita. Saat klik bayar, maka penjual baru tahu detail pembeli. Jadi kalo tahu duluan, berarti akun sdh ter hack. Itu menurut saya.

    • 31 Oktober 2021 - (07:42 WIB)
      Permalink

      Data bocor atau krn yg melakukan penipuan itu yg jualan itu sendiri,mereka memasang jebakan toko online di Shoope….Shoope sangat banyak para konsumen terjebak dgn aplikasi di toko online ini…..dan anehnya pihak shoope dg sangat cepat memindahkan uang yg mereka terima dr konsumen kpd pihak penipu..tidak lbh dari 24jam

  • 29 Oktober 2021 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Kenapa ya upaya2 penipuan dengan modus kayak gini selalu di shopee? Saya udah baca ratusan halaman media konsumen, kayaknya belum nemu upaya penipuan kayak gini mengatasnamakan tokopedia atau e-commerce lain (koreksi kalo salah). Sebelumnya banyak yg komen, mungkin dapet data2 nya dari paketan yang ngga dihancurin. Tapi kalo kayak gitu, harusnya ngga cuma data2 shopee aja dong yah yang dipunya sama penipu?
    Saya saking ngerinya baca penipuan ttg shopee disini, saya delete akun shopee saya.
    Harusnya shopee berbenah dengan banyaknya upaya2 penipuan mengatasnamakan shopee. Karna keliatannya ngga ada follow up untuk memperbaiki sumber masalahnya, atau at least mencegah penipuan bisa berhasil gitu. Follow up nya saya lihat cuma membungkam korban aja dengan kasih2 voucher. Tapi mencegah kan lebih baik dari mengobati. Shopee toh juga rugi dengan ngasih2 voucher gitu. Atau ngga? Hmm🤔
    Jadi kepanjangan komennya.

    16
    11
    • 29 Oktober 2021 - (21:18 WIB)
      Permalink

      Saya juga sempet mikir ini bisa aja ada kurir yang “nakal” . Tapi saya jadi agak ga yakin kalau ini tuh ada kurir nakal. Karna alamat tersebut adalah alamat lama saya. Udah 10 bulan saya pindah.

      3
      3
      • 29 Oktober 2021 - (21:32 WIB)
        Permalink

        Saya rasa memang shopee sudah kurang aman. Kalo barang2 kebutuhan yang biasa dibeli ada di e-commerce lain, mending tutup aja akunnya dan shopping di tempat lain.
        Saya aktif pakai salah satu e-commerce (selain shopee) dari dulu ampe sekarang, alhamdulillah ngga pernah ada upaya penipuan ke saya.

        6
        7
        • 30 Oktober 2021 - (09:54 WIB)
          Permalink

          Kalau saya pakai si hijau aja.cc semua aman,kalau ada sms atau wa dari nomor tidak dikenal langsung hapus dan blokir

          2
          1
          • 30 Oktober 2021 - (20:34 WIB)
            Permalink

            Shopee hanya terdiam saja 🤗🤗🤗☺☺ lets kick out shopee dari Indonesia … masih ada saja di shopee penjual dari luar negeri … e commerce apa yang aman dan nyaman … kagak ada !!!!

      • 29 Oktober 2021 - (21:33 WIB)
        Permalink

        Karena kalo tokpedia dulu ga gak ada paylater nya ..mereka mengincar Shpaylater sama spinjamnya

        5
        1
        • 29 Oktober 2021 - (21:37 WIB)
          Permalink

          Ini yg masuk akal.. Celah penipuannya disini nich.. Kalo akunnya bs diambil alih bs dimanfaatkan spaylater spinjam. Banyak case diimingi2 2 jt akibatnya malah kena bayar bulanan lebih dr itu..

          5
          1
        • 30 Oktober 2021 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Menurut ku ini hal yg biasa ya, tinggal di blokir selesai gak usah juga ke MK terlalu berlebihan sih

          4
          2
          • 30 Oktober 2021 - (11:18 WIB)
            Permalink

            Iya..lebay amat.. konsekuensi belanja online ya gitu.. sudah pasti alamat n no hp diketahui orang.. tinggal di blokir aja..
            Kecuali kalau emang kemakan rayuan dapat ini dapat itu.. ya salah sendiri…

            3
            1
    • 29 Oktober 2021 - (22:40 WIB)
      Permalink

      Mba nya kudet. Dulu data Tokopedia juga bocor. Bukan cuman satu orang tapi banyak orang. Termasuk kk saya juga ikut jadi korbannya. Dan malah booming sampe di liput media. Namanya main dunia digital, data diri diretas itu resikonya. Gak terbatas satu app ajah.

