Barang Beli dari Tokopedia Hilang, Namun Status Kontrak Kredit Tidak Berubah

Saya adalah pengguna Tokopedia, dalam kasus ini saya adalah pembeli. Tokopedia adalah marketplace yang besar menurut saya, sehingga kasus ini harusnya tidak terjadi, namun ini yang saya alami.

Berawal saya beli beberapa barang di Tokopedia tgl 18 November 2021, dengan payment menggunakan Home Credit. Dari beberapa barang tersebut, ada 1 barang bermasalah yaitu helm menggunakan kurir Antaraja nomor invoice INV/20211118/MPL/1772719228 dan status pengirimannya tidak jelas, barang bolak balik Jakarta Tangerang. Dari situ saya mulai merasa ada yang tidak beres. Setelah barang tak kunjung sampai, saya ajukan komplain ke Tokopedia.

Saya diminta menunggu oleh tim Tokopedia agar memberi waktu pihak Antaraja untuk menginvestigasi internal. Setelah melewati waktu investigasi, tokopedia menelepon saya sebanyak tiga kali tanpa seizin saya dan itu sangat cepat durasinya seperti miscall. Pada panggilan ketiga, sempat saya angkat namun ditutup panggilannya oleh pihak Tokopedia.

Dan beberapa saat kemudian Tokopedia menutup komplain saya, sehingga saya tidak bisa melakukan aktifitas di laman komplain saya tersebut. Saya berasumsi Tokopedia secara sepihak menutup komplain saya pada tanggal 29 November 2021 dengan memberi janji dana Home Credit saya akan kembali MAKSIMAL di 15 hari kalender atau tgl 14 Desember 2021. Saya pun menuruti arahan dari Tokopedia tersebut.

Setelah lewat tanggal yang dijanjikan Tokopedia, saya pun menulis pengaduan di kolom chat Tokopedia dan layanan pesan Tokopediacare. Jawabannya selalu sama, saya di suruh menunggu, kendala saya sudah diprioritaskan, selalu itu jawabannya namun tidak ada progress padahal sudah melewati tanggal yang dijanjikan yaitu tgl 14 Desember 2021.

Pada tanggal 16 Desember 2021, alangkah kagetnya saya, halaman komplain saya yang tadinya statusnya “menunggu proses klaim selesai”, tiba-tiba berubah menjadi “komplain selesai”. Saya cek tagihan di Home Credit masih belum berubah, tidak ada revisi kontrak maupun tidak ada dana masuk ke saya. Tokopedia menganggap status komplain saya selesai padahal urusan saya belum selesai, lantas saya harus komplain kemana lagi?

Saat tulisan ini dibuat, Tokopedia tidak pernah merespon chat saya lagi, tidak merespon pesan saya lagi. Komplain saya statusnya selesai, lantas saya harus komplain ke mana lagi?

Saya berharap ada itikad baik dari Tokopedia agar kasus saya ini segera selesai dan tidak berlarut-larut, entah itu revisi kontrak Home Credit, entah itu pengembalian dana, saya terima. Kan tidak mungkin saya bayar cicilan Home Credit untuk barang yang tidak saya terima?

Terima kasih.

Jeffry Andrian
Tangerang, Banten.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:32    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Barang Beli dari Tokopedia Hilang, Namun Status Kontrak Kredit Tidak Berubah

  • 19 Desember 2021 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh saran hubungi @tokopediacare di twitter dan hubungi penjual agar bisa ikut membantu komplain ke pihak kurir, saya bekerja di salah satu seller yg buka di tokopedia . Jika ada kendala ini biasanya pembeli hubungi saya dan mengarahkan komplain ke tokopedia , selanjutnya penjual mengecek resi bermasalah tersebut kepihak kurir . Jika produk kembali maka akan fi infokan pada diskusi pusat resolusi. Dan syukurnya selalu dapat selesai.

    • 19 Desember 2021 - (21:35 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya, namun sepertinya sedikit tidak relasi dengan kasus saya. Laman komplain saya sudah di tutup oleh pihak tokopedia, jadi ga bisa aktifitas lagi di laman tersebut. Mungkin bisa di baca lagi tulisan saya sampai selesai 🙂

      By the way pihak tokopedia sudah menghubungi saya dan “KATANYA” sudah di urus klaimnya, tinggal menunggu dari pihak Home Credit buat revisi kontrak saya di 14 hari kalender. Let’s see mudah-mudahan cepat clear kasus saya. Amin.

