Saldo Rekening BRI Masih Minus, Padahal Sudah Melakukan Pembayaran BRI Ceria

Saya adalah pengguna BRI Ceria dan Rekening BRI. Saya memiliki tagihan BRI Ceria Rp3.426.104 pada bulan Juni 2022. Karena jatuh tempo setiap tanggal 25, saya memasukkan uang sejumlah Rp3.450.000 pada tanggal 22 Juni 2022 dan langsung membayar menggunakan autodebit melalui aplikasi BRI Ceria dan berhasil.

Bukti status berhasil di BRI Ceria
Bukti status berhasil di BRI Ceria

Setelah membayar, limit saya pun kembali. Kemudian saya bermaksud mengajukan kembali pinjaman dengan nominal Rp1.000.000 dan dana sudah ditransfer ke Rekening BRI saya. Namun, setelah saya cek saldo Rekening BRI, ternyata BRI sudah membuat saldo saya menjadi minus Rp3.426.104. Karena ada dana yang masuk Rp1.000.000, membuat saldo saya berubah menjadi minus Rp2.426.104 dan pinjaman uang yang masuk tidak bisa ditarik. Akhirnya saya menunggu sampai tanggal 25 Juni 2022, berharap jumlah rekening minus kembali normal.

Pada tanggal 25 Juni 2022, status rekening minus saya belum berubah. Saya mengecek mutasi rekening apakah ada tanda riwayat tagihan yang terdebit dan ternyata ada. Terdapat pula ada dana masuk Rp300.000 sebanyak 3 kali dari konsumen saya, tapi saya tetap tidak bisa menariknya.

Saya sudah menelepon Call Center BRI untuk membuat laporan tentang kendala saya dan diminta menunggu hingga 20 hari kerja. Saya pikir, kenapa kendala seperti ini membutuhkan waktu yang sangat lama? Padahal saya sebagai konsumen butuh saldo yang masih tertahan di rekening tersebut. Apalagi ada dana pinjaman senilai Rp1.000.000 yang belum saya gunakan. Sementara, tagihan di bulan Juli 2022 sudah muncul, tapi uang tidak bisa saya gunakan.

Apalagi jika dihitung mulai hari kerja, maka permasalahan saya mungkin selesai maksimal tanggal 20 Juli 2022, yang mana tinggal sisa 5 hari untuk pembayaran berikutnya.

Terakhir saya dikontak, BRI membutuhkan data seperti foto KTP dan selfie, yang akhirnya saya kirim melalui email BRI pada tanggal 7 Juli 2022. Alangkah terkejutnya saya, ternyata setelah data tersebut saya kirim, saya kembali disuruh menunggu 20 hari kerja kembali. Sungguh SOP yang sangat lambat untuk perusahaan sebesar BRI.

Apakah tidak ada koordinasi antara pihak BRI dan BRI Ceria dari pendebetan tagihan tersebut? Bukankah dari mutasi rekening juga sudah terlihat jelas bahwa saya sebagai konsumen sudah membayar tagihan tersebut bahkan sebelum tanggal jatuh tempo?

Mohon pihak BRI segera menyelesaikan masalah ini, karena saldo yang masih minus tersebut mengganggu kelancaran usaha saya. Terima kasih.

Eka Saputra
Sintang, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:69    Rata-Rata: 4/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Atas Pengaduan Bapak Eka Saputra

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Bapak Eka Saputra. Terkait...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Saldo Rekening BRI Masih Minus, Padahal Sudah Melakukan Pembayaran BRI Ceria

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Saldo Rekening BRI Masih Minus, Padahal Sudah Melakukan Pembayaran BRI…

oleh Eka Saputra dibaca dalam: 1 menit
6