Penyelesaian Masalah Pick Up Fiktif Gojek Sameday dari Pihak Shopee Merugikan Pihak Penjual

Saya selaku salah satu seller di Shopee, merasa SOP penyelesaian masalah pick up barang sameday Gojek dari pihak Shopee terlalu kaku dan tidak membantu.

Pada tanggal 22 Februari 2022, ada pesanan sameday di toko kami dan kami sudah melakukan request pick up sekitar pukul 12 siang, dengan pilihan kurir pembeli Gojek sameday. Pihak pembeli menginfokan untuk dapat dikirimkan hari ini juga (dan sesuai prosedur toko kami dan pukul pick up Gojek sameday masih bisa diproses).

Sekitar pukul 13.45 kami mengecek status lacak barang dalam kondisi sudah ter-pick up pada pukul 13.22 (terlampir foto), tetapi posisi barang masih ada di tempat kami (belum diambil driver ybs). Kami pun menunggu hingga pukul 14.00 karena ada kemungkinan driver dalam perjalanan pick up.

Karena barang belum di-pick up juga, kami melaporkan ke pihak Shopee sehingga dapat dibantu dicarikan solusi dicarikan driver baru sehingga barang tetap bisa dikirim pada hari yang sama.

Pihak CS Shopee diwakilkan oleh Resha malah memberikan jawaban, kalau kendala kami diteruskan ke tim terkait dengan no pelaporan dan disuruh tunggu paling lama 3 hari kerja, yang menurut kami ini bukan solusi. Kami cuma minta dicarikan driver baru pada hari yang sama biar masalah bisa diselesaikan.

Pengiriman sameday dalam kategori pengiriman hari yang sama kalau disuruh tunggu sampai 3 hari kerja siapa yang bisa terima?? Paling pembeli membatalkan pesanan dan yang dirugikan tetap penjual. Dan Gojek sebagai pihak kurir sudah beberapa kali melakukan pick up fiktif. Kami tidak tahu sistem ini salah di mana, tapi sebagai penjual kami sudah dirugikan. Beberapa kali dengan pick up yang dinotifikasikan sudah di-pick up, tetapi barang sebenarnya belum di-pick up dan pada akhir hari akan dibatalkan oleh kurir ybs dan pihak penjual akan dikomplain pembeli.

Selama ini sebagai penjual kami juga dinilai pembeli, karena pengiriman yang sebenarnya sudah berulang kali kami infokan kalau masalah kurir itu di luar kontrol kami. Namundi halaman penilaian cuma ada penilaian terhadap penjual tidak ada penilaian terhadap kurir, jatuh-jatuhnya semua ke penilaian penjual.

Surat pembaca ini kami tulis dengan harapan ada solusi baku dari pihak Shopee dan gojek bukan solusi yang diberikan setelah adanya komplain. Solusi yang tidak merugikan pihak penjual, pembeli ataupun overload pick up driver (yang kami tidak tahu sistemnya seperti apa).

Untuk semua bukti chat dengan pihak Shopee dapat dilihat di foto yang kami lampirkan berikut:

Terima kasih.

Mariana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Gojek di Shopee:
[Total:47    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Penyelesaian Masalah Pick Up Fiktif Gojek Sameday dari Pihak Shopee Merugikan Pihak Penjual

  • 23 Februari 2022 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Utk sementara off kan aja dulu, kurir sameday lain msh bnyk dr pd kena komplain bintang 1

    • 23 Februari 2022 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Iy, kurir ybs akan kami nonaktifkan krn sudah bbrp kali hal ini terjadi dan selalu pihak seller yg dirugikan.

      2
      1
      • 24 Februari 2022 - (02:01 WIB)
        Permalink

        pihak shopee lelet penanganan, yg kena seller, kk sy yg jualan OL udah brp x kena begini, beda sama tokopedia, klo smpe dibatalin driver pasti cepat ada pengganti, barang aja belum tentu org mau nunggu sampe 3 hari, apalagi makanan, yg ada jd ngeselin pembeli, yg kena duluan sellernya, sejauh ini solusi tercepat adalah melakukan pembatalan dan order ulang, masalahnya tidak semua pembeli mau melakukan hal tsb terutama bila ada voucher khusus, bikin gemes, semoga pihak shopee ada solusi tercepat ya kak utk kendalanya, fee admin mahal banget tp pelayanan ke pembeli dan penjual udah kyk gratisan aja, telat kirim aja udah kena pinalti, giliran kendala dr sistem mereka malah nyuruh nunggu 3 hari, ujung2nya juga suruh seller minta pembeli order ulang,basa basi yg gemesin.

        3
        4
        • 24 Februari 2022 - (09:07 WIB)
          Permalink

          Setuju bgt untuk pesaing shopee, penanganan sameday lbh cpt dan lngsung Dicari kan driver baru.

