Kecurangan Sistem Ongkos Kirim di Shopee?

Kami adalah salah satu seller di Shopee, yang menjadi korban kecurangan sistem ongkos kirim Shopee. Kejadian bermula pada nomor order: 220303UBEMSC0Y dan 220311JCYGEFDQ, pengiriman menuju Kab. Ketapang, Kalimantan Barat dan Kota Denpasar, Bali.

Posisi toko kami berada di daerah Jakarta Barat. Namun karena barang kami kebetulan stoknya habis, maka kami kirimkan barang tersebut melalui salah satu agen kami di kota Surabaya.

Sebelumnya kami juga sudah cek ongkos kirimnya melalui aplikasi Shopee langsung, bahwa ongkos kirim dari kota Surabaya memang lebih murah ke dua tujuan tersebut (bukti terlampir). Tujuan Kab. Ketapang, ongkir dibayarkan Rp65 ribu oleh pembeli (apabila pengiriman dari Jakarta), sedangkan dari Kota Surabaya hanya Rp60 ribu. Untuk pengiriman ke Kota Denpasar adalah Rp28 ribu (ongkos kirim yang dibayarkan oleh pembeli jika dikirimkan dari kota Jakarta), sedangkan apabila dikirimkan dari kota Surabaya, ongkos kirimnya hanya Rp23 ribu saja.

Ketika kami menerima pencairan dana oleh Shopee, kami menemukan bahwa ada potongan ongkos kirim yang dibebankan kepada kami sebesar 8.000 ribu rupiah untuk pengiriman ke Kab. Ketapang, Kalimantan Barat dan 1.400 rupiah untuk pengiriman ke Kota Denpasar. Yang mana seharusnya ongkos kirim ke dua tujuan tersebut tidak ada selisih (malah lebih murah).

Ketika kami menghubungi Shopee, pihak Shopee menjawab potongan tersebut ADALAH SELISIH ONGKOS KIRIM (bukti terlampir). Bagaimana bisa ada selisih? Ongkos kirimnya kan lebih murah. Kalau ongkos kirimnya ternyata lebih mahal, wajar ada selisih dan kami pun mengerti kalau itu memang tanggung jawab kami. Namun dalam kasus ini ongkos kirim sesungguhnya lebih murah dari yang dibayarkan pembeli. Berarti Shopee sudah mengambil selisih ongkos kirim yang lebih murah itu, lalu juga mengambil penghasilan kami tanpa alasan yang jelas!

Jefdi Gomulia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:44    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Kecurangan Sistem Ongkos Kirim di Shopee?

  • 22 Maret 2022 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa saya selalu menemukan tulisan di MK ini tentang tindakan shpee terhadap seller cendrung semena-mena..
    Memang sih pembeli adalah raja tapi bukan juga penjual jadi babu

  • 23 Maret 2022 - (03:17 WIB)
    Permalink

    E-com punya Orang luar yang judi saja dihalalkan, bisa saja uang begini jg dihalalkan, mengambil hak Orang..
    Saya 300-350an x transaksi ,97% pake E-com buatan Lokal.

  • 23 Maret 2022 - (05:21 WIB)
    Permalink

    Mungkin itu adalah potongan selisih karena ongkirnya lbh murah dr yg dibayarkan oleh pembelinya dan potongan itu akan digunakan utk dikembalikan kepada pembelinya. Klo dana yg agan terima tdk dipotong berarti kan agan mendapatkan keuntungan dr selisih ongkir yg lbh murah dr yg dibayarkan oleh pembelinya.

    5
    3
  • 23 Maret 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Masnya kenapa ngirim barang dari surabaya klo alamat Toko yang diatur di Shopee Jakarta Barat?? Klo alasannya Stok barang kosong yaa mending batalin aja pesanan..

    • 24 Maret 2022 - (00:59 WIB)
      Permalink

      sudah baca secara utuh ? sudah pahami permasalahan nya ? makanya bro,kalo sekolah (kalo ente pernah sekolah) jangan cuma sampe depan pintu kelas aja. jadi begini deh 🙂

  • 23 Maret 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Penjual diuntungkan tapi pembeli dirugikan karena bayar ongkir lebih. Mungkin pihak Shopee gunakan selisih itu untuk dikembalikan ke saldo Shopee pay pembelinya

    2
    2
    • 24 Maret 2022 - (00:57 WIB)
      Permalink

      tidak seperti itu. saya sudah cek ke pembeli juga ga ada dana refund ke pembeli.ini murni sistem shopee yang maling.

  • 23 Maret 2022 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Makanya jangan belanja barang di shopee banyak kecurangan tidak mau tanggung jawab atas kejadian yang terjadi, shopee banyak penjual yang melakukan toko fiktif merchaint ujungnya penipuan. jadi intinya jangan belanja di shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kecurangan Sistem Ongkos Kirim di Shopee?

oleh Herbami dibaca dalam: 1 menit
11