Pembiaran atas Sanggahan Transaksi Kartu Kredit BNI

Saya merupakan pelanggan dari kartu kredit Bank BNI dari tahun 2013. Akan tetapi pada tahun 2019, saya memutuskan bukan pelanggan dari kartu kredit BNI lagi. Dikarenakan kartu kredit BNI saya dapat digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan digunakan secara belanja online.

Saya pun menganggap tahun tersebut menjadi tahun kekecewaan yang terbesar di hidup saya, karena Bank BNI tidak dapat menjaga kerahasiaan para konsumennya. Yang menjadi pikiran saya, kenapa kartu kredit saya, yang tidak pernah digunakan untuk belanja secara online, masih bisa digunakan oleh orang tersebut (pencuri data)?

Akhirnya pada tanggal 25 Oktober 2019, saya melaporkan sanggahan via email atas tagihan yang berjumlah Rp7 juta, yang merupakan limit maksimal dari kartu tersebut. Saya mendapat balasan dari BNI Call pada tanggal 04 November 2019, yang berisikan dimohon untuk menunggu proses selanjutnya. Saya pikir, berarti saya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak BNI dan balasan dari BNI Call via email, bagaimana hasil proses pihak Bank BNI.

Berselang beberapa tahun, tepatnya periode Maret dan April 2022, saya ditagih oleh pihak Bank BNI kembali via telepon, perihal tagihan tersebut, yang sudah membengkak menjadi Rp11 jutaan. Saya jelaskan bahwa saya belum mendapat balasan dari pihak Bank BNI, tapi kenapa kok tiba-tiba pihak BNI melakukan penagihan?

Seharusnya secara logis dan kalau memang benar pihak BNI tidak menyetujui sanggahan, harusnya dibalas dong surat saya tersebut. Sehingga saya ada dasar, apa memang ada kesalahan di saya atau memang data saya dicuri oleh pihak lain.

Akhirnya saya coba menanyakan kembali ke BNI Call dan tanggapan yang saya terima bahwa tagihan bapak sudah dialihkan ke bagian penagihan. Kok seperti itu ya? Perusahaan besar gak ada basa basi, langsung menagih tanpa ada konfirmasi ke konsumen. Jadi sistem di BNI Call baik via telepon maupun email gak ada gunanya, jangan digunakan lagi, buang-buang biaya bagi pihak BNI.

Terima kasih banyak kepada Media Konsumen yang bersedia untuk menyampaikan unek-unek di hati saya. Apabila ada pihak-pihak yang bersedia membantu saya baik informasi maupun bantuan hukum, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Niko Kristiaji
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank BNI:
[Total:60    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Pembiaran atas Sanggahan Transaksi Kartu Kredit BNI

    • 27 April 2022 - (13:12 WIB)
      Permalink

      Betul bos. Milik BUMN bermasalah semua. Saya pernah alami CC bank swasta saya di hack orang dengan melalui belanja online di Apple shop. Saya langsung lapor ke cs bank . Langsung di blok sama pihak bank nya langsung setelah saya ajukan komplain dan di ganti kartu baru. Ga pakai ribet kaya itu. Dana nya pun langsung di kembalikan ke saldo CC saya. Bank plat merah banyak prosedur yg ga penting. Dan prosesnya ga jelas hasil.

  • 22 April 2022 - (23:39 WIB)
    Permalink

    Ya ampun, setau sy kalau transaksi ini bkn d lakukan pemilik cc bisa di sanggah dan kalau case kk ini sudah menyanggah transaksi tp tdk ada kelanjutan, kalau sprti ini kasian konsumennya udah ga pake cc nya malah koletibilitasnya jadi jelek kan, akan susah jg kalai berusan dg lembaga keuangan, pdhl ybs tidak melakukan transaksi tsb lho.. Ayo BNI speed up proses complain handlingnya, bkn kah layanan kpd customer bank adalah prioritas? Terlebih lg ini penyangahan transaksi lho.
    Semoga issue nya cpt selesai ya kak.

    9
    2
  • 23 April 2022 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Untung saya gak pernah pake kartu kredit aplg jaman sekarang data kita mudah di curi dan di salahgunakan

  • 24 April 2022 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Lebih baik bapak datang langsung bank bni…dan tanyakan masalah ini, kalau di lanjutkan ke CS online, usahakan menggunakan telp dari CS yg ada di BNI, insya allah akan cepat mendapat penanganannya..pengalaman saya seperti itu,maaf tapi di bank CIMB Niaga..saya komplain dan langsung di tutup kartu kreditnya..untuk menjaga hal hal yg tidak diinginkan..dan saya hanya membayar out standing yg memang saya pergunakan….kesalahan bpk,kalau sdh tahu harusnya datang ke CS dan ajukan komplain disertai dengan penutupan kartu kredit…semoga berhasil dengan baik..

  • 27 April 2022 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Dikarenakan kartu kredit BNI saya dapat digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan digunakan secara belanja online.
    —-
    Anda pernah berikan OTP/CVV ke orang lain gak?
    Kalau enggak ga usah mau bayar.

  • 27 April 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Kesalahan di anda..kenapa tdk langsung kebank waktu itu..saat itu jg lsg kebank untuk menyelesaikan…

  • 9 Mei 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Hi All, mau sharing pengalaman dengan kartu kredit BNI (mastercard & visa) di bulan April & Mei 2022. Keduanya saya menjadi korban transaksi dari APPLE store yang tidak saya pribadi gunakan. Transaksi tersebut bisa lolos tanpa OTP sebanyak 7 kali di Visa & 5 kali di Mastercard. Selang waktu nya hanya berbeda 1 bulan saja. Nominal per transaksi sebesar 1,4juta s/d 1,6juta – itu bisa lolos tanpa OTP dan tanpa pemberitahuan lewat SMS/WA ke nomor HP saya.

    FYI, saya sudah menjadi nasabah kartu kredit BNI dari tahun 2011 – servis nya dari tahun ke tahun bukan membaik tetapi malah semakin buruk.

    Customer Service BNI masih mau membantu di telepon, tapi prilaku seperti robot; menanggapi komplain tanpa empati & hanya ingin cepat2 menutup telpon.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BNI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Pembiaran atas Sanggahan Transaksi Kartu Kredit BNI

oleh Niko Kristiaji dibaca dalam: 1 menit
14