Akun Shopee Saya Diblokir oleh Sistem, CS Tidak Membantu Sama Sekali

Yth. Shopee,

Tujuan saya melayangkan ini bukan berniat menjelekkan nama Shopee atau Anteraja, tetapi mengharapkan keseriusan menangani masalah untuk pelayanan yang lebih baik.

Saya menulis surat ini, karena pihak Shopee tidak menyelesaikan komplain saya, yaitu soal akun yang diblokir oleh sistem karena terindikasi melakukan pelanggaran transaksi. Padahal saya sudah terangkan berkali-kali kepada pihak CS Shopee. Namun yang ada hanyalah balasan formalitas saja tanpa ada keseriusan menangani permasalahan saya.

Cerita bermula, saat saya mendapatkan order pertama saya tanggal 21 Februari 2022. Saya penjual baru, sangat senang sekali saya mendapatkan order pertama dan segera memproses dengan order dengan layanan Anteraja untuk pickup barang saya. Info dari sistem Shopee bahwa pengambilan pickup Anteraja antara pukul 14:00 – 18.00. Toko offline saya tutup pukul 5 sore, saya belain nungguin kurir Anteraja sampai pukul 6.30 sore, tapi tidak kunjung datang.

Ya sudah, saya cek histori pengiriman, ternyata statusnya “Percobaan pickup gagal: parsel belum siap di-pickup dan akan dijadwalkan ulang” (ini saya lampirkan buktinya).

Hari kedua, saya tunggu lagi Anteraja sampai sore pukul 6, tapi gak di-pickup lagi dan kembali dengan jawaban mesin otomatis seperti di atas (maaf, yang ini saya tidak bisa tunjukkan bukti screenshot-nya karena akun Shopee saya sudah diblokir Shopee).

Pada hari ketiga inilah saya mulai risih tidak ada komunikasi dari Anteraja mengenai kejelasan pickup barang saya diambil atau tidak. Maka dari itu saya minta pembeli untuk membatalkan orderannya, dan order ulang menggunakan kurir lain. Orderan kedua ini menggunakan kurir lain sudah saya proses, dan info dari pembeli sudah menerima barang saya.

Yang saya permasalahkan ini, transaksi di atas ini pelanggarannya di mana? Saya sudah keluhkan berulang kali ke CS Shopee, tetapi selalu dijawab dengan formalitas “Kami memahami kendala anda”. Jadi cuma sekedar memahami, tanpa ada keseriusan menangani kendala saya. Apakah karena saya penjual receh jadi dipandang sebelah mata saja? ๐Ÿ™

Saya sudah informasikan juga ke CS Shopee bila tidak bisa menangani masalah saya, mohon untuk diteruskan ke superiornya atau manajernya untuk menangani kendala saya.

Sistem Shopee didesain sedemikian rupa untuk menelusuri pelanggaran transaksi. Namun jika pembatalan transaksi yang saya lakukan tidak ada unsur kesengajaan, seharusnya manajemen Shopee bisa menelisik ulang permasalahan ini dan memperbaiki sistem Shopee. Bukannya langsung blokir permanen yang merugikan pihak penjual.

Terus terang transaksi awal dan satu-satunya transaksi ini tidak sampai Rp50,000. dan barang sudah sampai dengan selamat ke pembeli. Dengan akun saya diblokir, otomatis uang penjualan saya juga tidak masuk kantong saya. Saya tidak terlalu permasalahkan ini. Yang jadi masalah, saya sudah membuang waktu berhari-hari untuk meng-upload 100 produk di toko saya dan berhari-hari juga untuk memperjuangkan akun saya kembali.

Saya mohon manajemen Shopee untuk mengambil alih permasalahan ini dan mengecek kembali akun saya.ย Mohon dicek kembali kasus #1496707946247995476 dan #1497414918105071713, yang sudah saya layangkan ke Shopee.

Saya mohon maaf bila ada kata-kata saya yang tidak berkenan. Saya tidak ada maksud menjelekkan marketplace sebesar Shopee dan penyedia jasa kiriman Anteraja. Semoga dengan surat ini permasalahan ini bisa diatasi dan tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Terima kasih atas waktunya.

Andika Christianto
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:47    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Akun Shopee Saya Diblokir oleh Sistem, CS Tidak Membantu Sama Sekali

  • 4 Maret 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Mungkin satu-satunya kesalahan anda menurut saya adalah anda memerintahkan pembeli untuk membatalkan pesanan. Apalagi anda memerintahkannya lewat chat di shopee. Itu bisa kena pinalti.