  • 19 Desember 2021 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Pake kurir anteraja itu banyak masalah nya gak selesai2 .. uda pengalaman beberapa kali sama kurir ini.. kalo bisa pake kurir lain aja …

    • 19 Desember 2021 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Iya terima kasih sarannya, saya ga mau berkomentar apa-apa lagi cukup tau aja 🙂

  • 19 Desember 2021 - (22:03 WIB)
    Permalink

    duh toped lagi toped lagi …. bisa di telpon ngak tuch ke kantor toped , brooo jangan jangan ngak bisa di telpon lagi . Maklum aja bro sabar sama toped kantor mereka jauh ada di planet lain jadi ngak bisa di hubungi melalui saluran telepon …. jadi toped itu tergolong dari planet neptunus … sabar ya broo … moga moga toped bisa beli jalur kabel telkom dari planet ke bumi … kalau chat terus dari toped itu gua udah gregetan broo … seperti manusia terbatas tidak familiar sama yang nama nya pesawat telpon wkwkwkw … masalah lagi dach toped ,,, top banget sama toped karya anak bangsa yang tidak bisa melayani warga +62

    mereka big company tapi tidak tahu cara berterima kasih sama buyer / macem kita pembeli

    3
    4
  • 20 Desember 2021 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Iya menurut saya kurir anter aja,
    selalu bermasalh.
    kemaren paket saya aja nga di update” sampe 3×24 jam.
    sampai saya udah mara ke cs anter aja,
    karna nga ada kepastian,
    ya karna saya udah ngomel di csnya ,
    tapi syukur paket saya masi ada.

    • 20 Desember 2021 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Bersyukur sekali barangnya Ada ya. Saya hilangnya untung barang baru, bukan barang kesayangan/penting seperti dokumen. Kalo barang penting/kesayangan yang hilang diganti berapapun agak susah kayanya 🙁

  • 20 Desember 2021 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Masalah line telpon saya setuju. Karena sejauh ini saya belum menemukan line telpon Tokopedia. Pernah saya coba telpon nomor yang digunakan Tokopedia menelepon saya tapi jawabannya nomor tidak terdaftar. Sepertinya teleponnya hanya satu arah. Ada maksud tertentu mungkin 🙂

    Yah semoga aja kedepannya ada Tokopedia punya line telepon buat memudahkan pengaduan.

  • 20 Desember 2021 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Biasanya, jika pembayaran menggunakan kredit kartu ataupun sejenisnya. Tagihan biasanya akan muncul jika sudah waktunya jatuh tanggal cetak billing, dan akan di kembalikan ke kredit limit pada bulan berikutnya jika pencairan dana atau proses klaim kelar. Itu yg biasanya di kartu kredit. Mungkin sama mungkin tidak jika di home kredit. Terimakasih

  • 20 Desember 2021 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Si kurir Gatot banyak kendala gan, teman saya juga pernah gitu untung nya penjual cepat tanggap dan katannya kurir itu sering bermasalah barang sudah di ambil tapi belum masuk proses pengiriman banyak ditunda tunda karena operasional baru 1-2 hari bisa..

  • 21 Desember 2021 - (13:59 WIB)
    Permalink

    saya aja beli 1 bh besi long drat full yg panjang 1 meter, diameter 1 cm di tokopedia….
    di antar anterAja, dr tanggerang ke bogor , di tunggu 4 hari ga datang….
    saya complain di toped….
    di nyatakan hilang ( besi sepanjang itu bisa hilang loh, katanya hilang di gudang transit 🤣 )
    tapi , lucu nya … kurang lebih 6 jam dr complain, dana kembali ke gopay saya berikut ongkir nya ..
    mungkin krana murah kale ya …
    besi nya rp 17 ribu , ongkir 9 ribu …
    jadi cuma rp 26 ribu sih

  • 23 Desember 2021 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah kasus ini sudah clear. Kontrak sudah berubah sesuai barang hilang. Semoga Tokopedia lebih cepat tanggap dalam menangani kendala tidak melewati batas maksimal. Semoga Tokopedia makin bagus lagi. Terima kasih juga buat Media Konsumen 🙂

 Apa Komentar Anda?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Barang Beli dari Tokopedia Hilang, Namun Status Kontrak Kredit Tidak B…

oleh Jeffry Andrian dibaca dalam: 1 menit
12