Penghapusan Tagihan Shopee SPinjam di SLIK OJK Lama

Saya merupakan pengguna aplikasi Shopee. Saya juga menggunakan fasilitas Shopee SPinjam. Saat ini saya sudah melunasi 2 tagihan berjalan di SPinjam pada tanggal 15 Februari 2022 dan 18 Februari 2022. Namun setelah saya cek di SLIK OJK saya per tanggal 18 Maret 2022, kedua tagihan itu masih muncul, dengan tanggal update di tanggal 17 Februari 2022.

Saya konsumen yang sudah melakukan kewajiban saya loh, tetapi HAK saya tidak didapatkan. Baru saja saya menghubungi pihak CS Shopee dan mereka menginformasikan proses 45 hari kerja, yang menurut saya tidak masuk di akal!! Giliran saya utang cepat dicatat, tapi begitu saya melunasi lama sekali prosesnya.

Tolonglah Shopee, saya butuh sekali penghapusan data di SLIK OJK saya secepatnya. Terima kasih.

Dewi Kartika Mayangsari
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPinjam:
[Total:203    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Penghapusan Tagihan Shopee SPinjam di SLIK OJK Lama

    • 26 Maret 2022 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Prosedur nya memang Spt itu, apa yang anda alami sy jg alami meskipun tdk prnh nunggak atau bayar lbh awal. Mungkin anda BS minta surat pelunasan jika pengajuan kredit anda d tolak.

    • 29 Maret 2022 - (04:48 WIB)
      Permalink

      Redaksi saya mau bertanya. Mungkin bisa ditanggapi yang berwenang dalam hal ini OJK atau Kominfo dll. Dan ini pertanyaan penasaran ingin tahu jawabannya.

      1. Apakah Kredivo (PT. FinAccel Finance Indonesia) termasuk dalam pinjol legal OJK
      2. Jika masuk, pada urutan berapa Kredivo berada pada file pdf lansir OJK dengan judul ‘Perusahaan Fintech Lending Berizin”
      3 Apa hubungan Kredivo den KrediFazz (PT. FinAccel Digital Indonesia) urutan 81
      4. Apakah perizinan Kredivo menginduk Ke KrediFazz sedang jelas nama perusahaan Berbeda.
      5. kenapa listing pinjol legal yang dikeluarkan
      OJK terlihat kurang profesional dalam pengaturan isi konten dan terlihat seperti tidak transparan. Contoh seperti kolom website tidak seragam (http:// atau www. Atau text.id).

      Terimakasih atas penjelasannya.

  • 25 Maret 2022 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Proses membersihkan nama di slik ojk itu butuh proses 3 – 6 bulan ya mbak tidak bisa cepat dan instan. perlu di ketahui juga kalo penghapusan itu tidak bisa tapi membersihkan atau merubah status kolektibilitasnya menjadi baik. jadi data anda yang sudah masuk di slik ojk tidak bisa di hapus tapi dirubah statusnya menjadi bersih.

    17
    4
      • 26 Maret 2022 - (06:13 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk…lah emang begitu prosedur nya kan??
        Makanya kalo telat jangan sampe lebih dr 90 hari biar kolektabilitas nya ga naik ke 3 atau 4…

        2
        2
        • 26 Maret 2022 - (09:13 WIB)
          Permalink

          Setahu saya pengahpusan di ojk mengikuti alur waktu minimal 2 tahun dari pelunasan baru bisa terhapus dengan keterangan kolektibilitas 1 lunas

    • 25 Maret 2022 - (20:46 WIB)
      Permalink

      Syarat nya cukup tunjukan bukti pelunasan atau SC spinjam ke bank yang akan anda ajukan kredit

    • 26 Maret 2022 - (06:16 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi saya tidak pernah sekalipun telat bayar.. justru ini saya bayar lebih awal dan saya lunasi semuanya…

      1
      1
      • 26 Maret 2022 - (07:26 WIB)
        Permalink

        benar sekali kalaupun anda tidak pernah terlambat gak usah risau status kredit anda kolektibilitas sangat lancar aman , jika anda sudah lunasi dan tutup itu hutang nanti slik ojk akan update tentu dengan proses ya 3 – 6 bulan dan tidak dapat di hapus di sistem ojk.