    • 4 Maret 2022 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Mungkin juga ya Kak, tapi bila iya, apakah ini pelanggaran berat sampai harus diblokir permanen ya? dan juga tidak ada penjelasan detail dari CS shopee.

      Dan lagi, pembeli yang sama pada akhirnya juga mengorder ulang di toko saya melalui kurir lain. disini kan tidak merugikan shopee sama sekali.

      4
      1
    • 5 Maret 2022 - (12:15 WIB)
      Permalink

      Benar, kalau dia membatalkan sendiri tanpa meminta pembeli untuk membatalkan malah aman, setelah dia batalkan sendiri baru deh dia minta pembeli untuk order ulang di jamin aman 100% karna saya pernah jualan di shopee sering batalkan pesanan karena kendala kurir,,,

    • 4 Maret 2022 - (10:31 WIB)
      Permalink

      makasih kak tawarannya, saya tunggu dulu respon shopee disini.
      semoga manajemen shopee mau menelusuri kembali kasus saya.
      sedih banget lagi senengnya pecah telor, eh akun kena blokir T.T

  • 4 Maret 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat teratasi kendalanya, saya juga pernah di blokir Akun Shopee saya, sempat beberapa kali follow up untuk pembukaan akun kembali, saya juga di infokan melanggar syarat dan ketentuan juga, tapi gajelas S&K mana yang saya langgar tapi tidak di infokan..

    Mungkin takut kalau di kasih tau S&K mana yang dilanggar, takut pengguna bisa mengakali transaksi Shopee buat fraud mungkin..

    Semoga cepat teratasi kendalanya

    • 4 Maret 2022 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Kayak nya si ini dari 100 produk yang di iklan ada yang melanggar aturan shope .. yang otomatis di blokir sistem .. coba di cek lagi gan jualan nya .. dan apa2 saja yang gaboleh di jual di shope

  • 4 Maret 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    pertama2, penulis ini jualnya apa di shopee? kalo blm jelas, kita blm bs kasi komentar

  • 4 Maret 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    dalam seller baru harus di bimbing .. klo perlu di bimbing via telpon.. bisa jadi bingung … dalam masa pandemi saat ini kita harus saling dukung.. entah seller reseller pembeli… masalah ini bisa menjadi koreksi yang bagus buat semua.
    agar tidak terulang kembali…

    1
    1
  • 4 Maret 2022 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Saya selaku penulis artikel ini dengan ini menyatakan bahwa surat keluhan yang diterbitkan pagi ini sudah difollow-up dengan baik oleh shopee jam 12 siang tadi untuk diselidiki dan ditinjau kembali akan kasus akun shopee saya yang terblokir.

    Dan sore harinya, Alhamdulillah saya sudah bisa akses akun shopee saya kembali tanpa kekurangan apa-pun.

    Terima kasih atas fast respond kepada team Shopee untuk keseriusan dan kesediaan dalam menangani kasus saya.

    Terima kasih juga kepada media konsumen yang menjadi jembatan untuk menyambungkan keluhan saya.

    Saya mohon maaf kepada Tim CS shopee apabila ada kata-kata saya di email yang tidak berkenan.

    Dan terima kasih kepada para pembaca yang sudah memberi masukan kepada saya.

    Salam,

    Andika Christianto

    16
    1
  • 4 Maret 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Anteraja kurir2nya emang parah sih pada males pickup padahal lokasi agen sama toko ga jauh2 amat

  • 5 Maret 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Wah bahaya ini saya juga sering membatalkan pesanan COD dari pembeli akun tidak jelas, karna saya tidak percaya itu akun benar2 order…

  • 5 Maret 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Setelah saya baca, kesalahan anda adalah meminta pembeli untuk membatalkan pesanan, itu pelanggaran besar di shopee setahu saya, dan pembeli pun juga di larang meminta penjual membatalkan pesanan lewat chat shopee…

    • 5 Maret 2022 - (12:17 WIB)
      Permalink

      ok Bang, makasih sarannya. berhubung akun sudah diaktifkan kembali. saya akan berhati-hati kembali untuk tidak melakukan kesalahan yang sama di lain hari.

      Salam

      1
      1

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Saya Diblokir oleh Sistem, CS Tidak Membantu Sama Sekali

oleh Andika Christianto dibaca dalam: 2 menit
20