Paket Retur COD Shopee Tertahan Berminggu-minggu

Saya di sini ingin membuat laporan mengenai barang jualan saya, yang ditahan oleh Pihak Shopee Express selama berminggu-minggu. Barang tersebut merupakan transaksi COD yang tidak dibayar oleh pembeli, sehingga harus dikembalikan ke saya sebagai pihak penjual.

Transaksi dengan nomor pesanan: 220603UQ6JDPX1 dan nomor resi: SPXID026088237996, sudah diam di gudang sortir dari tanggal 9 Juni 2022.

Namun beberapa hari berselang, status barang tersebut berubah menjadi “Sudah dikembalikan ke Penjual”. Padahal kami dari pihak penjual belum menerima barang tersebut.

Kami menghubungi pihak Shopee melalui email dan mendapat balasan tanggal 6 Juli 2022, yang intinya: Pihak Shopee akan memeriksa status barang tersebut dan akan memberi report ke saya paling lambat 3 hari kalender.

Seharusnya tanggal 9 Juli 2022, mereka memberi report kepada saya tentang status barang tersebut. Namun sampai sekarang saya membuat laporan ini pada tanggal 25 Juli 2022, saya tidak pernah menerima email konfirmasi apa pun dari pihak Shopee.

Sudah hampir 20 hari menunggu dari janji Shopee yang cuma 3 hari kalender!! Saya pun sudah beberapa kali menanyakan status laporan saya melalui telepon ke CS, tapi jawabannya selalu dalam pengecekan terus dan akan di-follow up ke tim terkait. Menurut pengalaman saya dengan Shopee, masalah harus di-UP dulu ke publik, baru mereka akan serius bereskan masalah tersebut.

Saya mendengar dari beberapa kerabat saya, diterima kerja di Shopee itu susah karena melalui beberapa tahap seleksi terlebih dahulu, tetapi kok kinerjanya seperti ini ya?? Menepati janji memberi report selama 3 hari kerja saja tidak bisa?? Benar-benar mengecewakan. Semoga kinerjanya bisa diperbaiki ya tim Shopee. Jangan harus tunggu dulu di-UP ke Media Konsumen baru masalah serius ditagani.

Salam sukses.

Alexander Ivan Wijaya
Bandung, Jawa Barat


Update (3 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:35    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Paket Retur COD Shopee Tertahan Berminggu-minggu

    • 28 Juli 2022 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Segera atur dan hubungi shopee. Itu produk elektronik, segera di proses dan diselesaikan. Takutnya hilang atau ada pencurian.

      Semangat

  • 27 Juli 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    semoga segera selesai masalah ini, agar segera ditangani oleh tim shopee dan tim pengiriman.
    kepada calon pembeli COD, mohon sebelum order pahami bahwa COD adalah komitmen untuk siap bayar pada saat barang diantarkan kepada anda. Kasian loh barang jualan seller apalagi ini hape, terkatung-katung di pengiriman. Resikonya tinggi, gmn kalau rusak di jalan, hilang, dsb.
    Jika misalnya tidak mau terima COD dgn alasan yg masuk akal, misalnya order fiktif atau penipuan (order hp tp yg dikirim kardus kosong/bukan berisi hp senilai harga) maka dapat dimaklumi, kan penipu juga banyak sekarang memanfaatkan COD.
    Intinya kita jangan jahat jadi orang, jangan menipu, mengambil hak org, atau menghalangi rejeki orang lain, kan kita sama-sama mau hidup (walaupun jaman lagi susah)
    semoga kita semua diberi kelancaran rezeki. Amin.

    20
      • 27 Juli 2022 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Itu bukan barang dikembalikan karena rusak dalam pengiriman gan, tapi pembeli sistem COD tidak mau membayar barangnya makannya dikembalikan ke si penjual!!

        • 28 Juli 2022 - (16:40 WIB)
          Permalink

          Kasus saya berbeda lagi,jd saya menerima persetujuan pengembalian barang dan pengembalian dana ke konsumen,hanya saya baru belajar jualan di shoppe tanpa saya sadari saya menyetujui pengembalian dana padahal pembeli belum mengembalikan barang saya alhasil saya kena tipu pembeli dana sudah di kembalian barang tidak dikembalikan di hubungi cs shoppe katanya mereka cuma menjembatani saja suruh saya mediasi ke pembeli sementara no hp pembeli sudah tidak aktif namun dilihat status di shoppe nya masih online,hati2 untuk seller baru pembeli sekarang jd bisa melakukan modus penipuan karena saat shoppe balas email saya dikatakan bahwa shoppe menghubungi pembeli namun pembeli mengaku Tidak memesan barang!!!

