Komplain Minuman Tumpah McDonald’s Sudah 7 Hari Belum Direspons

Pada Jumat (18/3/22), saya membeli paket beef burger, french fries, dan coca-cola dengan nomor order 3331 di McDonald’s Janti Ambarukmo dengan dibawa pulang (take away).

Pegawai McD lantas mengemas makanan terpisah dengan minuman. Untuk minuman diberi semacam tatakan gelas, lalu diselotip bagian tutupnya (untuk lubang sedotan). Namun, seperti saya duga minuman akan tumpah karena tutup gelas tidak rapat, sehingga sesampainya di rumah, minuman yang saya simpan dalam tas (posisi tegak) sebagian isi tumpah, membasahi bungkus hingga bagian luar (seperti gambar).

Selain itu, waktu tunggu yang cukup lama (20 menit) juga menjadi catatan khusus bagi saya, ditambah biaya parkir yang menurut saya perlu dikaji ulang, karena dibebankan ke konsumen. Mungkin bisa free karena letak resto tidak di area mall, tetapi berdiri sendiri di situ.

Saya sudah coba komplain lewat Apps McDonald’s maupun email ke “customer.care@id.mcd.com” khususnya soal kemasan gelas minuman, tapi sampai 7 hari tidak ada respons. Perkara yang sama pernah saya kirimkan komplain tapi belum ada perubahan dari pihak McDonald’s soal gelas yang kurang rapat dan rentan tumpah saat dibawa pulang.

Semoga dengan dimuatnya komplain ini di mediakonsumen.com dapat direspons dan terlebih ada perubahan untuk cara menutup gelasnya supaya lebih rapat. Terima kasih.

Salam,

Widodo SP
Klaten, Jawa Tengah


Update (30 Maret 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak McDonald’s Ambarukmo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai McDonald's Indonesia:
[Total:122    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Komplain Minuman Tumpah McDonald’s Sudah 7 Hari Belum Direspons

  • 28 Maret 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    sekilas saya kira anda andry, ternyata bukan

    “Namun, seperti saya duga minuman akan tumpah karena tutup gelas tidak rapat, sehingga sesampainya di rumah, minuman yang saya simpan dalam tas (posisi tegak) sebagian isi tumpah, membasahi bungkus hingga bagian luar (seperti gambar).”

    apabila anda sudah menduga bahwa minuman akan tumpah? apa tidak sebaiknya tutup gelas nya dirapatkan dulu?

    “Perkara yang sama pernah saya kirimkan komplain tapi belum ada perubahan dari pihak McDonald’s soal gelas yang kurang rapat dan rentan tumpah saat dibawa pulang.”

    apalagi sudah tidak sekali ini anda mengalami hal yang sama, bukan kah sebaiknya anda mengambil langkah lebih untuk memastikan bahwa tutupnya rapat? apalagi di kalimat pertama anda bilang sendiri bahwa ANDA TAHU tutup nya tidak rapat dan anda sudah menduga pasti akan tumpah

    menurut saya ini ada salah juga di sisi customernya, dalam arti customer telah tahu ada kesalahan dan membiarkan agar dapat melakukan komplain

    anda berharap respons seperti apa?
    mungkin anda berharap:
    1. minuman yang baru dikirim k rumah anda, dibawa oleh management mcd
    2. 3x lipat dari nilai minuman nya
    3. 3x lipat dari total transaksi anda semua

    WKWKWKKWKWKWKWK setengah bercanda ya pak Widodo, tapi secara serius anda seharusnya merapatkan sendiri apabila anda tahu tidak rapat dan pasti tumpah, terimakasih

    89
    11
    • 28 Maret 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Saya hanya menggunakan hak sesuai keterangan di MK:

      “Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.”

      Selebihnya silakan bisa mencoba memahami isi dari komplain yang saya ajukan, rasanya sudah sangat jelas. Tidak ada maksud seperti poin terakhir yang Mas Ivan sampaikan juga, karena saya hanya tidak ingin konsumen lain mengalami hal yang sama. Minuman tumpah itu merepotkan loh. 🙂

      Sekian.

