Tidak Mengerti Dengan Kebijakan Pengembalian Dana Dari Google

Pada tanggal 12 Juni 2022 bisa jadi adalah hari yang paling sial bagi saya, bagaimana tidak pada hari itu telah terjadi transaksi tidak sengaja di kartu kredit saya untuk pembelian Tiktok Coins tanpa sepengetahuan saya dan tanpa izin saya dengan nominal yang menurut saya sangat besar yaitu Rp 4.574.310,- dengan nomor pemesanan di Google Play Store: GPA.3362-3412-9984-44627

Kronologi kejadian:

Pada saat itu di tanggal 12/06/2022 kurang lebih pada jam 13:10 WIB teman saya meminjam hp untuk menonton TikTok, lalu tanpa sengaja dia mengklik fitur “gift” yang ada di TikTok live, sehingga terjadi topup TikTok coins sejumlah 17500 coins dengan biaya Rp 4.574.310 dari kartu kredit saya pada jam 13:30 WIB.

 

Setelah mengetahui telah terjadi pembelian menggunakan kartu kredit saya tanpa sepengetahuan saya, lalu pada hari yang sama 12/06/2022 kira-kira jam 13:46 WIB (tidak lebih dari 20 menit sejak transaksi itu) saya langsung melakukan permintaan pengembalian dana karena pembelian itu dilakukan oleh teman saya tanpa sepengetahuan saya.

 

Tapi keesokan harinya di tanggal 13 Juni 13.16 WIB saya mendapat email balasan dari Google Play bahwa permintaan pengembalian dana yang saya ajukan ditolak karena tidak sesuai dengan kebijakan pengembalian dana mereka.

 

Padahal dihalaman kebijakan pengembalian dana Google Play jelas tertulis bahwa:

Google dapat memberikan pengembalian dana untuk beberapa pembelian Google Play, bergantung pada kebijakan pengembalian dana yang dijelaskan di bawah. Anda juga dapat langsung menghubungi developer.

Jika pembelian dilakukan secara tidak sengaja oleh teman atau anggota keluarga menggunakan akun Anda, mintalah pengembalian dana di situs Google Play.

 

 

Jadi berdasarkan kebijakan pengembalian dana itu harusnya saya berhak untuk mendapatkan pengembalian dana, karena transaksi itu memang tidak sengaja. Tapi kenapa Google Play menolaknya?

Tidak menyerah sampai disitu, akhirnya saya menghubungi Permintaan Dukungan Google dengan ID: [7-8789000032559] pada tanggal 13 Juni 21.11 WIB dan membuat Klaim pembelian tidak sah dengan ID klaim : 1459-9164-0997 pada tanggal 13 Juni 15.32 WIB.

Sayangnya pada pesan balasan email permintaan dukungan Google ditanggal 17 Juni 08.10 WIB , mereka (Google Play) tetap menolak melakukan pengembalian dana, dan mereka memberikan pilihan kedua kepada saya untuk menghubungi pengembang aplikasi Tiktok dan meminta pengembalian dana dari Tiktok.

Saya akhirnya menghubungi tiktok. Dan yang membuat saya semakin bingung bahwa Tiktok tidak dapat melakukan pengembalian dana dan saya disarankan untuk meminta sendiri pengembalian dana melalui Google Play.

Jadi saya harus bagaimana?

Google Play menyuruh saya meminta pengembalian dana melalui Tiktok, sementara tiktok sendiri menyuruh saya meminta pengembalian dana dari Google Play.

Siapapun disini yang sekiranya dapat membantu atau setidaknya meneruskan kepada Google Play, tolonglah jangan dibuat rumit seperti ini. Bagi saya uang sejumlah Rp 4.574.000 itu sangat banyak, bagaimana bisa Google Play ngotot tidak mau mengembalikan dana itu sedangkan sepertinya dari pihak Tiktok sendiri tidak akan ada masalah dengan pengembalian dana itu.

Saya sangat berharap ada orang baik yang akan membantu saya.

