Terganggu Kolektor Tunaiku yang Menagih untuk Tagihan yang Sudah Dibayar

Saya nasabah Amar Bank Tunaiku yang memiliki pinjaman dengan jadwal jatuh tempo tanggal 24 setiap bulannya. Pada tanggal 22-23 Maret 2022 saya menerima pesan WA dari kolektor Tunaiku dengan nomor 0878.7160.3674 yang isinya menagih pembayaran. Padahal pembayaran tersebut sudah saya lakukan tanggal 18 Maret 2022.

Saya sangat-sangat merasa terganggu oleh kolektor Tunaiku tersebut. Seharusnya kolektor melakukan cek dan ricek terlebih dahulu apakah konsumen tersebut sudah melakukan pembayaran atau belum. Di sini terlihat sekali cara kerja kolektor Tunaiku yang tidak profesional dan teliti, sehingga dampaknya mengganggu kenyamanan konsumen.

Lebih mirisnya lagi bukan meminta maaf atas kesalahannya, kolektor tersebut membalas chat dengan kata-kata yang tidak profesional.

Saya minta kepada pihak Amar Bank selaku lembaga keuangan dari Tunaiku bisa memberikan sanksi kepada kolektor tsb atas ketidakprofesionalannya dalam bekerja sehingga membuat nasabah tidak nyaman.

Ikraq Nafia
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tunaiku:
[Total:107    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Tunaiku atas surat Bapak Ikraq Nafia

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Bapak Ikraq Nafia Sampaikan. Menanggapi pengaduan Bapak Ikraq Nafia pada Media Konsumen...
Baca Selengkapnya

26 komentar untuk “Terganggu Kolektor Tunaiku yang Menagih untuk Tagihan yang Sudah Dibayar

  • 24 Maret 2022 - (10:41 WIB)
    Permalink

    saya rasa balasan oleh kolektor juga dikarenakan oleh kata2 yang anda ucapkan, apabila kata2/sebutan yang anda sampaikan ke kolektor pantas, maka tidak perlu disensor

    dan reminder seperti itu biasanya otomatis, bukan masalah cek dan tidak cek, bayangkan satu nomor wa pegang berapa pelanggan? sebetulnya tinggal kita infokan bahwa kita sudah bayarkan, kalau perlu juga kirimkan bukti nya, tidak perlu mengatakan hal2 yang tidak pantas pada kolektor nya

    22
    11
    • 24 Maret 2022 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga begitu, saya sudah bayar dari awal bulan karna jatuh tempo saya tgl 22 tiap bulannya. Masih untung anda di wa, saya dari 3 hari sebelum jatuh tempo ditelpon terus. Tiap saya angkat, pasti langsung dimatikan. Tidak ada tanggapan sama sekali, tiap detik ke 8 langsung mati. Malah sampai hari ini, saya masih ditelpon lhooo… Kalau saya belum bayar, mungkin wajar… Lha ini saya sudah bayar lhooo

    • 25 Maret 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Saya juga kecewa sama tunaiku ,saya sudah lunas utang saya tp ada kelebihan pembayaran bunga saya sampe skrng belum di transfer sama tunaiku ktnya 1sampe 14 hari mau di transfer tp mana sampe Sekarang blm di transfer juga sm tunaiku pada hal saya kmrn2 selalu bayar utang saya tepat waktu tp kenapa sampe sekarang belum di transfer juga dr kelebihan pembayaran bunga saya.tolong dr tunaiku di selesaikan pembayaran kelebihan bunga saya di transfer jangan di diamkan aja.saya tunggu transferan nya.tolong di selesaikan dgn baik.

    • 25 Maret 2022 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Anda harus bisa membedakan bahasa menagih dengan bahasa mengingatkan. Bahasa di WA itu isinya mengingatkan (reminder) yang di-generate secara sistem 3-5 sebelum jatuh tempo angsuran dan rasanya tidak ada bahasa yang kasar. Kalau memang sudah bayar ya abaikan aja. Tidak perlu terlalu sensitif/baper membalas dengan kata2 yang justru menunjukkan aib diri sendiri.

  • 24 Maret 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Duh sepertinya si @ikraq Nafia ini masih sebangsa manusia @Andy Yuwono si manusia KREMES nih, ego lebih gede dari hati dan otaknya makanya gak pernah berpikir positive. Awas ntar jantungan Pak!

    12
    2
  • 24 Maret 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Nama doank IKRAQ tapi nggak bisa BACA. Itukan reminder by system alias bot. Hadeuuhhhhh!!!

    • 24 Maret 2022 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Itu WA blast bos..klo bot ga begitu kata-katanya.Dc nya pakai data kemarin kali.. Ga runing payment dulu..