      4
      47
        • 29 Maret 2022 - (07:37 WIB)
          Permalink

          Becanda nih cuma minuman tumpah…
          Wkwkwkwkwk…

          Trus masalah parkir.
          Klo gk mau bayar parkir kan bisa drive true..

      • 29 Maret 2022 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Maaf pak, menurut saya klo human-error gak bisa di tanggung MCD deh, saya yakin betul 100%. Karena setelah saya teliti lagi isi surat pembacanya pasti ada yang mikir:

        “Sepertinya bapak ini yang salah, deh”

        Ya tapi emang betul, logika saja. Kalau dibawanya pelan-pelan saja pasti minumannya tidak tumpah, orang saya pesan di MCD berkali-kali tidak apa-apa kok, karena saya bawanya pelan-pelan, kemasannya juga belum plastic wrap yang anti tumpah.

        Salah satu surat pembaca yang bikin yang baca ngakak, karena ada juga lapak sebelah yang komplain kremesan dimasukin MK juga.

      • 29 Maret 2022 - (18:23 WIB)
        Permalink

        Jangankan cola mcd pak, take away jus atau es teh manis dari warteg aja bisa tumpah, makanya.

      • 28 Maret 2022 - (19:28 WIB)
        Permalink

        Nah kan,,lucu ya,,dia yg bawa dia yg komplain,,sama aja kaya gini, beli tv gede tp dibawa pake motor, trs ditengah jalan tuh TV jatoh lalu rusak,,trs kita komplain ke pabrik TV nya,,trs pake alesan UU Konsumen… Lah kan kocak,,🤣🤣🤣

        30
    • 30 Maret 2022 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai driver online,kadang heran dengan resto sekalas mcdonald untuk kemasan softdrink kenapa gk alat yang di pres sepeerti resto rumahan,lebih aman Dan terjaga …kadang customer komplain saat softdrink tumpah

  • 28 Maret 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Lawannya kali ini perusahaan raksasa skala international yg sudah berpengalaman di ‘medan tempur’ terberat yaitu America. Beda dengan yg kapan hari masih kremesan lokal. Semoga sukses Pak.

    Kalau urusan parkir itu tidak soal di dalam mall atau di luar. Yg meminta/membebankan iuran parkir itu sebenarnya Dispenda/Badan Pendapatan Daerah Pemda masing2. Mau dibuat parkir gratis pun, pemilik usaha wajib membayar iuran parkir dengan asumsi rata-rata jumlah pembeli sekian SETIAP HARI dengan perhitungan SESUKA Dispenda. Kenapa kok saya tahu? Karena saya pernah membantu teman mengurusnya ke kantor Dispenda. Jadi daripada pemilik usaha sudah tidak dapat uang masih ditagih pajak parkir, biasanya lebih baik dibebankan ke konsumen. Tidak adil? Ya coba diprotes ke Pemda kok tidak adil seperti itu, padahal tiap kali bayar STNK tahunan sudah bayar pajak parkir juga. Double bayar. Birokrasi Indonesia.

    33
    2
    • 28 Maret 2022 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Tenang, saya hanya ingin bertanya … karena sepertinya kebijakan parkir satu resto dan yang lain beda. Ada kok yang tidak ditarik parkir. 🙂

      3
      21
    • 28 Maret 2022 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Sebetulnya tidak hanya tutupnya, gelasnya juga lemah, tertekan bikin meluap. Biasanya mereka masih mengikat dengan kantong plastik kecil press ke tutup utk meminimalisir tumpah. Metode ini sering dipake mcd Kfc bk

  • 28 Maret 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    ini knapa yah kemarin kremesan skarang minuman….
    media konsumen ini ngebuat mutu surat pembacanya jadi gmana yah….
    ntar kalo ada yang serius orang uda anggap remeh surat pembaca yang ada disini…

    24
    1
    • 28 Maret 2022 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Coba baca lagi:

      “Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.”

