Tidak Merasa Menekan Tombol Donasi di Aplikasi BSI Mobile, Mohon Kembalikan Uang Saya

Pada tanggal 29 April 2022 kemarin, saya melakukan transaksi e-commerce di aplikasi BSI Mobile. Setelah selesai transaksi, saya terkejut karena dapat SMS dari BSI, bahwa ada penarikan dana yang tidak saya kenal sebesar Rp500.000.

Saya komplain ke BSI Call Centre 14040 dan mendapatkan jawaban, bahwa saya menekan tombol donasi di akhir transaksi. Saya tidak merasa menekan tombol itu, karena tombol itu terlalu dekat dengan tombol OK untuk mengakhiri transaksi.

Setelah saya komplain ke 14040, mereka janji akan mengembalikan dana saya, dengan nomor registrasi: pengaduan 2022042900655. Saya juga datang dan komplain ke Kantor BSI tempat saya membuka rekening, dengan nomor registrasi pengaduan: 2022051700377.

Namun sampai sekarang pengembalian dana belum ada saya terima dan komplain saya pun tidak ada tanggapan dan penyelesaian. Perlu diketahui juga, mata saya plus 2.00, untuk membaca di hp saya menggunakan kacamata.

Untuk Lembaga Amil Zakat Nasional BSM Umat, tolong kembalikan dana saya, karena saya tidak ada niat untuk donasi. Uang Rp500.000 sangat berarti bagi saya sebagai pedagang keliling. Mohon maaf dan mohon pengertiannya.

Saifuddin
Padang Pariaman, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Syariah Indonesia:
[Total:219    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bank Syariah Indonesia atas Keluhan Bapak Saifuddin

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sehubungan dengan pemberitaan mengenai “Tidak Merasa Menekan Tombol Donasi di Aplikasi BSI Mobile, Mohon Kembalikan Uang Saya“. Kami...
Baca Selengkapnya

67 komentar untuk “Tidak Merasa Menekan Tombol Donasi di Aplikasi BSI Mobile, Mohon Kembalikan Uang Saya

      • 11 Juni 2022 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Maaf sebelumnya pak saya juga beberapa hari yang lalu terdebet dan masuk ke rek infak bsi, untuk refund kembalian dananya dengan FT tersebut, uangnya akan kembali dalam waktu 14 hari kerja.

      • 14 Juni 2022 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Kadang aplikasi apapun menjebak terkadang kolom donasi suda tercentang auto kita sendiri yg hrs jeli kesalahan bukan pd org lain tp sama diri sendr. Semoga komen ini bermanfaat bagi yg blm kena jebak donasi yg ga jls yg ada dlm aplikasi.

    • 12 Juni 2022 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Prosedur matamu!!! Balikin tuh duit nasabah, lagian saya sebagai pengguna BSI juga merasa terganggu dengan menu donasi yang terkesan “menjebak” Karena betul jika kita ga teliti baca atau terburu-buru ketika bertransaksi akan sangat mudah berpotensi menekan tombol tersebut.

      13
      2
      • 14 Juni 2022 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Iya sya smalam gk merasa menekan mungkin k sentuh aja tanpa sadar tau2 hilang 50rb masuk infak, jebakan bgt,,,

    • 12 Juni 2022 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Sebaiknya TOMBOL persetujuan Nasabah untuk Donasi yg akan di potong dari tabungan, jadi jika gak sengaja tombol donasi terKlik, nasabah bisa Batalkan.
      Karna saya pun pernah mengalaminya.

    • 13 Juni 2022 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Terkadang tombol “OK” di aplikasi sengaja memang di buat mepet oleh pembuat aplikasi utk mencari celah kesalahan pembaca seolah olah menekan OK. saya pernah mengalami seperti itu di aplikasi lain.

