Menggunakan Wifi dan Provider Lain, tapi Masih Terpotong Tarif Dasar Internet Telkomsel

Hai Telkomsel,

Berkali-kali sepertinya saya mengirimkan surat, terkait layanan adanya pemotongan tarif dasar akses internet yang tidak saya gunakan sama sekali.ย Surat terakhir saya tidak ada balasan dan pihak CS yang sejatinya “membantu customer” tidak ada konfirmasi apa pun.

Saya hanya butuh penjelasan, kenapa teknologi internet paling mutakhir yang dimiliki perusahaan plat merah, tetapi memberikan penjelasan terkait kendala yang saya alami pun nihil dan tidak ada kejelasan sama sekali?

Berkali-kali saya menghubungi layanan CS digital via Twitter, tapi nihil. Disuruh pindahkan jaringan ke 3G, tapi 3G Telkomsel dihilangkan?

Saya sudah malas jika menghubungi layanan telepon CS. Sudahlah kendala dipotong tarif dasar internet, lalu customer menghubungi CS pun dipotong tarif.ย Jika ini masih tidak diperbaiki atau tidak ada itikad baik dari Telkomsel, permasalahan saya semuanya akan saya bawa ke tempat yang seharusnya.

Terima kasih.

Rean Rivandhana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:59    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Menggunakan Wifi dan Provider Lain, tapi Masih Terpotong Tarif Dasar Internet Telkomsel

  • 17 Maret 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Coba cek lagi settingan internet di hp, karena ada hp yang punya settingan untuk otomatis memilih mobile data kalau koneksi wifi jelek.
    Kakau ga salah di HP xiaomi ada settingan kaya gitu.

    Ada juga yang punya settingan untuk otomatis switch mobile data ke sim card satunya kalau sim card yang satu lagi on call.

  • 17 Maret 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    gunakan jaringan 2G / 3G bila tidak terkoneksi internet.
    Bila menggunakan jaringan 4G, tidak diapa2in aja memang menyedot sedikit kuota internet, karena pd dasarnya jaringan 4G itu jaringan data, bukan telpon/sms

  • 17 Maret 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Hp Xiaomi saya juga sering menerima sms seperti itu dr Telkomsel (SIM 1), padahal saya menggunakan layanan internet dr provider Indosat (SIM 2) di HP yg sama. Saya selalu cek pulsa saya setiap kali terima sms itu, tp ternyata pulsa tidak terpotong. Jadi saya abaikan saja smsnya.

    5
    2
  • 17 Maret 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang sengaja begitu sepertinya. HP ayah saya yg sudah lansia bukan smartphone saja bisa terpotong sendiri, padahal tidak pernah aktifkan paket internetnya dan tidak nyalain data.
    BUMN mah sukaยฒ mereka.

    • 18 Maret 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      SIM card saya juga begitu. Pulsa terpotong, walaupun sudah menggunakan WiFi. Padahal jaringan data udah dimatikan.๐Ÿ˜–

  • 17 Maret 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang sengaja begitu sepertinya. HP ayah saya yg sudah lansia bukan smartphone saja bisa terpotong sendiri, padahal tidak pernah aktifkan paket internetnya dan tidak nyalain data.
    BUMN mah suka-suka mereka.

  • 17 Maret 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Sama, saya juga begitu 2 kartu telkomsel dengan message serupa, padahal mobile data nya di nonaktifkan. Jangan2 berkurang juga pulsa saya ๐Ÿ˜‚

  • 18 Maret 2022 - (02:42 WIB)
    Permalink

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Telkomsel memang akhir2 ini menyebalkan… Mulai dari aplikasinya, paket data makin mahal tp kualitas tetap bahkan buruk kalau dibeberapa titik lokasi.

    Saya juga pengguna telkomsel dari perdana masih harga 250k. Jujur saja kalau bukan karena nomer saya yg sudah terintegrasi lama dengan perbankan, ditambah skrng e-wallet dll mungkin sudah saya buang ke TEMPAT SAMPAH.

  • 18 Maret 2022 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Jadi inget waktu masih pake simpati, rencana beli paket 100rb malah membengkak jadi lebih dari 110rb gara-gara pulsa dicuri simpati.
    Dari beberapa provider hanya telkomsel yang bikin saya ga nyaman. Harga mahal sinyal sama aja.

  • 18 Maret 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Kualitas signal dan harga telkomsel kurang bagus, maka terkadang menggunakan provider lain dan tentunya mengalihkan settingan sim, telpon, sms ke provider lain. Anehnya ya sama dengan kejadian di atas. Setiap muncul sms dana akan berkurang 100 – 200. Mungkin dalam 1 bulan terakumulasi bisa 5rb an. Tetapi terkadang muncul bonus kuota 100mb, jadi terkadang bingung ini diuntungkan atau dirugikan he7. Poinnya Mungkin telkomsel idealnya jangan memotong pulsa, bila konsumen tidak menggunakannya ๐Ÿ™

  • 18 Maret 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Saya sering dapat sms spam sperti itu. Itu cuma sms buat beli paket doank. Coba aja cek di Apps MyTelkomsel, pulsa data gk berkurang koq. Saya juga pengguna wifi n data internet. Itu semacam sms jebakan pemberitahuan kalo paket kita habis. Padahal kagak. Saya juga pernah ketipu, dpt sms spt diatas, langsung beli paket data kirain dah habis. Ternyata masih banyak banget

  • 18 Maret 2022 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Saya pikir cuma saya yang mengalami masalah seperti ini. Setiap bulan topup pulsa telkomsel hanya utk memperpanjang masa aktif, nggak sampe seminggu pulsa lenyap. Padahal internet pake kartu pascabayar operator lain dan wifi FM.