      Saya hanya ingin menggunakan hak sebagai konsumen, agar konsumen lain tidak mengalami hal yang sama, karena minuman tumpah itu merepotkan loh. 🙂

      7
      27
  • 28 Maret 2022 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Ya semoga ada tanggapan dari pihak McD , ini saran dan masukan yang bagus dan masih layak masuk ke MK. TS juga ga minta apa² aja ya, cuma minta koreksi soal pelayanan dan parkir.
    Memang kalau McD untuk takeaway dan ojol amburadul kemasannya. Saya pemilik resto dekat McD ikut jadi “korban”, sering dimintain driver kresek plastik ya. Karena pihak McD cuma ngasih kemasan kertas aja, bawa di motor susah. Belum lagi kalau hujan. Ga semua driver punya tas makanan juga, setau saya itu harus beli sendiri, tidak disediakan pihak ojol.

    19
    3
    • 28 Maret 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      saya pelanggan mcd di kota saya, sudah menggunakan seal plastik untuk tutup minumannya, jadi anti tumpah, pelanggan seperti pak Widodo pun pasti senang

      jadi sebetulnya sudah ada perbaikan perihal tutup minuman, namun kemungkinan hal tersebut bukan jadi priority bagi cabang pak Widodo, sehingga belum dijalankan

      perihal parkir, masalahnya bukan di mcd, melainkan memang ada tarif yang dibebankan oleh pemerintah daerah

      12
      2
      • 28 Maret 2022 - (14:08 WIB)
        Permalink

        Model seal yang begini belum ada di lokasi yang saya maksud. Senangnya jika sudah diterapkan ya, mas Ivan

        2
        5
      • 28 Maret 2022 - (17:38 WIB)
        Permalink

        jika sudah pernah terjadi dan sudah menduga alangkah lebih baiknya memberikan informasi langsung kepada pelayannya.
        itu jelas sangat membantu agar cepat di evaluasi untuk pengemasan minuman dan juga tujuan anda tercapai yaitu membantu orang lain agar tidak mengalami hal yang sama. 🙂 (gelas tumpah)

    • 28 Maret 2022 - (14:08 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sudah memperjelas bahwa memang ada masalah dalam hal kemasan minuman dari pihak McDonald’s. 🙂

      3
      6
  • 28 Maret 2022 - (11:35 WIB)
    Permalink

    ya salahkan noh sjw sjw yg bikin kampanye anti plastik akhirnya banyak restoran yg ga menyediakan kantong plastik dan sedotan dengan alasan go green dan akhirnya menyusahkan konsumen
    tapi di mc donald sebenarnya menyediakan tas kantong yg harus dibeli seharga 5000 sebagai pengganti kantong plastik tapi yg jadi masalah rata rata customer ga mau ambil beli kantong itu entah lah mungkin dianggap kemahalan atau mungkin karena pesanannya dikit jadi ga mau beli kantong itu

    5
    3
    • 28 Maret 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Padahal beberapa waktu lalu sempat ramai karya anak bangsa kantong plastik terbuat dari tapioka yg ramah lingkungan dan biodegradable. Tapi setelah itu beritanya hilang ditelan bumi. Kalau memang pemerintah niat, seharusnya tinggal perintahkan saja semua pabrik kantong plastik wajib pakai bahan tersebut, tidak boleh pakai bahan yg minyak bumi. Tapi lagi2 birokrasi negara digelapkan matanya oleh kepentingan2 tertentu.

      3
      1
      • 28 Maret 2022 - (12:02 WIB)
        Permalink

        kalo pake tapioka nantinya malah mengancam produksi tapioka sendiri yg harusnya buat bahan makanan nanti malah dialihkan buat kantong akhirnya nanti tapioka akan menjadi langka dan mahal kasian para usaha makanan yg mengandalkan tapioka
        udah ada contoh noh minyak sawit yg harusnya cukup tapi gara gara dipake buat bahan bakar akhrinya industri lebih milih jual sawit buat bahan bakar dengan alasan harga jual sawit buat bahan bakar lebih mahal

        4
        1
  • 28 Maret 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Media konsumen tolonglah diseleksi komplain komplainnya, dulu saya pernah upload komplain nomor tri saya tiba tiba diblokir tidak di acc masalah minuman tumpah saja di acc

    18
    1
    • 28 Maret 2022 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk, coba tulis ulang, lo dramatisir sikit tulisan lo lae, ngkali diapproved redaksi cem minuman tumpah ini la, wkwkwk…

      9
      1
  • 28 Maret 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    The kremes continued Part 2. Yang anda lawan itu bukan ecek2 spt Andri. Kalaupun anda memutuskan ga akan datang lg ke Mcd. Mrk ga akan bangkrut. Kalau anda bisa prediksi bakalan tumpah kenapa ga dibenerin dr awal..
    Ya Ikhlaskanlah..

