Layanan WMS Telkom Mengecewakan, Laporan Gangguan Tidak Ditanggapi

Saya pelanggan WMS (Wifi Managed System) dari Telkom, 3 bulan keluhan tidak ditanggapi.

Saya berlangganan sejak awal tahun 2021 (sebelum beralih ke WMS saya merupakan pelanggan Indihome / Speedy lebih dari 10 tahun, di sini saya tekankan saya cukup paham jaringan).

Keluhan:
Koneksi internet saya mengalami gangguan sejak bulan Desember. Dan telah berkali-kali mengajukan perbaikan tapi tidak pernah ada solusi. Tak pernah ada satu pun teknisi yang mendatangi rumah saya, padahal setiap saya melaporkan gangguan saya selalu menyertakan data yang cukup detail.

Sebelum bulan Desember koneksi saya anggap lancar meskipun ada beberapa kali trouble tapi masih bisa ditangani oleh teknisi dengan baik.

screenshoot pada kondisi optic modem Hwawei
screenshoot pada kondisi optic modem Hwawei

Daftar Tiket Laporan Gangguan
Saya telah berkali kali mengirim laporan gangguan baik melalui facebook, twitter maupun email. Setiap saya cek hasilnya selalu perbaikan telah selesai dari sisi sentral, padahal pada kenyataanya masih terjadi dan tak ada teknisi yang datang untuk menyelesaikan gangguan. Berikut ini adalah beberapa Tiket Laporan Gangguan yang saya terima:

  • IN121915917
  • IN124928336
  • IN127399733
  • IN128507218
  • IN129980247
  • IN131895499
  • IN132527622
  • IN132527713

Detail Gangguan
Koneksi sering putus SSID sering hilang, kejadiannya random, namun akhir-akhir ini semakin sering. Hujan sedikit langsung mati. Sehari bisa lebih dari 10 kali SSID hilang, bahkan kini setiap jam mati. Kalau mati butuh waktu hingga 15 menit untuk normal kembali.

Saya meyakini penyebabnya adalah kualitas kabel Fiber Optic yang sudah rusak bisa dibuktikan dengan video lampiran dan screenshot kondisi jaringan optic pada ONT yang menyentuh angka -26dbm hingga -31dbm, kondisi ini tidak ideal karena seharusnya berada di kisaran -16dBm hingga -22dBm untuk koneksi maksimal.

Pada kondisi hujan atau saat tidak normal lampu LED dg tulisan PON pada modem Huawei berkedip dengan warna merah, itu artinya kondisi tidak ada sinyal optic, kejadian seperti ini terus berulang.

Pada kondisi hari yang cerah koneksi bisa berjalan baik, meskipun ada di kisaran -26dbm hingga -27dBm. Hal ini mungkin yang menyebabkan teknisi saat mengecek dari sentral terdeteksi normal. Namun kalau mereka ahli jaringan seharusnya faham -27dbm itu tidak ideal, koneksi pasti ancur. Dan seharusnya ada SOP-nya jelas kalau ada pelanggan berkali-kali melaporkan gangguan harusnya segera menugaskan teknisi lapangan untuk mengecek lokasi gangguan.

Penyebab
Saya meyakini penyebabnya adalah kualitas kabel Fiber Optic yang sudah rusak / jelek. Sebagai informasi sejak masih berlangganan Indihome kabel FO ke rumah saya lebih dari 5 kali putus dan berkali-kali disambung kembali oleh petugas, kebetulan kabelnya melintang di atas jalan raya sehingga berkali-kali terserempet truk muatan penuh.

Harapan
Mohon ganti kabel Fiber Optic dari ODP ke rumah saya, jaraknya cukup dekat kurang lebih 100m.

Data Tambahan
Video Youtube saat koneksi hilang

Kondisi ONT:

https://www.youtube.com/shorts/8XA01GgM0iA

Kondisi lampu PON kedip:

https://www.youtube.com/shorts/TFxFVjrXO44

Saat kondisi internet terhubung pun berada di kisaran -27dbm:

Catatan:
Saya tidak bermaksud menjatuhkan Telkom. Sebagai fulltime blogger dan Content Creator saya berterima kasih telah melewati lebih dari 10 tahun bersama Telkom.

Untuk kasus saat ini saya telah bersabar selama 3 Bulan jadi tolonglah saling mengerti; saya sebagai konsumen berhak mendapatkan layanan yang layak, dan Anda sebagai penyedia layanan berkewajiban memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.

Terima kasih.

Aceng Rahman
Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom WMS:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan PT Telkom Regional III atas Surat Bapak Aceng Rahman

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Aceng Rahman pada 16 Maret 2022 dengan Judul...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Layanan WMS Telkom Mengecewakan, Laporan Gangguan Tidak Ditanggapi

    • 18 Maret 2022 - (01:59 WIB)
      Permalink

      Sepertinya dugaan anda benar, soalnya perbaikannya cukup singkat. Teknisi hanya mengecek ODP saja dan koneksi pun langsung normal saat itu juga.

  • 16 Maret 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Musti ganti kabel baru itu dr oDP ke rumah klien. Jangan di split kalo bisa, soalnya sy pernah kejadian teknisi nakal di odp jatah saya di split sama yg lain.
    Akhirnya ya sinyal RX diatas 26dbm.
    Setelah komplen bbrp kali ke provider akhirnya dikembalikan seperti semula.

  • 18 Maret 2022 - (01:50 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk mediakonsumen.com
    Telkom 147 langsung menghubungi saya beberapa jam setelah keluhan saya tayang di sini.
    Tidak berselang lama 2 orang teknisi Telkom datang memperbaiki kerusakan dan kurang dari 1 jam perbaikan selesai, koneksi pulih kembali hari itu juga.

    Saat komentar ini ditulis sudah lebih dari 24 jam terpantau koneksi normal.
    RX Optical Power stabil berada di kisaran -21dbm (aman).

    Terima kasih untuk semuanya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom WMS?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Layanan WMS Telkom Mengecewakan, Laporan Gangguan Tidak Ditanggapi

oleh Aceng Rahman dibaca dalam: 2 menit
4