      • 27 Juli 2022 - (22:27 WIB)
        Permalink

        Yang saat ini terjadi sama saya, terkait pengembalian barang karena pembeli mengajukan pembatalan karena terlalu lama sampainya, pihak shopee juga tidak bisa memberikan kepastian barangnya sampainya kapan, akhirnya saya terima pengajuannya. 3 hari setelah itu saya datang ke gerai shopee Xpress dan menanyakan barang saya ada dimana, setelah di cek barang saya ada di kapuk , kirain tuh barang mau dikembalikan ke saya tau nya hari ini barang di kirim dan diterima oleh pembeli yang domisilinya di Palu, padahal proses pengembalian barangnya masih berjalan, sulit memang koordinasi di internalnya aja ga jelas, gimana koordinasi dengan external. DAGELAN

        • 28 Juli 2022 - (01:00 WIB)
          Permalink

          Saran saya jangan terima pengajuan customer tetapi lakukan banding dengan melampirkan resi dan foto barang yang menunjukan label pengiriman, nanti marketplace yang akan putuskan status pesanan bagaimana, pengajuan pembatalan ditolak atau diterima, kalaupun diterima maka status barang dianggap hilang dan kakak akan mendapatkan penggantian 10x ongkir atau senilai barang bila diassuransikan.

          Bila kakak menerima pengajuan pembatalan maka resiko barang akan diterima pembeli dan terpaksa kakak menghubungi pembeli terkait pembayarannya karena sudah tidak bisa melalui marketplace.

          • 28 Juli 2022 - (03:08 WIB)
            Permalink

            Terima kasih masukannya ka, jadi kronologisnya begini ka, saya mengirim barang pada tanggal 8 Juli dengan estimasi sampai ke pembeli tanggal 16 Juli dan dana akan diteruskan ke saya selambat lambat nya 1×24 jam dari tanggal 16 juli, tetapi dari tanggal 14 sampe tanggal 16 status pengirimannya tidak berubah, saat itu juga saya tanyakan ke shopee mengenai status pengirimannya tidak berubah, mereka tidak bisa meberikan penjelasan dan saya disuruh nunggu 3 hari kerja, setelah 3 hari kerja saya tanyakan kembali, mereka pun tidak bisa ngasih penjelasan barang saya ada dimana, sampai nya kapan, setiap informasi yang saya dapatkan dari shopee selalu saya update ke pembeli, dan pada akhirnya pembeli mengajukan pembatalan karena tidak ada kejelasan dan saya setujui, kenapa saya setujui?karena memang sudah terlalu lama dan ini bentuk tanggung jawab saya ke pembeli, setelah pengajuannya saya terima, saya langsung konfirmasi ke shopee dan shopee tidak akan mengirim barang ke pembeli dan akan di kembalikan ke saya, 3 hari setelah itu saya coba ke gerai shopee xpress untuk menanyakan keberadaan barang saya, setelah mereka cek barang ada di kapuk, tetapi pada tanggal 27 juli saya mendapatkan notifikasi klo barang sudah di terima pembeli, kan aneh sekali, sebenernya laporan saya ini di teruskan ke jasa pengirimannya atau tidak?
            Setelah kejadian itu ada paket saya yang tidak terupdate juga status pengirimannya selama 2 hari dengan menggunakan jasa pengiriman lainnya, setelah saya konfirmasi mereka mengakui kelalaiannya, paket saya lolos scan dan salah tempel resi, tetapi gak sampe 1×24 jam paket saya bisa ditemukan di palembang yang seharusnya di kirim ke jagakarsa, oh iya btw saya domisili di jakarta timur.

  • 28 Juli 2022 - (00:18 WIB)
    Permalink

    COD mending di matiin ja gan
    Saya jualan peralatan rumah tangga yg hrgany ribuan perak ja engga mau pke COD, klo terjual uang harus ngemis2, kalo tidak terjual jadi hilang
    Mw di hijau mau di oyen sama ja klo suda COD

    • 28 Juli 2022 - (02:40 WIB)
      Permalink

      Betul, banyak berita miris dari Seller yang barangnya kembali karena drama COD. Kasihan para pejuang rupiah, padahal untung tak seberapa, udah beli materi kemasan, bayar orang buat packing, tapi hasilnya nihil.
      Di pihak lain ada juga oknum Seller bejad dengan aksi tipu tipu.
      Mungkin para pelaku drama COD itu belum teredukasi dengan baik.
      Kita harapkan yang terbaik saja.

    • 28 Juli 2022 - (00:55 WIB)
      Permalink

      6×24 Jam setelah status barang dikembalikan langsung isi formulir tersebut bila barang belum diterima / barang rusak saat diterima

    • 28 Juli 2022 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Hati-hati bagi yg punya tabungan d bank BRI, pengalaman saya uang saya d rekening Britama terkuras habis
      Setelah saya cek k bank BRI ternyata uang saya d curi asuransi brilife Rp 700000/bln, padahal saya gak pernah ikut asuransi brilife, ketika saya telpon k cs asuransi brilife cs malah pura-pura gak tw terus saya d kasih alamat email.
      Saya hubungi via email gak ada respon
      Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian semua.terima kasih

  • 28 Juli 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Saya pernah jualan paket cod, 2x dicancel pembeli dgn alasan, pembeli menolak menerima paket. Padahal paket yg saya jual merupakan produk custom, yaitu banner. Dimana pada banner tersebut terdapat nama toko /warung & nomer pembeli. Gak mungkin kan barang tersebut bisa dijual ke orang lain.
    Pas paket direturn, setelah sampe di ekspedisi terdekat di kota pengirim, paket hanya berhenti disitu, tidak akan dikirim ke penjual. Karena apa? Ya pada paket cuma tertulis nama toko pengirim & nomer hp. Tidak ada alamat. Jadi kurir pun gak tau mau antar kemana.
    Shopee cod sangat merugikan penjual. Setelah mengalami 2x paket cancel. Saya nonaktifkan paket cod

