Traveloka PayLater Bisa Digunakan Belanja di Marketplace; Hati-hati Jika Pesanan Dibatalkan, Tetap Ada Tagihan!

Traveloka PayLater saat ini punya fitur baru bernama virtual number, yang bisa digunakan untuk berbelanja di e-commerce dan marketplace. Sebelumnya saya belanja di Shopee, tapi 10 menit setelah checkout, saya membatalkan pesanan karena saya salah input alamat. Pesanan saya batal dan saya pesan ulang.

Namun Traveloka “menipu” saya. Saya pakai limit untuk berbelanja senilai Rp418 ribu, tapi yang dikembalikan hanya Rp89 ribu, dengan alasan biaya asuransi dan pengiriman. Padahal pesanan tersebut belum dilakukan pengiriman dan masih dikemas. Traveloka “mencuri” uang customer-nya senilai Rp320 ribu.

Hati-hati untuk menggunakan fitur baru Traveloka. Saya tak akan bayar tagihannya, karena pesanan tersebut murni batal. Saya kecewa saya dengan Traveloka, potongan fee pembatalan pesanan kok sampai 80%? Itu bukan potongan namanya, tapi “pencurian”.

Zulfadri
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Total:23    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Traveloka PayLater Bisa Digunakan Belanja di Marketplace; Hati-hati Jika Pesanan Dibatalkan, Tetap Ada Tagihan!

  • 20 November 2021 - (12:00 WIB)
    Permalink

    sebenarnya kalau hanya ubah alamat tidak perlu dicancel. bisa kok kak. jadi setelah bayar masuk aja ke bagian dikemas. nanti ada tulisan ubah alamat kalau kakak klik barang yg sudah dikemas tadi.

  • 20 November 2021 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Emang mbak, saya aja kaget pasa dapat emailnya, di chat smpe skrg nggak dblas blas

  • 20 November 2021 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya juga sudah pernah ada yg tulis di MK pakai Traveloka paylater pesanan dibatalkan pembeli karena berbah pikiran tapi tetap harus bayar bunganya karena s&k nya begitu. Akhirnya bunga dihapuskan setelah tulis di MK.

    • 23 November 2021 - (12:22 WIB)
      Permalink

      Sedang saya alami nih…caranya gimana ya spya bisa menghapus tagihan

      Pada tanggal 12 nov 2021 ,dengan ID 214 3124 9 melakukan pembelian diLazada menggunakan Vurtual Account Traveloka (sistem pembayaran seperti Kartu kredit) sebesar Rp.2.780.000 dan muncul tagihan traveloka Rp.3.310.424
      Dan pada hari itupun pihak lazada membatalkan pesanan dengan alasan penjual barang habis,dan pihak lazada mengembalikan /merefund uang ke pihak traveloka sebesar Rp.2.780.000

      Dan masalahnya saya selaku pembeli harus tetap membayarkan bunga dari pembelian barang yang tdibatalkan pihak lazada,yaitu sebesar Rp.530.424 (3.310.424 dikurangi 2.780.000)
      Padahal saya tidak pernah menerima barang tersebut karena dibatalkan oleh pihak seller dari Lazada

      Tidak mungkin saya membayar bunga untuk barang yang tidak saya pakai/gunakan manfaatnya
      Dan saya merasa dirugikan harus membayar bunga untuk barang yang tidak saya pakain manfaatnya.

  • 20 November 2021 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Saat ini perlindungan konsumen terhadap paylater masih rendah. Banyak peraturan yang diterapkan paylater yang sangat merugikan pelanggan. Pelanggan harus banyak bersuara agar sistem merugikan itu bisa dirubah.

    2
    1
  • 21 November 2021 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya menggunakan virtual paylatter traveloka di JD.ID yg pesanan ya dibatalkan. kita harus tetap membayar tagihan traveloka paylatter meski pesanan sudah dibatalkan, setelah membayar tagihan cs traveloka akan menghubungi kita via email untuk minta no rekening buat refund dana yang sudah dibayarkan.

