Masalah “Resi Palsu” Sudah Banyak Dikeluhkan, Tapi Kok Tidak Ada Perbaikan atau Tindakan Apapun dari Akulaku?

Saya pesan HP di Akulaku tanggal 10 Januari 2022 pada merchant one shop. Pada tanggal 10 keterangan barang sudah dikirim melalui SiCepat, tertera nomor resi juga. Tapi ternyata setelah saya lacak beberapa kali via WA SiCepat, nomor resi tersebut tidak valid.

Dari tanggal 10-13 Januari tidak ada perkembangan apapun lagi di pesanan saya berarti status pengiriman di pesanan saya tersebut palsu. Mengapa permasalahan seperti ini bisa lepas dari pantauan pihak Akulaku? Kok bisa resi palsu dituliskan?

Saya sudah melayangkan beberapa komplen via telepon CS,email, dm twitter, dm instagram akun resmi akulaku, bahkan saya juga sudah chat penjual. Namun semuanya nihil, yang menjawab hanya CS Akulaku tapi jawaban yang diberikan sangat tidak memuaskan, saya hanya disuruh untuk menunggu, sama seperti teman-teman yang lain, bahkan dari CS menjawab bahwa resi tersebut memang tidak valid, tanpa ada bantuan/ tindakan lanjutan dari pihak Akulaku yang dapat meringankan saya juga.

Lalu, hal lain yang mengecewakan adalah, ketika konsumen tidak diberikan opsi untuk membatalkan pesanan, tapi barang yang dibeli tidak ada kejelasan pengiriman, baik dari pihak merchant maupun pihak akulaku.

Ternyata masalah ini sudah lama dikeluhkan oleh banyak konsumen, tapi sampai hari ini saya juga mengalami hal sama. Berarti dapat disimpulkan bahwa tidak ada usaha perbaikan dari pihak Akulaku terkait permasalahan yang dikeluhkan oleh banyak orang.

Salapia Yuliana
Tegal, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:40    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Ibu Salapia Yuliana

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Ibu Salapia Yuliana pada tanggal 13...
Baca Selengkapnya

37 komentar untuk “Masalah “Resi Palsu” Sudah Banyak Dikeluhkan, Tapi Kok Tidak Ada Perbaikan atau Tindakan Apapun dari Akulaku?

  • 13 Januari 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Pembeli tahu kalau ada masalah “resi palsu” di Akulaku tapi masih juga mau beli disana.

    Pertanyaan nya adalah:
    Siapa yang pintar membohong dan siapa yang gampang dibohongin?

    11
    8
    • 14 Januari 2022 - (01:49 WIB)
      Permalink

      Akulaku limitnya dipake untuk bukalapak atau shopee atau jd.id aja, jgan beli dari aplikasinya

      9
      1
    • 14 Januari 2022 - (09:21 WIB)
      Permalink

      Halo Mas Firman, kalaupun saya sudah mengetahui masalah ini banyak dikeluhkan sebelumnya, saya juga tidak akan memesan di Akulaku. Saya baru membaca banyak keluhan setelah saya memesan di Akulaku & tidak dapat dibatalkan. Mohon dibedakan, saya rasa tidak ada orang yang ketika sudah mengetahui bahwa Akulaku sering kena komplain, kemudian ia tetap memesan barang di Akulaku. Kejadian di sini adalah, kebanyakan orang memesan dulu lewat Akulaku, kemudian baru membaca komplain dengan keluhan yang sama. Termasuk saya.

      6
      1
    • 14 Januari 2022 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah kasus, beli jam tangan Alexander Christie ternyata palsu. Prosesnya susah banget sampai saya datangin kantor AkuLaku. Sejak itu kapok pakai Aplikasi ini, seller nya rata2 ga bener

  • 13 Januari 2022 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Saya tahu masalah resi palsu setelah saya lacak paket saya, ternyata nomor resi tidak valid. Kemudian saya cari tahu infonya lewat google, ternyata saya menemukan komplain yang sama di media konsumen ini. Saya baru pertama kali pesan di Akulaku makanya saya butuh penjelasan lebih detail lagi.

    4
    2
    • 14 Januari 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Saran saya mbk.. kalo bisa beli HP cash aja.. klo udh berurusan dg utang online data kita rentan mbk. Sesuaikan sja dg kebutuhan..klo dana mepet..beli hp yg sejutaan kaya infinix xiaomi samsul dah bagus jaman skrng..intinya sesuaikan kebutuhan bukan gaya. Krn klo berurusan dg pinjaman online..bisa berabe..saran lho ini. Masalah utang jg terbawa smpe akhirat.

