Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

Saya klien J&T CARGO, mengaku kecewa banget dengan pelayanan pegawai. Selain merugikan konsumen, ditambah lancang dalam berbicara, hanya mencari kesalahan konsumen, bukan mencari solusi atas pelayanan mereka yang tidak baik.

Kronologinya, saya mengirim barang dari Medan-Jogja, dan Jogja-Medan. Perjanjiannya, barang tiba dalam 10 hari. Pengiriman dari tanggal 5 Desember 2021, tapi faktanya barang tiba di Jogja pada tanggal 22 Desember 2021. Berarti 17 hari, jauh banget dari ekspektasi.

Akhirnya saya mengirim barang tambahan dari Jogja pada tanggal 18 Desember 2021. Saya mengirim barang dari Jogja ke Medan, sekaligus menanyakan kejelasan paket barang saya yang tidak kunjung sampai di J&T CARGO JOGONALAN. Pegawainya melakukan penawaran kepada saya untuk diretur. Saya pun bertanya apakah dikenakan biaya? Tidak dikenakan sama sekali.

Beberapa hari kemudian pihak J&T CARGO memaksa konsumen untuk membayar, baik konsumen setuju atau tidak tetap harus bayar, bahkan saya tidak mau kirim balik pun ya harus bayar ?. Saya gak ngerti ini perusahaan main-main atau gimana.

Layanan kritik saran terpusat pun tidak membalas via whatsapp, padahal online. Saya tanya ke kurir, mereka bilang ke tempat pengiriman yang di Jogja. Sementara mereka aja tidak menerima komplain, justru menyalah-nyalahkan konsumen. Saya tanya ke J&T Express, jawabannya “Kami berbeda dengan J&T cargo kak”. Jadi saya harus apa??

Inilah alasan mengapa saya mempublikasikan problem ini. Padahal barang saya banyak yang pecah, malah konsumen yang disalahkan. Segala kerusakan ditanggung oleh pengirim, kecuali diasuransikan. Nah kenapa gak bilang saat saya mau kirim? Kenapa gak kasih penawaran??

Kemudian ada tambahan biaya packing, perjanjiannya kardus dan wrapping, tapi nyatanya goni. Maka dari itu kenapa saya tidak mau meretur barang saya, disamping ongkir-nya kisaran Rp450 ribu, terus barang saya sampai Medan rusak semua?? Emang saya mau? Ya enggak lah, paling dikomplain cabut semua.

Ditambah ya, perhitungan mereka gak jelas. Medan Jogja Rp11 ribu per kilo, Jogja ke Medan Rp6 ribu, terus kali-kalinya ngeri kali, ngikuti bidang, bisa pula pegawai kasih harga tawar menawar. Bukannya perusahaan besar sudah memiliki standarisasi harga??

Terus rekeningnya juga atas nama pribadi, membuat saya semakin curiga. Mungkin saja bos besarnya tidak mengetahui ulah pegawainya di bawah. Kurir sejauh ini aman-aman saja dalam mengantar barang. Saya tidak marah ke kurir kenapa?? Karena mereka hanya mengantar, yang bermasalah CS-nya. Saran buat para pedagang, daripada menyesal, lebih baik pakai ekspedisi lain. cukup saya saja yang menjadi korban.

Terima kasih.

Mega Mustika Berliani
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

  • 1 Januari 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya tanya ke J&T Express, jawabannya “Kami berbeda dengan J&T cargo kak”. Jadi saya harus apa??

    wkkwkw, jawabnya gini “Kami berbeda dengan J&T cargo kak, coba kakak tanya jokow”

    2
    6
    • 2 Januari 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Bukan nya J&T Cargo itu punya J&T Express ya
      Kok gitu sih J&T kaya lepas tanggung jawab gitu padahal konsumen dirugikan

    • 6 Agustus 2023 - (16:45 WIB)
      Permalink

      J&T terlalu lama terlalu banyak transit dari tgl 4 sampe tgl 6 belom sampe
      Qu kirim pake yg lain
      JKT -pwt cepat sampe
      Sama tgl 4 sampe pagi tgl 6
      Ini j&T tgl 4 tgl 6 belom sampe kopet lama a
      Mana kata express a

  • 2 Januari 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Dr kasus ini terlihat jelas oknum CS di J&T Cargo itu yg kriminal dan semoga langsung dipecat dan dilaporkan ke polisi biar kapok krn sdh merusak nama baik perusahaan.

