Beli Hp di Merchant Akulaku Tehno Store, Hp Tidak Dapat Dipakai Akulaku Lepas Tangan

Pada tanggal 29 November 2021 saya melakukan pemesanan hp Samsung A51 RAM 6 di merchant Akulaku bernama Tehno Store. Pada tanggal tersebut juga saya melakukan pembayaran dp. Pada tanggal 4 Desember 2021, saya mulai khawatir karena barang tidak kunjung datang. Saya melakukan cek resi dan kagetnya ternyata hasilnya no resi tidak ditemukan.

Saya menghubungi pihak pengirim yaitu Sicepat, jawabannya sama yaitu nomor resi invalid, tidak terdaftar, tidak dapat ditemukan. Lalu saya menghubungi merchant melalui chat Akulaku tetapi hanya dijawab robot “Ready kak silahkan order” seperti itu terus jawabannya.

Saya juga membaca baca di internet bahwa memang banyak yang mendapatkan kasus seperti saya ini yang awalnya cek no resi tidak ditemukan, lalu saya baru menyadari ketika saya cek ternyata item atau barang sudah dihapus dari etalase toko. Saya sangat khawatir dan memutuskan untuk membatalkan pesanannya, saya kirim feedback untuk Akulaku melalui email dan meminta pembatalan.

Pada hari Senin tanggal 6 Desember 2021, saya mengadu pada CS Akulaku melalui telepon dan meminta untuk melakukan pembatalan pada pesanannya saya itu. Jawabannya saya disuruh telepon lagi pada hari Rabu tanggal 8 Desember 2021, karena pembatalan hanya bisa dilakukan ketika sudah 7 hari setelah tanggal memesan.

Akhirnya, pada tanggal 8 Desember hari Rabu saya telepon lagi CS Akulaku. Jawabannya saya disuruh tunggu dan telepon lagi sampai 5 hari kerja. Pelayanan macam apa yang harus disuruh tunggu terus menerus? Selama menunggu 5 hari kerja saya selalu mengirim feedback email seperti sebelumnya.

Lalu pada hari Jum’at tanggal 10 Desember pagi pukul 9 saya telepon CS Akulakunya meminta untuk segera diproses pembatalannya. Jawabannya “Iya bu, ini laporannya sudah masuk urgent“. Pada sore harinya saya kaget menerima email dari Akulaku dan mengatakan bahwa tadi siang ingin dilakukan konfirmasi pembatalan dengan menanyakan apakah barang sudah sampai atau belum per hari ini melalui telepon. Benar saja ada panggilan tak terjawab dari greater Jakarta.

Saya kirim email untuk melakukan konfirmasi pembatalan dengan berkata bahwa barang belum sampai per hari ini (10 Desember 2021), dan saya juga menelpon CS Akulaku. Jawabannya konfirmasi pembatalan sudah diterima melalui email dan saya disuruh tunggu untuk konfirmasi pembatalan melalui aplikasi Akulaku. Saya merasa tenang karena pada akhirnya masalah ini akan berakhir.

Tetapi ternyata pada hari Minggu tanggal 12 Desember 2021 siang harinya barangnya datang. Saya kaget karena pihak Akulaku mengatakan bahwa konfirmasi pembatalan segera dilakukan melalui aplikasi Akulaku, tetapi kok ternyata barangnya datang?

Saya takut isi barangnya tidak sesuai dan benar saja. Saya buka paketnya pada hari Senin tanggal 13 Desember 2021 dan ternyata segel di box hpnya sudah terbuka, box hpnya pun kotor. Saya buka box hpnya pada hari Jum’at tanggal 17 Desember 2021 dan saya bawa ke konter hp, ternyata IMEI tidak terdaftar, charger tidak sesuai, fingerprint sensor rusak, hp tidak dapat dipakai.

