Uang Tertelan saat Setor Tunai di CRM BRI Unit Pamoyanan dan Pelayanan Call Center BRI yang Tidak Profesional

Pada tanggal 9 April 2022 saya melakukan setoran tunai di CRM BRI dengan No TID 161860. Transaksi pertama senilai 5 juta berhasil masuk ke rekening saya pada pukul 12.41. Lalu saya kembali memasukkan setoran kedua pada jam 12.45 dan tiba-tiba terjadi gangguan mesin yang membuat uang saya tertelan semuanya.

Saat itu keluar struk 2.4 juta dan saya lumayan shock karena saya tidak hitung nominal uangnya sebelumnya (bukan sekali dua kali saya setor tunai, tapi setiap hari di CRM bank lain tidak pernah kejadian seperti ini. Kalau saya tahu akan terjadi seperti ini akan saya videokan sekalian kejadiannya).

Dalam lubuk hati saya yang paling dalam memang agak tidak make sense cuma 2.4 juta karena tebalnya kurang lebih sama dengan setoran pertama. Karena saya sangat panik saat itu dan tidak bisa berpikir jernih, saya langsung telepon ke BRI saat itu juga dan dibuatkan laporan 39610164 sesuai dengan struk yang ada karena dalam pikiran saya yang penting buat laporan saja dulu.

Setelah kembali ke rumah, saya confirm ke suami dan suami bilang uangnya bukan 2,4 juta tapi 5 juta karena dia yang menghitungnya. Di situ saya langsung punya firasat buruk akan susahnya klaim uang saya. Lalu saya putuskan untuk langsung ke cabang BRI pada hari Senin pagi.

Hari Senin 11 April 2022 saya ke cabang BRI unit Pamoyanan tempat saya melakukan setor tunai tersebut. Saya kembali dihubungkan dengan call center BRI untuk melakukan revisi nominal pelaporan uang saya yang tertelan. Dan nomor pelaporan masih sama. Di situ saya sudah curiga apakah nominal pelaporan saya diubah karena terlihat call centernya seperti menyepelekan sekali.

Info CS di Unit Pamoyanan tersebut sore harinya mereka akan melakukan stock opname karena memang jadwal mereka stock opname adalah Senin dan Jumat dan kemungkinan malam harinya uang saya akan dikembalikan jika stock opname sudah selesai. Info CS tersebut bahwa memang di pagi harinya tadi dia mengecek bersama security ada uang yang tersangkut di mesin CRM sekitar kurang lebih 4,5 jutaan. Bukankah itu sudah jelas uang saya ? BRI menunggu apa untuk sengaja memperlambat mengembalikan hak saya?

Malam harinya saya cek belum masuk juga uang saya. Dan saya cek di Brimo dan terdapat proses pengajuan dana saya dan alangkah terkejutnya saya dana yang diproses masih sama 2.4 juta padahal saya sudah telepon BRI untuk revisi laporan yang katanya no id laporan masih sama. Ini terbukti sekali kalau pihak CALL CENTER BRI tidak benar-benar mendengarkan keluhan nasabahnya, menggampangkan keluhan yang jelas-jelas merugikan saya karena uang saya yang tertelan bukan 2,4 juta.

Karena gelisah dengan angka 2.4 juta di Brimo yang katanya masih proses, saya menghubungi wa BRI pada tanggal 12 April 2022 tapi tidak ada respon. Saya coba pakai twitter dan saya kembali terkejut ternyata memang nominal id pelaporan uang saya yang tertelan tidak diubah sama sekali oleh pihak BRI.

Dan setelah saya komplain di twitter katanya dibantu dibuatkan laporan pergantian nominal menjadi 5 juta dan itupun posisi nominal keluhan saya masih sama 2.4 juta di Brimo sampai keesokan harinya yang artinya masih tidak dirubah juga.

Di situ saya sudah mulai kesal sebegitu susahkah untuk komplain di call center BRI. Rasanya seperti percuma telepon berkali-kali dan komplain sana sini yang ada hanya menghabiskan waktu, tenaga, biaya dan emosi. Kejadian ini sungguh mengganggu aktivitas saya selama bekerja. Bukannya gampang mencari uang 5 juta itu. Buat BRI mungkin ini tidak ada artinya sama sekali.