Penting juga diketahui:

  • Tiktok Coins yang dibeli tanpa sengaja itu hingga saat ini belum digunakan mengingat kasus pembelian ini tidak sah dan itu dapat dikembalikan ke Tiktok jika dikemudian hari pengembalian dana ini disetujui oleh Google Play.
  • Saat melakukan pembelian di Play store, memang tidak di setel atau tidak dibutuhkan password mengingat selama ini hanya saya memegang HP itu dan saya sering lupa password.

Edri Yanto
Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:26    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Tidak Mengerti Dengan Kebijakan Pengembalian Dana Dari Google

  • 20 Juni 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Rejeki nomplok ,dapet saweran segitu banyak. Btw, tahu dari mana TikTok Coins nya masih ditahan ? Ada pernyataan dari Tiktoknya ?
    Kalau iya ya terus aja kejar, biasanya dibalikin kok kalau baca簡 dari berita sejenis.

    • 20 Juni 2022 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Itu topup coins tiktoknya di akun tiktok hp saya gan, jadi coins tiktoknya masih ada belum saya gunakan. Teman saya benar2 tdak sengaja klik tombol gift yang diarahkan ke popup buat topup coins dulu.

      • 20 Juni 2022 - (19:51 WIB)
        Permalink

        OIC, maaf ga paham Tiktok soalnya. Kl gitu mah seharusnya gampang ya direfund, kan belum dialihkan ke akun lain ya. Kirain udah ditarik yang dpt sawer 五
        Tanya aja trus, email terus jgn menyerah. Kalau menurut saya ya, ini harusnya bisa ga serumit yang saya bayangkan. Tetap usaha aja, semoga sukses nantinya

    • 20 Juni 2022 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Masalah seperti ini ya mintalah teman yg bertanggung jawab bukan berkoar2 menyalahkan google buat ganti rugi. Jelas itu salah, karena google g ngerti siapa yg menekan itu anda atau teman anda mau sengaja ataupun tidak. Yg jelas itu akun anda sdr, lebih bersikap bijaklah.

      21
      2
      • 20 Juni 2022 - (15:11 WIB)
        Permalink

        Teman ente yg harus ganti, kan dia yg pakai hp ente…, google jg dagang masalah itu salah pencet mereka g faham…

        Dr pada cape2.

        17
        • 20 Juni 2022 - (16:20 WIB)
          Permalink

          Terus buat apa kebijakan yang dibuat google itu? Kan memang ada hak untuk pengembalian dana selagi koin nya tidak d pakai.

          5
          11
          • 21 Juni 2022 - (21:56 WIB)
            Permalink

            Marketing wkwk

    • 20 Juni 2022 - (19:30 WIB)
      Permalink

      Harusnya begitu gan, tapi jika selagi kita bisa minta refund kan lebih baik refund. Kalo minta ganti ke teman jatuhnya jadi hutang dia gak tau kapan dibayar

      2
      1
      • 21 Juni 2022 - (13:14 WIB)
        Permalink

        Kebijakan google mengenai pengembalian dana itu ada syarat dan ketentuannya. Maaf saya tidak bisa share karena lupa link nya, tapi saya pernah baca tidak semua item bisa direfund sesuka hati.
        Ada beberapa kategori item dan developer tertentu yang tidak bisa refund sehingga dari pihak Google tidak menyediakan fitur refund. Contohnya item in game atau top up uang dalam suatu game ada yang tidak bisa direfund (tidak semua game).

        Jadi bisa dibilang kalo sudah terlanjur begini Google juga lepas tangan.

        Sarannya untuk kedepan settingan pembayaran bisa diperketat atau sekalian semua metode pembayaran yang disimpan, dihapuskan biar ga ada kecelakaan dikemudian hari.

    • 26 Juni 2022 - (07:38 WIB)
      Permalink

      HAHAH TANPA SENGAJA.. UDAH BASI LAH BUNG.. ELO YG DISEBUT REFUNDER. COINS SUDAH TERPAKAI BUAT SAWER.. TAPI NGAREP DI REFUND.. BASI.. ELO PIKIR BELI TANPA MASUK PASSWORD APA SIDIK JARI.

