Order 9 Kali Dibatalkan karena Driver Grab, Konsumen yang Kena Sanksi

Saya ingin menyampaikan keluhan saya ke manajemen Grab, yang mengenakan sanksi administrasi berupa harus foto selfie dan melampirkan data credit card berikut CVV bila melakukan order Grab Car.

Hal ini saya alami ketika saya mau pulang pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 4 sore, dari RSUD Tarakan menuju ke alamat rumah yang melewati rute Jl. Gajah Mada (ada pekerjaan MRT). Karena merasa ada yang aneh dengan aturan tersebut, akhirnya saya minta bantu dipesan Grab Car oleh keponakan saya, menggunakan akun Grab-nya.

Setelah saya telusuri dan chat ke Grab Support, saya dikenakan fitur tersebut karena ada riwayat perjalanan dibatalkan 9x pada 29 Februari 2024 dan telah lebih dari 20% dalam 90 hari terakhir dengan minimal 5 pesanan.

Sudah saya jelaskan ke Grab Support, dari awal order saya diminta membatalkan oleh driver, dengan alasan driver tidak mau melewati Jl. Gajah Mada yang macet. Order kedua juga sama dan seterusnya sampai order ke-9. Ada driver yang meminta saya yang membatalkan, ada juga driver yang langsung membatalkan. Sampai akhirnya order yang ke-10 baru diterima driver.

Hal ini sudah saya sampaikan ke Grab Support bahwa kesalahan di pihak driver, mengapa konsumen dikenakan sanksi administrasi berupa harus foto selfie dan melampirkan data credit card berikut CVV? Namun mereka tetap saja mengenakan fitur tersebut kepada saya.

Saya kecewa dengan manajemen Grab yang membela driver yang salah. Saya minta pihak manajemen Grab mencabut sanksi administrasi yang dikenakan ke saya karena kesalahan di pihak driver Grab.

Aries Lunardi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Order 9 Kali Dibatalkan karena Driver Grab, Konsumen yang Kena Sanksi

  • 27 Maret 2024 - (12:21 WIB)
    Permalink

    Hal tersebut karena anda terlalu sering membatalkan order (dianggap main-main atau order fiktif), padahal pembatalan tersebut dilakukan bukan karena keinginan anda. Berbaik hati boleh-boleh saja, tapi jangan mau masuk jurang sendirian. Coba anda datangi kantor perwakilan Grab di kota terdekat untuk “pemutihan” akun anda, atau solusi anti ribet yaitu anda tutup akun lama (opsional) dan buat akun yang baru.

    8
    1
  • 27 Maret 2024 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Emang begitu, Alasan ongkos kemurahan lah, terlalu dekat lah, pengen di offline karena ptongan dr grab tinggi,
    Yg tdinya kita mau kasih tips karena jarak deket, dan dia dapat ongkosnya kecil jd badmood duluan gara2 minta nambah ongkos sblm kita masuk mobil

    10
    2
  • 27 Maret 2024 - (13:11 WIB)
    Permalink

    Emang boleh yah pihak Grab minta foto kartu kredit plus CVV-nya? 🤔 CS bank aja gak boleh minta nomor CVV kartu kredit ke nasabahnya.

    15
    1
    • 28 Maret 2024 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Ya, selfie sudah jad verifikasi umum, kalau sampai kartu+cvv sy rasa tidak tepat. Apa tujuannya.

      4
      1
  • 27 Maret 2024 - (14:30 WIB)
    Permalink

    pindah gojek or bluebird aja sementara, toh keduanya jg banyak promo kalo pakai credit card

    4
    2
    • 27 Maret 2024 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Ya jangan mau kalau disuruh batalkan, dengan alasan apapun. Biar driver aja yang batalkan. Ada beberapa driver malas,saya pernah disuruh batalkan tapi tidak mau. Driver ngancam ga bakal berangkat sampai kapanpun. Ya lucu banget donk. Saya screnshoot tuh bukti chat dy, saya balas terserah dan kirim bukti saya sudah pesan GoCar. Macam² emang manusia.
      Itu secara halus sudah diblokir akunnya, daftar aja lagi pakai no baru.