    10
    2
    • 28 Maret 2022 - (14:07 WIB)
      Permalink

      Pernah coba beli dan merapatkan tutup gelas seperti isi komentar Anda, Mas Junaedi? Saya bukan sekali ini saja beli dan ngomel2 karena baper isi minuman tumpah … sudah beberapa kali saya mengalami baik saat dibawa sendiri maupun saat dianterin sama ojol (tentu karena kondisi gelasnya, bukan salah ojolnya). Mohon dicoba “merapatkan gelas” dan kalau berhasil, saya akan dengan senang hati mencoba praktik. Oke? 🙂

      4
      9
  • 28 Maret 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Penulis nggak ngelawan kok, dan penulis saya yakin nggak minta ganti atas minuman tumpah, sepertinya penulis hanya berharap kemasan dibenahi

    12
    4
    • 28 Maret 2022 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Saya tidak mengharapkan apa-apa selain kemasan agar dibenahi karena beberapa kali membeli, memang tutup gelasnya kurang rapat, mau diapain juga beda kalau sama kemasan yang tutupnya dipress kayak minuman2 kekinian itu. Thank you sudah mampir komentar dan mengerti poin yang saya maksudkan. 🙂

      4
      6
  • 28 Maret 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Selama anda masih ingin jajan di McD kota anda dan tutup kemasan belum ada perbaikan, alangkah baiknya bisa bawa tumbler sendiri, minuman dituang ke sana, anti tumpah2 kan?!

    20
  • 28 Maret 2022 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Sekedar menambahkan aja saran dari saya untuk MCD saya sebagai driver online juga sangat risih dengan tidak diberikannya kantong, karena sangat risih jika si customer pura2 atau lupa atau memang sengaja tidak mau membeli, jadi langsung aja dibebankan untuk transaksi online pembelian kantongnya agar sama- sama nyaman. Terimakasih

  • 28 Maret 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    “tapi sampai 7 hari tidak ada respons”
    mungkin karna penulisan yg ini bapak jadi dikira mengharapkan sesuatu timbal balik seperti ‘diganti yg baru pesanannya’. tapi saya paham kok, niat bapak mengkritisi tempat minumnya yg tidak rapat. mungkin juga masukan bapak sudah dibaca dan sedang didiskusikan. semoga ada perubahan positif untuk ‘tutup minuman yg tidak rapat’ di daerah bapak. bisa saja kan tiap daerah beda bentuk kemasannya, apalagi sekelas McD hehe. jujur sih awalnya saya tertawa dan menganggap penyuaraan anda lucu, saya pikir lagi juga ada benarnya memberi masukan.

    4
    1
  • 28 Maret 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Point disini yang saya pahami dari tulisan bapak widodo adalah agar pihak Mcd diminta membenahi pengemasan terkhusus nya untuk produk minuman agar tidak mudah tumpah.

    3
    1
  • 28 Maret 2022 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Kalo sdh tau sering tumpah beli paket alacarte aja minum beli sendiri cocacola yg kecil kan murah cuma 3500 lbh safety pake botol

  • 28 Maret 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Emang rentan tumpah kadang tutup nya ke buka apa lagi bawa nya pake motor sering ngalamin

  • 28 Maret 2022 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Saya rasa wajarlah konsumen mengadukan hal itu. Penjual kan tahu bahwa minuman ini akan di take away.pembeli Jadi ada resiko ketumpahan di jalan. Mestinya kemasannya yg bagus atàu setidaknya tutupnya di selotip atau di lakban biar rapat. Ini kelihatan cuek. Kayaknya membiarkan pembeli mau bawa bagaimana ya bukan urusan mereka lagi

    2
    2
  • 28 Maret 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Ya elah bilang aja mo makan dan minum gratisan,pake banyak alesan tubocap (tutup botol kecap)