      • 26 Juni 2022 - (07:45 WIB)
        Permalink

        Bung, itu opsi pembayaran Play Store ada opsi untuk mematikan permintaan password saat pembelian jadi dapat melakukan pembelian tanpa otorisasi.

    • 21 Juni 2022 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Kebijakan pengembalian kl transaksi coin masuk ke akun tiktok org lain. Maka bisa dikembalikan. Kl masuk ke akun sendiri, maka tdk akan dikembalikan.

  • 20 Juni 2022 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Cara yang benar, teman anda yang harus mengganti karena dia yang beli koinnya. Kenapa anda tidak menagih ke teman anda, jelas itu kesalahan dia.

    13
    • 20 Juni 2022 - (19:31 WIB)
      Permalink

      memang kesalahan dia gan, tapi jika ada solusi lain yaitu refund mangkanya kita coba minta refund dulu.

      • 24 Juni 2022 - (23:12 WIB)
        Permalink

        Solusi supaya uang anda balik? Suruh temen tanggung jawab atau sita hpnya sebagai jaminan. Koq bisa ngg sengaja kebeli? Padahal ada fitur biometric authentication di google play sebelum payment di google play.

        Naruh payment kartu kredit di google play, tp ngg pake biometric authentication… Kocak sekali anda…不不不不

  • 20 Juni 2022 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Pasal karet tuh. Bagaimana anda bisa membuktikan apabila yang beli adalah teman anda?

    Kejar teman anda. Jadi teman koq nyusahin.

    • 20 Juni 2022 - (19:34 WIB)
      Permalink

      memang sulit dibuktikan gan, tapi buat apa saya topup koin tiktok 4,5 juta gan resiko kehilangan uang yg gak guna. Dia ga sengaja gan, kepencet katanya jadi kita usahakan minta refund ga apa2 sekalipun akun tiktok itu harus dibanned permanen.

      • 23 Juni 2022 - (16:20 WIB)
        Permalink

        lebih sulit membuktikan kalau anda tidak membutuhkan koin tersebut (konteks kata “buat apa” dan “gak berguna”). salah transfer aja kalau alasan salah lihat nomor rekening itu hampir mustahil bisa balik uangnya.,

    • 20 Juni 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Pacak nian, la pening palak ku mekerke duet 4,5 juta itu,,, lemak dibelike kambeng be setaon la beranak 7

      2
      3
  • 20 Juni 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Salah satu hal yg negatif dari aplikasi yg menampilkan joget2 ga jelas gitu. di download anda, di pinjam teman dgn alasan tuk nonton, tp akhirnya terjadi hal demikian.
    Mau hiburan? nonton acara lapor pak di youtube.

    • 20 Juni 2022 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Itu app tiktok sering buat anak nonton video kucing gan… mangkanya di install

      1
      1
      • 21 Juni 2022 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Ya, pembelian di Google Play memang ada opsi sekali klik atau pakai password. Tetapi daripada masalah mendingan setelah melakukan pembelian seharusnya kartu kredit yang terdaftar dihapus kembali agar tidak terjadi transaksi tanpa sengaja seperti ini.
        Mengacu pada kebijakan pembatalan transaksi tidak sengaja atau oleh teman, kalau memang ada kebijakan begitu saya heran juga kenapa ditolak oleh Google. Coin Tiktok kan itu digital dan bisa ditarik kembali oleh Tiktok, tapi kenapa Tiktok malah minta ke Google Play.
        Menurut saya tetap kejar ke Google Play karena dia yang menjamin adanya klaim transaksi tak sengaja. Jangan asal bilang saja tidak dapat diproses. Duitnya kan masuk ke google.
        Menjadi pelajaran bagi kita, jangan sembarangan meminjamkan handphone kita, karena ada password yang otomatis.
        Kita berharap kiranya masalah ini segera bisa mendapat solusi yang terbaik

    • 26 Juni 2022 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Muka mem3k loe aja yg kotor buka tiktok biat lihat gituan… tiktok ai based apa yg sefing elo lihat..kalo elo sering lihat investasi dia akanunculkan yg berhubungan..