  • 2 Januari 2022 - (21:37 WIB)
    Permalink

    J&T Cargo dan J&T Express itu beda, mereka beda Vendor. Walau sama” ada embel” J&T tapi beda Bos. Milik orang Asing. Mending pake Yg asli Indonesia aja banyak kok (POS Indonesia, JNE, Sicepat)

    1
    2
  • 3 Januari 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    bner banget gan, masa paket saya dari lombok barat ke pontianak ga diketahui keberadaannya sama sistem mereka, tiap ditanya kenapa status mentok jawabannya ga jelas. Estimasi dari maksimal 14 hari sampai pontianak jadi nambah 14 hari lagi, sangat merugikan

    • 26 Maret 2022 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Layanan Jasa kargo paling gak rekomen ya j&t cargo, baru coba udah kapok
      Udah request pick up, eh gak diambil ambil, bikin rugi penjual dan pembeli

  • 17 Maret 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Pengiriman super lama.tgl 3maret dikirim tgl17 maret.gag ada kejelasan.pihak jnt cargo saling lempar tanggung jawab.padahal dari semarang kirim ke klaten.jangan kirim pakai jnt cargo lagi.kapok saya……

  • 26 Maret 2022 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Hari ini baru pertama kali pakai J&T CARGO, (J&T yg lain2 sudah off karna banyak kendala)

    Ternyata hasilnya J&T CARGO ini sangat TIDAK MEMUASKAN, Penjualan di marketplace Orange dan sudah pasti ada jam pickupnya, proses order sekitar jam 9pagi – 5 sore… Batang hidung kemunculan pihak J&T CARGO sama sekali blm keliatan, ditunggu sampai jam 7 malam sama karyawan, blm juga datang. Akhirnya kita hub ke CSnya langsung serta kita infoin jika ada paket lumayan banyak yg harus dipickup J&T CARGO.. bla…bla..
    Dan akhirnya si CS jawab:
    CS: “Terkait laporan penjemputan paket dengan no resi ****** akan kami proses, mohon kesediannya untuk menunggu.”
    Me: menunggu nya ini sampai kapan ya???
    ……(beberapa menit kemudian)
    CS: mohon maaf untuk penjemputan hari ini kami belum dapat memastikan, kami sarankan menunggu besok hari
    ME: ………………

    Yaaa… beginilah jika pakai J&T, bukannya menjelek kan yaa.. tp emang rata2 kantor saya yg BEDA DAERAH sekali pakai J&T pasti bermasalah, ini sudah jelas emang banyak masalah banget.

    Untung paket buat J&T CARGO blm begitu banyak. Semoga buat yang lain mau pakai Exspedisi ini mikir2 dulu ya guys…
    #ekspedisi #cargo #ekspedisimurah #jasapengiriman #logistik #kirimbarang #kirimpaket #paket #kurir #indonesia #pengiriman #pengirimanbarang #jasaekspedisi #logistic #jasapengirimanbarang #ekspedisisurabaya #logistics #kargo #ekspedisijakarta #surabaya #jne #delivery #kirim #shipping #dirumahaja #trucking #hino #jasakirim #kirimmobil #bhfyp

  • 29 Maret 2022 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Sama kayak aku skrang ? paket dari pontianak ke dumai riau .dari tanggal 12 maret 2022 sampai 28 maret masih otw jakarta .ditanya ke pihak jnt pontianak .ke cs pusat ke dumai semua jawaban nya sama ga jelas paket nya dmna . padahal aku udh lapor dari tanggal 22 tapi gada respon dari pihak jnt jkrta ? mana itu barang buat jualan .udh rugi uang rugi waktu lg ??? estimasi 14 hari kerja tapi semua nihil ga jelas nth dmna it paket