    • 11 Juni 2022 - (17:11 WIB)
      Permalink

      kenapa gak anda ganti saja kerugian beliau, ikhlasnya anda yang ambil. biar berkah dan beliau senang krn dapat ganti rugi

      58
      1
    • 11 Juni 2022 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Pea. Klo donasi harus iklas pake hati. Itu dia ga iklas karena hidup masih pas pasan. Di agama klo masih ada hutang tidak dianjurkan sedekah haram kata ulama. Mau w kirimin bukti ceramahnya ulama

      30
      1
      • 11 Juni 2022 - (18:39 WIB)
        Permalink

        Si agus klo ngomong ga pake otak. W yakin seandainya lu jadi dia pasti lu ngedumel uang 500rb hilang. Bohong klo lu iklasin. Sekarang aja lu donasi 500rb klo mang lu mau iklasin. Bisa ga . Wkwkwkwkwk

        29
        • 11 Juni 2022 - (18:55 WIB)
          Permalink

          ajarannya si YM ni pasti disuruh ikhlas karena berharap dapet balasan berlipat lipat tapi dia sendiri jarang sedekah

          15
          • 12 Juni 2022 - (14:43 WIB)
            Permalink

            Disuruh memberi sedikit untuk dpt yg lebih banyak
            Pada ga mau
            Ya udah hidup loe cm gitu2 aja
            Dikasi rejeki sedikit ga mau berbagi
            Ntar kasih banyak jd kufur nikmat
            😅😅😅😅😅

    • 11 Juni 2022 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Benar Pak Agus, memang harus ikhlaskan saja, perbanyak sedekah maka nanti bisa di ganti ratusan kali lipat. Simple.

      4
      24
      • 15 Juni 2022 - (05:57 WIB)
        Permalink

        Pea bang goks pedagang keliling hidupnya pas pasan bos. Klo disuruh iklas ente yang gantiin. Jadi ente yg iklasin gimana setuju.

        Pasti ngedumel. Kalau iklas buat apa komplen berarti cari uang susah . Klo dia orang kaya pasti iklas. Uangnya segitu gak ada apa2nya. Yang omongin iklas ga pake otak ia. Kalau dia sendiri pasti bayangin terus uang segitu lenyap .wkwkwkwk

        • 16 Juni 2022 - (08:52 WIB)
          Permalink

          Lo yang PEA,
          “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. az-Zumar: 10)
          Belajar agama dulu bos yang bener biar pinter dan tau.

          1
          1
  • 11 Juni 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Bismillah saya juga nasabah BSI dan pengguna BSI Mobile,yang bikin saya bingung kok dalam gambar screenshoot anda kok gak ada tuh tulisan OK dan malah yang ada tulisan “BATAL”….Apakah anda yakin gak menekan tombol infaq Rp 500 ribu tersebut? Kan ada kemungkinan anda gak sengaja menekan tombol infaq Rp 500 ribu.

    9
    2
    • 11 Juni 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Tombol Donasi diakhir transaksi di BSI Mobile memang harus hati-hati, kalau tertekan uang langsung terpotong tanpa tanya dulu setuju apa tidak, seperti jebakan.

      25
      2
      • 11 Juni 2022 - (22:16 WIB)
        Permalink

        ya betul, saya sebagai nasabah BSI paling takut setelah transaksi gak sengaja ketekan tombol donasi. karena setelah transaksi PASTI diarahkan kesana, lalu setelah ter-klik tidak ada konfirmasi lebih lanjut tapi LANGSUNG TERPOTONG. serem BSI kl gini caranya. pantesan jadi bank dengan donasi terbanyak.

        13
  • 11 Juni 2022 - (19:38 WIB)
    Permalink

    Ituu tombol donasii jebakan betmen wkwkkwkw
    Org hidupnya msh pas2an kok kepencet donasi 500rb sungguh terlalu hahaaa

    18
    1
  • 11 Juni 2022 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Mmm…
    Yakin ga mencet tombol donasi?
    Di screenshot anda udah mencet loh.
    Kalaupun tombol kepencet, kan masih harus pilih nominal donasi.
    Sblm pilih nominal kan bisa di batalkan.

