Dokumen Belum Ditandatangani, AdaKami Sudah Transfer Uang dan Memaksa Membayar Cicilan

Saya pengguna aplikasi pinjol AdaKami. Saya sudah 2 kali menggunakan AdaKami untuk keperluan darurat. Pada tanggal 5 Mei 2022, saya mencoba mengajukan pinjaman ke AdaKami sebesar Rp2 juta, dengan jangka waktu 6 bulan. Ketika mencoba mengajukan pinjaman, rincian pembayaran yang harus dibayarkan selama 6 bulan tidak muncul, karena aplikasi error.

Saya melihat status di aplikasi masih menunggu. Sore harinya saya cek kembali aplikasi masih sama, hanya saja di aplikasi saya ketika diklik sudah muncul jumlah tagihan. Saya langsung berinisiatif melaporkan ke CS melalui chat di aplikasi untuk membatalkan pinjaman. Namun responsnya lama, malahan saya diinfokan bahwa dana sudah ditransfer dan saya juga dipaksa membayar angsurannya.

Benar saja, ketika saya cek rekening, sudah ada masuk dana sebesar Rp2 juta. Saya terkejut, kenapa langsung ditransfer? Padahal saya belum baca dan tanda tangan kontrak. Sebagai informasi, pinjol AdaKami akan transfer uang setelah kontrak digital ditandatangani (pengalaman 2 kali meminjam di AdaKami).

Saya menunggu terus selama 1 bulan untuk penyelesaian dari AdaKami, bahkan status pinjaman di aplikasi masih menunggu. Sampai kemudian setelah 1 bulan, saya ditelepon oleh penagih dari AdaKami. Saya sudah menjelaskan kronologinya. Namun jawabannya, adalah karena saya sudah pernah meminjam, jadi semuanya secara otomatis akan disetujui, karena data saya sudah ada di sistem AdaKami.

Saya bersikeras tidak mau membayar cicilan dan saya mau kembalikan uang Rp2 juta tersebut. Namun penagihan semakin menjadi-jadi, bahkan sampai mengancam, dan mengirim WA ke kontak saya. Hingga akhirnya saya terpaksa membayar, agar tidak seluruh kontak saya diteror.

Kemudian saya teringat bahwa aplikasi pinjol tersebut memerlukan tandatangan digital dengan aplikasi Privy.id, Saya men-download aplikasi tersebut dan sampai saat ini terlihat bahwa dokumen perjanjian belum ditandatangani. Apakah sah bila pinjaman belum ditandatangani? Apakah prosedur AdaKami langsung transfer uang meskipun perjanjian belum ditandatangani?

Andi Handoko
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AdaKami:
[Total:82    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Dokumen Belum Ditandatangani, AdaKami Sudah Transfer Uang dan Memaksa Membayar Cicilan

  • 21 Juni 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Kan udah pernah pinjam jadi gak akan susah kedepannya
    Sekali minta langsung dikasih enak kan
    Dikasih kemudahan kok malah gak Terima

    2
    23
    • 21 Juni 2022 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Bukan mengenai kemudahan ya pak..kalo blm tanda tangan kontrak, pihak pemohon dan pemberi pinjaman bisa dirugikan. Ga perlu di jelasin panjang lebar pasti bapak tau mengenai point ini ya.

  • 22 Juni 2022 - (00:38 WIB)
    Permalink

    Kok masih ada saja yang mau ngutang lewat pinjol padahal sudah banyak tertulis di media konsumen bahwa pinjol itu sering bermasalah.

    1
    1
  • 22 Juni 2022 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Cari lawyer atau firma hukum aja, kasih surat kuasanya kesitu. Yang berhak nagih sama nyita aset cuma juru sita pengadilan, di pengadilan pasti kalah itu kalo disidangin

  • 22 Juni 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Menurut pribadi bukan untuk menyalahkan atau membenarkan suatu pihak
    Memang bgtu prosesnya pak
    Kalo udah pernah pinjem sekali otomatis yg selanjutnya tidak di cek detail mintain ini itu karena data kita sudah ada apa lagi kita banyarnya tidak nunggak yg ada tambah limit dimnapun itu

    Pelajaran lain kali pikir terlebih dahulu
    Karena apbila sudah melakukan pinjaman terus ternyata kita dpet pinjaman di luar yg tidak berbunga
    Buat batalin yg online seperti ini pasti di tolak karena itu udah kita setujui di awal kita minjam

  • 22 Juni 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin daftar adakami limit disetujui 2,4jt tapi pas liat bunga nya terlalu besar, baru aja siang ini saya hapus itu aplikasi. Cari lah pinjaman yg bunga nya ringan ini pinjol adakami gak sesuai iklan nya. Saya sudah sering pakai pinjol tapi saya pilih² kalo mau ngajuin gak asal main ajuin, mau ngajuin aja mikir² dlu di hitung² dlu takut nya gak kebayar.

  • 23 Juni 2022 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Udah pernah ngutang di adakami krn terpaksa,, dan saya bukannya membela siapa2 tp kasus ini ente yg salah jg om,, sblm ngutang disitu kan udah jelas diperlihatkan dlu om dapat berapa, bunga berapa dan pengembaliannya total berapa

  • 23 Juni 2022 - (03:55 WIB)
    Permalink

    Maaf emang kalo udah pernah pinjam di Ada Kami begitu sih ga pake ttd lagi. Langsung ditransfer. Saya lebih suka begitu simple cepet, klo pake ttd justru lebih ribet. Bunga nya ga terlalu besar sih menurut saya masih wajar karena ambil tenor 30 hari.

    1
    1
  • 23 Juni 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Semoga semua pinjol apapun itu bisa ditutup dan pemerintah benar2 harus berfikir bagaimana caranya bisa memberikan solusi untuk masyarakat yang sedang membutuhkan uang,Tidak perlu a…b…c…d…..kalau benar2 dipikirkan pasti ada solusinya.

    Kalau terus dibiarkan akan menjadi hantu dan bom waktu untuk kita semua.

  • 23 Juni 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Gw ga akan komen soal tulisan penulis.. gw cuma bengong liat bunganya aja.. pinjam 2jt, bayar 3.2jt x 6bln.. bunga 200rb/bln berarti 10% kalo pinjamnyan2jt? Gw bingung sama orang yang tertarik dengan pinjaman dengan bunga ga masuk akal.. emangnya ga ada yg bs dijual dl? Atau pinjam keluarga? Dan sebagainya.. ini namanya jd investor di adakami bkn nyelesein masalah percayalah ke depannya anda akan makin susah dan terjerat. Sy doakan sy masalahnya cepat selesai ya

 Apa Komentar Anda mengenai AdaKami?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Dokumen Belum Ditandatangani, AdaKami Sudah Transfer Uang dan Memaksa …

oleh Andi dibaca dalam: 1 menit
19