  • 21 November 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Kalo kek gtu, mending pas email yg dikirimin di awal di jelaskan terlebih dahulu secara rinci proses pengembaliannya bagaimana jafi customer nggak shock mbak..tapi saya hari ini sudah dihubungi oleh pihak travelokanya dan kekurangan dana tersebut akan dikembalikan ke limit saya, karena travelokanya berdalih kalo ada lesalahan sistem

  • 21 November 2021 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Kewajiban pengguna paylater ya membayar apapun itu kecuali sudah ada investigasi dr penyedia paylater

  • 22 November 2021 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Ini kayaknya penulis GOVLOK. Mana ada biaya 80 persen? Itu yg baru keproses refund yg 89.900 untuk pesanan JOJU COLAGEN. Yang ADLEEVA BY ADEEVA belum keproses refund nya.

    sumbu pendek ini penulis. Ada dikit masalah langsung meledak ledak. Akhir nya ambil kesimpulan biaya 80 persen. Hadeeeh… otak WNI kayak gini nih rata2.

    salam SUMBU PENDEK

    • 22 November 2021 - (13:16 WIB)
      Permalink

      Eh knp lu yg ngegas..smpe mulut kotor kau berucap..pihak traveloka sudah email ke gw kalo emang ada keslahan sistem dari mereka dan slah kirim email..lu kalo nggak tqu mulut busuk jangan ikut campur… sok berasa benar..tapi lu jya GOBL0K juga..gw meledak ledak krn gw nuntut keadilan..nah lu meledak ledak buat apa cuy..untung rugi kagak ada sma lu tpi mulut kotor lu dan tangan jahanam kau udah ngegas org..itu 2 produk stu pesanan masa iya direfund 1 produk doang..nggak tau initinya jgan ngebcot mulut tai lu tu

      • 22 November 2021 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Tuh kan terbukti SUMBU PENDEK.

        lu nulis: “Saya kecewa saya dengan Traveloka, potongan fee pembatalan pesanan kok sampai 80%? Itu bukan potongan namanya, tapi “pencurian”

        Maksud lu apa BLOK? berarti lu kan gak pakai otak makanya gak tau kalau 1 transaksi belum keproses refund, trus lu bilang pencurian. Emang lu nulis kalau traveloka salah kirim email? Kagak ada kan?

        Lu jelasin traveloka salah kirim email setelah gw ngatain lu GOVLOK. kalo gw gak ngatain lu, mana tau pembaca klo traveloka salah kirim email.

        Panjangin sumbu lu, jangan malah bikin pendek sumbu lu.

        • 22 November 2021 - (13:52 WIB)
          Permalink

          Ok deh yang sumbunya panjang..sini email lu biar gw krimin screenshot email dari travelokanya..traveloka email gw krna udah di up di media konsumen makanya refund dana gw udah diproses 100 % wqlau gw hrus byar bunganya snilai 14 rbu..lu yg otaknya super panjang kok mulutnya kotor..maknya otak harus ballance dengan attitude..sok pintar tpi gobl0k..hmmm urusan gw sma traveloka kelar krena media konsumen..tpi muncul orang yg bersumbu panjang merasa paling pintar..hmmm

    • 22 November 2021 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Keknya mas yg sumbunya pendek deh.. masnya yg govlok deh..mas nggak paca dengan seksama isi tulisannya dan screenshotnya, dah jelas jelas email yg dikirimin menyatakan total belanja dan total refund, kalo seandainya pengembalian per produk dirinci dong, agar customernya paham jgan bilang alasan pemotongan pengembalian dana..Makanya mas sblum ngebcot baca dengan teliti dulu..klo gini kan malu, ngatain irang govlok tapi masnya yang keliatan goblok..satu lagi kurang kurangi berkata kasar mas..untung kagak ama simas malah dosa bertambah..rugi kamu mas klo punya mulut kotor kek gtu..wkwkkwk

      • 22 November 2021 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Bner bnget mbak, keknya dia yg perlu ngaca, begitulah kalo orang ****** berasa pintar mbak asal ngegas tanpa paham dan liat bukti lampirannya. Mungkin dia CS Travelokanya yg salah ngirim email mbak, jd nggak terima dia..