  • 30 Mei 2022 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Sama juga…pengiriman paket lewat agen J&T Jl Nusantara pertigaan kelapa dua Depok tanggal 23 Mei 2022 tujuan Karangasem Bali..pekiraan sampai 3 atau 4 hari…tanggal 27 Mei 2022 tiba di karang asem…tapi hingga kini belum sampai ke penerima..agen di Amlapura Karangasem pun ngga ada..kalo ada agen kan bisa diambil penerima…tapi ini ngga jelas ..kantor agen J&T cargo Jl Nusantara kelapadua tadinya ditempati Pos..dan Pos pindah…biasanya pake pos 3,4 hari sampe..ada kantornya pun jelas kalo tidak bisa diantar bisa diambil ke kantor…lah ini J&T cargo ngga jelas keberadaannya…kapok udah sekali ini aja pake J&T…

  • 14 Juni 2022 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Saya ingin berbagi dengan kejadian yg menimpa saya pagi ini.

    Saya order online barang dan dikirim melalui jasa ekspedisi ini.

    Posisi saya berada sebagai konsumen yg order adalah diluar provinsi alamat penerima.

    Penerima adalah adik saya dan dengan niat baik saya info kurir bahwa nomor hp yg saya sertakan salah dan ingin mengubah nomor yg terbaru agar kurir tidak bingung/bisa menghubungi adik saya.

    Dalam chat wa awalnya baik baik saja, dan difollow up, saya sertakan SS tracking nya dan saya jelaskan baik baik kronologinya.

    2x saya dichat dengan kalimat “shareloc pak” dan saya jelaskan saya tidak di area tersebut. Dan masih dengan kalimat baik saya jawab “saya carikan dulu di google map”.

    Kalimat response yg ketiga adalah dengan huruf kapital pesan saya direspon “SHARELOC PAK”, seolah olah semua penjelasan saya tadi tidak dibaca dan saya respon, “ini dengan siapa namanya, dan mohon tanggapan yg baik atas niat saya yg baik sebagai masukan untuk pihak JnT Cargo”.

    Lalu kurir yg bernama Albie /laki laki/Outlet BTL001A menelpon saya dan membentak bentak saya tanpa saya dikasih kesempatan untuk bicara.

    Respon saya ditelepon dengan nada bicara seperti itu, yang dimana saya juga manusia, membalas dengan nada tinggi dengan menjelaskan semua kronologinya dan saya tutup langsung telpon nya.

    1 masukan untuk pihak JnT Cargo, saya sebagai konsumen tidak minta dijadikan sebagai raja atau Konsumen selalu benar (seperti chat Kurir Albie yg trakhir dan tidak saya tanggapi)

    Saya murni follow up barang yg yg dikirim melalui ekspedisi ini dengan sopan, dan saya harap Divisi Recruitment/Training staff dr JnT Cargo lebih mengutamakan pelatihan bahasa pelayanan ketimbang “bahasa barbar & kasar” seperti yg saya baca di watsapp maupun dengar di telepon.

    Pelatihan dalam bahasa yg baik & sopan itu sangat penting untuk industri jasa/ekspedisi seperti ini.

    Terimakasih

  • 13 Juli 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Saya pertama kali mencoba jnt cargo sangat mengecewakan. Paket ada yg g sampai. Dikomplai ke kurir g dijawab dan mereka lepas tanggung jawab. Pengiriman jg lambat. Ga rekomended bngt mendingan pakai jasa antar lain bagi kalian yg blm mencoba.. Memang lebih murah tp mengecewakan

  • 19 Juli 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    sy cuma mau tanya aja sebenarnya jasa pengiriman j&t cargo masih ada niat g buka usaha jasa ini ? kalo tidak tutup aja ketimbang selalu meresahkan customernya……itu aja yg saya tanyakan ke pihak j&t group……setiap komentar selalu tidak di balas padahal itu untuk kebaikan perusahaan sendiri agar bisa lebih baik dalam melakukan pelayanan. kami customer tidak ingin di jadikan raja tapi kami ingin personil j&t group lebih komitmen dlm memberikan pelayanan kepada customer trimakasih……maaf bila tulisan atau komentar saya ada yg menyinggung perasaan pihak terkait. ini saya buat untuk kebaikan bersama