          1
          1
      • 24 Februari 2022 - (02:03 WIB)
        Permalink

        Pake jasa dari Beres Express saja kak bisa di andalkan untuk masalah Pickup barang, dan paketpun cepat sampai serta amanah..

        2
        1
      • 24 Februari 2022 - (18:44 WIB)
        Permalink

        Kasus seperti ini ada beberapa driver gojek nakal yg mencoba mendapatkan uang tanpa harus bekerja. Mereka melakukan pickup fiktif di aplikasi kurir yg sudah dimodifikasi, lalu melakukan retur/pengembalian barang ke toko di sore hari dengan berbagai alasan di aplikasi driver gojek. Sehingga mereka mendapatkan uang tanpa harus bekerja. Tolong para seller bila menemukan kasus seperti untuk dapat melaporkan ke CS Gojek secara lengkap, dengan data2 sbb: nomor resi (nomor GK-????), nama driver gojek, nomor hape driver, jam, nama dan alamat toko anda dan nama dan alamat tujuan pengiriman. Laporkan saja ke CS Gojek agar driver2 bajingan seperti ini dapat di Putus Mitra, karena kasihan Driver2 yg serius bekerja jadi terkena imbasnya. Dimohon jangan menonaktifkan fitur Sameday karena kasihan Driver2 yg benar2 bekerja untuk keluarganya akan terkena dampaknya di masa sulit ini.

        1
        2
  • 23 Februari 2022 - (16:28 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya anda termasuk penjual yang bertanggung jawab berusaha tepat waktu dan menghargai customer anda, supaya anda tidak dapat bintang 1 dari customer bila kejadian semacam itu terjadi lagi, komunikasikan dengan customer kalau perlu setiap barang sdh dipacking dan siap diambil oleh kurir foto dan sampaikan ke customer bahwa barang sdh siap dan tinggal tunggu kurir

    10
    1
    • 23 Februari 2022 - (17:18 WIB)
      Permalink

      Makasih buat inputnya.
      Selama ini kt sll berusaha untuk memberi pelayanan optimal ttpi sgtlah merepotkan kl kami mesti memantau 1 per 1 pesanan.

      Yg biasa kami lakukan cm bbrp jam skali mengecek status pengiriman.

      Kdg Kala kami mendapat customer yg mau mengerti ttpi adakalanya ttap di komplain mengenai pengiriman wlpun sudah kami infokan kl itu dluar dr kontrol kt.

      2
      1
    • 23 Februari 2022 - (20:24 WIB)
      Permalink

      “kendala kami diteruskan ke tim terkait dengan no pelaporan dan disuruh tunggu paling lama 3 hari kerja”

      Jawaban amatiran, kalau 3hr kerja ya keburu kabur konsumennya.

  • 23 Februari 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Halo kak, saya seller jg buyer d Shopee. Tapi bbrp kali sempat kejadian saya mw ambil pake sameday, eh dpilihan ga ada. Ngechat ke penjual katanya pilihan dbuka. Tp d saya hanya ada 2 pilihan reguler dan kargo. Ya tentu saya ga mau krn butuh segera. Akhirnya ga jadi beli deh.

    Pernah kejadian lagi pesen brg sampe garansi abis ga dkirim jg, setiap dicek selalu pagi ditulis pagi diambil kurir trs malam gagal tak terkirim pdhl saya tinggal d apartemen yg d jam kerja bagian penerimaan pasti buka. Ya kalo dtg jam 9 mlm pasti ga ada yg layanin. Dan itu sampai 5x gagal. Komplain ke Shopee boro2 kendala diselesaikan, cm dsuruh sabar doang sodara2. Eneg bgt sm Cs Shopee. Akhirnya brg telat datang seminggu kemudian. Bayangin bete dan ga guna nya.

    Sejak itu toko saya d Shopee saya tutup. Males cari perkara mending jual d tempat lain. Kesimpulan nya semua hal yg tdk dlm kontrol qta akan dipermainkan sama pihak marketplace. Mau promo kek, kurir kek, pencairan dana kek, bahkan iklan jg dikendalikan mereka sehingga ga usa kaget kl anda selalu drugikan sbg seller.

    3
    1
    • 23 Februari 2022 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Shopee masih yg terbaik bg saya. Penjualan terbanyak ada di shopee, kemudian toped dan bukalapak. Dan sepertinya yg anda alami terlalu ribet. Kl toko tidak layani kiriman expres/sameday ya tidak usah paksa toko buka layanan. Anda beli barang tidak segera dikirim, ya hubungi penjual bukan malah hubungi cs.

      27
          • 24 Februari 2022 - (10:39 WIB)
            Permalink

            Iya,ente emang ngga pny kemaluan…komplen mslh apa,ente komen kemana…baca dulu baik2 sblm komen,biar ngga di bully se indo…

  • 23 Februari 2022 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo saya pesan pake metode sameday ,aku tanya penjual dulu
    Biasanya penjual bilang paling telat hari esoknya.
    Penjual malah nyaranin pake jasa instan saja klo mau hari ini sampe .
    Akhirnya pake instan deh
    Katanya metode pengiriman sameday kadang suka lelet

    • 24 Februari 2022 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Iy, kt juga ada sedia kan pilihan instan, tidak smua pembeli bs kt arahkan ke instan mengingat jarak lokasi ke lokasi.