      • 26 Juni 2022 - (07:48 WIB)
        Permalink

        orang aneh. tampaknya berat sekali masalah hidup nya. kok situ jadi marah-marah? aneh sekali

  • 20 Juni 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Menurut saya dsni yg salah adalah anda, pertama, anda lalai meminjamkan hp ke teman anda dan anda tdk tahu apa yg dilakukan teman anda, kedua, anda tdk mengaktifkan fitur autentikasi pembayaran dgn kartu kredit di google play, so ketika diklik akan otomatis terbayar dan dianggap transaksi berhasil.

    14
  • 20 Juni 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    “Jika Anda memberikan detail akun atau pembayaran kepada orang lain, terkesan melanggar kebijakan kami, atau tidak melindungi akun Anda dengan autentikasi, biasanya kami tidak dapat memberikan pengembalian dana.”

    ini ada di kebijakan pengembalian dana google play yang anda “bingungkan”, jelas mereka tidak memberikan pengembalian dana kepada anda, karena anda tidak melindungi akun anda dengan autentikasi, pembelian di google play bisa dilindungi password, tapi anda tidak pakai opsi itu

    anda ngapain bingung lagi, alasannya sudah jelas bahwa anda tidak melindungi diri anda sendiri

    19
    • 20 Juni 2022 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Tapi disitu akan ada opsi “Jika ada pembelian Google Play yang tidak Anda lakukan dan tidak dilakukan oleh orang yang Anda kenal menggunakan kartu atau metode pembayaran Anda lainnya”

      Opsi ini harusnya tidak ada. Karena tidak akan ada kasus pembelian dilakukan orang lain jika tidak mengetahui kode autentikasinya.

      Masalahnya pada opsi itu jelas ditulis: “Jika pembelian dilakukan secara tidak sengaja oleh teman atau anggota keluarga menggunakan akun Anda”

      Jadi jika tidak sengaja, harusnya bisa minta refund,,, lalu buat apa ada 2 opsi itu pada kebijakan pengembalian dana Google?

      1
      8
    • 20 Juni 2022 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Seingat saya kebijakan refund dana dari google berlaku untuk transaksi yang langsung menggunakan saldo google play dan kalau kita minta refund untuk transaksi dengan metode pembayaran lain (pulsa, credit card, payment poin dll) cenderung sangat sulit , mengapa bisa begitu ? Ya mungkin karena proses klaim / kembali dana yang bakal ribet disertai dengan kebijakan dan syarat yang berbeda beda antar platform/instansi

      Fyi ya , sejak beberapa tahun belakangan ini, google sangat selektif dalam proses refund karena dulu proses refund itu sering disalah gunakan para gamer untuk top up di aplikasi/game dan kemudian melakukan refund tapi item dalam permainan tidak ikut ‘ditarik’ kembali 五 sedangkan saldo google playnya utuh kembali

    • 20 Juni 2022 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Google itu kaya gan, gak mungkin nyari receh gini hehe… saya sadar memang saya yang salah.. lalai tidak melindungi fitur pembelian dengan password

      2
      3
  • 20 Juni 2022 - (20:42 WIB)
    Permalink

    ga punya tiktok jadi ga ngerti dan tidak mau ngerti juga makanya hp sy ga sy connect ke rek / kartu apapun takut pas d pake anak klak klik ga jelas

    1
    1
  • 20 Juni 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    aku juga pernah ga sengaja kebeli diamond ML pake saldo google play, tapi ga bisa balik duitnya mungkin kebijakan pengembalian dananya buat pembelian aplikasi kali ya

  • 20 Juni 2022 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Setau saya pengembalian paling cepet dan gampang itu kalau pembelian lewat apps playstorenya langsung misal beli app berbayar, bukan dari apps pihak ketiga, kalau dari apps lain misal topup gitu memang ga bisa, itu pihak apps nya yang proses (tiktoknya)

    Kalau mau gampang lagi, suruh temennya ngeLIVE tiktok terus masnya kasih sawer pak duit topup, ntar di cairkan temennya terus suruh kasih duit ke masnya, (apakah memungkinkan?) Soalnya saya ga paham tiktok

