Adidas Official Store Shopee Menolak Retur/Tukar Meskipun Pesanan Tidak Sesuai

Saya membeli sepatu di Adidas Official Store Shopee dengan nomor pesanan 220610ECNNPP96 dan kemudian mengajukan retur order dengan nomor pengajuan 220612204672861. Barang dikirimkan ke gudang Shopee dan setelah menunggu proses validasi 3 hari ternyata pengajuan retur ditolak dan dana diteruskan ke penjual.

Pihak Shopee secara sepihak menyatakan hasil validasi bahwa produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli. Tanpa konfirmasi apapun ke pembeli. Padahal kenyataannya deskripsi ukuran di keterangan produk tidak sesuai.

Sepatu yang saya pesan ukuran UK 9 dan menurut tabel panduan ukuran di keterangan produk UK 9 = 10.5″
Karena tidak ada keterangan ukuran milimeter di tabel tersebut maka saya hitung sendiri 10.5″ x 2.54 = 266.7mm

Pada kenyataannya ukuran sepatu yang saya terima adalah UK 9 -275mm. Mungkin Adidas Shopee menggunakan rumus yang berbeda sehingga ukuran 10.5″ = 275mm.

Pihak Shopee melempar tanggung jawab dengan menyatakan pesanan sudah selesai dan penukaran barang harus hubungi langsung Adidas Shopee. Pihak Adidas Shopee juga melempar tanggung jawab dengan menyatakan retur dan penukaran diproses oleh Shopee dan sesuai dengan kebijakan Shopee.

Kenapa hanya barang di Adidas Shopee yang tidak bisa diretur/tukar? Sedangkan pembelian melalui website Adidas Indonesia atau Adidas Official Store Blibli bisa retur/tukar.

Bryant Rudy
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Adidas Official Store Shopee Menolak Retur/Tukar Meskipun Pesanan Tidak Sesuai

  • 22 Juni 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    berati di official store adidas di shopee kurang memberikan panduan ukuran, padahal di official store adidas di blibli panduan ukurannya jelas sampai ke ukuran cm pun ada.

    5
    2
  • 23 Juni 2022 - (00:06 WIB)
    Permalink

    baiknya kedepannya ditanya juga agar bisa memastikan dan bisa jadi bukti klaim penukaran kedepannya.

    saya kadang walaupun dideskripsi udah jelas, saya tanya lagi di chat sesuai atau tidak. kalo tidak saya return gitu.

    1
    1
  • 23 Juni 2022 - (05:55 WIB)
    Permalink

    Masih bnyk ajah beli di shopee,ywdh derita lah kalau gitu ,sering baca baca komplainan di shopee boss,yg ga ada asuransi dan lain nya,makanya penjual ramai ramai mulai meninggalkan shopee dan berjualan offline

    7
    2
  • 23 Juni 2022 - (09:04 WIB)
    Permalink

    salah ukuran itu bukan itu artinya.. kebijakan salah ukuran adalah ketika anda pesan 9 dikirim 8/10 atau ukuran lainnya pokok nya, nyatanya adalah anda pesan ukuran 9, dikirim ukuran 9

    16
  • 23 Juni 2022 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Anda pesan ukuran UK 9 yang dikirim UK 9, yah gak ada yg salah. Kalau ukuran 9 nya beda yah itu derita anda.

    • 23 Juni 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Kalo belum pernah pake merek tsb, jangan beli secara online (terlebih yg tidak ada kesepakatan jika ga cocok bisa ganti size/refund). Karena kenyataan nya beda merek itu bisa beda. Setidaknya itu pengalaman sy beli baju dan sepatu adidas, nike, dan puma. Jika anda cerdas dikit, ga perlu pake sistem ukur kalkulator, google image find aja byk tuh foto2 box sepatu yg jelas terlihat tabel ukuran nya.

  • 23 Juni 2022 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Biasakan chat penjual dahulu untuk memastikan. Kecuali kasus kaya saya di Logitech Official Store shopee, saya chat ga ada info sampe berhari hari akhirnya saya jadikan deskripsi dan gambar dilapak dia sebagai acuan. Ternyata yang datang ga sesuai fiturnya dan orang gudang shopee sok pintar memenangkan penjual dan bilang barang sudah sesuai.

  • 23 Juni 2022 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Pesan ukuran 9 UK, dikirim ukuran 9 UK, dibilang salah ukuran? Situ sehat? Harusnya cari2 info dulu sebelum membeli. Cuma di blibli yg salah ukuran bisa ditukar. Saya lernah beli sepatu Under Armour di blibli, salah ukuran, bisa dituker, tapi status barang disediakan blibli ya.

  • 23 Juni 2022 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Loh, itu kan udah bener gan

    Pesen ukuran UK 9 dikirim ukuran UK 9 juga

    “Karena tidak ada keterangan ukuran milimeter di tabel tersebut maka saya hitung sendiri 10.5″ x 2.54 = 266.7mm”

    Coba liat size di box, kan ada tuh CHN 265, sama toh dengan hitungan agan?

    7
    1
    • 23 Juni 2022 - (14:46 WIB)
      Permalink

      Ini komentar bermutu yang mementahkan alibi OP. Dengan demikian OP dinyatakan bersalah dan diharuskan membayar biaya sidang sebesar Rp. 844.600. TOK!

    • 24 Juni 2022 - (05:24 WIB)
      Permalink

      udah bener itu ukurannya. ukuran J (japan) sama Ch ( china) emang sama-sama di milimeter. tapi cara ngukur kaki di jepang sama di china beda. klo di indo kita caranya sama kaya china.

  • 24 Juni 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Adidas dishoppe sudah sesuai mengirimkan pesanan sesuai ORDER,kalau mau beli sepatu yang G sesuai ukuran saat pesanan diterima baiknya diZALORA,pengalaman pribadi beli sepatu kebesaran atau kekecilan diretur dengan mudah.

  • 25 Juni 2022 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Apa iya SOP official store di MP itu beda2 ya. Saya pernah alami kasus di shopee di official store, ternyta mmg ukuran yg saya minta kekecilan, & gk bs return krn mmg bukan kesalahan mrk. Tp di zalora ,di official store yg sama bisa dikembalikan, minta ukuran yg lbh besar atau refund. Makanya sejak itu lbh suka belanja di zalora drpd di MP lain wlo gk ada fitur chat dgn penjual.

 Apa Komentar Anda?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Adidas Official Store Shopee Menolak Retur/Tukar Meskipun Pesanan Tida…

oleh Bryant dibaca dalam: 1 menit
26