      Tidak bs disalahkan pembeli jg memilih sameday krn itu ada di pilihan dr pihak MP.
      Yg kami sesalkan penanganannya yg tll Kaku dan tidak bs membedakan mana permasalahan yg bs di selesaikan dgn cpt dan mana yg perlu di investigasi.

      Tujuan kami menulis surat media konsumen ini berharap ada perubahan penanganannya.

  • 24 Februari 2022 - (03:09 WIB)
    Permalink

    Klo sm kurir udh di pic up akan ketahuan sm driver siapa trus kode nya ada tinggal laporin aja ke cs nya

  • 24 Februari 2022 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Sebenernya permasalahan ada di driver ojol sameday si. Biasanya driver udah terlalu banyak barang, capek, atau apalah terus mengpickup barang tanpa ambil barang biar dapat di retur. Agar driver dapat keuntungan ongkos ga terpotong . Harusnya agan laporin aja ke pihak penyedia layanan misal gojek atau grab. Kalo driver bener mah ga mau ambil barangnya pasti dibatalin, bukan digantung.

    • 24 Februari 2022 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Iy bnr, ini bnrnya sistem kerjasama MP dan pihak kurir yg kt gk tau sistemnya gmn ttpi jgn merugikan pihak yg memakai jasa ini.

      Yg kt tau jasa sameday artinya hari yg sama slama di request sesuai jam.

      Kcuali ada kejadian diluar kendali kt jg bs memakluminya.

      Bkn di buat status pick up ttpi brg blm dipick up 🙏🙏🙏

  • 24 Februari 2022 - (07:31 WIB)
    Permalink

    seharus nya dri pihak toko mengalihkan pengiriman nya,klo sudah sering ktmu bgni suruh paken instant jgn pake sameday, klo mau sampe, terkandng penjual dan pembeli nga mau rugi….. Contoh : barng gede ttp disrh pake driver pembeli pun bgtu, mau cepet tapi murah….

    1
    2
    • 24 Februari 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Untuk mslh pilihan kurir tergntung ke pembeli, yg kami tau ada pilihan sameday brrti kesanggupan dr pihak MP dan kurir yg membuka layanan jasa ini untuk memenuhi kewajibannya.

      mslh ukuran dan berat kt jg sudah sesuai krn kt jg tdk mau mengganti ukuran dan berat untuk penyesuaian harga kirim.
      Krn selain instan, sameday kt jg ada jasa regular dan cargo.

  • 24 Februari 2022 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Saya juga dulunya sering mengalami kasus pick up fiktif seperti ini dengan kurir gosend sameday, dan masalah pick up fiktif sebenarnya sudah berlangsung beberapa tahun yg lalu dan sampe skr masih blm ada perbaikan di pihak gojeknya. Bahkan dulu ada driver yg sudah berulang kali sy laporkan ke gojeknya lgsg dan akan dijanjikan ditindak tegas tp dikemudian hari nya tetap sj diulangi lg. Brarti di gojeknya sendiri cuma sebatas ucapan sj tidak berani menindak dengan tegas driver yg seperti itu. Bisa jadi gojek sedang kekurangan driver sehingga tidak berani menindak tegas. Akhirnya saat ini sy hanya mengaktifkan kurir grab sameday untuk layanan sameday di toko sy. Dan hasil nya juga sangat memuaskan, datang pick up nya rata-rata lebih cepat di banding driver gosend sameday. Dan yg paling melegakan tidak banyak drama yg terjadi. Sangat minim masalah yg sy temukan pd kurir grab sameday.

    Untuk cs shopee, memang tidak ada harapan klo mengadu masalah seperti ini. Hanya buang waktu sj. Anda dan buyer juga tidak dapat melakukan pembatalan transaksi apabila status pengiriman nya telah di pick up driver. Cara tercepat adalah tlp cs gojek nya lgsg di 02150849000 infoin no resi yg bermasalah ini dan minta di batalkan no resi tsb. Dengan begt tombol retry pick up akan muncul di aplikasi shopee nya dan anda bs segera melakukan retry pick up kembali.

    • 24 Februari 2022 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Di kita juga sering seperti ini, biasanya solusi paling cepat adalah minta pembeli komplain dan batalkan transaksi, dan order ulang. Karena kalau sudah terpickup, sudah tidak bisa retry pickup lagi. Kalau pembeli ga order ulang ya wasalam deh bukan rejeki.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Gojek di Shopee?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Penyelesaian Masalah Pick Up Fiktif Gojek Sameday dari Pihak Shopee Me…

oleh Mariana dibaca dalam: 2 menit
26