      4
      1
      • 14 Januari 2022 - (06:22 WIB)
        Permalink

        halo Mas, terima kasih sekali masukannya. Tapi di sini saya hanya menolong tetangga saya yang habis kena musibah hp dan uangnya diambil pencuri, sedangkan Beliau butuh HP baru untuk kerja sehari-hari & kemudian meminta tolong saya untuk mengambilkan hp karna Beliau tdk bisa membeli cash. Saya baru pertama kali transaksi di Akulaku ini, makanya saya sampe komplain ke sini, karena saya juga membantu Beliau agar hpnya cepat sampai.

        4
        1
      • 14 Januari 2022 - (07:40 WIB)
        Permalink

        Haloooo.bukankah keluhan seperti ini sdh sering sekali dimuat disini..ibu mau mencoba.atau memang sengaja ingin ditipu.selamat ya bu.ibu berhasil kena tipu.
        Semoga tambah pengalamannya.

        2
        10
        • 14 Januari 2022 - (07:47 WIB)
          Permalink

          halo Bapak, sudah saya reply komen serupa di atas, bahwa saya baru pertama kali melakukan transaksi, setelah saya lacak paket, ternyata resi tidak valid. setelah kejadian tsb saya baru mencari informasi di google & menemui keluhan-keluhan serupa di media konsumen ini. Mohon maaf sebelumnya Bapak, saya rasa semua orang tidak ada yang mau sengaja untuk ditipu. Saya lari kesini untuk mendapatkan konfirmasi dari pihak Akulaku ya Pak, ini salah satu usaha yang bisa saya lakukan. Semoga tidak banyak lagi yang mengalami hal serupa. Terima kasih sebelumnya Pak.

          5
          1
      • 14 Januari 2022 - (15:55 WIB)
        Permalink

        saran anda bagus tapi keluar dari koridor,klo orang itu punya cash kayak nya gak mungkin juga dia ngutang

  • 14 Januari 2022 - (00:02 WIB)
    Permalink

    Sering baca kasus akulaku. Tp msh ada aja yg mau belanja. Akulaku itu situs punya siapa? Kalo saran sih jika mmg ada dana cash tanpa pinjam sebisa mungkin beli di market place yg jarang masalah atau langsung ke warung aja yg deket yg menyediakan produk yg ingin di beli, harga beda gak masalah selama hati damai tentram

    4
    1
    • 14 Januari 2022 - (06:23 WIB)
      Permalink

      halo Mas, terima kasih sekali masukannya. Tapi di sini saya hanya menolong tetangga saya yang habis kena musibah hp dan uangnya diambil pencuri, sedangkan Beliau butuh HP baru untuk kerja sehari-hari & kemudian meminta tolong saya untuk mengambilkan hp karna Beliau tdk bisa membeli cash. Saya baru pertama kali transaksi di Akulaku ini, makanya saya sampe komplain ke sini, karena saya juga membantu Beliau agar hpnya cepat sampai.

    • 14 Januari 2022 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Halo Mas, Terima kasih banyak. Semoga masalahnya cpt selesai & tdk ada lagi kejadian serupa🙏

  • 14 Januari 2022 - (07:51 WIB)
    Permalink

    itulah pekerjaan si tukang riba dan kroni nya yg ahli tipu2 …
    mereka sama2 ahli neraka, bu….
    yg satu pencari untung dr bunga… yg satu pencari untung dr tipu2….
    saran saya, jika memang butuh utangan (jika terpaksa) … maka belilah di marketplace terpercaya yg terhubung dengan akulaku…
    akantetapi, sebaik nya … hindari mereka yg bagaimana pun merugikan kita….
    itu pendapat saya yg hanya mau ngegutarakan isi hat saya aja🙏

    3
    1
    • 14 Januari 2022 - (08:01 WIB)
      Permalink

      halo Pak, terima kasih sekali masukannya. Saya sudah membalas juga komen serupa. Jadi di sini saya hanya menolong tetangga saya yang habis kena musibah hp dan uangnya diambil pencuri, sedangkan Beliau butuh HP baru untuk kerja sehari-hari & kemudian meminta tolong saya untuk mengambilkan hp karna Beliau tdk bisa membeli cash. Saya baru pertama kali transaksi di Akulaku ini, makanya saya sampe komplain ke sini, karena saya juga membantu Beliau agar hpnya cepat sampai. Saya murni hanya ingin membantu Pak, tidak ada maksud apapun, saya tidak pernah tahu kalau akan ada kejadian ini. Semoga ke depan kita bisa dijauhkan dari segala riba ya Pak🙏

