Jawaban CS Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Tidak Konsisten

Dengan hormat,

Saya pemegang kartu kredit Transmart Mega Card (4890********3439). Pada tanggal 27 Juni 2022, saya telah menyelesaikan kewajiban saya, untuk melakukan pembayaran sesuai dengan e-billing terakhir tertanggal 17 Juni 2022, sejumlah Rp 12.341.561.Keesokan harinya, tanggal 28 Juni 2022, saya menghubungi call center Bank Mega di 08041500010 Line 7 untuk permintaan penutupan kartu kredit tersebut. Permintaan saya dilayani baik oleh CS-nya. Beliau mengkonfirmasi bahwa per tanggal 28 Juni 2022, kartu kredit Transmart Mega Card saya sudah ditutup, tidak dapat digunakan kembali dan tidak ada tunggakan atau charge yang akan muncul di kemudian hari.

Untuk surat konfirmasi dari Bank Mega terkait penutupan dan pelunasan kartu kredit, akan dikirimkan melalui email saya dengan estimasi waktu 7-14 hari kerja. Beliau juga mengatakan bahwa sebenarnya annual fee yang tercetak di e-billing tersebut tidak perlu dibayarkan.

Namun, karena saya sudah terlanjur bayar, maka refund dana akan dikirimkan ke rekening pribadi saya, dengan syarat saya harus mengirimkan beberapa data tambahan ke email megacall@bankmega.com. Pada hari yang sama, saya pun sudah mengirimkan apa yang diminta.

Hari ini, tanggal 01 Juli 2022, saya mendapatkan SMS dari Bank Mega yang mengatakan bahwa “Penghapusan Iuran Tahunan sudah disetujui”. Kemudian saya kembali menelepon line telepon tersebut, untuk menanyakan beberapa update: update status terkait surat, refund dana, sekaligus mengkonfirmasi ulang terkait penutupan kartu kredit saya. CS pun menjawab hal yang sama. Kartu kredit saya sudah ditutup, tidak dapat digunakan kembali, tidak ada tunggakan ataupun tagihan di e-billing bulan berikutnya, dan surat akan dikirimkan estimasi tanggal 17 Juli 2022 melalu email bersamaan dengan refund dana.

Namun, di hari yang sama ini, ketika saya chat via Instagram dengan akun official Bank Mega, CS tersebut menyatakan seperti ini :

Jadi, maksudnya ini apa ya? masih ada lagi tagihan lain-lain yang harus saya bayarkan? Padahal 2 CS sebelumnya sudah mengkonfirmasi bahwa tidak ada tunggakan lain yang mesti dibayarkan ataupun charge baru yang akan muncul di next e-billing, karena statusnya sudah ditutup. Kenapa masih ada pendebetan? Jelas-jelas di e-billing sudah tidak ada tagihan yang harus dibayarkan lagi.

Dengan ini, saya mohon bantuan Media Konsumen, kiranya Bank Mega bisa notice dan memberi konfirmasi yang jelas/konsisten dalam proses penutupan kartu kredit ini.

Salam.

Cahya Ning Fitri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:14    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Cahya

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat yang dikirim oleh Ibu Cahya Ning Fitri di mediakonsumen.com yang dilakukan pada Tanggal...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Jawaban CS Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Tidak Konsisten

  • 5 Juli 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Itu bayarnya ngepas banget. Harusnya lebihkan untuk biaya materai, e billing dll. Jangan terlalu pelit. Bank mega mah biayanya banyak

  • 5 Juli 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    apabila jumlah tagihan melebihi 5jt, siapkan biaya materai 10rb yang muncul & di bebankan di tagihan dibulan berikut. Plus 5ribu biaya cetak billing bulan berikutnya. plus 10rb biasa sms notifikasi.
    Sepertinya untuk bank satu ini memang berbeda terkait penerapan biaya materai. Kalau bank lain kalau tagihan skr memang lebih dari 5jt, maka total tagihan sudah termasuk materai, dan tidak dibebankan di bulan berikut. Dan apabila bulan berikut total tagihan dibawah 5jt ya tidak ada biaya materai.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Jawaban CS Penutupan Kartu Kredit Bank Mega Tidak Konsisten

oleh cahya ning fitri dibaca dalam: 1 menit
3