Saya melakukan pengaduan pada telepon CS Akulaku tanggal 18 Desember 2021. Namun pihak Akulaku mengatakan bahwa tidak bisa melakukan pembatalannya, karena sudah lewat 5 hari dari tanggal penerimaan barang. Pihak Akulaku nanti juga akan tetap melakukan penagihan pada cicilan saya ini. Pihak Akulaku hanya memberikan nomor WA dan alamat merchant agar bisa mengadu pada merchant-nya, tetapi merchant tidak kunjung menjawab seperti pada sebelum-sebelumnya.

Bagaimana saya bisa melakukan pembayaran cicilan pada barang yang sangat tidak sesuai? Untuk apa saya membayar? Untuk suatu penipuan? Akulaku sangat tidak membantu proses pelaporan dan merchant Tehno Store sangat tidak bertanggung jawab

Susanti Wulandari
Surabaya, Jawa Timur


Update (23 Desember 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa permasalahan telah diselesaikan oleh pihak Akulaku sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:173    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Susanti Wulandari

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Susanti Wulandari pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Beli Hp di Merchant Akulaku Tehno Store, Hp Tidak Dapat Dipakai Akulaku Lepas Tangan

  • 18 Desember 2021 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Parah sih ini.. apa2 kalo mau beli barang elektronik jgn langsung di akulaku.. banyak nipu2 nya.. unofficial

    13
    1
    • 19 Desember 2021 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Dan parahnya lagi supaya score kedit kita bagus dan naik kita diharuskan belanja di merchant akulaku kalau belanja di aplikasi lain semacam shoppe. Toped bl kredit akulakunya tidak bisa digunakan. Jgn jgn ada main nih akulaku sama merchat di aplikasinya udh harga di merchat akulaku bisa 3* harga barang di shoppe atau toped supaya limit kridit bisa digunakan diharuskan belanja di merchat

      3
      2
    • 19 Desember 2021 - (18:12 WIB)
      Permalink

      Pernah juga di akulaku,kapok dan lgsg uninstall..
      Anggap aja sedekah buat “fakir”
      Saking fakirnya harus nipu buat dapat uang.

      Customer Service terburuk seumur hidup.

    • 19 Desember 2021 - (23:44 WIB)
      Permalink

      Udah bosku yg masih ada aplikasi akhlak, di unistal aja, aplikasi ga bener itu. Sedikit bagi pengalaman, gw baru download tuh aplikasi. Kurang lebih 4 hari kemudian gw liat² barang, tau² nya gw dpt tlp dari cs suruh bayar taruhan KTA Asetku sejumlah 1.020.000, gw ga ngerasa pinjem.. belaka gila tuh aplikasi. Setelah tu gw deket tuh aplikasi.

      Kl mau kredit hp pake aplikasi JD ID aja, pembayaran via atome, tanpa di dan bunga. Pengiriman kl bisa yg instan kl buat barang elektronik jgn pake yg reguler.. sekedar saran aja.

      • 20 Desember 2021 - (12:31 WIB)
        Permalink

        Saya juga malas membeli hp apalagi pake kredivo akulaku apalah karuan datang ke tokonya langsung tunai atau cash soalnya cara sistem kredit banyak yang nipu orang selama ini saya tidak pernah beli kredit karena apa cara mereka menipu orang supaya dapat keuntungan

        2
        1
  • 18 Desember 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    SEMOGA MENJADI PELAJARAN BUAT KITA SEMUA, LEBIH BAIK BELI DITOKO DARIPADA MENYESAL DIKEMUDIAN HARI

    • 19 Desember 2021 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah mba kasusnya sama hp nya gak bisa dipakai sinyalnya ngga ada udah nyoba lapor ke akulaku tapi dipersulit semuanya mau dibalikin juga susah, udah nyoba service dikonter hp tetep gabisa karna itu hp rakitan katanya kalo mau beli di akulaku harus di official store nya biar ngga ketipu akhirnya saya harus tetep ngelunasin angsuraannya sampe akhir sedih sih tapi ya gimana lahi ngga ada jalan keluar

    • 19 Desember 2021 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Kalo belanja akulaku dalam 3hri barang belum di kirim mending langsung cancel aja, banyak merchant akulaku itu bodong … Coz dr pihak akulaku sendiri aja cuek dalam menangani masalah merchant bodong .. kasusnya sdh banyak.,

      10
      1
    • 19 Desember 2021 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwk masih ada jg yg pake Gaklaku.
      Limit kriditnya padahal gak bisa dipake market selain punya dia sendiri yg isinya penipu semua.
      Pake kredivo aja, bisa dipake di semua market.