Selama bertahun-tahun saya setor tunai di CRM bank lain belum pernah terjadi uang saya tertelan apalagi dalam jumlah yang cukup besar. Dan ini pertama kalinya saya melakukan setor tunai di mesin CRM BRI karena kebetulan saya baru saja mengetahui ada cabang BRI yang lumayan dekat dengan rumah. Tapi apesnya, pertama kali transaksi di mesin CRM BRI malah tertelan semua uang saya.

Melalui surat ini saya meminta kepada Bank BRI untuk memproses kendala uang saya yang tertelan dalam tempo sesingkat-singkatnya karena saya tidak mau digantung seperti ini dan saya mau pakai uangnya untuk kebutuhan hidup. Jelas jelas di sini saya korban atas ketidakbecusan sistem di BRI.

Sursi
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:115    Rata-Rata: 2.8/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Sursi

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Sursi. Terkait dengan...
Baca Selengkapnya

43 komentar untuk “Uang Tertelan saat Setor Tunai di CRM BRI Unit Pamoyanan dan Pelayanan Call Center BRI yang Tidak Profesional

    • 14 April 2022 - (05:23 WIB)
      Permalink

      biasanya setelah kita masukkan uang kan mesin ngitung uang kita trs muncul di layar jumlah uang yang dihitung by mesin, pas muncul jumlah uang di layar trs anda ragu bukannya bs di cancel tuh transaksi

      1
      2
      • 14 April 2022 - (06:22 WIB)
        Permalink

        Anda pernah setor uang di CRM ? Kalo nominal uangnya muncul dilayar itu artinya transaksi berhasil dan uang saya artinya tidak tertelan dan saya tak perlu menulis sampe ke media ini. Dan kalo pun muncul dilayar pasti nominal uangnya ga akan salah bung.. uang yang tak tersetor pasti keluar lagi lagi dari mesin. Saya tiap hari bung setor tunai di bca dan mandiri.

        3
        4
        • 14 April 2022 - (06:40 WIB)
          Permalink

          Sebelum Di OK in transaksinya memang muncul kok jumlah nominal uang yg kita setor sesuai yg terverifikasi mesin. Uang yg tidak terhitung/tdk terverivikasi akan keluar terlebih dulu sebelum muncul nominal jumlah setoran. Jadi jumlah setoran yg dikonfirmasi adalah jumlah yg akan masuk mesin. Sedangkan uang yang tertolak keluar terlebih dahulu sebelum konfirmasi jumlah setoran yg dihitung mesin.

          • 14 April 2022 - (08:51 WIB)
            Permalink

            benar, Masuk uang-hitung uang-Muncul nominal uang yg di setor (di sesi ini kalau cancel, uang yg masuk tadi bs langs keluar)

        • 14 April 2022 - (11:00 WIB)
          Permalink

          maaf ibu barangkali beda mesin, dulu sy pnh dah dihitung sm mesin trs muncul jumlah uang, saya batalkan krn sy mau kurangin jml uang yg disetorin, uang yg dihitung mesin keluar lg semua, maaf barangkali beda jenis mesin atm bri nya

          1
          1
      • 14 April 2022 - (11:30 WIB)
        Permalink

        Baca artikel dengan benar, mesin nya suddenly error, masukin wang 5jt kedetek 2.4jt tp wang ditelan semua sama mesin.

      • 16 April 2022 - (09:12 WIB)
        Permalink

        Harusnya cancel kalo ragu ya…sayang itu uangnya kalo udah masuk sistem “biasanya”gak bisa…alias bank meragukannya.

    • 14 April 2022 - (06:36 WIB)
      Permalink

      BRI, saya cek semalam sudah masuk uangnya 2,4 juta. Kalian mendengarkan keluhan saya atau tidak??? Uang saya bukan 2,4 juta. Oke saya akan ke cabang hari ini dan saya tidak akan berhenti sampai di sini untuk memperjuangkan hak saya. Dan saya akan kembali menulis di media atas kerugian ini. Bener bener sungguh mengecewakan.

      4
      3
      • 14 April 2022 - (07:07 WIB)
        Permalink

        Ternyata begini ya Pelayanan BRI. Padahal saya punya investasi yang cukup besar di BRI. Sepertinya perlu saya pindahkan ke bank lain yang lebih peduli dengan nasabahnya.