      11
      2
      • 30 Oktober 2021 - (00:45 WIB)
        Permalink

        Dan saya tanya kembali…adahkah user Tokopedia yg sampe Post di MK karena kebocoran data mereka dan di hubungi penipu yg mencoba membobol akun mereka?pasti sangat jarang.Karena Tokopedia dulu ga ada Paylater nya..jadi tukang tipu juga males..ngapain bela belain nipu minta otp kalo ga ada yg di jarah….kalo shopee jelas ada spaylater sama spinjam dan saya sering baca dan yg anehnya bisa cair ke rekening beda nama

        11
    • 30 Oktober 2021 - (04:56 WIB)
      Permalink

      Karena shopee punya paylater, sehingga penipunya bisa membobol dana paylater yang nominalnya jutaan rupiah hanya dengan mengakses akun korbannya. Selain itu, mayoritas pengguna shopee adalah wanita, sehingga lebih mudah terjebak oleh penipuan

      • 30 Oktober 2021 - (06:12 WIB)
        Permalink

        ya emak2 emang payah, selalu bikin masalah, hobi shoping ngabisin duit, suka ngutang, dah gitu naik metik sein kiri belok kanan. hadeeh segitu parahnya kok bisaaaa 🤣

        5
        7
    • 30 Oktober 2021 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Makin banyak voucher, makin banyak yg memakai, makin banyak transaksi, makin jauh dari saingan competitor karena user shopee yg makin banyak, yang pada hasilnya makin tinggi nilai saham shopee

  • 29 Oktober 2021 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Berarti penipunya orang2 internal Shopee.. Yg tahu semua data data anda. Mustahil Kalau pihak luar bisa tahu dan tidak mungkin. E-commerce… E-wallet dll di negara +62 ini sudah tidak dapat dipercaya.

    6
    3
    • 30 Oktober 2021 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Kalo data alamat lengkap mah kalo beli di Shopee atau di E-commerce lain semua seller serta jasa kirim bukannya juga tahu ya alamat lengkap kita persis yang ditulis di marketplace??

      Kan di kemasan paketnya juga ada, ada nama, nomor telepon sama alamat lengkapnya 🙏😁

      2
      1
    • 30 Oktober 2021 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Ada banyak cara untuk bisa mengetahui password marketplace. Ditambah lagi sudah banyak password yang berhasil dibongkar dan disebar di dunia maya. Makanya kita harus mengaktifkan autentifikasi dua arah dan membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet.

  • 29 Oktober 2021 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Shope yg dulu n shope yg sekarang jauh brbeda. Banyak akun Abal” yg yg menawarkan beli flower/ pengikut DLL. Jika ada yg melakukan hal ini otomatis suatu saat akan ada masala. Sy dah pernah melaporkan hal ini namun CS tenang” az.

  • 30 Oktober 2021 - (00:00 WIB)
    Permalink

    apa setiap barang yang sudah kamu unboxing bungkusnya kamu buang gitu aja.kan disitu jelas tertulis alamat kamu sesuai yang kamu tulis di akun shoope kamu…

  • 30 Oktober 2021 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Uang transferan hasil pinjaman nyangkut di rekening BRI simfedes yg untuk bantuan bpum/UMKM dr tgl 14 september.2021 sebesar 24.00000,atas nama rostiani,tgl lahir,24 april.1989,di urusin sampe 2 Minggu,di BRI unit Bitung,unit Cikupa,cabang belahraja,sampe ke dinas koprasi mikro UMKM di tiga raksa kab.tangerang,coba saya minta solusi dari Kemensos/ibu Risma nya yg mewakili suara rakyat Indonesia.

  • 30 Oktober 2021 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Pertama-tama, pastikan password semua akunmu di internet berbeda-beda. Jangan pakai password yang sama untuk semua akun, karena ini akan membuat penipu dapat mengakses akun kita dengan mudah. Jika ada salah satu akun terbongkar passworodnya, akun yang lain langsung bisa dibuka juga. Jangan sepelekan hal ini, karena saat ini sudah banyak password yang disebar di dunia maya.

  • 30 Oktober 2021 - (05:33 WIB)
    Permalink

    Kalo data alamat lengkap mah kalo beli di Shopee atau di E-commerce lain semua seller serta jasa kirim bukannya juga tahu ya alamat lengkap kita persis yang ditulis di marketplace??

    Kan di kemasan paketnya juga ada, ada nama, nomor telepon sama alamat lengkapnya 🙏😁

    2
    1
  • 30 Oktober 2021 - (05:39 WIB)
    Permalink

    Saya jg kemarin malam dapat telpon di whatsapp saya sekitar jam 23:33 mlm dan mengatasnamakan shopee juga.dia tau semua detail data data saya dan katanya ada undian penukaran koin senilai 2jt tp saya tidak hiraukan karna saya tau kalau itu modus pembobolan akun.karna dia meminta otp saya yg msuk ke hp.untung aja saya dpt notifikasi pemberitahuan dari pihak shopee kalau ada yg mencoba mengakses akun shopee saya.
    Tetaplah waspada teman”

    • 30 Oktober 2021 - (06:45 WIB)
      Permalink

      👍. Berarti shoope sistem masih aman, yg gak aman adalah akun pengguna krn blm paham metodenya dan sandi akun sdh terdeteksi hacker.