    4
    3
    • 11 Juni 2022 - (22:18 WIB)
      Permalink

      Tombol 500 ribu itu paling bawah bro. kadang mau pencet “batal” malah kegeser ke tombol nominal. dan gak ada konfirmasi lagi mau donasi atau tidak tapi langsung terpotong dana.

  • 11 Juni 2022 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Keknya tombolnya jauh dech antara pembayaran E-commerce sama bayar infaq, beda klasifikasinya di mobile banking, beda dengan di ATM sebelum tarik kartu pasti ditanyain.
    Tp sih biasanya cepet diatasi problemnya, dulu saya pernah transfer tp uang tidak sampai ke penerima, alhamdulillah kurang dari 2 minggu sudah solved, mungkin krn melibatkan pihak ketiga penerima infaq jadi prosesnya agak lama. Tp saya doakan semoga lekas beres ya masalahnya.

    • 11 Juni 2022 - (22:24 WIB)
      Permalink

      di BSI mobile gak mesti tekan tombol infaq. karena setiap habis transaksi apapun SELALU otomatis diarahkan ke menu infaq. dan kita harus kosentrasi serta hati2 menekan “batal”. sebab kalau sempat ketekan nominal bakal langsung kepotong tanpa konfirmasi iya atau tidaknya.

      13
      • 12 Juni 2022 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Yang komem banyak yang pea ya… kalau gak punya atau gak pernah transaksi moblie BSI jangan banyak bacot…

    • 12 Juni 2022 - (19:30 WIB)
      Permalink

      Pernah pake BSI mobile? Pernah pake ATM BSI?
      Atau punya tp ga pernah transaksi? Klo pernah transaksi pake BSI pasti gak ginj komennya.Tp menunya meresahkan sih, klo nominal receh sih gapapa tnpa konfirmasi, ini 500ribu..lucu ya menunya tnpa konfirmasi sekali lg sementara untuk trnasaksi lainnya 2x pencet 🤣🤣🤣

      • 14 Juni 2022 - (11:52 WIB)
        Permalink

        Betul bang,, cma k sentuh aja langsung jebret k potong, Ane pernah alamin, cma 50 rb dan D paksa iklas

        • 15 Juni 2022 - (05:53 WIB)
          Permalink

          Wkwkwkwk. Kenapa sih ga kayak dulu aja bsi pisah ranjang. Dulu saya bni syariah gampang ambil uangnya ga terlalu jauh .gampang cari atm nya. Semenjak migrasi jadi repot cari atm jauh . Setiap ambil uang pasti ada tulisan donasi kayak maksain. Kenapa ga tulisan aja yg mau didonasi . Nominal kita yang input. Seperti sengaja dibuat buat orang lalai kena jebakan. Kasihan paling bawah 500rb. Klo orang yang pake kaca mata sama yang suka apes pasti salah pencet. Kaya seperti disengaja.
          Bener ga ia tuh uang donasi pasti dikasih buat yang membutuhkan.
          Apa buat ditahan uangnya buat perputaran bisnis . Kan kita orang awam ga tahu . Yang jalanin kan para pejabat bank

  • 11 Juni 2022 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Saran saya kedepan a bila transaksi mobile baik itu melalui hp ato PC ato ATM harap teliti dan sabar, jangan tergesa-gesa. Karena setelah tertekan tombol donasi, tidak ada verifikasi lagi apa akan dilanjutkan atau tidak…dan sepertinya anda benar2 sedang tidak fokus karena tombol donasi dan batal jarak a lumayan jauh…tidak berdekatan

  • 11 Juni 2022 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Kayaknya aplikasinya memang sengaja dibuat untuk orang yg gak sengaja hehehe. Parah emang bumn aplikasinya gak ada yg bener

    9
    4
  • 12 Juni 2022 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Perbaiki interface, segala bentuk kerugian yg ditimbulkan bisa termasuk tindakan dholim.. dan semua pihak didalamnya akan dimintai pertanggung jawaban.