  • 24 Maret 2022 - (13:48 WIB)
    Permalink

    TUNAIKU BANYAK YANG NGELUH KE AKU TEMEN SEBELUM JATUH TEMPO… NEROR TERUS SURUH BAYAR,,, DAN PENGALAMAN SAYA SENDIRI JUGA SUDAH BAYAR SEBELUM JATUH TEMPO DI TAGIH2 TERUS DI TLPNIN DAN DI EMAIL… SISTEM NYA KURANG PROFESIONAL… KATANYA BANK TAPI CARA KERJA NYA TIDAK SEPERTI BANK. DAN KALAU MENUNGGAK ITU DC NYA KADANG SUKA GAK KONTROL BICARA NYA SAMA KAYAK APLIKASI ILEGAL.

    8
    1
    • 24 Maret 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      reminder itu bot otomatis kalo anda bisa bayar ya abaikan aja gak usah di baper wajar mereka mengingatkan sebelum jatuh tempo.

  • 24 Maret 2022 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga di aplikasi yeah dana, tiba-tiba barusan ada wa mau nyebar data padahal sudah saya lunasi semuanya mengaku-mengaku dari aplikasi loan padahal saya merasa tidak pinjam di aplikasi loan..saya ingat betul itu dia data dari aplikasi yeah dana padahal pula aplikasi yeah dana sudah saya lunasi…

  • 24 Maret 2022 - (18:21 WIB)
    Permalink

    halah ini kan reminder mbok pintar dikit ya jadi orang kalopun sudah dibayar abaikan saja. reminder itu pengingat otomatis .

    2
    2
  • 24 Maret 2022 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Ada ketentuan ditunaiku bahwa pembayaran akan diupdate di sistem pada tgl jatuh tempo. Jadi kalau sdh ada pembayaran sebelum jatuh tempo, maka status diaplikasi belum berubah, walaupun uangnya sudah masuk ke rekening pinjaman.
    WA tadi hanya reminder, boot system yg akan melakukan pengiriman pesan secara otomatis. Sebaiknya sih saran untuk tunaiku untuk dipesan reminder nya diberi catatan disclaimer “abaikan bila sdh melakukan pembayaran”. Jadi tidak membuat peminjam naik darah kalau sdh melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo.

    • 24 Maret 2022 - (22:52 WIB)
      Permalink

      Bot ga begitu kata-katanya.. Bot itu formal.. Itu WA blast.. Krn system tunaiku ga langsung update payment di system.. Baru ke update payment masuk setelah setiap jatuh tempo.. Itu kekurangan tunaiku krn berbeda system dgn amar bank

    • 25 Maret 2022 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Itu pemberitahuan by system, padahal tinggal dijawab saja sudah dibayarkan dan kirim bukti screen shoot y. Trs tkt y masih keganggu kasih masukan ke tunaiku kalau bisa system pemberitahuannya juga cek status pembayaran y juga jadi kalau status y sudah dibayar system y g kasih pemberitahuan..

  • 24 Maret 2022 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Klo sudah dibayar seharusnya reminder otomatis hilang…kn itu system..nah klo blm msuk pmbyran wajar terkirim trs ke nasabahnya utk ingatkan pmbyarannya jgn smp terlmbat..

  • 25 Maret 2022 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Kita tahu bahwa mayoritas orang Indonesia itu *****” literasi termasuk TSnya.
    Tapi sebagai masukan saja kepada pihak Tunaiku. Agar blasting messages text tersebut ditambahkan “Mohon abaikan SMS ini jika sudah membayarkannya.

    • 25 Maret 2022 - (12:01 WIB)
      Permalink

      Kalo masih bisa gak urusan sama Tunaiku Amar Bank, lebih baik jangan pinjam di sini. Mulut DC nya gak disekolahin. Plus nagihnya ke atasan dan teman-teman kantor dan kata-katanya ‘indah’ sekali. Sampe akhirnya saya diminta mengundurkan diri dari pekerjaan. Saya email ke CS nya, pengen ketemu sama tuh DC, gak digubris. Saya pengen lihat tampang DC nya. Gak ikutin SOP penagihan yang ditetapkan oleh OJK. Legal serasa ilegal. Apa hubungannya hutang saya sama atasan dan teman-teman kantor saya? Perlu direview lagi ijin Tunaiku Amar Bank.

      • 26 Maret 2022 - (20:48 WIB)
        Permalink

        Ya Alloh, kok smp segitunya ??? Pdhl OJK sdh mengatur, kl penagih hanya bisa menagih pada yg berhutang, tentunya dengan etika & kesopanan yg sdh ditentukan. Apa para DC bekerja tdk pakai hati nurani ? Hanya mengejar setoran & komisi ???

  • 25 Maret 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Zaman sekarang, Anda yang ngutang, anda yang galak. Hadeuh, itu kan cuma pesan pengingat, kalau sudah dibayar ya abaikan saja.

  • 25 Maret 2022 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Pinjol itu memang sistemnya seperti itu. Ada reminder seminggu sebelumnya dan bahkan sudah membayar pun akan ada remindernya. Kalau merasa sudah dilunaskan abaikan saja sebenarnya. Jangankan pinjol, bank saja suka mengirimkan email atau sms sebagai pengingat tagihan.

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Terganggu Kolektor Tunaiku yang Menagih untuk Tagihan yang Sudah Dibay…

oleh Ikraq Nafia dibaca dalam: 1 menit
26