        4
        2
      • 15 April 2022 - (05:48 WIB)
        Permalink

        Jadi manusia tu yg sabaran buk.. Semua ada proses nya ga segampang itu,, harus ada cross cek,, lagian apa susah nya menunggu.. Cb ibu yg kerja si perbankan tsb.. Main nyorocos saja

        4
        5
    • 14 April 2022 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Kali ini saya tidak akan cuma menulis di media konsumen, tapi di semua media yang ada.. sungguh kecewa sekali saya dengan perlakuan BRI ini. Bener bener saya menulis sampai nangis saking keselnya dengan BRI ini.

      2
      5
    • 14 April 2022 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Saya akan minta semua teman saya untuk share tulisan ini bahkan termasuk perlu bayar selebgram, youtuber, saya siap kok rugi karena ini udah terlanjur rugi. Jelas jelas CS nya bilang uang yang nyangkut di mesin hampir 5 juta kok yang setara dengan uang saya kok dibalikin 2,4 juta. Kalian senang mengambil uang rakyat jelata seperti saya??

      2
      9
      • 14 April 2022 - (09:18 WIB)
        Permalink

        Share dengan bayar youtuber dan selegram yang Anda sendiri tidak yakin kok dengan kejadiannya bagaimana….Astaghfirullah. Dalam agama saya ada kata Tabayun yaitu mencari kejelasan sebelum isue/berita disampaikan . Mungkin anda didunia memang bisa menanggung biaya share buat youtuber dan selegram. Tapi saya ragu anda sanggup menanggung dosa jariyah di akhirat ketika menyebarkan berita tidak benar. Naudzubillahi min dzalik.

        3
        8
      • 14 April 2022 - (17:03 WIB)
        Permalink

        Baim, ricis, atahalilintar, dll srh bantu share buk…
        Klo perlu hotman Paris
        Hotman situmpul srh jga wkwkwk ngeri ngeri2 bacanya

        2
        1
  • 14 April 2022 - (03:33 WIB)
    Permalink

    Kelemahan setor tunai pake mesin ATM. Masih nyaman pake teller langsung masuk. Nggak ada nyangkut2

    3
    1
    • 14 April 2022 - (03:50 WIB)
      Permalink

      Sebenrnya ga ada mslah si, sy pake bank swasta utk stor tunai juga sering. Tp mesinnya ada UPS. jd wktu mati lampu mesin msih hidup.

    • 14 April 2022 - (06:24 WIB)
      Permalink

      Iya bener sih saya juga kapok ini. Dan memang saya transaksi pas hari sabtu jadi semua bank pada tutup. Sy tiap hari setor di bca dan mandiri aman2 aja udah bertahun2 ini. Apes aja pas ke bri langsung lenyap uang saya

      2
      2
      • 14 April 2022 - (13:01 WIB)
        Permalink

        saya udah 2x ketelan pas setor tunai mandiri pertama 3jt an kedua 5jt.
        tpi bagusnya mandiri struk errornya gk nampilin nominal setoran kita berapa lembar yg ketelan tapi kita yang nyampaiin langsung pas nelpon 14000 uangnya ketelan berapa dan mereka yg nanti cocokinnya.
        jadi mesti dibiasain tau nominalnya berapa pas mau setor tunai
        dan untungnya pas uangnya balik sesuai dengan apa yang saya sampaiin ke csnya

      • 15 April 2022 - (05:51 WIB)
        Permalink

        BRI emang parah kok pelayanannya, apalagi kalau transfer uang antar bank pake ib.bri.co.id jgn kaget kalau setelah kita dapat notifikasi transfer sukses tapi uangnya ga nyampe² ke rek yg di tuju, bsk nya mendadak uang kembali lagi ke kita dan ini sering bgt terjadi

  • 14 April 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Saya pernah coba sekali uang ditolak sampai 3x. Untung masih dikeluarkan kembali. Sejak itu saya lebih baik setor di teller, daripada kenapa-kenapa, nunggu clear nya kayak orang jantungan.

    • 15 April 2022 - (05:51 WIB)
      Permalink

      BRI emang parah kok pelayanannya, apalagi kalau transfer uang antar bank pake ib.bri.co.id jgn kaget kalau setelah kita dapat notifikasi transfer sukses tapi uangnya ga nyampe² ke rek yg di tuju, bsk nya mendadak uang kembali lagi ke kita dan ini sering bgt terjadi

  • 14 April 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lihat TS sendiri tidak yakin uang yang anda setor berapa?
    Darimana anda tahu selisih dana di mesin itu uang anda semua? Bukan uang orang lain yang belum menyampaikan komplainnya ?