  • 30 September 2022 - (23:02 WIB)
    Permalink

    Saya mau share jg nih. Saya awal2 jnt cargo buka udah pake jasa layanan ini kebetulan pas mau pindahan. Barang2 rencana mau dikirim pake expedisi dari solo ke palembang. Awalnya mampir di web enak ada fasilitas cek ongkir. Sama persis macem layanan jnt express. Pertama kali coba kirim banyak 4 kardus rokok isinya barang rumah tangga. Agen coorperativ mau pickup. Ongkir juga transparant saat itu promo masih murah.
    Sampe kepalembang juga cepat sama seperti kalo kita kirim pake kurir biasa

    Kedua kalinya dibulan yg beda saya kirim lagi jih 3 kardus rokok. Saat itu di web sudah ga nampilin cek ongkir jadi hrus kontak agen buat cek ongkir. Saat itu masih promo
    Saat pickup. Kardus rokok saya di ikur kena volume. Awalnya ga kaya gitu. Jadi kenalah 3 kardus itu hampir 60kg padahal cuma 40kg. Bayar lah lebih mahal. Yasudah gpplah yg penting paket sampe dengan selamat. Pengiriman masih cepat.

    Ketiga kalinya dibulan ke tiga kirim lagi. Kli ini krn kardus biasa nya lagi ga ada pake kardus lebih besar.
    Kl ini 4 kardus. Tapi ga semua nya besar2. Macem ada yg kecil ada yg cuma besi doank isinya. Ditimbang. Kardus nya diukur lagi. Saya di mintai hampir 500rb. Alasannya kardus nya besar isinya ga terlalu berat. Saya mulai jengkel disni tarif juga tdinya 3000/kg naik jadi 8rb /kg alasaanya karena volume. Disini saya mulai kesal. Dibanding sama expedisi lain yg kadang ada mengenakan tarif minimal. Jnt cargo terbilang mahal. Masa iya setiap paket kudu disamain beratnya dengan beras/gula padahal slogan nya kirim besar lebih hemat.

    Baru2 ini saya kirim lgi. 2kali pwngiriman terakhir mulai resah. Krn paket lama banget sampainya. Ke kalimantan kirim tanaman besar. 22 hari baru sampai, janjinya 7 hri.
    Kepalembang kirim barang biasanya 3 hri sampai. Ini udah hari ke 3 paket ga keluar2 dri jakarta.bikin khawatir.

    Jnt cargo awal2 bagus banget. Entah apa krn difrenchaise kan jadi management ny dilepas pasrah ke agen2 ny. Jadi kebanyakan yg maen nakal. Kredibilitas jadi taruhan. Dari pada jelek2 in nama jnt. Mending ganti nama aja. Saya terlalu berharap banyak diawal pelayanan jnt bakal 11 12 dri jnt express. Ternyata ga lebih bagus dari expedisi kargo yg udah ada.

  • 11 Januari 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Ya saya jg kapok bgt pk jnt cargo pelayanan buruk,,cek resi tgl 6 jan 2023 barang dah sampe kantor jnt tp ga lngsg di kirim k alamat rmh sampe skg tgl 11 jan 2023 blm sampe jg pdhl it isinya makanan merugikan bgt,,, penilaian bintang 1

  • 16 Januari 2023 - (08:56 WIB)
    Permalink

    assalamulaikum kak gimna ini barang saya terima di dalam nya hilang saya mesen sepatu 100 pcs barang hilang 6 pcs

  • 24 Agustus 2023 - (10:05 WIB)
    Permalink

    J&t cargo mengecewakan!!!

    Kirim koper dr jogja ke garut, minta dipacking sudah bayar biaya packing, sampai garut koper rusak, roda patah.. sudah dikomplain banyak alasan, intinya gamau tanggungjawab. Outlet tempat pengiriman dikomplain, boro2 ada respon, diread aja ngga, pdhal waktu pesan responnya sangat cepat. Komplain ke pusat sama saja, banyak alasan, katanya gabs komplain krn ga bayar biaya packing. Nota pembayaran biaya packing sudah dikirim, tetap saja ga ada tanggapan.. intinya tidak ada itikad baik.. sangat mengecewakan..

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Cargo?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Alur J&T Cargo Tidak Jelas dan Merugikan Customer

oleh mega dibaca dalam: 2 menit
21