      • 22 November 2021 - (13:37 WIB)
        Permalink

        Kalo gw GOBL0K, tolong donk jelasin maksud penulis nulis ini:

        “Saya kecewa saya dengan Traveloka, potongan fee pembatalan pesanan kok sampai 80%? Itu bukan potongan namanya, tapi “pencurian”

        berarti kan penulis udah menuduh traveloka nyolong.

        ah kakak cantik cantik tapi sama aja GAK punya OTAK

        • 22 November 2021 - (13:44 WIB)
          Permalink

          Keknya otak mas nggak bisa mencerna judulnya…wkwkwkwkk
          Dia complain krna dapat email bahwasnya dari 418 rb yg diterima refund ke limitnya cuma 89 rb..dan yg nggak balik 329 rb, kalo di persenin hmpir 80% duitnya nggak balik..di email itu dah dibilang jumlah transaksi 418 rb sedangkan jumlah refund 89 rbu..ya shock lah si penerima email..pesanan nggak dikirim tpi dah byar tgjhan 329 rb..dan sesuai kata penulis itu pesanan dibayar untuk 1 nmor pesanan dengan 2 produk bukan untuk 2 nmor pesanan, knp pas email refundnya di kirim knp nggak dirinci per produk malah dibilang jumlah refund daru jumlah transaksi..makanya mas jg suka hina orang..ternyata masnya yg lbih hina..jgan suka nggak bodoh orang ternyata masnya yg lbih bodoh..ckkckckck, ngatqin WNI lagi..bukannya mas WNI juga ya, apa WNI yang berlagak WNA ..yang sok pinter tpi isi otaknya nol..wkwkwk

          • 22 November 2021 - (13:51 WIB)
            Permalink

            Judul nya:
            Traveloka PayLater Bisa Digunakan Belanja di Marketplace; Hati-hati Jika Pesanan Dibatalkan, Tetap Ada Tagihan!

            Namun isinya:
            Namun Traveloka “menipu” saya. Saya pakai limit untuk berbelanja senilai Rp418 ribu, tapi yang dikembalikan hanya Rp89 ribu, dengan alasan biaya asuransi dan pengiriman. Padahal pesanan tersebut belum dilakukan pengiriman dan masih dikemas. Traveloka “mencuri” uang customer-nya senilai Rp320 ribu.

            Disini penulis nuduh traveloka mencuri 320 rb KARENA asuransi dan pengiriman.

            berbeda sama judul kalau ada tagihan padahal barang batal.

            ah males ngeladenin orang GOVLOK kayak kakak. Cantik cantik tapi gak bisa mikir. Dah ya, gw gak ngeladenin lu lagi.

        • 22 November 2021 - (13:57 WIB)
          Permalink

          Kan masnya nggak teliti baca tulisannya..itu udah dilampirin juga screenshot tagihannya dah dilingkari juga kalo ada tagihan senilai 3ratus rbu lbih..maknya mas baca dengan teliti..setau saya sebelum tulisan di terbitin, tim media konsumen minta smua data dlu dan di verifikasi..di media konsumen nggak asal tulis lalu terbit..nggak mas kitq di email buat minta bukti bukti yg mendukjng tulisan kita..ah mas sok pinter tpi kudet sih…wkkwkw

          • 22 November 2021 - (14:02 WIB)
            Permalink

            Bnyak bnyak baca ya mas..jgan bukin malu diri sendiri..tuhan udah nutupin ke tlolan mas malah masnyq yg show up ke khalayak ramai…wkwkmwm

          • 22 November 2021 - (14:04 WIB)
            Permalink

            Setuju mbak…ckkckckck

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Traveloka PayLater Bisa Digunakan Belanja di Marketplace; Hati-hati Ji…

oleh Zul dibaca dalam: <1 menit
25