      8
      2
      • 19 Desember 2021 - (19:31 WIB)
        Permalink

        Jangan mau belanja langsung di apk akulaku.. Lebih baik di Tokopedia atau lazada.. Dan cicilan di akulaku.. Seperti itu.. Banyak kasus di apk akulaku toko nya banyakan toko palsu.. Bukan asli toko.. Justru rumahan..
        Saya pengalaman seperti itu.. Sejak saat itu saya sudah gak mau belanja langsung di apk akulaku.

    • 19 Desember 2021 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Sama nih si aj9 akulaku, gw dikasih hp nggak bisa nelpon sama SMS meskipun ganti kartu juga. Komplain malah disuruh ke merchant nya, dan yg parah angkat tangan. Suwe dah

  • 18 Desember 2021 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Produk yang di fasilitasi di AKULAKU..bnyak yang rongsokan…! Bnyak terbukti…fakta tak terbantahkan…

    12
    1
  • 19 Desember 2021 - (03:48 WIB)
    Permalink

    Kesalahan si barang dtg tgl 12 kenapa tidak segara diproses untuk pembatalanya kenapa harus menunggu sampai tgl 18 ????

  • 19 Desember 2021 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Tanggal 13 buka paket dan tanggal 17 buka box hp.
    5 hari untuk membuka box hp sungguh aneh sekaligus lucu…
    Kalau ini sih bukan hanya e-commerce dan merchant/seller tidak JELAS,tapi pembelinya juga.

    5
    1
  • 19 Desember 2021 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kasus begini tapi sadar setelah terjadi, ga aware/lihat² pengalaman yang lain dulu. Semua juga tentang resi invalid tapi barang sampe, cuma ga tau kondisinya. Kalo barang dah sampe terlepas rusak/bener, akulaku jelas ga mau tanggung jawab, karena mereka mikirnya uang sudah dilepas ke penjual. Tinggal situnya, mau kejar terus tapi lelah sendiri, atau ikhlas buat pelajaran kedepannya.

    7
    1
  • 19 Desember 2021 - (08:09 WIB)
    Permalink

    akulagi…. akulagi….
    kasus pengiriman sama …
    permasalahan sama….
    itulah akulagi yg kena !

    cuma kok , tgl 13 buka paket ? tgl 17 buka box nya ?
    5 hari ngapain? apakah takut meledak jika di buka?

  • 19 Desember 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Dari dulu, sekarang dan nanti orang yang belanja di Akulaku tetap bermasalah tapi hebatnya makin banyak yang makai…jadi biarlan saja

  • 19 Desember 2021 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Kalo belanja online itu yg pasti2 aja. Ke tokopedia, cari seller dgn rating 4,9-5

  • 19 Desember 2021 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Sudah ga aneh lagi di MK ini banyak kasus ditipu sama penjual nakal. Sepertinya pihak Akulaku sengaja melindungi para penjual nakal ini biar sama sama saling menguntungkan. Berharap sama OJK. Mustahil. Lihat aja kasus lain apa tindak lanjut OJK. Hanya slogan aja diawasi OJK. Tapi fakta dilapangan 0 besar.

    • 19 Desember 2021 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Belanja di akulaku ujung2nta akunyesel. JGN BELANJA DISANA KRN MARAK PENIPUAN. BELANJA SAJA DI TOKOPEDIA, ITUPUN LIHAT DULU ULASAN PEMBELI2 SEBELUMNYA DAN JGN TERTIPU BARANG MURAH.