        4
        1
  • 25 Maret 2022 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Memang begitu mekanismenya ibu Dewi, bank akan mengupdate hasil SLIk OJK di akhir periode jadi ketika ibu Dewi melunasi pada tgl 15 February maka bank memiliki kewajiban lapor sekitar awal bulan Maret sampai dengan tgl 12 Maret. Nah baru setelah melewati tgl itulah baru hasilnya terupdate

    5
    3
    • 26 Maret 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi saya tidak pernah sekalipun telat bayar.. justru ini saya bayar lebih awal dan saya lunasi semuanya…

      1
      5
    • 26 Maret 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi saya tidak pernah sekalipun telat bayar.. justru ini saya bayar lebih awal dan saya lunasi semuanya…

  • 25 Maret 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    TOLONG HATI-HATI kalau berurusan dg pinjaman online, karena banyak kasus jika telat bayar 1-2 hari saja langsung diteror DC, meskipun sudah terdaftar di OJK. Dan juga banyak kasus spinjam yg di bobol. Mending langsung aja datang ke BANK2 pemerintah, lebih aman, meskipun kalau pinjam mesti pakai jaminan.

    7
    2
  • 25 Maret 2022 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Namanya jg system kk,,kl telat sehari jg kita udah masuk ke system..kl ada keterlambatan..di system masing2 perbankan berbeda..mereka memang langsung terpantau di slik..mangkanya hati2 kalau pinjaman online mskipun itu reami dan terdaftar..krn sesungguhnya mereka lebih kejam dibandingkan pinjaman offline..

    4
    1
    • 26 Maret 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi saya tidak pernah sekalipun telat bayar.. justru ini saya bayar lebih awal dan saya lunasi semuanya…

      1
      1
    • 26 Maret 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Sebagai informasi saya tidak pernah sekalipun telat bayar.. justru ini saya bayar lebih awal dan saya lunasi semuanya…

      2
      1
  • 26 Maret 2022 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Pada gk nyambung. Si Mba ini gk pernah telat bayar dan melunasi sblm jatuh tempo. Begitu kan mba.

    Klo benar begitu, maka harusnya namanya gk masuk ke slik ojk sbg nasabah yang telat bayar mba.

    Kloo mba mau ajuin ponjaman di bank, mba nya tinggal berikan penjelasan ke org bank. Nanti org bank minta di tunjukkan surat lunas nya .

    Aneh sih masa gk telat tpi muncul si slik.

    • 26 Maret 2022 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Betuull bangett mbaa.. tercatat di sliknya mah kolektabilitas 1 yg artinya LANCAR.. cuma saat tgl 18 Maret itu saya masih tercatat ada tagihan yg mesti dibayarkan padahal seharusnya sudah tidak ada..

      • 26 Maret 2022 - (07:44 WIB)
        Permalink

        tanggal maksimal pelaporan slik bagi bank atau lembaga keuangan yg jd pelapor slik utk periode bulan ini adalah 21 maret, mungkin mbak Dewi bisa minta laporan sliknya/informasi debiturnya lagi ke bank atau ke OJK, kalau shopee Spinjam-nya tertib lapor harusnya sudah diupdate dengan status LUNAS, tapi untuk history pinjaman dalam slik tidak akan hilang hingga sekitar 2 tahun.

        3
        1
  • 26 Maret 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    sebenernya buat apa sih dibikin repot, semua yg punya fasilitas pinjaman resmi akan tercatat pada slik ojk.

    yg penting status kolektibilitas itu yg mempengaruhi penilaian kredit dari bank.
    klo seandainya bayar ga pernah telat ya ga usah pusing.

    statusnya akan tetep kolek 1 kok,

    jadi aman2 aja.

  • 26 Maret 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Coba bantu jwb, di bank sekalipun mbak pelaporan ke slik ojk itu sekali dalam sebulan di tgl 15-20an kalau tidak salah. Mungkin blm di laporkan jdi msh muncul, coba aja nunggu bln dpn cek lgi slik ojk nya, sebagai backup mbak minta surat pelunasan aja via email hrusnya di ksh

  • 27 Maret 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    biasa yang saya tahu, tergantung berapa lama kita ambil + 45 hari kerja baru slik ojk akan status lunas di ojk.
    misal ambil tenor 12 bulan walaupun ngelunasin 2 bulan ya mesti tunggu 10 bulan+45 hari, lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPinjam?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Penghapusan Tagihan Shopee SPinjam di SLIK OJK Lama

oleh Dewi dibaca dalam: <1 menit
28