  • 18 Maret 2022 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Senasib kita…. Saya juga sering banget dapet notif begitu dari Telkomsel padahal internet pake provider lain. Ngga tau kenapa bisa begitu, mau telpon cs males palingan ujung-ujungnya dapet jawaban template dah gitu kan sekarang telpon cs sudah gak gratis lagi kaya jaman jebot. Makanya gue diemin aja.

    • 18 Maret 2022 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Sepertinya bukan provider, tapi OS nya. punya saya 3 perangkat r3dmi begitu semua. Padahal sudah mematikan akses internet menggunakan seluler, dan hanya mengaktifkan wifi. Hanya saja T3lkomsel lebih aktif mengirimkan notif dengan SMS nya, termasuk notif SMS kalau pakai internet tanpa paket.

  • 18 Maret 2022 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Solusinya paketkan internet, pindah jaringan ke 2g, tapi mending pake iphone aja, atau pake android yg single sim, rata2 yg pake hp android dual sim mengalami seperti ini apapun kartunya, saya udh kena baik kartu XL dan Telkomsel, di MK juga kemarin ada yg komplain kasus serupa tapi dia pakai kartu XL

  • 18 Maret 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Kelemahan jaringan 4G memang seperti itu suka nyedot pulsa walau data off solusinya yah hanya ubah ke jaringan 2G, ketika ingin internetan baru ubah ke 4G. Menurut pengalaman saya operator yg tidak nyedot pulsa walau paket data sdh habis hanya TRI, AXIS, XL. Untuk AXIS dan XL harus di setting dulu di AXISnet & myXL.

  • 18 Maret 2022 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa sudah telpon cs mereka hanya menyarankan gprs dinonaktifkan tetapi kalau mau mengaktifkan kembali harus menelepon cs lagi, bagaimana bisa mereka menyarankan solusi yang ber tele2 seperti itu?
    Emang dasarnya maling pulsa makanya nyedot semua pulsa pelanggannya.

  • 18 Maret 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Gw jg pernah tuh tiap hari kena potong pulsa trs komplain lgsg ke service center provider kuning, kata CSnya sih itu emang kena cas jaringan 4G jd diajarin kalo lg ga pake mobile data sebaiknya disetting ke 2G spy ga kena cas & setting lg ke 4G hanya saat mau pake mobile data

  • 18 Maret 2022 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Coba aja langsung ke grapari bos bawa hp/device yg dipake sama kartunya, ga usah ngasihin nomor laporan/tiket di sistem mereka sdh ada recordnya termasuk hasil laporannya yg sudah dicek sma IT apa emang ada anomali sistem atau emang setting dri devicenya, nnti mnta langsung coba tes aja ke CSnya disitu internetan pake network lain (misal wifi grapari) buka youtube 1080p 15-20 mnt atau sekalian download file yg > 1Gb pake wifi grapari, setelahnya langsung cek nomor yg kendala masih terpotong gprs non-paket atau engga. Kl masih terpotong, dn emang ada anomali sistem, Anda minta kompensasi saja selain dimaintanance, kl perlu minta ketemu SPVnya langsung di grapari.

  • 18 Maret 2022 - (14:06 WIB)
    Permalink

    buang ajah ….
    ganti Provider lain yg ada settingan pulsa save di aplikasi nya …..

    tp berat hati sih utk buang Simcard kalau no nya udah jd no penting dan no bisnis ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

  • 18 Maret 2022 - (20:35 WIB)
    Permalink

    Kirain saya doang yg kejadian seperti itu..
    Ternyta berjuta” Orng ngalami๐Ÿ˜… juga..
    Udah paket internet pling mahal masih belagu potong” Pulsa pula

  • 21 Maret 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak ada paket alihkan ke 2G only. Karena semua operator sekarang hampir semuanya mendukung VoLTE yang terus konsumsi data walaupun tidak terkoneksi ke internet. Dikit sih tapi klo dikalikan per MB tanpa paket bisa jadi bengkak.

  • 31 Maret 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Semenjak ada VoLTE Telkomsel, meski HP kita terkoneksi oleh koneksi internet WiFi atau provider lain di slot kartu satunya lagi, tetap SIM Telkomsel nyedot pulsa. Meski ga banyak, tapi tetap aja banyak kalo ada pengalinya. Saya udah capek komplain, saya kira cuma saya aja yg ngalamin..

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Menggunakan Wifi dan Provider Lain, tapi Masih Terpotong Tarif Dasar Iโ€ฆ

oleh Rean dibaca dalam: 1 menit
25