      2
      2
  • 28 Maret 2024 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Oh,baru tau saya kalau sering cancel order berpengaruh ya sama akun kita?..kalau begini caranya Ndak ada simpati simpatian Ama driver,kalau suruh cancel dengan alasan jaraknya dia jauh,tak sesuai. Ya biarin aja kalau begitu. Atau laporin aja ke aplikator kalau driver suruh cancel.emang aneh aneh kok driver sekarang,banyak triknya. Ada jga yg mobilnya udah datang dan jemput kita ,terus anterin kita,tapi laporan perjalanan ke tujuan tidak di klik,jadi posisi lagi jemput customer tuh laporanya. Setelah sampai tujuan eh…. Dibatalkan. Otomatis aplikasi kita cari driver lagi, parah..bayangkan kalau kita tak kontrol apl bisa bisa seharian cari driver terus. Kita ditlp trus Ama driver baru. Hati2 Ama oknum kayak begitu.

    3
    2
    • 28 Maret 2024 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Pindah ke gojek aja saran saya.
      Drivernya rajin rajin dan tepat waktu tidak seperti aplikator sebelah

      1
      3
  • 28 Maret 2024 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Coba anda jadi driver online, gak tau sekarang potongan besar apalagi bonus udah ssh didapat,kemacetan apa dihitung, coba anda naik taksi argonya berjalan grab cuma tau kedriver tu potongan gak tau kita dpt apa,para driver tu risikonya besar nyawa taruhan sdh banyak tmn2 kita meninggal dimobil apa ada asuransinya dr grab,grab cuma kasih karangan bunga,salam satu aspal

    6
    9
  • 28 Maret 2024 - (23:29 WIB)
    Permalink

    enakan pakai maxim,mau macet tetep di ambil orderan,soal nya maxim sistem nya outo,,klu driver atau costumer yang cancel pasti kena PTO rating driver pasti turun,dan susah dpt order lgi ke esokan hri nya.

    2
    2
    • 29 Maret 2024 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Emang betul,sikuning tarifnya bisa dibilang murah,tapi potongan untuk driver dari apl kecil. Jadi pendapatan beda tipis Ama yg tarifnya mahal karena potongan dari aplikator jga Gedhe.

  • 28 Maret 2024 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Saya pernah order juga 10 x gojek batalin driver terus karena ujan. Ga kena sangsi sih.

    Cuma grab yg sekali order lgs diterima. Urgent sangat membantu karena udah 10x ditolak gojek terus saat itu ya…. Jam 11 malam gerimis. Padahal bersliweran rame bgt disekitar gojek.

  • 30 Maret 2024 - (03:29 WIB)
    Permalink

    Untuk transportasi aku pakai aplikasi yang membebaskan kita memilih driver. Jangan mau yang otomatis dapat, by system.

  • 30 Maret 2024 - (09:20 WIB)
    Permalink

    InDrive kan begitu. Pilih sesuai jarak dan berapa waktu yang dia butuhkan untuk menjemput anda.
    Dulu malah ada menu kita blokir driver lho.

    • 30 Maret 2024 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Nah itu knapa sekarang ga ada menu blokir ya apalagi driver yg food food.. Kadang ada yg suka ga berkenan suka dapet dia dia lagi gt.

  • 30 Maret 2024 - (11:58 WIB)
    Permalink

    wkwkwk, ada sopir taksol komplain nih di reply minta ngerttiin si sopir, lah lu jadi supir taksol tuh cuma mitra bukan pegawai, udah risiko pekerjaan itu. segala minta ngertiin halah, mending urus noh temen2 lo yg nuyul fake gps apa lecehin penumpang cewe.

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Order 9 Kali Dibatalkan karena Driver Grab, Konsumen yang Kena Sanksi…

oleh Ari dibaca dalam: 1 menit
19