    • 14 Januari 2022 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Saya sudah melayangkan komplain ke CS Akulaku via telfon, dm instagram, dm twitter akun resmi Akulaku, saya juga sudah chat penjual tapi sampai hari ini belum ada perkembangan terkait dengan barang yang saya pesan Pak, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Pihak terkait dalam penanganan komplain saya, semoga dengan saya lari ke media konsumen ini, pihak terkait dapat segera mengonfirmasi🙏

      • 14 Januari 2022 - (08:38 WIB)
        Permalink

        Ok semoga lancar, sabar ya itu seller pasti ngeles ga mau tanggap dah keliatan ciri ciri modusnya.!

        Hati” transaksi luar aplikasi

  • 14 Januari 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Masalah “Resi Palsu” Sudah Banyak Dikeluhkan, Tapi Kok Tidak Ada Perbaikan atau Tindakan Apapun dari Akulaku?

    Terus kenapa anda beli di akulaku kalau sudah tahu banyak keluhan

    1
    1
    • 14 Januari 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Halo Mbak Angelina, kronologinya sudah saya jelaskan di komen serupa di atas Mbak bahwa saya menemukan media konsumen ini setelah saya mengetahui bahwa resi saya tidak valid. Semoga Mbak Angelina juga tidak akan pernah mengalami hal serupa dimanapun, semoga kita semua dijauhkan dari masalah yang sama. Terima kasih ya Mbak🙏

      2
      1
      • 14 Januari 2022 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Kalaupun saya sudah mengetahui masalah ini banyak dikeluhkan sebelumnya, saya juga tidak akan memesan di Akulaku. Saya baru membaca banyak keluhan setelah saya memesan di Akulaku & tidak dapat dibatalkan. Mohon dibedakan, saya rasa tidak ada orang yang ketika sudah mengetahui bahwa Akulaku sering kena komplain, kemudian ia tetap memesan barang di Akulaku. Kejadian di sini adalah, kebanyakan orang memesan dulu lewat Akulaku, kemudian baru membaca komplain dengan keluhan yang sama. Termasuk saya.

        3
        1
  • 14 Januari 2022 - (10:12 WIB)
    Permalink

    akulaku ini memang bermasalah masalah resi palsu…. skarang hanya yang suka baca media konsumen yang tahu tentang ini… saya rasa mereka gak merasa penting untuk menjaga supaya konsumen merasa aman berbelanja disana…. saya comment semoga masalahnya makin di up sehingga pihak aku laku hubungin mba lebih cepat… ini uda banyak kasusnya di sini tapi gak tau lanjutannya gmana… moga2 cepat selesai yah mba….

    • 14 Januari 2022 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Halo Mbak/Mas, terima kasih banyak komen positif dan doanya🙏 Semoga masalahnya segera diselesaikan. Sehat selalu ya Mbak/Mas🙏

  • 14 Januari 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Saya menghargai sikap baik si ibu menolong tetangga yang kena musibah kehilangan HP. Namun naas kena musibah juga. Jadi 22 nya kena apes. Begitulah kalau berbuat baik kepada sesama kadang banyak cobaan dan ujian yang kita hadapi. Bersabarlah Allah pasti akan menolong

  • 14 Januari 2022 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah saya pembaca setia keluhan2 diMK, jadi bisa belajar terus untuk tidak belanja online. Belanja offline lebih menyenangkan.

  • 15 Januari 2022 - (08:59 WIB)
    Permalink

    wkwkwkwkwkwk, jadi smart buyer dong

    masalah resi palsu sudah banyak dikeluhkan, kok tidak research dulu sebelum berbelanja?

    • 15 Januari 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      wkwkwk halo mas ivan, coba cari pengertian kata research dulu mas, baru berkomentar sesuai dg kejadian yang saya alami🙏

  • 15 Januari 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    saran saya bikin laporan polisi dengan kasus penipuan biar pihak akulaku juga berbenah terhadap mitra2 nya karena selama ini konsumen akulaku lebih banyak “menerima” kasus tersebut padahal nama mereka akan jadi jelek jika kredit nya tetap berjalan

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Masalah “Resi Palsu” Sudah Banyak Dikeluhkan, Tapi Kok Tid…

oleh syuliana dibaca dalam: 1 menit
37