  • 20 Juni 2022 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Makanya hati2 jangan pasang CC di aplikasi yg bisa minta pembayaran. Google play kan bisa disetel pengamanan pembayaran. Apalagi install tiktok buat anak2 bisa makin besar kesalahan dibuat itu. Kalau gak bisa dikembalikan ya temannya suruh tanggung jawab. Sita hapenya. Hari gini harus kejam dikit lah teman sih teman kalo ud nyusahin mah harus di…….. (Tersrah) hehe

  • 21 Juni 2022 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Aneh banget…knp anda tidak minta teman anda yg mengganti???
    Teman anda gag mau bertanggung jawab???
    Dan kalau memang anda lebih pintar dari smartphone anda..pakailah autentikasi untuk pembelian2 di playstore maupun aplikasi2…jdi misal tidak sengaja mencet…tidak langsung terjadi pembelian sebelum anda menyetujui pembelian

    9
    1
  • 21 Juni 2022 - (22:51 WIB)
    Permalink

    agak rancu sih gan, soal law suit yg google punya itu udh mateng bgt, bukan anak sma yg bikin term of servicenya.
    disitu dijelasin jika bukan anda yg artinya bukan di device milik anda ,tapi terjadi pembelian, nah ini casenya di device anda, secara permission penulis memberikan izin kepada teman yg memjinjam hp, dimana temennya secara sadar menekan tombol gift, walau pernyataannya tidak sengaja. so sebenernya ini memberatkan penulis, jalan terakhir, uangin lewat gift, selisihnya ikhlaskan atau minta pertanggung jawaban teman dan penulis.

  • 21 Juni 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Saya telah menerima email dari Google Play yang intinya mereka tidak dapat melakukan pengembalian dana dikarena tidak sesuai dengan kebijakan pengembalian dana mereka.

    Ini sebenarnya bagus juga di pikir2: Jika tidak demikian bisa saja ada yang menyalahgunakan kebijakan pengembalian dana ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

    Misalnya: topup coins tiktok lalu di gift ke akun teman dan di cairkan terus minta refund dari goole play.

    Ya sudah, masalah ini sudah saya anggap selesai.
    Saya sudah iklas dengan uang ini, juga dari app tiktok nya sendiri coins itu akhirnya di gift ke keluarga yg sudah bisa live dan cuma cair uang sekitar Rp.1.200.000 dari total 17.500 coins itu yang senilai 4.5 juta waktu pembelian.

    Kartu kredit yang dihubungkan untuk pembelian app atau berlanggan app premium di google play juga sudah saya ganti dengan metode pulsa saja, ini untuk menghindari hal serupa ini terjadi lagi.

    Terimakasih semuanya.

    4
    2
    • 25 Juni 2022 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Sisa nya minta ganti ke temen nya dan kalau dirasa berat untuk ganti sekaligus, bisa diubah/diajukan ke bank transaksi 4.5jt tersebut untuk menjadi cicilan. Tinggal bayar perbulan nya (tergantung temen nya mau nyicil berapa bulan, biasa nya bisa dipilih)

  • 22 Juni 2022 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Gimana cara anda buktikan teman anda tidak sengaja?? Kalo teman anda mau kerjain anda gimana??
    Tidak sengaja itu tidak akan bisa dibuktikan, jadi kalo mau tanggung jawab ya kejar teman anda..

  • 23 Juni 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Coba saling transfer gift aja kk ke akun tiktok teman.
    Dari akun teman baru bisa ditarik ke rupiah cuma kurang tau konversinya brp

    • 24 Juni 2022 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Bener, saya juga sepemikiran. Minjem hp org buat liat/nonton sesuatu, kok tangan gatel amat. Yg model gitu bahaya, bisa sambil akses gallery, email n data2 perbankan yg bersifat private.

  • 23 Juni 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    Rasanya uang agan suliit utk dikembalikan oleh google
    Next mulai saat ini di uninstall segera tiktoknya

 Apa Komentar Anda?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Tidak Mengerti Dengan Kebijakan Pengembalian Dana Dari Google

oleh Edri dibaca dalam: 2 menit
59