    Awalnya anda bilang 2.4 juta. Setelah dibalikan uang anda dan tahu selisih dana 5 juta . Minta lagi 5 juta.
    Plin plan anda ….

    6
    3
      • 14 April 2022 - (08:50 WIB)
        Permalink

        Trus kenapa anda buat laporan 2.4 juta kalau anda sendiri tidak yakin uang anda berapa? Anda tidak menjawab pertanyaan saya darimana anda sisa uang di mesin uang anda semua? Anda minta semua sisanya…. Masa anda dari awal tidak sadar beda pecahan 2.4 juta sama 5 juta. Selisih perhitungan 500 600 ribu masih wajar. Ini 2 kali lipat dari nilai awal.. Kalau tidak plin plan ya anda serakah.

        6
        4
      • 14 April 2022 - (11:45 WIB)
        Permalink

        Tp bnr juga, dari awal peristiwa dia tdk yakin kalau uangnya 5jt, stlh di kasih tau suaminya baru dia yakin kalau itu 5jt. Anda yg krg paham akan hal itu

        5
        1
    • 14 April 2022 - (13:11 WIB)
      Permalink

      dulu pas uang saya ketelan di atm mandiri.satpamnya bilang kalo mesin atmnya gk bisa dipake lagi buat setor tunai sampe uang yang sangkut itu diambil ama petugasnya. tapi untuk transaksi non tunai masih bisa. dan bener sih ane pantengin orang lain mau setor tunai udah gak bisa
      atm bri gk tau gimana sih

  • 14 April 2022 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Kadang saya bingung dengan pengguna media konsumen, sudah jelas orang nulis di sini karena sedang kena musibah tapi ada aja yang sama sekali tidak berempati malah meremehkan dan bilang plin plan. coba saat ini Anda yang sedang mengalaminya. Coba pikir dlu sebelum komentar

    3
    5
  • 14 April 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    disamping kesalahan sistem ATM BRI, ada 1 pelajaran penting lainnya dari SP ini, jika melakukan setoran tunai di ATM bank manapun, selalu dihitung total keseluruhan uang yang akan disetor sebelum transaksi,

    semoga permasalahannya cepat terselesaikan

    7
    1
  • 14 April 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Teman-teman semua, uang saya barusan dikembalikan oleh BRI full. Terima kasih atas kritik dan sarannya. Terima kasih juga pada BRI sudah mengembalikan uang saya.

    6
    3
    • 14 April 2022 - (10:48 WIB)
      Permalink

      yg jelas kl di perusahaan besar, pelayanan lama jg karena pengambilan keputusan jg bertahap, CS ga bs ambil keputusan sndiri, yg komplen jg byk, jd harus sabar nunggu

      • 14 April 2022 - (19:45 WIB)
        Permalink

        semoga menjadi pelajaran untuk kedepannya. edukasi aja :
        untuk seluruh nasabah bank manapun jika ingin menyetorkan uang melalui mesin CRM sebelum uang dimasukan kedalam mesin alangkah baiknya dihitung terlebih dahulu karna ada batas lembar uang yang dapat dimasukin kedalam mesin. karna apabila terjadi kendala kita bisa menyampaikan informasinya dengan baik bukan bergantung kepada mesin atau struk yang muncul karna semua itu adalah system yang mungkin bisa error karna setiap fasilitas yg diberikan oleh pihak bank itu digunakan oleh setiap nasabahnya setiap saat dan membutuh kan penarikan data atau maintenence. semoga menjadi pembelajaran..

  • 16 April 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Saya jg sering mengalami, tarik uang atm di bri tb2 mesing eror tp dana di rekening ud kepotong, dan yang ga keluar, sudah 3 kali saya mengami sejak saat itu apapun yang terjadi saya tidak menggunakan atm bri bahkan ketika di hub cs nya malah tidak ada jawaban yg jelas

  • 18 April 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Saya salah satu mantan nasabah BRI, dan akhirnya sadar ternyata BANK LAIN JAUH LEBIH BAIK…. 😎😎😎

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Uang Tertelan saat Setor Tunai di CRM BRI Unit Pamoyanan dan Pelayanan…

oleh Sursi dibaca dalam: 3 menit
43