  • 30 Oktober 2021 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Tidak ada database akun kita yg tersimpan di server entah di e commerce, email, icloud itu bakal aman di dunia ini guys!! Ingat gak bakal bisa aman. Data kita banyak dijual di dark web. Mungkin kita harus sering2lah ganti password dan jangan tergiur dapat info hadiah. Jaman sekarang sangat jarang ada undian. Kalaupun menang beneran blm tentu dihubungi by phone

  • 30 Oktober 2021 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Ada kemungkinan sipenipu lihat dari photo review barang yang anda terima. Itu sebabnya kenapa ketika saya mengirim photo untuk review selalu saya blur/tutupi dengan barang serta nama pengguna saya sembunyikan. Video unboxing saya kirimkan kepenjual apabila ada kesalahan/kekurangan barang. Itupun apabila sipenjual memintanya.

  • 30 Oktober 2021 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Dah lama sejak belanja di shopee, via pembayaran shopeepay ataupun spaylater.. puji Tuhan sih aman2 aja ampe skrg..
    Kemaren2 emang sempet ada pihak dr shopee, atau lbh tepatnya seabank, menghubungi ane.. katanya sih pgn ngobrol2 aja gt, ya udah ane iya-in.. dan nyatanya, emang bener dr pihak sana, ampe kasih voucher belanja pula.. :’)

  • 30 Oktober 2021 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Maaf jika sy salah, apakah anda memotong/menyobek dulu alamat yang ada di kemasan paket sebelum dibuang? Kalau tidak, bisa jadi penipu tersebut menemukan kemasan paket anda yang sudah anda buang tersebut dan mendapat alamat lengkap anda.

  • 30 Oktober 2021 - (09:05 WIB)
    Permalink

    no hp sama alamat rumah bukan rahasia kok…itu harus dicantumkan…! hanya kita hati2 terhadap oknum2 yg memanfaatkan ..kelengehan kita..klau rahasia itu otp…nnti pasti mereka minta no otp..dan mencoba mengambil alih akun kita…!!

  • 30 Oktober 2021 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Mungkin label pengiriman di paket ybs terima tidak disobek dulu, belakangan memang label pengiriman di bekas packing sering disalah gunakan. Banyak yang mau ngorek” tempat sampah demi informasi pribadi orang lain. Saran aja, lain kali label pengirimah disobek” dulu, atau dibakar juga bisa kalo mau, wkwk.

  • 30 Oktober 2021 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Kalau data shopee jebol, pastinya sudah ada yg menawarkan di forum2 hacker, seperti data toped, bpjs dll.

    Kemungkinan ya dari resi dibuang atau resi yg dikumpulkan oleh kurir. Kemungkinan kedua data sicepat yg bocor, semua paket yg dikirim dgn sicepat, pada saat input itu semua difoto, nama, alamay, dimensi dll.

  • 30 Oktober 2021 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Ibu suka buang penking bungkusan shopee ibu sebarangnya, hati hati bu kadang kadang penipu suka ambil sampah bekas peking/ bungkusan belanja shopee ibu dari situ n dari situ penipu biasa tahu alamat n no hp ibu
    Kalau kata sy bu kalau buang bungkusan paking shopee, kertas alamat pengiriman n no hpnya lebih baik di bakar. Kalau sudah dapat sms/wa dr penipu lebih baik laporkan ke komimfo

  • 30 Oktober 2021 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Itu data ada nilai jualnya dan ada peminatnya jadi gk usah heran…apalagi app covid yang bisa tau kmn saja kita pergi apakah anda yakin data tersebut aman? Tinggal kita menyikapinya saja jgn terlalu baper jadi kita msh bisa berpikir jernih bila kita mendapat sms/wa seperti itu

  • 30 Oktober 2021 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah di telpon sama orang yang mengaku dari pihak shopee,saya ladeni trus tlpnannya sampai sipenelpon meminta saya ambil pulpen,krn saya merasa curiga itu suatu trik penipuan,makanya saya potong pembicaraan sipenelpon terus telponnya ditutup sama sipenelpon
    Bahkan saya sempat telpon balik,tp kgk aktif(mungkin hp nya sipenelpon dimatiin)

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 62 komentar sampai saat ini..

Upaya Penipuan Mengatasnamakan Shopee, Bisa Tahu Alamat Saya Secara De…

oleh Irma dibaca dalam: <1 menit
62