      Klu blm ada uang jgn paksakan membeli barang2 spt itu. Mending tabung dulu uangnya sampai terkumpul cukup baru beli cash.

    • 19 Desember 2021 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Sekali2xnya saya beli sendal di Akulaku seharga 40 rb dan itu ngga bagus sama sekali untuk harga 40 rb, walhasil saya kapok dan ngga percaya beli barang apapun di akulaku.
      Langsung uninstall aplikasinya.

    • 20 Desember 2021 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Duh ada yg kena lagi di akulaku……..semoga bisa diselesaikan deh masalahnya……(sebaiknya baca2 dulu sebelum ngajuin disini….) biar ga dirugiin….

  • 19 Desember 2021 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Parah ya suru nunggu terus selama 2 mggu … Udah 2 bln ga ada kabar berita … Kya ee mpus … Bukan mihak ke pembeli … Parah bner

  • 20 Desember 2021 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Marketplace yg isinya penipu semua, jgn pernah beli barang apapun di marketplace akulaku

  • 20 Desember 2021 - (00:34 WIB)
    Permalink

    saran untuk akulaku jangan hanya ambil untung dari penjualan,aplikasi sebesar akulaku harus lebih bijak untuk membantu setiap permasalahn, dan memang saya juga beli beberapa kali barang semua mengecewakan, dan aneh lagi pembayaran tidak pernah telat,punya limit tapi gak bisa di gunakan, kalau gak bisa gunakan limit ya baiknya blokir saja,jadi bisa un instal aplikasi bikin sempit memory hape saja,,akulaku harus lebih baik lagi agar tidak ditinggal konsumenya,

  • 20 Desember 2021 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama persis kaya saya cuma kalau saya, saya kejar trus CS akulakunya tiap hari saya tlpin 3 hari skli kaya minum obat hehe
    Trus di kasih no penjualnya, trus saya whatsapp, waktu itu saya beli laptop, tapi yg dtg laptop jadul dan seken tdk sesuai gmbar dan merknya gk jelas namanya apa gtu saya lupa, saya bilang sm pihak CS saya tdk akan mau bayar cicilannya sm skli, sklipun debt collectornya dtg, saya bilang ke CSnya kalau debt collectornya dtg saya kasih ajah dia barangnya nie ambil buat situ, saya ngomong bgtu ke penjual dan jg ke CS akulakunya, trus pihak penjualnya akhirnya respon trus minta di balikin ajah, trus saya balikin, ehh tiba2 dtg brangnya lagi tapi beda jenis dan mirip sm yg di gambar pdhal sya sdh tdk mau lagi dan sdh pembatalan, waktu itu saya mesen laptop merk toshiba, trus saya tes lumayan bagus, akhirnya baru dehh saya mau bayar cicilannya krn laptopnya sudah mirip sesuai gambar dan merknya toshiba, saya jg udah pusingg dan akhirnya saya Terima saja dehhh, waktu itu saya ambil yg 3x cicilan

  • 20 Desember 2021 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Untung gw udh tutup ini aplikasi… 2 kali pesen HP alhamdulillah sesuai pesanan… Tp penagihannya gk kenal waktu… Jam 10 mlm msh tlp… Makanya udh sekali aja pake, skrg udh tutup permanen

  • 21 Desember 2021 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Mp satu ini mmg udah kacau balau, bertahan dgn mencari user baru sebanyak²nya dgn iming iming ini itu krn dia butuh donor dana segar dr pihak luar hrs bnyak data(user² baru) sedangkan user lama akunnya udh ga bisa dipakai sama sekali sekalipun riwayat bertahun² bagus

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Beli Hp di Merchant Akulaku Tehno Store, Hp Tidak Dapat Dipakai Akulak…

oleh Susanti dibaca dalam: 2 menit
37