    7
    2
    • 12 Juni 2022 - (06:57 WIB)
      Permalink

      Jaga kata2 km
      Donasi kok perbuatan dholim
      Sy yakin kl donasi di salurkan ke orang yg tepat yg membutuhkan nya

      1
      11
      • 12 Juni 2022 - (16:23 WIB)
        Permalink

        Dholim disini karena letaknya tombolnya jebakan betmen cuk! kalo lu punya akun BSI lu pasti tau apapun bentuk transaksi nya setelah selesai selalu diarahkan ke menu donasi dan harus klik batal kalo ga mau donasi, kalo ga teliti ya bakalan kena jebakan tombol infaq kaya si TS. karena setelah kepencet ga ada konfirmasi apapun dan dana langsung terpotong. Sampe sini paham?

        6
        2
  • 12 Juni 2022 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Belajar ikhlas in
    Kl ga ikhlas ga dpt apa2
    Kl ikhlas semoga diganti berkali kali lipat
    Amin

    Drpd kepikiran berhari2 nanti BS stress,nanti BS sakit,malah keluar uang lebih banyak LG
    Sama Allah SWT kok hitung2an

    1
    12
    • 12 Juni 2022 - (10:33 WIB)
      Permalink

      Lu bego apa gimana sih?? jelas jelas dia gak iklas dan dia lebih butuh duit 500k itu untuk keperluan dia sendiri. Emang dengan dia iklas sekarang kebutuhannya langsung instan terpenuhi? Gak lah, dunia ini segalanya butuh proses bro

      • 12 Juni 2022 - (13:55 WIB)
        Permalink

        Percuma otak loe ga nyampe,emang Allah SWT mengganti berkali2 lipat ga cuma uang kali,BS kesehatan, keselamatan dan rejeki tak terduga
        Apa harus nunggu nikmat Tuhan di cabut semua baru ente sadar
        Kl ga ikhlas ya ga dpt apa2
        Stress,sakit terus gila…..

        1
        4
        • 15 Juni 2022 - (06:06 WIB)
          Permalink

          Deny pea. Ulama pernah bilang kalau masih ada hutang haram sedekah apalagi hidup miskin. Lu ketik aja di youtube pasti muncul.
          W yakin dia pasti banyak kebutuhan makanya dia ga iklas. Apalagi dia pake kaca mata. Piling w dia salah pencet. Orang pake kaca mata apalagi di dialam atm dingin. Kacamatanya berembun makanya salah lihat . W pemakai bsi dah lama mang itu tulisan donasi 500 rb paling bawah mata w normal ga pakai kacamata. Didalam dingin banget .pasti kacanatanya ber embun salah lihat jadinya .wkwkwkwkwk

      • 12 Juni 2022 - (14:36 WIB)
        Permalink

        Stlh donasi 500rb terpotong
        Masi ada sisa saldo 1.8jtan

        Bersyukur lagi Masi di beri rejeki sampe saat ini
        Kl saya Ngalami kejadian ini
        Saya malah cari2 informasi
        Apa bener donasi ini disalurkan kepada yg berhak membutuhkan
        Dan berdoa semoga diganti berlipat2 rejekinya

        Kecuali pada ga punya Allah SWT dihati kalian2

        2
        5
        • 15 Juni 2022 - (06:12 WIB)
          Permalink

          Deny pea. Ga usah kayak orang benerlu. Kasih aja uangnya 500 buat dia . Iklasnya buat lu. Bisa ga lu iklas.
          Jangan nyuruh orang iklas .
          Orang iklas pake hati bukan pake omongan lu. Hati lu sama hati dia beda bos. Hanya allah yang bisa rubah hati seseorang. Bukan lu bos

  • 12 Juni 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Ambil Hikmah positifnya ajah sih. Jangan dilebih-lebihkan. Bisa saja memang Tuhan berkehendak untuk mengambil sebagian rezeki tersebut karena semua yang ada dunia dan isinya apa yang kita terima dan dapatkan merupakan titipan, jika Ia berkehendak untuk mengambilnya kembali maka terjadilah.
    Ingat juga seluruh penghasilan dan pendapatan ada Zakatnya juga yang harus di tunaikan, baik anda pekerja, pedagang, dan sebagainya. Jangan cuman Zakat Fitrah tok. Di sisi lain dari harta yang kita terima rezeki yang kita terima itu sebagian ada hak orang lain yang harus kita bayarkan.