  • 28 Maret 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    1. Kalau mau bebas beaya parkir, bisa pake drive thru pak. Saya sering pake fasilitas ini, lebih praktis drpd take away.
    2. Pengalaman saya dine in, dan menu makanannya tumpah, 2x terjadi pada saya pak, pas saya bawa de meja kasir ke meja makan dan terjadi di outlet yg sama, McD Delta Plaza Surabaya. Kru McD pun antusias membersihkan menu yg tumpah tsb, dan menggantinya dgn yg baru. Saya merasa benar2 dihargai di sini, inilah kenapa saya suka makan di McD.
    Utk take away, saya rasa susah utk masalah spt bapak, krn subyektif kasusnya, demikian.

  • 28 Maret 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Kl sdh komplain tp ngga dibls atau dilakukan perbaikan ya tggl pindah aja ke gerai yg lain semisal MC gombal atau pret chicken🤣

  • 29 Maret 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Masumam yang bagus untuk resto y dan emang hak konsumen untuk ngasih masukan ke resto teesebut untuk tujuan yg baik bukan untuk menjatuhkan tp mungkin saran saya sebelum masuk MK ada baiknya datang langsung ke resto y atau hubungin via call center beri masukan langsung dengan cara baik2.

  • 29 Maret 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Besok bikin lagi pak “8 hari tidak direspon” lusa bikin lagi “9 hari tidak direspon”. Bikin trus pak sampai pihak mcd mengganti minuman dan kerugian materil & imateril yg bapak keluhkan, eh maksudnya agar tidak ada konsumen lain yg mengalami minuman tumpah.

  • 29 Maret 2022 - (08:18 WIB)
    Permalink

    sama bro, sya jg pernah kejadian. klu sya pesen MCD pakai gofood waktu itu, pas sya buka pd tumpeh2 colanya., tp sya sih gak komplen ke media konsumen gojek. cuma kasih bintang 1 aja ke drivernya~

    • 29 Maret 2022 - (08:52 WIB)
      Permalink

      Wah b*go apa gimana anda ? Kemasan mcd yg tdk safety hingga rawan tumpah kok driver yg dikasih bintang 1? Harusnya bintang 1 nya ditujukan ke resto krn kemasannya sangat buruk

    • 29 Maret 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Itu mcd dimana ? Bukannya sekarang cup minuman sudah di seler ya . Di bali sudah semua , jadi kalau order gofood dah gak kawatir tumpah minuman nya ,

  • 29 Maret 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Lain kali kalau gak mau diminum langsung ,bilang ke pegawai minuman nya minta di seler saja ( kecuali mcd nya belum ada alatnya ) . Jadi biar gak kawatir tumpah , yang aku tau mcd sekarang untuk minuman take away atau deliver sudah di seler cup nya , yah pengen nya komplen malah di komplen balik sama netizen , kasian sungguh kasian

    1
    1
    • 29 Maret 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Ide bagus. Hanya setahu saya di wilayah YK belum ada kemasan yang model press begitu. Kalau semisal ada, masa iya nggak dipakai untuk setiap pesanan take away? terima kasih ya

      • 29 Maret 2022 - (11:50 WIB)
        Permalink

        Di bali sudah lama ada pak . Mungkin sering di komplen para driver akhir di pres seler cup nya . Tapi kekuatannya masih kalah dengan gelas plastik yang di seler ,

    • 29 Maret 2022 - (13:44 WIB)
      Permalink

      dulu d kota saya g ada mesin sealernya mcd nya, saya ganti minumannya yang teh kotak, tidak kemenyek

  • 29 Maret 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    klo tulisan receh di acc kenapa karena bakal riuh komennya 😂, saran saja sy juga suka beli drive thru pake motor…untuk minumannya jika cuma cola saja mending beli di warung lebih murah lebih banyak lebih aman pas bawa di motor nya apalagi jika sudah ada pengalaman berkali2 karena sy ngalamin 1x saja kapok beli minumannya take away pake motor

 Apa Komentar Anda mengenai McDonald's Indonesia?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Komplain Minuman Tumpah McDonald’s Sudah 7 Hari Belum Direspons…

oleh Widodo dibaca dalam: 1 menit
63