  • 28 Juli 2022 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Yg saya fahami, Kesalahan sebenarnya ada di jasa kirim, menurut saya Shopee express masih banyak sekali kekurangannya, duuluuu saya pernah pakai Shopee express, saya kira kinerjanya akan lebih baik di bandingkan jasa kirim yg lain, secara kan punya Shopee sendiri, eh… ternyata… jauh dari yg saya bayangkan. karena paket saya selalu dilempar ke expedisi lain. Sekarang saya nggak pernah pakai Shopee Express. Yg harus di catat, ini adalah pengalaman saya pribadi, tentu akan berbeda pula dg pengalaman orang lain yg pakai jasa kirim Shopee express.

    • 28 Juli 2022 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Shopee express kl gak kepaksa jgn pilih tu ekspedisi
      PG dpt notif akan dikirim ke pembeli
      Baru nyampe hampir magrib
      Seharian nungguin tu paket di rumah
      Bikin emosi

  • 28 Juli 2022 - (07:28 WIB)
    Permalink

    COD, hanya orang orang tertentu saja yg paham dengan sistem ini. Kebanyakan sistem COD, barang datang tapi ga mau dibayar oleh buyer dengan alasan barang tidak sesuai. Padahal sebenarnya ga punya uang, alasan aja bilangnya barang tidak sesuai. Maunya dapat barang gratis.

  • 28 Juli 2022 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Shopeee.. Sudah biasa.. Yg luar biasa masih ada yg mau jualan barang lebih dr 1jt do shopee.. Apalagi pake COD.. Pasti tertipu iklan yg pake mas tukul plus ditulis DIJAMIN AMAN HEHE

  • 28 Juli 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Saran saya utk kejadian selanjutnya jangan terima komplain. Tapi banding saja (khusus kasus barang blm diterima ya kalo rusak jangan banding) jangan lupa beri bukti lampiran resi dsb jika punya. Ini akan diproses juga inverstigasi oleh shope, kan cod juga gak ada yg buru buru uang dikembalikan wong duit pembeli juga ga masuk. Agar si notice sama admin dan diproses terus shope expresnya

  • 28 Juli 2022 - (07:35 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 2 kali lebih…sebulan lebih barang baru kembali, dan rusak, itu pun saya kordinasi dengan pihak ekspedisi saja. Pembeli nakal yg gk mau bayar, ada saja alasannya.
    Non aktifkan COD, hanya saja saya sudah banyak pelanggan yg biasa COD. Jadi dilema..
    Suwun

  • 28 Juli 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnya. Saya pengguna cod. Kalau mau klo jualan hp sistem cod dimatikan aja . Masalahnya harganya lumayan jadi yang bayar cod suka mikir2 kembali karena banyak berita nya dimedia beli hp yang dikirim hp rusak banyak komen2 penjual yang jualan hp banyak yang pada nipu. Saya lihat toko2 yang ratingnya pada hancur. Mungkin dia merasa takut pas ada yang hasut dari orang lain atau dia lihat dimedia banyak penipuan.

    Nama seller atau buyyer jadi rusak gara2 banyak oknum penipuan.

    Saya juga sering beli cod ditipu beli kipas angin gede pas dateng barangnya kok kotak kecil saya minta balikin. Makanya saya lebih senang bayar cod ketimbang transfer .

    Jadi ga ribet pas di solusi uang kita ga ditahan

    Makanya saya kapok bayar pake transfer ajuinnya ribet balikin uang nya lama berhari2.

    Kalau cod masa bodoh uang gue ga bisa ditahan. Makanya seneng pake cod . Males kena tipu sama seller jahat

  • 28 Juli 2022 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Paket retur COD sy jg udh berbulan2 ga balik, akhirnya dinyatakan hilang, SDH berbulan2 jg blm diganti2.
    Ga ditanyain ga ada kabar trs dr shopeenya, ditanyain trs disuruh nunggu 3 hari & 3-5 hari, gitu aja terus sampe berbulan2. Sampe hari ini pun msh blm ada penggantian barang hilangnya dr shopee.
    Jasa kirimnya sama pake ShopeeXpres.

  • 28 Juli 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Eh, bapak alex lagi. Ini sdh yg ke-4 kali sy baca keluhan bapak di shopee. Tp kok msh jualan di shopee pak?
    Yg kmrin sdh selesai blm pak mslh tv nya?

  • 28 Juli 2022 - (15:50 WIB)
    Permalink

    mungkin hp-nya rusak mencet2x sendiri tombolnya belum trima barang kepencet sudah trima | bawa ke service resminya aja… datangi langsung kantor expedisinya….

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Paket Retur COD Shopee Tertahan Berminggu-minggu

oleh Wijaya dibaca dalam: 1 menit
35