Keberatan dengan Tagihan Rp1,8 Juta dari Traveloka PayLater, atas Pesanan yang Sudah Terbatalkan

Saya adalah pelanggan setia Traveloka dari tahun 2014. Saya sangat kecewa dengan apa yang saya alami sekarang. Sebelumnya saya sudah berulang kali menggunakan PayLater dari Traveloka, tidak ada masalah dan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.


Berawal saat saya belanja di Shopee sebesar Rp7.018.000, nomor pesanan: 211128QFFPK7RT, waktu pemesanan tanggal 28 November 2021 pukul 20:55 dan waktu pembayaran 28 November 2021 pukul 20:58. Pembayaran melalui Traveloka PayLater dengan cicil 12 kali (ID 21673039). Karena beberapa pertimbangan, dengan sangat terpaksa saya membatalkan pesanan tersebut dengan nomor pengajuan 2111290QQY05U25, diajukan pada tanggal 28 November 2021 pukul 23:32.

Pada tanggal 2 Desember 2021 21:02 saya mendapat email dari Traveloka Paylater, bahwa dana berhasil di-refund full sebesar Rp7.018.000 dan dikembalikan ke limit saya.

Betapa kagetnya saya, ketika membuka aplikasi Traveloka di bagian Paylater, ternyata ada tagihan 3 kali cicilan dengan total Rp1.852.752 dan ini adalah bunga transaksi saya di Shopee.

Saya sudah menghubungi Customer Service Traveloka melalui telpon (nomor tiket #21919189), email dan chat via aplikasi Traveloka. Namun tidak ada solusi dan masalah masih tergantung.

Saya tidak masalah apabila transaksi berjalan sebagaimana semestinya, toh selama saya pakai Traveloka PayLater selalu tepat waktu bayar tagihan. Sekarang masalahnya saya merasa dirugikan dan kecewa oleh pihak Traveloka PayLater, dimana saya harus bayar bunga, yang mana transaksi telah dibatalkan dan dana sudah kembali ke limit.

Dengan surat yang saya tulis di mediakonsum.com untuk Traveloka, tolong kerja sama dan solusinya, karena ini jatuh tempo tgl 12/12/2021.ย Terima kasih.

M. Rizki Umara
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka PayLater:
[Total:19    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “Keberatan dengan Tagihan Rp1,8 Juta dari Traveloka PayLater, atas Pesanan yang Sudah Terbatalkan

  • 5 Desember 2021 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Mungkin ada syarat dan ketentuan yg Belum anda baca. Mungkin di sana ada ketentuan yg menyatakan bunga tetap dikenakan meskipun pesanan dibatalkan. Mungkin saja ya…

    3
    1
  • 5 Desember 2021 - (14:52 WIB)
    Permalink

    Ketentuan bisa dilihat di https://www.traveloka.com/id-id/help/travelokapay-product/paylater/refund-reschedule/will-i-be-able-to-refund-my-flight-if-i-pay-it-with-paylater
    Saya kutip :
    “Jika Anda belum melakukan pembayaran cicilan Anda, maka jumlah refund sepenuhnya akan dikembalikan ke limit PayLater Anda. Mohon diingat bahwa Anda tetap harus membayar biaya-biaya lainnya, seperti biaya cicilan dan biaya keterlambatan (jika ada)”

    Jadi tertulis biaya cicilan tetap ditagih meski anda mendapat refund penuh.

    • 7 Desember 2021 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Ya akhirnya sudah di tidak ada lagi cicilan itu perhari ini ๐Ÿ™

      • 7 Desember 2021 - (15:22 WIB)
        Permalink

        ikut senang juga, moga punya saya juga bisa seperti penulis artikel ini… semoga ..aminnn

  • 5 Desember 2021 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Seharusnya baca,ketentu2an sebelum pakai treveloka… harus bijik dan gemar membaca biar ngak terjrumus kebijakan di trevelloka.

    • 6 Desember 2021 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Wajib diketahui, kalau proses pengembalian kreditnya biasa memakan 7 x 24 jam atau 14 hari kerja untuk masuk ke limit. Selama belum masuk. Biasanya memang akan dibebankan dulu sih ya. Tapi nantinya kalau sudah masuk, refundnya dikembalikan full kok.

  • 6 Desember 2021 - (08:03 WIB)
    Permalink

    kejasian lg tuh traveloka !
    batal ga batal tuh semua biaya tetap jalan , bos …..
    itulah riba , membagongkan khan?

    2
    3
  • 6 Desember 2021 - (14:38 WIB)
    Permalink

    Pake shopeepaylater aja. Aku berulangkali batal transaksi ya limit dikembalikan penuh.
    Buat yg ngmg itu riba dll, kayak situ gak punya hutang aja. Motor gimana? Mobil gimana? Rumah gimana? Beli cash? Alhamdulilah kalo gitu banyak yg sultan gak punya hutang duit di bank unlimited. Kalo aku apalah cuman gaji UMR. Gak nyicil gak punya rumah, panci, hp & kendaraan. Alhamdulilah ada paylater sejak pandemi buka warung skrg bisa nyaingin alfa cuma dari modal pake paylater.

    1
    2
    • 6 Desember 2021 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah saya beli rumah, mobil, hp & panci cash.

      Walau keluar kerja saat pandemi pun sy tenang saja, krn tidak ada beban.

      Riba itu dosa besar, tidak akan berkah benda yg dibeli dr riba.

      1
      3
      • 7 Desember 2021 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk, beli rumah boneka ama mobil2an kali lo ah, sales akherat bisa aja jualan nye wkwkwk

    • 8 Desember 2021 - (15:27 WIB)
      Permalink

      yg ngmg riba biasanya mereka yg udah kredit macet bu.. ngakunya anti riba, pdhal sih krn udah ga bs ngutang lagi dimana2.. maklum udah collect 5 statusnya di OJK :p

  • 6 Desember 2021 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Kayanya kemari ada kasus yang sama gini juga. Kalau saran saya dari kasus yg kmrn saya baca. Anda push terus saja traveloka. Bilang saya tidak akan mau bayar karena barang saya sudah saya batalkan. Kemarin di media konsumen ada juga yang kasusnya sama dengan anda. Karena dipush terus akhirnya tagihannya hilang. Anda jangan diam saja. Push tiap hari. Itu pengalaman dari yang saya baca

    • 7 Desember 2021 - (00:31 WIB)
      Permalink

      Baik kak terima kasih ๐Ÿ™
      Sudah tidak ada lagi cicilan itu perhari ini ๐Ÿ™

  • 7 Desember 2021 - (00:36 WIB)
    Permalink

    Perhari ini tanggal 7/12/21
    Cicilan bunga paylater sudah hilang tidak ada lagi, sudah di konfirmasi juga dengan CS traveloka via aplikasi, Saya tidak bayar sepeserpun.

    Masalah ini sudah selesai.

    Terima kasih semuanya ๐Ÿ™

  • 7 Desember 2021 - (15:51 WIB)
    Permalink

    waduhh harus hati2 pake Travelaka Paylatter.. koq kayak menjebak yachh…
    bunganya sangat besar padahal uda dibatalin.. (gak Fer banget)..

  • 7 Desember 2021 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Bapak Rizki Umara,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Bapak Rizki Umara tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 5 Desember 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Bapak Rizki Umara melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Rizki alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Rizki.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Traveloka PayLater

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka PayLater?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Keberatan dengan Tagihan Rp1,8 Juta dari Traveloka PayLater, atas Pesaโ€ฆ

oleh M Rizki Umara dibaca dalam: 1 menit
38