    Ambil positifnya, dan ingat walaupun kita tidak ada niat untuk melakukannya apabila Tuhan sudah berkehendak kita tidak bisa mengelak.

    Semoga kita semua diberi keberkahan dan kebaikan oleh Tuhan yang Maha Esa.

    10
    4
  • 12 Juni 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Mungkin gak pernah bersedekah ini org. Sehingga jadinya sepeeti itu. Sudah kehendak Tuhan.

    1
    5
    • 12 Juni 2022 - (16:28 WIB)
      Permalink

      Kalo koreksi buat diri sendiri jangan ke orang bos, kaya udah paling rajin sedekah aja lo. dan satu hal jangan pernah samakan orang lain dengan dirimu karena kita ga tau kebutuhan apa yang dimiliki si penulis. Apakah beliau punya tanggungan hutang ditempat lain yang harus segera dibayar? jangan suka menghakimi orang lain, itu bagian ya Allah bukan jatahnya hamba macam ente

      5
      4
  • 12 Juni 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Yg komen suruh ikhlas, kenapa gak ente aja pd patungan buat gantiin uang TS.. betul apa betul ?

    5
    1
  • 12 Juni 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah agama jaman skrg. Ummat dijadikan sapi perah untuk kelangsungan organisasi nya. Kalo saya ya, donasi langsung ke orangnya. Ga pake pihak ke 3. Krn pihak ke 3 menggunakan duit donasi orang, seolah2 itu milik perusahaan mrk. Emang namamu dicantumkan ketika mrk memberi bantuan??

    4
    2
  • 12 Juni 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Diurus aja lgsg k BSI, tiap transaksi emang muncul donasi. Saran ajaa bwt BSI bikin 2 ato 3 page kalo nilai lebih 50rb di page terakhir yg ringan d page awal shg kalopun salah pencet gk terlalu besar nilainya. Donasipun seharusnya diminta persetujuan dl bukan lgsg masuk k menu nilainya.. Sy juga user BSI kadangkala serasa ditodong padahal pas akhir bulan duit jg pas2an..

  • 13 Juni 2022 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga bln lalu tiba2 dpt notif dinasi 500rb pdhl ga merasa pencet.
    Mungkin krn ga teliti, pdhl uangnya itu niatan sy ditabung..
    Kalau infaq memang biasanya saya di tempat lain dan rutin walauoun ga seberapa..

    Mungkin tandanya Allah mengingatkan kalau perbanyak lagi sedekahnya..
    Saya nyeseknya krn niat donasi di tempat lain yg urgent membutuhkan..

    Skrg kalau mau transaksi hati2 supaya ga salah pencet lagi

    • 13 Juni 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      ya bener Allah bisa memang mengingatkan kita untuk perbanyak sedekah,

      tapi kalau yang BIKIN INTERFACE seperti gini namanya JEBAKAN BETMEN.
      jangan pake kata-kata Yang Maha Kuasa sebagai perisai JEBAKAN BETMEN nya donk.

      BSI harusnya membuat tampilan YANG TIDAK MENJEBAK sehingga konsumen memakai aplikasi dengan WORRY-FREE

      1
      1

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Syariah Indonesia?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Tidak Merasa Menekan Tombol Donasi di Aplikasi BSI Mobile, Mohon Kemba…

oleh Saifuddin dibaca dalam: 1 menit
67